Home Blog Page 279

Fintech P2P Lending Tawarkan Modal Usaha Tanpa Agunan Bagi UMKM

Modal Usaha Tanpa Agunan P2P Lending

tabloidpulsa.id – Fasilitas pendanaan yang diberikan platform Fintech Peer-to-Peer (P2P) Lending berizin Otoritas Jasa Keuangan yang biasa disebut sebagai pinjaman online atau Pinjol P2P terbukti dapat membantu para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam mendapatkan akses pendanaan atau modal usaha yang selama ini sulit diperoleh. Selain karena proses digitalisasi yang membuatnya mudah dijangkau, syarat pengajuan di Pinjol P2P juga tidak memberatkan UMKM karena tanpa agunan.

Seperti diketahui saat ini masih banyak pelaku UMKM masuk dalam kategori unbanked dan underserved, atau belum bisa mengakses layanan keuangan formal. Sehingga, Pinjol P2P menjadi solusi yang cepat dan mudah bagi UMKM mendapatkan pendanaan sebagai modal pengembangan usahanya. Terlebih Pinjol P2P menawarkan dana pinjaman untuk sektor produktif hingga Rp 2 miliar.

Salah satunya adalah PT The Lorry Online Indonesia atau Thelorry.com, unit usaha di bidang ekspedisi yang mendapat pendanaan awal Rp 500 juta melalui skema invoice financing dari platform Pinjol P2P GandengTanganResti Yani Fauzi, Direktur Thelorry.com mengungkapkan berkat kredit skor yang baik usahanya dipercaya untuk mendapatkan limit mencapai Rp 2 miliar. Adapun alasan memilih GandengTangan adalah karena prosedur pengajuan pinjamannya yang tergolong mudah dan fleksibel, selain itu pelayanan yang diberikan juga baik dengan bunga yang kompetitif, yaitu hanya 1,5% per bulan atau 18% per tahun.

“Kalau misalkan ajukan pendanaan ke bank kita butuh agunan dan itu dibatasi sesuai nilai asset yang dimiliki. Misalkan agunan kita hanya Rp 1 miliar berarti hanya mendapatkan dana dengan nilai tersebut. Adapun di P2P Lending kita bisa dapat limit sampai Rp 2 miliar. Jadi dengan tidak adanya agunan lebih memudahkan kita mengajukan pinjaman untuk modal usaha,” ungkap Resti saat menerima kunjungan media di lokasi usahanya, Jakarta, Kamis (21/12/2023).

Berkat pendanaan yang diberikan GandengTangan, lanjut Resti, Thelorry.com mampu meningkatkan penjualan hingga Rp 20 miliar per bulan dari yang awalnya hanya Rp 200 juta per bulan. “Awalnya kita hanya fokus di bisnis B2C untuk membantu orang-orang yang ingin pindahan dengan menyediakan fasilitas mobil pickup atau mobil box. Sekarang sudah merambah ke B2B dan memperluas kerja sama sebagai mitra ekspedisi dari e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Lazada. Oleh karena itu modal yang dibutuhkan lebih besar. Bisnis kita yang awal omsetnya hanya 200 juta, sekarang dari tahun ke tahun semakin bagus. Apalagi setelah pandemi minat masyarakat untuk belanja online semakin bertambah,” lanjut Resti.

Darul Syahdanul, Chief Product and Operation GandengTangan menyatakan total pinjaman yang telah disalurkan oleh GandengTangan sejak 2015 sebesar Rp 286 miliar yang seluruhnya merupakaan pendanaan ke sektor produktif atau kepada lebih dari 25 ribu usaha mikro dan sekitar 100 badan usaha di seluruh Indonesia. Saat ini GandengTangan memiliki 2 lini produk pendanaan yaitu micro channeling yang menyasar usaha-usaha kecil seperti warung klontong dengan pinjaman di bawah Rp 10 juta, dan invoice financing kepada badan usaha dengan pinjaman rata-rata Rp 100-200 juta dan maksimal Rp 2 miliar. Kedepannya, GandengTangan berencana untuk menambah kerja sama dengan sejumlah platform maupun instansi keuangan lainnya untuk mendorong pendanaan kepada UMKM.

“Misi kita diawal ingin membantu para pemilik warung. Tetapi karena adanya pandemi banyak warung-warung yang terpaksa tutup. Dari situ kita melihat ada 2 sektor yang survive yaitu logistik dan kesehatan. Maka kita fokuskan invoice financing dengan masuk ke ekosistem-ekosistem yang ada. Oleh karena itu dari total Rp 286 miliar dari awal sampai sekarang, sekitar Rp 180 miliar merupakan kontribusi dalam satu tahun ini. Kita jadi belajar dengan adanya Covid-19 kemarin kalau ingin besar kita harus bergandengan dengan yang lain, maksimalkan ekosistem, kita tap-in dan kolaborasi di mana ada aktivitas ekonomi pasti butuh financing,” kata Darul.

Kemudahan dalam mengajukan pinjaman di Pinjol P2P selanjutnya disampaikan oleh Artha Cynthia, Owner Bengkel Motor Kamson nasabah dari platform EasyCash. Cynthia bercerita bahwa Ia sebelumnya merupakan seorang karyawan di instansi pemerintah dan sempat bekerja juga sebagai tenaga pemasar untuk salah satu bank BUMN, hingga akhirnya memilih fokus untuk menjalankan usaha bersama suaminya, sembari mengurus anak di rumah.

“Pinjaman dari EasyCash ini menjadi modal saya membuka usaha dan membantu operasional bengkel. Pertama kita mendapatkan modal Rp 8 juta, tahap kedua Rp 10 juta, dan terakhir ambil Rp 11 juta. Jadi sudah tiga kali saya mengambil pinjaman untuk membuka bengkel dan semuanya murni modal dari EasyCash. Sebenarnya banyak aplikasi yang kita pertimbangkan hingga akhirnya kita pilih EasyCash karena bunganya terbilang cukup rendah. Kita juga pernah mengajukan pinjaman ke KUR, semua berkas lengkap tetapi ternyata butuh jaminan,” ujar Cynthia.

Melalui modal usaha yang didapatkanya dari EasyCash, kini Cynthia telah berhasil membuka 4 cabang bengkel di wilayah Tangerang berikut dengan mempekerjakan 1 karyawan di setiap cabangnya. Untuk omsetnya sendiri dari ketiga cabang bengkel yang sudah berjalan lebih dulu, kurang lebih mencapai Rp 30 juta per bulan. “Saat bengkel sudah berkembang, kita coba buka cabang di daerah lain. Jadi kita manfaatkan pinjaman online ini untuk berusaha jangan foya-foya. Harapannya EasyCash dapat terus membantu memberikan modal sehingga bisa membuka lapangan kerja lagi dan mengurangi pengangguran maupun membantu segala macam kebutuhan. Semoga pemerintah siapapun yang terpilih nanti juga mau mendukung pelaku usaha dengan bantuan modal,” harap Chynthia.

