Home Blog Page 172

Sisi Lain Aero Aswar, Jago Jadi Investor Dengan Galaxy Z Fold6

Aero Aswar Galaxy Z Fold6

tabloidpulsa.id – Berbagai fitur Galaxy AI baru yang ada di Samsung Galaxy Z Fold6 berhasil menjadi andalan bagi banyak pebisnis muda di masa kini.

Pada era yang serba cepat dan penuh dengan persaingan, khususnya di dunia bisnis, pebisnis membutuhkan device smartphone sebagai daily driver yang bisa digunakan untuk mengerjakan berbagai hal dengan cepat dan efisien.

Bahkan terkadang device ini berperan penting untuk mendukungnya dalam mengembangkan ide menjadi peluang yang menguntungkan dengan lebih mudah.

Pengalaman tersebut dirasakan oleh Aero Aswar, Atlet Jetski Internasional sekaligus Business Investor.

Siapa sangka, ternyata dibalik kesehariannya sebagai seorang atlet yang telah banyak membanggakan Indonesia, Aero juga memiliki ketertarikan dan passion di dunia bisnis dengan latar belakang pendidikan di Business Management and Strategic.

Sebagai generasi yang responsif terhadap perubahan, Aero harus bisa menyesuaikan kesehariannya dan terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi khususnya AI sehingga bisa mencari peluang baru.

“Sejak coba Galaxy Z Fold6 aku seperti menemukan hack cara mudah lebih cepat  menyusun strategi bisnisku. Mulai dari research peluang bisnis, lalu tahap perencanaan, hingga akhirnya mengeksekusi ide tersebut bisa sangat terbantu dan efisien dengan Galaxy Z Fold6 ditanganku. Karena Fold6 ini punya 3 hal utama yang aku butuhkan yaitu  layar yang lebar, S Pen untuk bisa bebas menuangkan ide dan gambar, dan yang menarik juga yaitu fitur AI yang canggih,” kata Aero Aswar, Atlet Jetski Internasional & Business Investor.

Penasaran bagaimana keseharian Aero Aswar memanfaatkan fitur-fitur Galaxy Z Fold6 untuk mendukungnya sebagai seorang investor dalam melakukan analisis hingga akhirnya mengembangkan bisnis, simak berikut ini ceritanya!

Sketsa’in ide jadi peluang bisnis yang tepat sasaran bagi konsumen

Salah satu hal yang Aero lakukan pertama kali ketika ingin menjalankan atau memutuskan untuk menanamkan investasi di bisnis tertentu adalah memastikan apa yang dilakukannya itu tepat sasaran bagi target market yang dituju.

Menariknya, fitur Sketch to Image ternyata bisa mendukungnya untuk bisa mewujudkan hal tersebut.

Apalagi device ini sekarang juga didukung dengan S Pen sehingga benar-benar membantunya untuk bisa leluasa dalam menggambar.

Aero mencontohkan, selain olahraga Jetski, dirinya juga sedang hobi-hobinya menggeluti olahraga Padel sehingga saat ini dia tertarik untuk melakukan investasi di industri itu.

Dia pun banyak terjun langsung untuk melakukan perencanaan brand hingga mengecek kualitas dari setiap lapangan yang akan menjadi bagian dari bisnis tersebut.

Namun karena tidak memiliki background sebagai seorang designer yang mumpuni, dia pun akhirnya banyak bergantung pada fitur Sketch to Image untuk bisa memvisualisasikan keinginannya secara langsung menjadi gambar nyata.

“Hampir semua business is about feel, see, hear, touch, smell. Makanya, layout yang tepat jadi salah satu hal yang penting banget sehingga pada saat nanti dieksekusi apa yang kita inginkan dan bayangkan bisa terwujud. Dan belakangan aku suka pakai fitur Sketch to Image sehingga aku bisa memvisualkan apa yang ada di bayangan. Terkadang desain 3D yang divisualisasikan oleh tim ku tidak sesuai saat mereka desain hasil dari penjelasn lisanku. Makanya belakangan pakai Sketch to Image jadi lebih gampang, aku bisa kasih kerangka visual langsung, , bukan cuma ada di pikiranku,” kata Aero.

Penggunaan Sketch to Image ini pun sangat sederhana dan mudah. Semua itu menurut Aero bisa dimulai cuma berawal dari ide sederhana yang kemudian dituangkan menjadi sketsa dan diterjemahkan menjadi visual yang tepat oleh Sketch to Image.

Kadang kita akan kesulitan untuk menggambar kerangka awal visual yang ingin di-generate.

Salah satu tips dari Aero Aswar pakai Galaxy Z Fold6 memungkinkan dia untuk mengatur transparency layar Sketch to Image, sehingga layar ponsel bisa dialihkan untuk menjadi gambar yang ingin diikuti.

Berikut ini caranya:

  1. Buka foto atau gambar yang ingin dijadikan referensi
  2. Buka edge panel di samping layar dan pilih fitur Sketch to Image
  3. Klik ikon Transparent dan sesuaikan transparency layar, pilih hingga 0 untuk bisa melihat gambar awal yang telah dipilih untuk jadi referensi
  4. Ikuti outline gambar tersebut di atas layar, lalu klik Generate jika sudah selesai

Dengan begitu kita bisa membuat sketsa dengan lebih mudah pada setiap gambar yang ingin di generate menggunakan Sketch to Image.

Cek dokumen dari berbagai partner bisnis yang berbeda bahasa dengan lebih cepat dan tepat

Selain dari sisi perencanaan, Aero sebagai Business Investor juga seringkali dihadapkan pada kondisi yang mengharuskannya melakukan penilaian dan keputusan bisnis yang tepat.

Untuk itu, biasanya ada banyak dokumen yang harus dia baca dan pelajari dan seringkali berasal dari mitranya dari luar negeri.

Dalam kondisi tersebut, Aero memanfaatkan fitur PDF Overlay Translation sehingga bisa menerjemahkan setiap dokumen ataupun kontrak yang diterimanya dengan cepat dan tepat.

Karena terjemahannya juga disematkan secara overlay, Aero bisa nge-scroll setiap kata per kata yang sudah diterjemahkan dalam dokumen yang sama sehingga membuat prosesnya jadi lebih praktis.

Dengan begitu, proses review dokumen dan proses kurasi kontrak bisa dilakukan dengan lebih cepat. Membuatnya bisa lebih berfokus untuk melakukan negosiasi lebih lanjut.