Wildan Kesuma, Head Corporate Affairs EasyCash menjelaskan meskipun produk dari EasyCash saat ini masih berupa pendanaan multiguna, dari porsi pendanaan tersebut, tidak sedikit borrower yang memanfaatkannya untuk kegiatan produktif. Secara umum, Wildan menyebut jumlah borrower EasyCash saat ini kurang lebihnya mencapai 5 juta penerima dana sejak pertama didirikan pada 2017. Total pendanaan yang telah disalurkan EasyCash sampai November 2023 mencapai Rp 37,85 triliun.

“Dalam mengajukan pendanaan, borrower perlu melengkapi data diri dan beberapa informasi yang dibutuhkan sehingga nanti akan keluar limit tertentu sesuai dengan risk assessment dari informasi yang diberikan tersebut. Jika track record atau performa pembayarannya bagus, tepat waktu, yang bersangkutan bisa mengajukan pinjaman dengan limit yang lebih tinggi seperti yang dilakukan oleh Bengkel Motor Kamson. Kita pastinya mendukung pengguna-pengguna kami yang mau menggunakan pendanaan untuk hal yang produktif. Kita akan terus bekerja sama dengan lembaga finansial yang ada di Indonesia untuk memastikan kapasitas pendanaan yang cukup bagi para borrower EasyCash,” jelas Wildan.

Pengalaman serupa lainnya turut disampaikan oleh Bachruddin, Pemilik Es Kelapa Abi yang keberlangsungan usahanya terbantu pendanaan dari DanaRupiah. Terlebih, sejak pandemi beberapa tahun lalu, usahanya mengalami penurunan yang cukup signifikan, di mana sebelum pandemi omset per hari bisa mencapai Rp 500 ribu, namun setelah pandemi maksimal omset perhari hanya mencapai Rp 200 ribu. Bachrudin berharap agar pemerintahan nanti di 2024 menunjukkan keberpihakan kepada UMKM dari segi akses permodalan.

“Saya sudah buka usaha es kelapa ini sejak 2008 dan sangat terbantu sekali dengan adanya pinjaman online karena syaratnya tidak memberatkan. Saya pertama kali mengajukan pinjaman ke DanaRupiah itu di tahun 2020, pertama itu hanya mengajukan Rp 2,5 juta, tapi saat ini sudah naik menjadi sekitar Rp 3 juta untuk jangka waktu 30 hari. Karena memang hanya digunakan untuk menambah modal usaha, dan menjaga keberlangsungan usaha agar terus berjalan,” tutur Bacharuddin.

Envey Yulita, Business Development Specialist DanaRupiah menyebutkan bahwa DanaRupiah saat ini baru memiliki produk cash loan atau pinjaman tunai untuk multiguna. Terlebih sejak pandemi di mana penyaluran pendanaan DanaRupiah tidak dipungkiri lebih banyak dimanfaatkan sebagai cash loan untuk memenuhi berbagai kebutuhan finansial penggunanya.

“Porsi pendanaan DanaRupiah memang lebih banyak untuk cash loan. Tetapi ada beberapa pendanaan untuk produktif seperti usaha es kelapa milik Bapak Bachruddin, walaupun presentasenya tidak besar hanya sekitar 15-20% saja dan pinjamannya pun tidak dalam jumlah yang besar, karena limit cash loan di DanaRupiah sendiri yaitu mulai Rp 400 ribu sampai Rp 25 juta,” tutup Envey.

G2A.COM Perkaya Industri Gaming Indonesia melalui Pemberdayaan dan Keunggulan 

G2A.COM Ekspansi Pasar Gaming

tabloidpulsa.id – G2A.COM lokapasar (marketplace) hiburan digital terbesar di dunia, baru-baru ini memperkenalkan dan mengumumkan ekspansinya ke pasar gaming yang berkembang pesat di Indonesia dan Asia Tenggara. G2A.COM memberikan berbagai macam penawaran yang mudah ditemukan dalam satu website, mulai dari game keys dan item gaming untuk pada perangkat seluler dan PC, serta perangkat lunak (software) untuk mendukung produktivitas dan edukasi yang juga dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia.

Inisiatif ini dilakukan untuk melebarkan antusiasme audiens dan menjadikan momen penting bagi para developers (pengembang), gamers, penggemar hiburan digital, dan pemangku kepentingan dalam kemajuan industri game di tanah air. Seiring dengan perkembangan komunitas dan pelaku industri game di Indonesia, sektor game pada perangkat seluler dan PC tetap menjadi yang dominan dan digemari. 

Dan melalui kehadirannya di pasar lokal, G2A.COM ingin memosisikan platformnya sebagai satu pilihan pintu untuk konten game Indonesia merambah pasar global, sekaligus memperkenalkan konten game internasional yang lebih luas kepada pengguna di pasar lokal.

Dorota Wróbel, R&D Chief Officer di G2A.COM mengatakan,“G2A.COM tidak hanya sekadar lokapasar hiburan digital pada umumnya; kehadiran platfrom ini didorong oleh semangat yang tulus dan dedikasi kami kepada industri hiburan digital guna memberdayakan para gamers di Indonesia. Di G2A.COM, kami ingin untuk membantu setiap pengguna dalam membuka potensi mereka dengan menyediakan akses terhadap penawaran konten hiburan digital lengkap dengan kualitas terbaik, sehingga memperkaya pengalaman mereka. Selain itu, kami bercita-cita untuk mendefinisikan kembali lanskap perdagangan game di Indonesia, untuk mengubahnya menjadi kekuatan positif bagi perubahan dalam industri game. Potensi besar dari dunia game, baik melalui perangkat seluler maupun PC, menghadirkan peluang pertumbuhan yang signifikan, menginspirasi kami untuk berkomitmen dengan semangat baru guna memenuhi beragam kebutuhan dan preferensi para penggemar hiburan digital.”

Saat ini, Indonesia menjadi negara yang menonjol sebagai pasar game terbesar di Asia Tenggara. Menurut data dari Niko Partners, Inc., Indonesia mewakili 45,8% dari seluruh gamers di Asia Tenggara. Tak hanya itu, Indonesia juga menjadi salah satu dari tiga pasar game terbesar dalam hal pendapatan, dan pasar video game dengan pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara. Selain itu, Niko Partners, Inc. juga memperkirakan pangsa pasar game di negara Indonesia akan bernilai lebih dari US$ 1,5 miliar di tahun 2027 dan tumbuh lebih cepat dibandingkan negara di Asia Tenggara lainnya, seperti Malaysia dan Singapura. Besarnya pengguna internet juga tercermin dari jumlah gamers di Indonesia yang saat ini berjumlah lebih dari 130 juta orang. Dengan pesatnya perkembangan mobile gaming dan

e-sports, industri hiburan digital di Indonesia memiliki potensi pencapaian yang signifikan dan mendorong pertumbuhan pasar industri gaming.

Pasar mobile gaming di Indonesia masih menjadi yang tertinggi dengan jumlah mobile gamer di Indonesia diperkirakan mencapai 79,9 juta pengguna di tahun 2028. Pertumbuhan pesat ini sebagian besar didorong oleh peningkatan pada penetrasi smartphone dan populasi anak muda yang melek teknologi. Meskipun saat ini mobile gaming menjadi yang dominan dan paling banyak digunakan, Indonesia juga mengalami pertumbuhan game PC tercepat di Asia Tenggara, seiring dengan pertumbuhan pasar game konsol, dengan meningkatnya minat baik dari gamers maupun pengembang lokal. Oleh karena itu, sebagai lokapasar hiburan digital terbesar dan tepercaya di dunia, G2A.COM berkomitmen untuk menawarkan beragam pilihan items yang dapat memenuhi selera dan preferensi unik para penggemar hiburan digital Indonesia, termasuk game online di platform PC. Selain itu, G2A.COM tidak terbatas hanya menyediakan item dan layanan game saja, tetapi juga memahami kebutuhan hiburan digital di kategori non-game lainnya, mulai dari kartu hadiah, layanan berlangganan, hingga software dengan harga yang bersaing. G2A.COM ingin menyediakan satu platform bagi semua pengguna dan pemangku kepentingan yang ingin menemukan semua kebutuhan hiburan digital mereka.

Dengan melihat perkembangan industri hiburan digital di tanah air, G2A.COM telah memilih Indonesia sebagai salah satu pasar utama dan terdepan di kawasan Asia Tenggara. G2A.COM berdedikasi secara aktif untuk menjalin kolaborasi dengan pelaku bisnis dan pengembang game di Indonesia. G2A.COM juga ingin memberikan opsi yang menarik bagi konsumen lokal dan menumbuhkan peluang bagi para pelaku bisnis dan pengembang game. Tujuan utamanya adalah untuk memperluas penawaran ini kepada audiens global yang lebih luas. Dalam ekosistem e-commerce ini, lebih dari 75 ribu items digital akan tersedia bagi pengguna di Indonesia, difasilitasi oleh 40 ribu jaringan mitra global dari G2A.COM, termasuk juga pilihan untuk metode pembayaran lokal dan internasional.

Lebih lanjut, G2A.COM juga merupakan lokapasar yang dapat diandalkan serta aman dengan penawaran terbaik yang akan memberikan harga yang kompetitif, jaminan kecocokan harga, hingga ragam pilihan item atau konten hiburan digital terbanyak. Platfrom G2A.COM juga menyediakan tempat yang aman dan terlindungi bagi para penjual untuk menawarkan stok hiburan digital mereka dan menerima publisitas dan jangkauan global yang lebih luas, serta konsumen akan menemukan opsi termurah dan paling sesuai dengan keinginan mereka lewat ragam penawaran item game dan non-game, serta panduan dan petunjuk bagaimana beraktivitas di dunia hiburan digital.

Di tahun yang mendatang, G2A.COM berdedikasi untuk mendukung industri hiburan digital yang sedang berkembang di Indonesia dengan menawarkan platform terpadu yang akan melayani beragam kebutuhan industri game. Meskipun pasar Indonesia masih menjadi pangsa bisnis yang relatif baru, fokus utama G2A.COM saat ini adalah membangun kemitraan dengan dunia usaha dan pengembang game serta berusaha untuk meningkatkan lebih banyak manfaat bagi para pengguna dan kolaborator di masa depan. Selain melayani pemain game tradisional, G2A.COM secara aktif merangkul segmen pelanggan baru dan secara bertahap akan mengarah ke pendekatan “serba digital” untuk memberikan dampak yang lebih luas. Selain itu, G2A.COM menyambut baik kolaborasi strategis dengan pelaku bisnis di skala lokal dan global serta memperluas dukungannya kepada pengembang game lokal yang menargetkan audiens global. Sebagai pendatang baru di pasar Indonesia yang juga menjadi pionir dalam era baru perdagangan game global, G2A.COM mengundang seluruh pengguna dan pemangku kepentingan untuk bergabung dalam perjalanan transformatif ini — di mana dengan setiap klik, penjualan dan koneksi akan berkontribusi pada lanskap hiburan digital Indonesia yang dinamis dan penuh warna.

Dorota Wróbel menambahkan, “Dalam lanskap dunia digital yang terus berubah, G2A.COM dengan berani merambah ke arena penjualan game di Indonesia. Platform inovatif kami lebih dari sekadar memfasilitasi transaksi game; G2A.COM adalah katalis untuk memberdayakan dan mengangkat dunia game lokal ke tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya. Dalam memasuki industri game dan dunia digital di Indonesia, G2A.COM berupaya tidak hanya menawarkan platform perdagangan saja, namun juga ingin memupuk esensi dari ekosistem hiburan digital itu sendiri. Bergabunglah bersama kami dalam perjalanan seru ini, di mana setiap kreasi Anda dapat menemukan ruang untuk berkembang dan berkontribusi terhadap evolusi game yang dinamis di tingkat global. Bersama-sama, mari kita membentuk masa depan hiburan digital dan mendefinisikan kembali berbagai kemungkinan dalam lanskap game.”

“Menyambut kemeriahan liburan akhir tahun, para gamers dapat menikmati keseruan dengan memilih untuk bermain game di perangkat smartphone atau PC. Platform G2A.COM juga meluncurkan penawaran menarik untuk beragam item dan layanan hiburan digital. Jelajahi ribuan item digital yang dapat Anda temukan, disertai dengan sejumlah manfaat tambahan yang telah kami sediakan bagi Anda. Maksimalkan momen kemeriahan akhir tahun ini dengan menjelajahi dunia game yang menarik bersama G2A.COM!”