“Seringkali sebelum negosiasi dengan partner dari luar negeri aku memastikan kontrak yang disiapkan sudah tepat dan bisa menjadi bahan meeting lebih lanjut. Tapi terkadang bahasa kontrak akan lebih kompleks dan kalau mau diterjemahkan itu sedikit repot dan sulit. Prosesnya panjang, mulai dari copy paste dokumen dan kata-katanya terlebih dahulu untuk dipindah ke aplikasi penerjemah. Belum lagi terkadang format tulisan dari dokumen PDF itu sering berantakan. Makanya sejak pakai Galaxy Z Fold6, aku sering banget pakai fitur PDF Overlay Translation yang bisa terjemahkan dokumen-dokumen itu cukup dengan sekali klik. Jadinya aku bisa memahami keseluruhan konteks dari dokumen tersebut dan melakukan review dengan lebih cepat,” cetus dia.

Cara untuk mengaktifkan PDF Overlay Translation seperti apa yang dilakukan Aero sebagai berikut:

  1. Buka My Files > cari dokumen PDF yang ingin diterjemahkan
  2. Pilih “Samsung Notes” sebagai aplikasi untuk membuka dokumen
  3. Klik lambang Galaxy AI di bagian atas dokumen
  4. Tap opsi Translate
  5. Galaxy AI akan langsung menerjemahkan setiap kalimat di dokumen tersebut

Multitasking yang lebih advance buat kerjain berbagai hal sekaligus

Alasan terkuat yang membuat Aero Aswar beralih dari smartphone sebelumnya dan kini menggunakan Galaxy Z Fold6 adalah karena device ini memberikan pengalaman baru bagi dirinya untuk bisa melakukan berbagai hal dengan sangat praktis di layar hp yang jumbo.

Pasalnya, multitasking menggunakan smartphone menjadi salah satu kebutuhan dirinya selama ini yang sulit ditemukan pada smartphone lain.

Galaxy Z Fold6 memiliki dimensi layar yang lebih lebar dibanding pendahulunya, yakni 68.1 x 153.5 x 12.1 mm saat tertutup dan 132.6 x 153.5 x 5.6 mm saat perangkat terbuka.

Dia jadi bisa mengirim dokumen kepada partner bisnis lebih cepat, cukup drag and drop dokumen seperti pengalaman yang dia rasakan saat menggunakan laptop.

Biasanya, Aero akan memaksimalkan 3 windows yang ada di Galaxy Z Fold6.

Pada window pertama, Aero akan membuka dokumen visual yang sedang di-review.

Kemudian pada window kedua dia juga membuka floor plan atau materi lainnya yang biasanya akan dirinya sesuaikan dengan kebutuhan.

Sedangkan pada window ketiga, dia membuka aplikasi untuk mencari referensi seperti browser ataupun dalam kasus Aero biasanya dia akan membuka Google Earth untuk mengetahui jarak ukur paling tepat dari lokasi yang ingin dikembangkannya untuk bisnis.

“Smartphone ini benar-benar jadi perpanjangan dari diri aku sekarang ini, dan device yang aku butuhin adalah yang memang punya layar yang besar dan bisa bikin pengerjaan berbagai hal jadi lebih efisien. Tapi saat dalam keadaan dilipat desain nya sangat nyaman digenggaman, so its combo. Galaxy Z Fold6 ini benar-benar nyaman dan aku pakai banget the whole screen-nya dan sampai sekarang aku masih amaze banget,’ ucap Aero.

Jadi lebih produktif dan temukan lebih banyak peluang dengan Galaxy Z Fold6!

Mau punya pengalaman super produktif dan bisa analisis berbagai bisnis dengan praktis dan cepat? Buruan miliki Galaxy Z Fold6 sekarang!

Device ini tersedia dalam varian 12GB/256GB dengan harga Rp26.499.000, 12GB/512GB dengan harga Rp28.499.000, dan 12GB/1TB dengan harga Rp31.999.000.

Samsung menghadirkan lima pilihan warna, yaitu Crafted Black, White, Silver Shadow, Pink, dan Navy.

Mulai 10 Agustus hingga 5 September 2024, konsumen yang ingin membeli langsung akan mendapatkan trade in cashback atau PWP hingga Rp3.000.000, bank cashback hingga Rp300.000.

Pemilik Samsung BRI Credit card juga berkesempatan mendapatkan cashback tambahan.

Total nilai benefit yang bisa konsumen dapatkan pada penjualan perdana ini bisa mencapai lebih dari Rp6.000.000.

Telkomsel Turut Sukseskan IAF ke-2 dan HLF MSP di Bali

Telkomsel IAF

tabloidpulsa.id – Telkomsel, sebagai penyedia layanan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung kesuksesan acara kenegaraan berskala internasional dengan memastikan kesiapan infrastruktur dan layanan telekomunikasi terbaik selama berlangsungnya Indonesia-Africa Forum atau IAF ke-2 dan High-Level Forum on Multi Stakeholder Partnerships (HLF MSP) di Bali, yang berlangsung dari 1 hingga 3 September 2024.

IAF dan HLF MSP 2024 menjadi forum strategis yang mengedepankan kolaborasi antara Indonesia, negara-negara Afrika dan negara global south lainnya dalam sejumlah sektor prioritas yang menjadi fokus utama, yakni transformasi ekonomi, energi dan pertambangan, ketahanan pangan, kesehatan, serta kerja sama pembangunan. Dengan dukungan jaringan broadband terdepan serta produk dan layanan digital inovatif, Telkomsel memastikan seluruh delegasi, yang diperkirakan berjumlah sekira 1.500 peserta dari berbagai negara, dapat menikmati pengalaman komunikasi dan digital yang lancar selama berlangsungnya forum ini.

Direktur Network Telkomsel, Indra Mardiatna mengatakan, “Selaras dengan semangat Indonesia yang menginspirasi kami untuk menggerakkan kemajuan, Telkomsel mendukung penyelenggaraan IAF dan HLF MSP 2024 dengan memastikan jaringan broadband terkini yang andal serta ketersediaan ragam produk dan layanan unggulan. Melalui keseluruhan inisiatif yang dihadirkan, kami berharap kedua gelaran internasional ini dapat berjalan dengan sukses, memberikan dampak positif bagi hubungan bilateral antara Indonesia dengan negara-negara di Afrika dan Global South lainnya. Selain itu, acara ini juga menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk menunjukkan kapabilitas layanan telekomunikasi yang mampu memberikan pengalaman digital terbaik di kancah internasional, yang pada akhirnya memperkuat citra positif Indonesia di mata dunia.”