Abadikan Jakarta Malam Hari dengan Kamera Reno10 Pro 5G

Fitur OPPO Reno10 5G kamera malam

tabloidpulsa.id – Harus diakui bahwa tulisan ini agak sedikit delay dari seharusnya. Karena hasil foto yang teronggok di sudut komputer kami dan lama tidak terdeteksi. Sesuai dengan judul, tulisan kali ini akan memperlihatkan bagaimana kemampuan kamera OPPO Reno10 Pro 5G, yang notabene bukan tertinggi kelasnya, dalam mengabadikan satu sudut Jakarta di malam hari.

Tugas ini berat, karena tidak semua kamera ponsel mampu melakukan hal yang sama. Sebut saja, mengurangi noise di sudut-sudut pemotrtean yang gelap. Makin ke ujung, biasanya makin bikin galau. Namun bagaimana kiranya ponsel ini menjalankan tugasnya kali ini?

Seperti yang sudah Anda ketahui, OPOO Reno10 Pro 5G merupakan satu dari 3 seri Reno10 yang hadir di bulan Agustus 2023 lalu. Bersama dengan OPPO Reno10 Pro+ dan OPPO Reno10 5G. Ketiganya memberikan kesan yang berbeda. Dan juga teknologi kamera yang relatif tidak sama.

OPPO Reno10 Pro 5G membawa 3 kamera utama. Yakni 50MP kamera utama ultra clear dengan OIS. Lalu ada kamera telefoto portrait 32MP dan sebuah kamera Ultra Wide Angle. Dari sini terlihat bahwa ponsel ini tetap ingin mempertahankan kemampuan kamera portrait dengan mengupayakan bokeh yang natural melalui kehadiran kamera khusus telefoto.

Menariknya untuk digunakan foto di jalanan malam-malam, daya tahan baterai ponsel ini mampu berkata banyak. Memiliki kapasitas 4600 mAh dalam desain tipis, namun dengan pengisian daya cepat SuperVOOC 80W, memungkinkan kita untuk sat set, tanpa perlu tersendat di tengah jalan.

Tanpa banyak pembahasan lagi, silakan cek hasil foto berikut.

Dapat dilihat dari sejumlah foto di atas, bahwa ponsel ini mampu menangkap obyek dengan detil, meskipun dengan cahaya minim. Kalaupun ditemukan noise, biasanya itu sangat minim dan hampir tidak kita rasakan di beberapa foto lain.

Perlu diingat bahwa kami tidak mengedit semua foto di atas, terutama di sisi warna dan kecerahan. Kami hanya melakukan resize dan mengubah format gambar agar tidak memberatkan Anda ketika membaca artikel ini.

Erajaya Tawarkan Paket Bundling Operator, Apa Saja?

Paket Bundling Erafone dengan Operator

tabloidpulsa.idErajaya Digital menggandeng empat operator telekomunikasi yakni Indosat Ooredoo Hutchison, Smartfren, Telkomsel dan XL Axiata untuk menawarkan paket bundling data dan perangkat dengan harga menarik bagi pelanggan setia yang berbelanja perangkat di jaringan ritelnya.  Hal ini akan menguntungkan pelanggan yang ingin mendapatkan perangkat baru sekaligus dukungan paket data sesuai kebutuhannya secara mudah dan nyaman.

Joy Wahjudi, CEO Erajaya Digital, mengatakan, “Melalui kerja sama ini, para pelanggan yang berbelanja di jaringan ritel Erajaya Digital bisa segera menikmati smartphone pilihan yang baru dibelinya dengan layanan operator telekomunikasi pilihan. Melalui kerja sama ini, pelanggan juga dipastikan mendapatkan penawaran terbaik yang tidak dapat ditemui di tempat lain. Kami meyakini bahwa program ini akan diapresiasi pelanggan kami dan melengkapi customer journey yang berkesan di jaringan ritel Erajaya Digital.”  

Kerja sama bundling paket data dengan operator sudah berlangsung sejak tahun 2016, diawali dengan Indosat, kemudian diikuti XL Axiata, Telkomsel dan Smartfren. Operator telekomunikasi menyiapkan paket khusus yang hanya ditawarkan di gerai-gerai Erajaya Digital dengan benefit yang lebih menarik, seperti volume data maupun durasi panggilan suara. 

Penawaran bundling ini diberikan dengan sistem kontrak baik untuk nomor pascabayar maupun prabayar dengan berbagai pilihan tenor hingga 24 bulan. Pelanggan juga bisa mendapatkan benefit untuk nomor yang sedang digunakan melalui proses perubahan data plan.

Untuk mendapatkan penawaran bundling ini, pelanggan bisa berkunjung ke gerai Erafone, Erafone & More, iBox, Samsung Store by Erafone dan Xiaomi Store. Salah satunya adalah promo liburan akhir tahun yang berlaku hingga tanggal 31 Desember 2023 mendatang, seperti paket data 50GB per bulan dari Indosat seharga Rp40.000-an.

Empat Alasan realme C67 Menjadi Smartphone Terpopuler di Segmen Anak Muda

tabloidpulsa.id – realme brand Favoritnya Anak Muda telah resmi meluncurkan smartphone terbaru yaitu realme C67 ke Indonesia. realme C67 menghadirkan peningkatan terbesar di sepanjang sejarah realme C Series, serta membawa berbagai fitur unggulan yang menjadikan smartphone ini menjadi pilihan terbaik di segmennya. realme C67 varian 8GB+8GB*|128GB dapat dimiliki melalui program Early Bird Sale hingga hari ini, sedangkan realme C67 varian 8GB+8GB*|256GB dapat dimiliki melalui program pre-order hingga 4 Januari 2024.

“Kami berterima kasih atas penerimaan positif dari masyarakat Indonesia terhadap kehadiran perdana realme C67 di Indonesia. Tidak hanya teknologi dan fitur terdepan yang kami hadirkan, namun semua pengalaman dan kualitas terbaik yang dapat dimiliki para pengguna pada smartphone di segmen harga 2 jutaan. realme C67 akan menjadi pilihan tepat untuk menjawab kebutuhan anak muda, khususnya di penghujung tahun ini. Kami juga turut menyiapkan beragam bonus menarik yang bisa dimiliki para pelanggan untuk setiap pembelian realme C67. Jadi jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki smartphone Champion terbaru dari realme ini,” kata Ellen Zhou – Marketing Director realme Indonesia.

realme C67 membawa rangkaian spesifikasi dan fitur terdepan di segmen harganya. realme berani menembus batasan dengan membawa spesifikasi dan fitur smartphone kelas yang lebih tinggi ke segmen harga yang lebih terjangkau. Sebut saja kehadiran 108MP 3x In-sensor Zoom Camera dan chipset Snapdragon 685, di mana realme C67 menjadi yang pertama membawa fitur ini di segmen harga dua jutaan, disertai tampilan trendi Sunny Oasis Design dan berbagai fitur menarik lain. Berikut empat alasan yang membuat realme C67 pantas menjadi smartphone wajib untuk dimiliki akhir tahun ini.