Untuk mendukung kelancaran aktivitas komunikasi para peserta, Telkomsel telah mengoptimalkan kapasitas dan kualitas jaringan dengan memastikan kesiapan infrastruktur di seluruh venue utama dan pendukung gelaran IAF dan HLF MSP 2024. Di area Bali, Telkomsel telah menyiapkan dan mengoptimalisasi jaringan 5G dan 4G di 64 site, serta memasang 2-unit Compact Mobile BTS (COMBAT), 3-unit BTS Easy Macro, dan 1-unit Massive MIMO untuk memastikan kualitas jaringan tetap optimal selama acara berlangsung. Selain itu, 225 site jaringan Hyper 5G Telkomsel yang tersebar di Kota Denpasar dan Kabupaten Badung, termasuk Nusa Dua, Bali, akan semakin memberikan pengalaman layanan konektivitas berkecepatan tinggi 5G tanpa terputus bagi seluruh delegasi.

Telkomsel juga menyiapkan berbagai produk dan layanan pelanggan untuk mengakomodasi kebutuhan komunikasi delegasi mancanegara yang dapat ditemukan di berbagai lokasi, seperti di pusat layanan di Media Center BNDCC/BICC, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, tujuh GraPARI yang tersebar di berbagai lokasi strategis yang mencakup GraPARI Jimbaran, GraPARI Mall Bali Galeria, GraPARI Renon, GraPARI Teuku Umar, GraPARI Gatsu Tengah, GraPARI Tabanan, dan GraPARI Ubud, hingga mendirikan 12 Tourist Corner di berbagai pusat perbelanjaan dan lokasi wisata popular di Bali yang siap melayani pembelian eSIM Prabayar Tourist, registrasi kartu, paket data 5G, isi ulang pulsa, pembelian modem Orbit, serta aktivasi eSIM dan layanan 5G. Seluruh titik layanan ini dirancang untuk memastikan kemudahan akses dan kenyamanan komunikasi bagi seluruh peserta.

Telkomsel juga telah bekerja sama dengan mitra outlet resmi Telkomsel yang tersebar di seluruh Bali termasuk di area wisata dan kawasan utama penyelenggaraan IAF dan HLF MSP 2024 seperti Nusa Dua, Kuta, Pecatu, Seminyak, Canggu, Sanur, Ubud, dan Nusa Penida dan beberapa kawasan lainnya, guna menghadirkan kemudahan dalam mengakses produk dan layanan unggulan Telkomsel.

Zoho dan ITS Integrasikan Modul LCNC ke dalam Kurikulum

ZOHO ITS

tabloidpulsa.id – Zoho, perusahaan teknologi global, dengan bangga menyelenggarakan Young Creator Program (YPC) bekerja sama dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) di Surabaya untuk tahun kedua berturut-turut. Inisiatif ini merupakan bagian dari upaya global Zoho Creator, platform low-code/no-code (LCNC) Zoho, yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat lokal guna memanfaatkan kekuatan solusi LCNC seperti Zoho Creator untuk mengembangkan aplikasi bisnis yang kuat tanpa memerlukan pengalaman koding apapun.

Sebagai bagian dari upaya pemerintah Indonesia untuk mencapai visi Indonesia Emas 2045, ada penekanan kuat untuk membekali generasi saat ini, yang berumur 15 hingga 30 tahun, dengan keterampilan digital yang penting. Meskipun generasi ini sudah menjadi penggerak utama ekonomi digital, pengembangan lebih lanjut atas kemampuan generasi ini sangatlah penting untuk memenuhi target pertumbuhan ekonomi Indonesia. YCP bertujuan untuk membina talenta muda yang inovatif serta meningkatkan literasi digital, memberdayakan mereka untuk mengatasi tantangan bisnis di dunia nyata. Aksesibilitas solusi LCNC memungkinkan usaha kecil untuk mengembangkan aplikasi dengan pengetahuan koding yang minim, yang mengurangi biaya dan mempercepat proses pemasaran, sehingga menciptakan persaingan yang seimbang bagi semua bisnis.

Berinvestasi dalam Pelatihan Fungsional untuk LCNC

Pada Bulan Agustus ini, Young Creator Program (YPC) kembali ke ITS Surabaya dengan agenda yang makin diperluas. Nota Kesepahaman yang ditandatangani oleh Rektor ITS, Bambang Pramujati dan Zoho, menandai dimulainya kemitraan baru dan debut global modul LCNC dari Zoho Creator sebagai bagian dari kurikulum di perguruan tinggi. Selain melatih 70 mahasiswa, program tahun ini memperkenalkan train-the-trainer model, yang mengikutsertakan 40 dosen dalam pelatihan khusus, sehingga memastikan bahwa kelompok mahasiswa di masa mendatang juga akan mendapat manfaat dari kurikulum ini. Selain itu, ITS menyelenggarakan sebuah sesi dengan 60 peserta dari UKM lokal untuk meningkatkan kesadaran akan solusi LCNC bagi komunitas bisnis lokal. Dengan mengadopsi pendekatan ini, YPC bertujuan untuk memperluas dampak edukasi LCNC, sehingga dapat meningkatkan aksesibilitas terhadap solusi ini di sektor bisnis di Surabaya.

Program ini dimulai pada tanggal 19 Agustus dengan sesi tiga hari bagi para dosen, diikuti sesi tiga hari untuk mahasiswa. Rangkaian pembelajaran komprehensif tersebut memberikan peserta pengalaman langsung dalam membangun aplikasi menggunakan Zoho Creator, platform low-code/no-code yang canggih. Selama tiga hari, peserta dipandu melalui komponen dasar pengembangan aplikasi, termasuk pembuatan formulir, basis data relasional, laporan, dasbor, dan alur kerja. Program ini juga memperkenalkan fitur-fitur canggih seperti Deluge scripting, integrasi AI, dan berbagai fungsi khusus, yang membekali mahasiswa dengan keterampilan untuk mengotomatiskan proses, mengelola siklus hidup aplikasi, dan menghubungkan lebih dari 600 aplikasi eksternal. Di akhir pelatihan, peserta memiliki pengetahuan untuk merancang, mengembangkan, dan mengelola aplikasi bisnis yang berfungsi penuh.