108MP 3x In-sensor Zoom Camera untuk Hasil Foto Terbaik 

Menjadi yang terdepan di segmennya, realme C67 menghadirkan pengalaman fotografi terbaik bagi para pengguna. realme C67 membawa kamera beresolusi 108MP dengan fitur 3x In-sensor Zoom yang terdepan di rentang harganya. Kamera realme C67 didukung oleh sensor ISOCELL HM6 yang memungkinkan pengguna untuk dapat menghasilkan foto dengan akurasi warna yang baik, tidak hanya pada siang hari, namun juga malam hari.

Peningkatan pada sektor fotografi juga dihadirkan oleh realme melalui fitur 3x Portrait, yang hadir pertama kali di segmennya. Untuk melengkapi pengalaman fotografi terbaik di segmennya, realme C67 juga menghadirkan filter terbaru pada mode Street Photography, yaitu Cinematic, Crisp, dan Tranquil untuk memberikan opsi lebih bagi para anak muda dalam berkreasi. Kamera realme C67 juga memiliki fitur Electronic Image Stabilization (EIS) untuk perekaman video yang stabil. 

Chipset Snapdragon 685 dan Memori Besar untuk Performa Terbaik

Ditenagai chipset Snapdragon 685 berukuran 6nm, realme C67 mampu hadirkan performa yang bertenaga namun tetap hemat daya. Penggunaan chipset ini mampu mendukung performa realme C67 agar tetap lancar dalam berbagai situasi dan kebutuhan. Mendukung performa yang baik, realme C67 dipasangkan 8GB+8GB Dynamic RAM untuk memastikan penggunaan smartphone yang lancar dan tanpa hambatan saat melakukan multitasking, serta memori penyimpanan besar hingga 256GB untuk menyimpan berbagai macam file seperti foto dan video tanpa harus khawatir kehabisan ruang penyimpanan.

Melengkapi performa terbaik, realme C67 juga menghadirkan pengisian daya cepat dengan 33W SUPERVOOC Charge dengan baterai besar 5000mAh. Performa pengisian daya realme C67 mampu mengisi daya hingga 50% dalam waktu 26 menit. 

Sunny Oasis Design dengan Bezel Tertipis, Terdepan di Segmennya

Tidak hanya menghadirkan fitur unggulan di sektor kamera dan performa, realme C67 menghadirkan desain terdepan di rentang harga 2 jutaan melalui Sunny Oasis Design. Pada bagian belakang, realme C67 menghadirkan desain memukau dengan dua pilihan warna, Sunny Oasis dan Black Rock. realme C67 juga menjadi smartphone tertipis di kelasnya dengan 7,59mm. 

Melengkapi tampilan memukau pada desain smartphone ini, realme C67 menjadi smartphone pertama di kisaran harganya yang menghilangkan penggunaan braket plastik di sekeliling layar. Dihilangkannya braket plastik ini membuat ukuran bezel realme C67 menjadi lebih tipis, meminimalisir area hitam di sekeliling yang pada akhirnya membuat tampilan layar terlihat lebih luas dan  imersif.

Pertama dengan IP54 Water Resistance, 360° NFC, dan Mini Capsule 2.0

Alasan terakhir mengapa realme C67 wajib menjadi pilihan adalah gebrakan yang dihadirkan oleh smartphone ini melalui berbagai fitur unggulan yang menjawab permintaan anak muda untuk smartphone di rentang harganya. realme C67 menghadirkan IP54 Water Resistance pertama di realme C Series serta 360° NFC dan Mini Capsule 2.0 dengan fungsi yang telah ditingkatkan. 

IP54 Water Resistance pada realme C67 menghadirkan ketahanan terhadap cipratan air dan debu yang dapat memberikan rasa aman dan nyaman pada berbagai situasi dan kondisi. Gebrakan berikutnya ada di fitur 360° NFC yang mendukung kemampuan multifungsi, sehingga pemanfaatan NFC tidak terbatas pada cek dan mengisi saldo uang elektronik, namun dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan lain seperti menduplikasi kartu akses.

realme C67 juga menjadi yang pertama menggunakan Mini Capsule 2.0, yang menghadirkan pengalaman lebih kaya dan lebih fungsional. Tambahan fungsi baru di Mini Capsule 2.0 adalah notifikasi musik, cuaca, dan acara, yang mana masing-masing fungsi akan memberikan pengalaman penyampaian notifikasi yang lebih informatif dan interaktif. Fungsi statistik langkah juga ditingkatkan untuk memberikan informasi lebih akurat ke para pengguna.

Coba Langsung realme C67 di realme C67 Champion Pop-up Store 

Merayakan debut realme C67 di Indonesia, realme menghadirkan realme C67 Champion Pop-up Store di berbagai kota di Indonesia. reame C67 Champion Pop-up Store akan menjadi kesempatan bagi para pelanggan untuk mencoba secara langsung berbagai fitur unggulan yang dihadirkan realme melalui realme C67. 

realme Champion Pop-up Store akan hadir di Manado Town Square 1 (20 – 27 Desember 2023), ITC Cempaka Mas dan ITC Roxy Mas, Jakarta (24 – 30 Desember 2023), Plaza Medan Fair (25 – 31 Desember 2023), dan Plasa Marina Surabaya (29 Desember 2023 – 7 Januari 2024). Dapatkan kesempatan untuk memiliki realme C67 dengan berbagai penawaran dan promosi menarik hanya di realme C67 Champion Pop-up Store. 

Untuk informasi lebih lanjut dan informasi mengenai kehadiran realme C67 Champion Pop-up Store di Manado, Jakarta, Medan, dan Surabaya, kunjungi tautan https://bit.ly/realmec67popupstore.

Dapatkan realme C67 dengan Rangkaian Promosi Menarik 

realme C67 (8GB+8GB*|128GB) dapat dimiliki melalui hari terakhir Early Bird Sale di hari ini, 21 Desember 2023 secara online di Shopee, Akulaku, dan realme.com, dengan penawaran khusus meliputi gratis voucher belanja Rp100.000, paylater dengan bunga 0%, promo bank up to Rp100.000, hingga gratis biaya pengiriman, syarat dan ketentuan berlaku. realme C67 varian 8GB+8GB*|128GB akan tersedia di seluruh Indonesia mulai 27 Desember 2023. 

realme C67 (8GB+8GB*|256GB) juga sudah bisa dibeli melalui skema pre-order sejak 19 Desember 2023 sampai dengan 4 Januari 2024 di Shopee, lazada, akulaku, Blibli, Tokopedia, TikTok Shop, dan realme.com. realme C67 varian 8GB+8GB*|256GB akan tersedia di seluruh Indonesia mulai tanggal 5 Januari 2024.