Sesi di tahun ini memperkuat komitmen Zoho dan ITS dalam mengintegrasikan teknologi low-code ke dalam kurikulum, yang memberikan mahasiswa keterampilan praktis yang dibutuhkan untuk meraih kesuksesan di dunia bisnis. Dengan suksesnya program 2024 ini, inisiatif ini menjadi model bagi lembaga pendidikan tinggi lain untuk mengadopsi dan memasukkan Young Creator Program ke dalam mata kuliah mereka.

 “Kemitraan kuat yang dijalin antara ITS dan ZOHO Global Corporation merupakan sesuatu yang sangat kami hargai.” Ujar Dr.oec. HSG Syarifa Hanoum, S.T., M.T., Ketua Jurusan Manajemen Bisnis, ITS. “Keberhasilan penerapan inisiatif  seperti Young Creator Program telah menginspirasi mahasiswa kami untuk berinovasi dan merangkul digitalisasi dalam bisnis tanpa memerlukan pengetahuan koding yang luas. Selain itu, program Training of Trainers telah membekali dosen-dosen kami untuk menjadi pendidik yang lebih baik, yang mampu menyebarkan literasi digital pada masyarakat yang lebih luas. Kolaborasi ini juga menjangkau lebih dari sekadar mahasiswa dan fakultas ITS, menjangkau Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk membantu mereka mengadopsi perangkat digital dan memajukan bisnis mereka. Secara keseluruhan, kolaborasi ini tidak hanya memberdayakan mahasiswa dan dosen kami tetapi juga memberikan kontribusi signifikan bagi masyarakat luas.”

“Dengan keberhasilan kolaborasi kami sepanjang tahun lalu, saya senang bahwa tahun ini kami dapat berkolaborasi lebih erat dan lebih mendalam dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. Dengan program yang lebih luas pada tahun 2024, kami gembira menjadi yang pertama yang memasukkan Zoho Creator ke dalam kurikulum untuk perguruan tinggi. Dengan kolaborasi ini, kami berharap dapat menutup kesenjangan antara kurikulum akademis dan kebutuhan bisnis di dunia nyata. Dengan menambahkan praktik dan pengalaman terbaik kami ke dalam kurikulum, kami berupaya untuk memberikan dampak yang berkelanjutan pada kumpulan talenta lokal dan memberikan manfaat bagi komunitas bisnis. Bersama-sama, kami bertujuan untuk memberdayakan generasi talenta digital berikutnya dan memberikan keterampilan fungsional kepada tenaga kerja lokal yang akan memberikan perubahan nyata pada lanskap bisnis.”

– Handito Aji Saroso, Country Lead, Zoho Indonesia

OPPO A3 Sudah Tersedia Eksklusif Online di Indonesia

OPPO A3 Hadir Ekslusif

tabloidpulsa.id – OPPO resmi luncurkan perangkat OPPO A3 tersedia eksklusif secara online. Anggota terbaru dari keluarga A Series ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengguna akan smartphone tangguh dengan harga terjangkau. Mengusung konsep ketahanan yang luar biasa, OPPO A3 dilengkapi dengan sertifikasi Ketahanan Benturan Tingkat Militer dan perlindungan dari berbagai macam cairan, menjadikannya pilihan tepat untuk aktivitas harian yang dinamis.

Dengan kapasitas baterai 5.100mAh dan teknologi pengisian daya cepat 45W SUPERVOOCTM Flash Charge, OPPO A3 memastikan pengguna dapat menjalani hari tanpa khawatir kehabisan daya. Perangkat ini juga hadir dengan layar ultra cerah 1.000 nits dan mode Ultra Volume untuk pengalaman visual dan audio yang lebih imersif, baik saat bekerja maupun bermain.

Performa Maksimal dengan RAM dan ROM Luas

OPPO A3 menawarkan performa yang andal dengan RAM 8GB dan penyimpanan internal (ROM) sebesar 128GB. Kapasitas RAM 8GB yang besar memastikan multitasking berjalan dengan lancar tanpa hambatan, sementara penyimpanan luas 128GB memungkinkan pengguna menyimpan lebih banyak aplikasi, foto, dan video tanpa khawatir kehabisan ruang. Ditambah dengan teknologi RAM Expansion, OPPO A3 dapat menggandakan kapasitas RAM yang tersedia hingga 8GB, memberikan performa ekstra saat dibutuhkan untuk pengalaman yang mulus dan responsif kapan saja.

Pilihan Warna Menawan dengan Desain Trendi

OPPO A3 tidak hanya kuat dan fungsional, tetapi juga menawarkan estetika yang menarik. Hadir dalam tiga pilihan warna elegan yaitu Starlight White, Sparkle Black, dan Starry Purple, perangkat ini dirancang untuk tampil menawan. Warna Sparkle Black dihasilkan melalui proses OPPO Glow yang memberikan tampilan berkilauan yang memukau sekaligus menjaga perangkat bebas dari sidik jari dan noda. Semua varian warna dilengkapi dengan desain ramping, dengan ketebalan hanya 7,68 mm dan berat sekitar 186 g, memberikan nuansa premium dan nyaman saat digenggam.

Ketahanan Tingkat Militer dan Rating IP54

OPPO A3 dirancang dengan ketahanan maksimal untuk penggunaan sehari-hari, dilengkapi bodi yang diperkuat kaca tempered ganda dan telah mendapatkan Sertifikasi MIL-STD 810H untuk Ketahanan Benturan Tingkat Militer serta Sertifikasi Standar SGS, menjadikannya salah satu smartphone terkuat di kelasnya. Dengan rating IP54 untuk ketahanan air dan debu, serta fitur Splash Touch yang meningkatkan responsivitas layar saat basah, OPPO A3 siap menghadapi berbagai kondisi, dari tumpahan cairan hingga menghadapi hujan ringan.

Kamera Ultra-Clear 50MP untuk Hasil Foto Profesional

Bagi para pecinta fotografi, OPPO A3 dilengkapi dengan Kamera Utama Ultra-Clear 50MP yang mampu menangkap detail dengan sangat tajam, baik dalam kondisi cahaya terang maupun redup. Kamera ini didukung oleh fitur AI Portrait Retouching, Dual View Video, dan Retouching Video, yang memungkinkan pengguna mengambil gambar dan video dengan hasil yang lebih natural dan kreatif. Kamera depan 5MP juga tidak kalah, menawarkan kualitas selfie yang jernih untuk momen-momen berharga.

Perlindungan Kelancaran hingga 50 Bulan

Untuk memastikan performa yang konsisten dalam jangka panjang, OPPO A3 telah lulus uji Perlindungan Kelancaran 50 Bulan OPPO. Berkat dukungan dari Trinity Engine yang tertanam dalam ColorOS 14, perangkat ini mampu mengatur sumber daya komputasi secara efisien sehingga memberikan kinerja yang lancar selama lebih dari empat tahun penggunaan normal. Pengguna dapat menikmati pengalaman yang bebas lag di berbagai skenario, baik untuk kebutuhan produktivitas maupun hiburan.

Harga dan Ketersediaan

OPPO A3 resmi dijual seharga Rp2.499.000, tersedia eksklusif di Shopee selama periode 2-8 September 2024 dan akan tersedia di seluruh situs e-commerce terkemuka di Indonesia mulai 9 September 2024. Konsumen akan mendapatkan berbagai penawaran menarik selama periode peluncuran di Shopee, termasuk cicilan bunga 0% dengan SPayLater dan gratis ongkir. Jangan lewatkan juga kesempatan untuk mendapatkan Skin Fragment Mobile Legends: Bang Bang senilai Rp100.000 yang tersedia eksklusif di aplikasi My OPPO.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi laman resmi OPPO Indonesia di tautan berikut ini: https://www.oppo.com/id/smartphones/series-a/a3/

Gemini dan CoPilot Bersaing Tawarkan Kemudahan

gemini vs copilot
generated by Bing

tabloidpulsa.id – Saat ini hampir semua perusahaan teknologi berbicara soal Artificial Intelligence (AI). Tak terkecuali dua raksasa IT, Microsoft dan Google. Melalui fitur Asisten berbasis AI mereka, yakni Gemini dan Copilot. Mereka sudah mulai bersaing menawarkan fitur bermanfaat bagi penggunanya. Harapannya tentu saja, kita sebagai pengguna yang jadi pemenang, tapi akankah demikian?

Setelah diperkenalkan pada akhir Desember tahun lalu, Gemini kini sudah mencapai titik yang menarik. Bahkan sudah ditawarkan untuk menggantikan pencarian Google tradisional, dan Google Assistant tradisional di beberapa versi software perangkat.

Sementara itu Copilot, yang awalnya diperkenalkan pada bulan Maret 2023 sebagai bagian dari fitur Microsoft 365, lebih menjadi fitur pendamping Microsoft 365, baik bersifat dokumen maupun bisnis. Pendekatan yang cukup berbeda, tapi kurang lebih sama.

Berita terupdate beberapa hari belakangan memperlihatkan bahwa keduanya mulai menawarkan fitur yang menggiurkan untuk dicoba.

Berdasarkan laporan tanggal 30 Agustus lalu, Google telah mulai memperkenalkan sebuah fitur bernama Google Q&A ke beberapa perangkat Android. Fitur ini akan memanfaatkan Gemini untuk menyelam ke dalam email kita (dalam hal ini tentu saja Gmail) dan kita bisa bertanya tentang hal itu ke Google.

Singkat kata, alih-alih membuka semua email dalam inbox, kita bisa mencari dan mendapatkan informasi mengenai isi email yang terkirim dengan cara bertanya pada Google Q&A. Tentunya akan memangkas waktu, sehingga tidak banyak waktu terbuang untuk melakukan hal-hal yang bersifat rutin.

Kita bisa meminta fitur ini untuk menampilkan email dari pengirim yang spesifik, atau hanya email yang belum terbaca, atau bahkan merangkum isi email ke dalam sebuah kalimat yang efisien.

Copilot di lain hal, sudah melakukan integrasi yang dalam dengan fitur-fitur lain yang ada di Microsoft 365, termasuk fitur Office mereka. Namun ada satu fitur menarik yang baru saja mendapat update, yakni mengubah file word ke dalam presentasi atau berformat pptx, dirasakan cukup membantu mereka yang bekerja di bidang tertentu.

Bagi sales marketing misalnya, kita tidak perlu lagi membuat slide presentasi dari nol, kita hanya perlu mengubah file Word ke dalam Power Point hanya dengan satu sentuhan. Selanjutnya kita bisa edit untuk mendapatkan tampilan presentasi yang sesuai dengan keinginan.

Dua jalan Ninja, yang sebenarnya tidak terlalu berbeda ini sayangnya hanya bisa dinikmati ketika kita berlangganan layanan tertentu. Semisal untuk Gemini ada Google One AI Premium dan untuk Copilot ada layanan Microsoft Copilot Pro.

Bagaimana? Masih berpikir bahwa AI akan menggantikan pekerjaan kita?

Dibanderol Rp 1 Jutaan, Samsung Galaxy A06 Punya Fitur Fast Charging

Samsung Galaxy A06 Indonesia

tabloidpulsa.id – Samsung Electronics Indonesia resmi mengumumkan kehadiran Galaxy A06 di Indonesia. Dengan harga mulai sejutaan saja, smartphone ini menawarkan peningkatan fitur yang Pasti Beneran Aman untuk melindungi penggunanya dari upaya pengambilan data dan malware.

Termasuk juga mendukung kegiatan digital pengguna mulai dari bersosial media, nonton video TikTok dan YouTube, update berita terkini, sampai merekam foto dan video yang jernih.

Fitur keamanan yang dimaksud adalah Samsung Knox Vault, yang pertama kalinya ditanamkan di ponsel sejutaan Samsung Galaxy untuk memberikan keamanan menyeluruh bagi penggunanya.

Dengan maraknya upaya peretasan, pengambilan data dan tersebarnya malware, seperti pengiriman link atau dokumen via Whatsapp yang mengandung APK berbahaya, Knox Vault pada Galaxy A06 menambah perlindungan terhadap upaya-upaya tersebut.

“Dengan hadirnya Samsung Knox Vault pada Galaxy A06, para pengguna tidak perlu khawatir akan keamanan data-data penting serta salah pencet link, karena Samsung Knox Vault akan melindungi para pengguna dari pencurian data dan APK tak dikenal. Galaxy A06 juga sudah diperkuat dengan baterai besar 5000mAh dengan fast charging 25 watt untuk menemani para penggunanya beraktivitas seharian, dual mic untuk kualitas telepon jernih, untuk kamera 50MP yang cocok untuk mengambil foto dan video terbaik, dan storage hingga 128GB yang masih dapat diperluas sampai 1TB, semua pada harga sejutaan saja,” ucap Ricky Bunardi, MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia.