Dapatkan bonus menarik berupa voucher belanja Rp200.000*, paylater 0%, promo bank hingga Rp100.000, dan gratis biaya pengiriman, syarat dan ketentuan berlaku.

Nikmati pula layanan purnajual khusus realme C67 seperti diskon 20% untuk realme Care, 1 Hour Service, Service Day (Tanggal 16-18 setiap bulan), gratis anti gores, dan gratis biaya pengiriman.

Untuk informasi lebih lanjut tentang ketersediaan realme C67 dan informasi mengenai promo terbaru lainnya, silakan ikuti akun media sosial resmi realme Indonesia dan kunjungi website www.realme.com/id.

IndiHome Karaoke Hadirkan Hiburan Legal di Tengah Keluarga

IndiHome karaoke

tabloidpulsa.id – Sebagai digital lifestyle enabler, Telkomsel konsisten terus menghadirkan pengalaman digital terdepan bagi setiap pelanggan melalui ragam produk dan layanan unggulannya, yang kali ini diwujudkan dengan meluncurkan platform OTT ‘IndiHome Karaoke’, sebuah layanan hiburan digital yang memberikan pelanggan pengalaman karaoke interaktif di IndiHomeTV. Melalui Inisiatif tersebut, Telkomsel melalui IndiHomeTV semakin mempertegas posisinya menjadi ‘Home of Entertainment’ yang memberikan ragam hiburan digital berkualitas untuk dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat.

Pelanggan IndiHome dapat menikmati layanan Karaoke dengan melakukan pembelian paket add-on dengan harga berlangganan Rp20.000 untuk 30 hari, dan mengunduh aplikasi ‘Karaoke Seru Dari Rumah’ melalui IndiHome Apps Store untuk dapat menikmati keseruan karaoke di IndiHomeTV. Dengan berlangganan layanan ini, pelanggan dapat menikmati kebebasan untuk memilih lagu-lagu favoritnya dari berbagai genre, seperti pop, rock, dangdut, dan lainnya. Pelanggan juga akan memiliki akses streaming ke lebih dari 5000 lagu yang dapat dipilih dan dinyanyikan sesuai keinginan, yang semakin memberikan fleksibilitas bagi pengguna untuk menyesuaikan sesi karaokenya dengan selera musik masing-masing.

Vice President Home Broadband and FMC Consumer Marketing Telkomsel, Dedi Suherman mengatakan,Sebagai penyedia layanan konvergensi terbesar di Indonesia, Telkomsel senantiasa terus meningkatkan kualitas dan kapabilitas layanan IndiHomeTV. Upaya tersebut selaras dengan semangat Telkomsel yang terinspirasi dari semangat Indonesia untuk menciptakan terobosan melalui kehadiran inovasi produk yang dapat memberikan layanan hiburan digital sesuai perkembangan dan kebutuhan digital masyarakat.IndiHome Karaoke bukan hanya layanan yang memberikan hiburan semata, tetapi juga menjadi sarana untuk bersantai, melepaskan penat, dan menghabiskan waktu berkualitas di rumah bersama dengan keluarga dan teman. Dengan berbagai fitur unggulan, layanan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengalaman hiburan digital pelanggan dan menambah kegembiraan pelanggan di setiap rumah melengkapi layanan musik lain yang sudah tersedia juga seperti Langit Musik, channel TV:  All Play, i-konser, MTV Live dan lainnya.”

Layanan anayar ini menciptakan suasana karaoke yang autentik, memberikan kesempatan bagi pengguna untuk mengekspresikan bakat musik mereka, bersenang-senang bersama keluarga, teman, atau bahkan sendiri. Kemudahan akses dan berbagai pilihan lagu membuat IndiHome Karaoke menjadi pilihan yang menarik untuk menghibur diri tanpa harus meninggalkan rumah.

Secara menyeluruh, IndiHome Karaoke tidak hanya berfungsi sebagai layanan hiburan digital biasa, tetapi juga menjadi platform yang memungkinkan pelanggan untuk mengeksplorasi serta merayakan kesukaan mereka terhadap musik dengan cara yang menyenangkan dan inovatif. Dengan menggabungkan teknologi dan hiburan, layanan ini akan menyajikan pengalaman karaoke yang modern dan memuaskan bagi seluruh pelanggan IndiHome. Informasi lebih lanjut mengenai penawaran layanan IndiHome Karaoke dapat diakses pada laman indihome.co.id/addon/indihomekaraoke.

itel P55 5G Resmi Hadir di Indonesia, Harga Rp 1 Jutaan

itel P55 5G

tabloidpulsa.id – itel Indonesia, anak perusahaan Transsion Holding secara resmi merilis ponsel pintar terbaru, itel P55 5G dengan harga yang sangat terjangkau. itel P55 5G kembali mendobrak pasar sebagai ponsel 5G paling terjangkau di Indonesia.

Muhammad Geza Febriandi, Marketing Manager of itel Indonesia, menuturkan bahwa kehadiran ponsel ini untuk menjawab kebutuhan konsumen akan konektivitas yang berkecepatan tinggi, dengan performa mumpuni untuk melakukan berbagai macam multitasking, serta gaming berat tanpa perlu merogoh kocek yang dalam.

“itel P55 5G adalah jawaban serta pilihan smartphone yang #lebihPasti dari segi performa, kecepatan, konektivitas, serta harga yang terjangkau,” tegas Geza.

Jika Anda mencari ponsel 5G dengan spek yang lengkap dan desain yang menarik, maka itel P55 5G di klaim jadi pilihan yang #lebihPasti dari segi performanya. Dengan harga satu jutaan, ponsel ini sudah didukung dengan sinyal 5G dan ditenagai oleh chipset MediaTek Dimensity 6080 5G dengan fabrikasi 6nm yang bikin pengalaman main game semakin lancar dan kencang.

Ponsel ini memiliki RAM 6GB ditambah virtual ram 6GB sehingga mencapai RAM 12GB dan ROM 128GB. Pengguna bisa mengabadikan momen dan menyimpan foto hingga lebih dari 40.000 foto.

Ponsel terbaru ini juga sudah berjalan menggunakan, Android 13 dengan antarmuka itel OS13. itel P55 5G memiliki layar lebar 6,6 inci dengan teknologi IPS LCD HD+, mendukung refresh rate 90Hz dan touch sampling rate 180Hz.  Dimana memungkinkan Anda untuk bisa scrolling media sosial atau bermain game lebih halus dan lebih nyaman.

Selain itu, fitur yang menonjol adalah dua kamera besar yang berada di bagian belakang bodi ponsel. Kamera utamanya beresolusi 50 MP dan kamera pada bagian depan beresolusi 8MP. Menariknya, dikelas satu jutaan itel P55 5G mampu merekam video hingga resolusi 2K 30fps dan 1080P 60fps.

Tidak hanya bermain game, ponsel ini bisa mendukung Anda untuk menjadi konten kreator karena dibekali dengan resolusi yang sangat tinggi dikelasnya. Ponsel ini juga telah ditopang dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh dan dilengkapi juga dengan fitur pengisian cepat 18W.  Bagi Anda yang suka bermain game atau memiliki aktivitas diluar ruangan kemampuannya ini patut di apresiasi. Anda tidak perlu lagi khawatir untuk membawa powerbank atau mencari colokan karena tahan seharian.

Dari segi konektivitas ponsel ini dilengkapi dengan speaker mono, bluetooth 5.1, jack audio 3,5 mm, side fingerprint, slot memori, USB-C,dan USB-OTG. Terdapat dua varian warna yang tersedia yaitu Galaxy Blue dan Mint Green. itel P55 5G dibanderol Rp1.599.000 selama periode launching, eksklusif di Tokopedia.

500 pembeli pertama selama periode launching 22 Desember 2023 para customer, akan mendapatkan free gift headset, powerbank dan TWS atau free protection Tokopedia terbatas hanya 4000 pembeli pertama.

IM3 Optimalisasi Jaringan Jelang Akhir Tahun, Internet Cepat dan Makin Luas

IM3 Optimalisasi Jaringan

tabloidpulsa.id – Mengantisipasi peningkatan yang signifikan dalam permintaan data menjelang akhir tahun, Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) melalui brand IM3 telah melakukan optimalisasi infrastruktur jaringan dan kapasitas jaringan, serta memastikan konektivitas internet yang cepat, makin luas, dan paling stabil untuk seluruh pelanggan saat menghadapi lonjakan trafik data.

Diproyeksikan adanya lonjakan trafik data yang mencapai sekitar 11,5% selama momen liburan tahun baru dibandingkan rata-rata harian. Lonjakan ini diperkirakan dipicu oleh meningkatnya penggunaan aplikasi berjejaring sosial seperti WhatsApp, Facebook, Youtube dan juga aplikasi gaming seperti Mobile Legends, Roblox, PUBG dan aplikasi lainnya. 

Pengembangan jaringan IM3 yang lebih baik juga telah diakui oleh OpenSignal yang kemudian mengukuhkan IM3 sebagai pemenang kategori The Most Consistent Experience pada Juni 2023.

Hal ini mengindikasikan bahwa IM3 memimpin dalam hal konsistensi pengalaman seluler, terutama dalam melakukan panggilan video atau mengunggah gambar ke media sosial. Pencapaian pengembangan jaringan ini tentunya dapat menjadikan IM3 sebagai brand pilihan untuk kebutuhan internet generasi muda yang meningkat sepanjang tahun.

Ritesh Kumar Singh, Director and Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison, menyampaikan “Pengembangan jaringan Indosat telah mencapai target yang signifikan dan menuju misi yang jauh lebih besar seperti menghadirkan kualitas jaringan yang unggul. Menjelang akhir tahun, permintaan akan kebutuhan konektivitas internet semakin besar sehingga kami berkomitmen untuk terus mengoptimalisasi jaringan guna memberikan pengalaman internetan yang cepat, makin luas, dan paling stabil melalui layanan IM3 kepada seluruh pelanggan di Indonesia.  Selain itu, melihat pencapaian saat ini dan mengamati tren serta potensi industri telekomunikasi pada tahun 2024, kami percaya bahwa posisi kami saat ini adalah untuk merevolusi pengalaman digital masyarakat Indonesia.”

Dalam menghadapi potensi lonjakan lalu lintas data menjelang libur Tahun Baru 2024, Indosat meningkatkan konektivitas jaringannya secara proaktif dengan melakukan optimisasi pada 434 lokasi prioritas dan peningkatan kapasitas di 527 titik.

Indosat juga telah menggelar uji coba jaringan di wilayah yang diprediksi akan mengalami peningkatan perjalanan selama liburan, seperti Trans Jawa, Trans Sumatera, Cikampek, Samarinda, dan Balikpapan.

Hasil uji coba ini memastikan kecepatan optimal jaringan Indosat di wilayah tersebut dengan mengaktifkan Command Center 24/7 yang berpusat di Indosat Ooredoo Hutchison Network Operation Center (INOC) dan Indosat Ooredoo Hutchison Service Operation (ISOC).

Command Center ini didukung oleh kecerdasan buatan (AI/ML) dan otomatisasi di Network Operation Center agar dapat memantau ketersediaan dan kualitas jaringan.

Sepanjang tahun 2023, IM3 juga terus merayakan perkembangan jaringan di berbagai titik dan memberikan pengalaman luar biasa untuk seluruh pelanggan di seluruh Indonesia, khususnya generasi muda, melalui Konser Musik Collabonation Tour.

Acara ini telah menyapa ratusan ribu generasi muda mulai dari  Madiun, Purwokerto, Palembang, Bantul, Pamekasan, Mataram, Kupang, Samarinda, Parepare, Sumbawa Besar, Bandar Lampung, hingga Brebes.

Memasuki tahun 2024, IM3 melalui Collabonation berkomitmen untuk menjangkau lebih banyak kota, tidak hanya fokus pada kota-kota besar, guna mendukung generasi muda dalam bidang seni dan musik.

Jelang akhir tahun, IM3 juga menghadirkan promo spesial di e-commerce seperti Tokopedia, yakni diskon hingga Rp100,000 untuk paket Freedom Internet 30 hari + ekstra diskon voucher hingga Rp12,000.

Selain itu, pelanggan juga bisa menikmati  diskon hingga Rp100,000 untuk paket Freedom Internet 30 hari + ekstra koin hingga 10% di Shopee.

Program ini berlangsung mulai dari tanggal 22 Desember 2023 hingga 5 Januari 2024 agar pelanggan bisa terhubung dengan orang-orang terdekat, aktivitas digital seperti streaming dan gaming, serta akses ke hiburan favorit 24 jam di mana pun dan kapan pun tanpa khawatir selama periode libur akhir tahun.