Tenang beraktivitas dengan keamanan maksimal

Untuk menghadirkan keamanan dan kenyamanan bagi para penggunanya, Samsung menghadirkan sistem keamanan unggulan Samsung Knox Vault.

Knox Vault pada Galaxy A06 hadir dengan memori khusus terpisah untuk menyimpan data penting seperti PIN dan pola kunci layar, sehingga data ini aman dari upaya peretasan. Knox Vault juga turut memperkuat fitur keamanan seperti:

  • Auto Blocker yang bertugas mencegah penginstalan aplikasi dari sumber yang tidak sah, seperti kiriman APK berbahaya di Whatsapp. Fitur ini juga akan memeriksa malware dan ancaman keamanan siber lainnya, dan secara otomatis akan memblokir aktivitas berbahaya yang mungkin terjadi. Mengaktifkan Auto Blocker sangat cepat dan sederhana, kurang dari satu menit. Buka Settings, buka Security and privacy, lalu ketuk Auto Blocker dan pilih On.
  • Secure Folder untuk mengamankan aplikasi yang mengandung data-data sensitif, seperti aplikasi mobile banking. 
  • Maintenance Mode yang berguna ketika membawa ponsel ke service center, agar pihak teknisi dapat mengoperasikan dan mengecek fungsi ponsel tanpa mengakses informasi pribadi di dalam ponsel tersebut.
  • Private Share yang memudahkan pengguna berbagi konten-konten pribadi seperti dokumen pribadi, dokumen pekerjaan, foto dan video keluarga dengan perlindungan privasi yang lebih kuat. Pemilik data atau file penting tersebut bisa mengontrol siapa saja yang bisa mengakses, serta berapa lama file tersebut tersedia. 

Di samping fitur-fitur di atas, Galaxy A06 juga dapat menikmati 2x OS update dan juga 4 tahun security update, sehingga memberikan ketenangan untuk pemakaian jangka panjang.

Baterai besar untuk puas menikmati aktivitas favorit

Dengan baterai besar 5000mAh, smartphone ini bisa menemani berbagai aktivitas Anda untuk waktu lebih lama.

Dipakai memandu perjalanan dari rumah ke tempat kerja, foto-foto estetik, ngabarin keluarga lagi ada di mana, sampai maraton serial favorit bisa banget dilakukan tanpa perlu pusing mencari tempat nge-charge.

Kalau baterai hampir habis, tidak perlu khawatir. Galaxy A06 sudah mendukung fast-charging 25W yang mampu mengisi ulang baterai 50% hanya dalam waktu 30 menit saja.

Kamera andalan untuk ambil foto dan video yang menakjubkan

Galaxy A06 sudah dibekali kamera terbaik di kelasnya untuk merekam berbagai momen berkesan dengan foto dan video yang tajam dan hidup.

Kamera ganda di belakang, yang terdiri dari kamera utama 50MP wide-angle dan kamera depth 2MP, akan membantu Anda mengabadikan berbagai momen menarik dengan foto atau video, bahkan merekam foto portrait dengan efek bokeh yang menakjubkan.

Adapun selfie cam-nya sudah menggunakan kamera 8MP. Cocok untuk merekam kebersamaan sama teman dan keluarga atau nge-vlog di tempat-tempat seru yang bikin video Anda auto-like.

Mudahkan aktivitas dengan One UI

Berbeda dari seri sebelumnya, Galaxy A06 kini hadir dengan One UI 6.1.

Dengan versi lengkap One UI, pengguna Galaxy A06 dapat mengakses berbagai fitur seperti kustomisasi layar, hingga opsi untuk mengoptimalkan daya baterai.

Selain itu, Galaxy A06 juga memiliki fitur Dual Mic yang akan membantu Anda saat bertelepon.

Fitur ini berfungsi untuk noise cancellation, memblokir suara-suara dari luar yang berpotensi untuk mengganggu pembicaraan di telepon, agar Anda bisa melakukan panggilan dengan tenang dan nyaman.

Galaxy A06 kini hadir dengan bodi yang lebih ramping dan ringan dalam dua pilihan warna: Blue Black dan Light Blue.

Tak lupa, hadir pula side fingerprint agar Anda mudah meng-unlock ponsel, tetapi tetap aman.

Harga dan Ketersediaan

Segera nikmati keunggulan Galaxy A06 yang terjangkau dengan fitur-fitur yang Pasti Beneran Aman untuk menunjang aktivitas digital Anda. Galaxy A06 tersedia dalam dua varian pada harga yang direkomendasikan Rp. 1.549.000 (4/64GB) dan Rp 1.799.000 (4/128GB).

Selama periode promosi 3-5 September 2024 di Samsung.com dan Shopee, dapatkan Galaxy A06 pada harga khusus mulai Rp 1.499.000, dengan bonus yaitu cashback hingga Rp 100.000, travel adapter 25W senilai Rp 299.000, Gopay hinggga Rp 100.000, paket data XL, dan Visval Backpack Exclusive Package senilai Rp 900.000 (hanya tersedia di Samsung.com).

Spesifikasi Galaxy A06:

Layar6.7” HD+, Infinity-U Display
KameraDepan: 8MP Belakang: 50MP wide-angle, lensa depth 2MP
AntarmukaOne UI 6.1
MemoriRAM 4+64GB, 4+128GB microSD hingga 1TB
Baterai5000mAh, 25W fast-charging
Dimensi167.3 x 77.3 x 8.0 mm
LainnyaSide Fingerprint, Dual Mic, Dolby Atmos, Samsung Knox Vault

Xiaomi Berikan Hadiah Spesial Setiap Pembelian Xiaomi 14

Beli Xiaomi 14 Berhadiah

tabloidpulsa.id — Dalam rangka menyambut Hari Pelanggan Nasional yang jatuh di tanggal 4 September mendatang, Xiaomi memberikan penawaran spesial kepada para Xiaomi Fans dan konsumen Indonesia yang telah setia memberikan dukungannya kepada Xiaomi selama ini.

Selama periode bulan September 2024, Xiaomi membagikan keuntungan untuk setiap konsumen yang melakukan pembelian unit Xiaomi 14, akan mendapatkan hadiah spesial berupa Xiaomi Smart Air Purifier 4 Compact secara gratis yang setara dengan Rp1.199.000.

Sejak peluncuran di bulan Maret lalu, Xiaomi 14 selalu mendapatkan sambutan luar biasa dari Xiaomi Fans dan tentunya konsumen Indonesia. 

Smartphone flagship ini dikenal dengan performa tinggi, desain premium yang elegan, serta teknologi kamera Leica yang mengesankan.

Kamera Xiaomi 14 yang berkolaborasi dengan Leica, membawa penggunanya ke level baru dalam hal mobile photography, memungkinkan mereka menangkap setiap momen dengan kejernihan dan detail yang memukau.

Dengan demikian, Xiaomi 14 menjadi pilihan utama bagi mereka yang menginginkan perangkat yang tidak hanya mengesankan secara visual, tetapi juga memberikan kinerja dan kemampuan fotografi yang luar biasa.

Membawa komitmen Xiaomi untuk memberikan pengalaman lebih baik kepada para konsumennya dengan tidak hanya menghadirkan teknologi smartphone canggih, tetapi juga perangkat pintar lainnya untuk meningkatkan kualitas hidup. 

Hadiah spesial untuk pengalaman hidup yang lebih nyaman dan sehat

Xiaomi percaya bahwa teknologi dapat meningkatkan kualitas hidup, baik di dalam maupun di luar ruangan.

Dengan menggabungkan pengalaman menggunakan smartphone flagship antara Xiaomi 14 dan perangkat rumah pintar seperti Xiaomi Smart Air Purifier 4 Compact, Xiaomi menawarkan solusi yang lebih komprehensif untuk gaya hidup modern.

Dengan fitur filtrasi HEPA yang mampu menyaring hingga 99,97% partikel halus seperti debu dan polusi, air purifier ini akan memastikan udara yang lebih bersih dan sehat di dalam rumah.

Pengguna dapat menikmati interkonektivitas antar perangkat yang semakin seamless salah satunya juga  dengan dukungan sistem Xiaomi HyperOS. Xiaomi selalu memungkinkan penggunanya untuk mengintegrasikan perangkat smartphone dengan rangkaian perangkat AIoT dari Xiaomi dengan lebih mudah dan lancar. 

Penawaran spesial ini merupakan bagian dari komitmen Xiaomi untuk terus memberikan yang terbaik bagi para pelanggannya.

Bagi Xiaomi, Hari Pelanggan Nasional menjadi momen istimewa untuk menunjukkan apresiasi atas kepercayaan yang telah diberikan oleh konsumen di seluruh Indonesia.

Melalui kolaborasi antara smartphone dan perangkat rumah pintar, Xiaomi mengajak pengguna untuk menikmati teknologi terdepan yang lebih terkoneksi dalam keseharian.

Penawaran ini berlaku di kanal penjualan resmi Xiaomi di seluruh Indonesia, baik secara online di Mi.com, Xiaomi Official Store; Tokopedia, Shopee, Lazada, Blibli, dan Akulaku maupun offline di Xiaomi Store dan toko-toko tertentu lainnya pada periode 1 hingga 30 September 2024 dan selama persediaan masih tersedia. 

Segera dapatkan Xiaomi 14 dan rasakan kecanggihan teknologi terdepan dengan bonus gift eksklusif yang akan menambah kenyamanan dan kualitas hidup Anda sehari-hari.

Dukung Coinfest 2024, Upbit Soroti Inovasi Blockchain di Indonesia dan Asia

CoinFest 2024 Upbit Blockchain

tabloidpulsa.id – Upbit Indonesia mengumumkan partisipasinya sebagai sponsor dalam side event Coinfest 2024 yang digelar oleh Asosiasi Blockchain dan Pedagang Aset Kripto Indonesia (ABI-Aspakrindo) yaitu Indonesia Blockchain Conference (IBC).

Acara ini mengambil tema “Shaping Asia’s Future: Blockchain Innovations Leading the Way”, yang bertujuan untuk menggali inovasi blockchain dalam membentuk masa depan Asia.

Acara ini berlangsung pada 22 Agustus 2024 di Nuanu, Bali.

Sebagai salah satu bursa perdagangan blockchain terdepan di Indonesia, Upbit Indonesia berkomitmen mendukung perkembangan teknologi blockchain di Asia, khususnya di Indonesia.

Dukungan ini sejalan dengan misi Upbit untuk membangun ekosistem blockchain yang lebih baik,  inovatif dan aman bagi seluruh pengguna di Indonesia.

Resna Raniadi, Chief Operating Officer (COO) Upbit Indonesia, mengatakan, “Blockchain memiliki potensi besar untuk merevolusi berbagai sektor, dan kami di Upbit Indonesia bertekad untuk terus mendukung perkembangan ini melalui berbagai inisiatif dan kolaborasi. Coinfest 2024 menjadi salah satu wadah penting bagi kami untuk memperkuat komitmen tersebut, serta memfasilitasi diskusi yang dapat mendorong inovasi lebih lanjut di bidang blockchain.”

Dalam sesi diskusi panel yang bertajuk “Blockchain Regs: Riding the Rollercoaster of Change” para pelaku industri dan regulator dari berbagai negara berkumpul untuk membahas tantangan dan peluang yang muncul di sektor blockchain.

Sesi ini memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana Indonesia dan negara lain berupaya menavigasi lanskap regulasi yang terus berubah di tengah pesatnya perkembangan teknologi blockchain.

Dengan kolaborasi global yang kuat dan pendekatan regulasi yang fleksibel, diharapkan blockchain dapat diintegrasikan dengan sukses ke dalam berbagai sektor, membuka jalan bagi pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Indonesia Blockchain Conference (IBC) sendiri didedikasikan untuk memberdayakan dan memanfaatkan potensi penuh dari teknologi blockchain baik di tingkat lokal maupun global.

Konferensi ini bertujuan untuk mendorong regulasi yang mendukung, pengembangan infrastruktur, dan ekosistem yang dinamis melalui pendidikan, advokasi, dan kolaborasi.

Untuk pertama kalinya, IBC 2024 kali ini diadakan secara offline, dengan mengundang pelaku industri, pemerintah, dan akademisi untuk berdikusi dan bertukar ide dalam mengembangkan ekosistem blockchain yang lebih baik dan lebih sehat.

“Kami percaya bahwa Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi pusat inovasi blockchain di Asia. Partisipasi kami di Coinfest 2024 adalah langkah penting dalam mendukung ekosistem yang lebih maju dan aman. Melalui kolaborasi dan komitmen yang kuat, kami akan terus bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mendorong adopsi teknologi ini dan membawa manfaat nyata bagi masyarakat Indonesia dan seluruh kawasan Asia,” tutup Resna.