POCO C65 Akan Menggebrak Indonesia pada 4 Januari 2024

POCO C65 #SiPalingGesit

tabloidpulsa.id – Dengan kecepatan dan semangatnya yang tanpa tanding, POCO akan memperkenalkan produk terbaru mereka, POCO C65, pada bulan Januari 2024.

Menariknya, mulai akhir Desember ini, POCO akan menggelar serangkaian tantangan yang penuh keseruan.

Andi Renreng, Associate Director Marketing POCO Indonesia, mengungkapkan, “Tanggal 4 Januari akan menjadi momen spesial bagi POCO Indonesia di tahun 2024. Sesuatu yang baru akan hadir untuk membuat para POCO Fans semakin beraksi, karena POCO C65 akan segera meluncur di Indonesia.”

Tak hanya itu, POCO juga akan mengadakan tantangan #SiPalingGesit di TikTok pada akhir Desember, bekerja sama dengan beberapa influencer ternama seperti Richard Theodore, Nadya Khietna Putri, Aiko Yunichi, dan Ivan Laf.

Mereka akan berbagi keseruan challenge ini, yang sayangnya masih dirahasiakan oleh Bung Andi. Namun yang pasti, tantangan ini akan menjadi pengalaman seru dan relevan bagi Generasi Z, sesuai dengan apa yang mereka inginkan untuk mengisi liburan akhir tahun mereka.

Dan inilah yang paling dinanti-nanti oleh POCO Fans: para pemenang tantangan tidak hanya akan mendapatkan pengalaman seru, tetapi juga berkesempatan untuk membawa pulang smartphone POCO terbaru! Semua rahasia akan terungkap pada tanggal 4 Januari mendatang.

Bung Andi menutup informasinya dengan mengatakan, “Tunggu tanggal mainnya pada 4 Januari, dan ikuti keseruan yang akan POCO adakan dalam tantangan #SiPalingGesit pada akhir Desember ini.”

Jadi, buat para anak muda, jangan lewatkan momen ini dan siap-siap untuk menyambut aksi penuh semangat dari POCO di awal tahun 2024. Jadilah #SiPalingGesit!

Adopsi Digital Masih Menjadi Tren untuk Mempercepat Pertumbuhan Bisnis di Indonesia 2024

tabloidpulsa.id – Adopsi inovasi digital di sektor keuangan diprediksi akan terus berkembang. Menurut laporan e-Conomy SEA, ekonomi digital di Indonesia diperkirakan akan mencapai 146 juta dolar AS pada tahun 2025, dengan tingkat pertumbuhan tahunan (CAGR) sebesar 20%. Sementara itu, sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia, yang merupakan pilar utama perekonomian negara, juga menunjukkan tren positif terhadap transformasi digital. Salah satu indikasinya adalah peningkatan jumlah pembiayaan konvensional menjadi pinjaman online dengan memanfaatkan kredit digital.

Ayoconnect, JULO dan KiriminAja membahas strategi bisnis dan tren usaha di 2024 dalam webinar inisiasi Ayoconnect dengan tema: Strategi untuk Meningkatkan Profitabilitas melalui Solusi Digital Terjangkau dan Efisiensi Biaya. Webinar yang dihadiri oleh lebih dari 50 peserta dari berbagai sektor usaha ini membahas bagaimana kolaborasi antara fintech dan industri lainnya mampu menghadirkan fitur finansial yang efisien, mudah, aman dan dapat diandalkan. 

Fariz GTJ, CEO, dan Co-Founder KiriminAja sebagai salah satu panelis webinar mengatakan KiriminAja berkomitmen untuk terus mendukung laju pertumbuhan bisnis online di Indonesia yang dinamis dengan menyediakan berbagai solusi digital. Salah satu wujud komitmen terbaru KiriminAja adalah diluncurkannya fitur solusi COD financing & advance KiriminAja yang mampu mempercepat pencairan dana ke penjual, sehingga memastikan arus kas yang sehat bagi UMKM. “Pada tahun 2024, kami akan terus mendukung UMKM di Indonesia melalui penawaran biaya pengiriman yang kompetitif ke seluruh tanah air,” ungkap Fariz. 

Sebagai informasi, pada bulan Mei 2023, data dari laman OJK mencatat pencapaian signifikan dalam kinerja pembiayaan fintech peer-to-peer (P2P) lending atau pinjaman online, yang mencapai Rp51,46 triliun. Dari jumlah tersebut, 38,39 persen merupakan pembiayaan yang diberikan kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Pertumbuhan yang tinggi dalam pembiayaan pinjaman online ini mencerminkan tingginya permintaan masyarakat dan pelaku UMKM akan akses keuangan yang lebih mudah, cepat, dan inklusif dibandingkan dengan melalui lembaga perbankan atau perusahaan pembiayaan konvensional.

William Eka selaku Head of Partnerships JULO, menambahkan “Kemitraan kami dengan Ayoconnect memungkinkan pencairan dana secara cepat dan mudah kepada pengguna kami. Kami yakin kolaborasi ini akan semakin mempercepat pertumbuhan bisnis di Indonesia, dan memberikan manfaat bagi pengguna yang mengandalkan layanan JULO untuk modal bisnis dan kemajuan bisnis mereka.”

JULO berharap sinergisme yang terjalin dengan Ayoconnect dapat terus ditingkatkan dalam melayani bertumbuhnya pengguna layanan JULO sebagai innovative credit digital credit platform di tanah air yang diprediksi akan mencapai lebih dari 2.4 juta pengguna pada 2024 secara keseluruhan.

Di akhir acara, ketiga panelis webinar ini menggarisbawahi pentingnya melanjutkan semangat kolaborasi antar industri untuk bersama-sama menghadirkan inovasi yang tidak hanya mampu menjawab permintaan masyarakat, tapi juga mampu mendorong keuntungan usaha. Selain itu, masyarakat juga perlu terus diedukasi terkait pentingnya melakukan transaksi digital melalui platform yang aman dan diawasi oleh regulator. 

Tyas Wulandari, Sr. Enterprise Sales Manager Ayoconnect, menyatakan, “Ayoconnect akan terus mendukung mitra kami melalui integrasi API dan menyediakan fitur keuangan digital yang sesuai dengan fokus dari masing-masing industri. Ke depannya, kami juga berkomitmen untuk menjalin kerja sama dengan lebih banyak sektor usaha untuk mendorong percepatan inklusi keuangan untuk seluruh masyarakat Indonesia”

Editor's Pick