AXIS Nation Cup 2024 Resmi Digelar, Hadir di 40 Kota

AXIS Nation Cup 2024

tabloidpulsa.id –  XL Axiata melalui AXIS kembali menggelar turnamen futsal terbesar untuk pelajar SMA se-Indonesia “AXIS Nation Cup 2024”.

Ajang ini juga merupakan salah satu sportainment terbesar di Indonesia untuk anak muda.

Sebagai mana diketahui, futsal merupakan salah satu cabang olah raga yang populer di kalangan pelajar, oleh karenanya AXIS menggelar turnamen yang lebih besar dari tahun sebelumnya dengan mendapatkan dukungan penuh dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (KEMENPORA) dan Federasi Futsal Indonesia.

AXIS Nation Cup 2024 hadir di 40 kota dan diikuti 1.650 sekolah dengan total 16.500 atlet dari berbagai penjuru Indonesia.

Tak hanya itu, AXIS Nation Cup 2024 juga menambahkan kategori baru yaitu Futsal Putri. Tersedia total hadiah senilai Rp 870 juta bagi para pemenang.

Chief Marketing Officer XL Axiata, Alfons Bosch Sansa, mengatakan, “AXIS sebagai brand anak muda konsisten mendukung spirit dan kreatifitas mereka, salah satunya dengan memberikan wadah bagi mereka untuk menunjukan bakatnya melalui AXIS Nation Cup. Oleh karenanya kami hadir kembali di 2024 dengan skala yang lebih besar mengusung tema ‘Bareng-Bareng Jadi Juara’. Tema besar ini menggambarkan semangat dari seluruh partisipan yang terlibat dalam event ini.”

Melalui AXIS, XL Axiata berusaha untuk mengejar pasar pelajar dan juga mahasiswa, yang merupakan salah satu segmen potensial  dan bersifat jangka panjang.

Atas pertimbangan itu pula, seluruh peserta yang berlaga di AXIS Nation Cup 2024 akan mendapatkan kuota hingga 2GB setiap hari selama 1 tahun.

AXIS Nation Cup 2024 akan dilaksanakan di region berikut, West (Sumatera), Jabo (dan sekitarnya), Central (Jawa Barat & Jawa Tengah), East (Jawa Timur & Bali), Kalimantan dan Sulawesi.

Beberapa kota diantaranya Padang, Pekanbaru, Lampung, Jakarta, Bekasi, Bogor, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Malang, Denpasar, Mataram, Banjarmasin, Balikpapan, Pontianak, Manado dan Makassar.

Tahap pendaftaran turnamen futsal ini sudah terlaksana mulai Juli 2024 lalu.

Babak penyisihan akan dimulai sepanjang bulan September 2024, lalu babak kualifikasi pada bulan Oktober 2024.

Selanjutnya babak final akan diselenggarakan pada 16 November 2024 di Indonesia Arena, Gelora Bung Karno.

Turnamen ini juga diikuti peserta pelajar putri dari 5 kota yaitu Lampung, Palembang, Jakarta, Semarang, dan Surabaya.

Total hadiah sebesar 870 juta dan training camp untuk 5 atlet terbaik.

AwanPintar: Serangan Siber di Indonesia Meningkat 6 Kali Lipat

Serangan Siber di Indonesia Meningkat-AwanPintar

tabloidpulsa.idAwanPintar merilis Laporan Ancaman Digital di Indonesia Semester I Tahun 2024, yang isinya mengungkap sejumlah data terkait serangan siber.

Laporan ini juga membahas secara detail beragam ancaman yang masuk ke dalam sistem jaringan internet Indonesia ini, dan diharapkan dapat menjadi sumber informasi dan rujukan bagi berbagai kalangan baik perusahaan ataupun individu, dari lingkup pemerinta maupun swasta.

Maraknya keriuhan di dunia siber Indonesia belakangan juga menjadi sorotan di seluruh dunia.

Berbagai insiden yang terjadi di tanah air juga menimbulkan banyak pertanyaan dari kalangan pengguna internet di Indonesia, seberapa amankah Indonesia dari bahaya siber?

AwanPintar.id berharap Laporan Keamanan Siber di Indonesia Semester I Tahun 2024 dapat menjadi acuan untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Selain itu laporan ini juga dapat menjadi acuan bagi berbagai kalangan untuk melakukan tindakan preventif ke depannya dan membangun sistem keamanan yang komprehensif yang mencakup manusia dan teknologi.

Yudhi KukuhFounder AwanPintar.id, mengatakan, “Serangan di ruang siber merupakan konsekuensi logis dari berkembangnya era teknologi informasi. Identifikasi bentuk serangan siber antara lain dapat terlihat pada hal-hal seperti: kriminalitas siber, botnets, serangan terhadap institusi finansial, penyebaran malware multi fungsi, aktivitas siber yang disponsori oleh negara, dan aktivitas hacking. Berbagai jenis serangan ini menggunakan instrumen ruang siber sebagai saluran utama dalam melaksanakan tindakannya. Dan di ruang yang sama AwanPintar.id juga hadir menjadi alat monitoring dan pengawasan setiap lalu lintas siber yang keluar dan masuk”.

Serangan Siber Meningkat 6 Kali Lipat

Serangan siber yang merusak dapat menimbulkan konsekuensi yang sangat serius dan berpotensi melumpuhkan infrastruktur digital dalam organisasi.

Meskipun tingkat ancamannya rendah, otoritas publik dan perusahaan swasta harus terus mengikuti perkembangan lanskap ancaman, mengingat sifat serius serangan siber yang merusak.

Dalam lanskap ancaman siber di Indonesia, berdasarkan data pada Laporan Ancaman Digital di Indonesia Semester I Tahun 2024, AwanPintar.id menemukan fakta bahwa serangan siber yang terjadi sepanjang semester I mengalami eskalasi hingga 6 kali lipat.

Bila pada Semester I Tahun 2023 terdapat 347.172.666 serangan siber, maka pada Semester I Tahun 2024 meningkat menjadi 2.499.486.085 serangan!

Bahkan bila menggabungkan serangan siber pada Semester I dan 2 Tahun 2023, yaitu 1.032.945.167 serangan, angka tersebut masih jauh di bawah serangan yang terjadi pada Semester I Tahun 2024.

Fenomena serangan siber ini juga menjadi gambaran dengan munculnya beberapa insiden siber di tanah air yang datang bertubi-tubi dan melanda berbagai sektor serta infrastruktur penting.

Ancaman Digital dari Dalam Negeri

Hasil analisa AwanPintar.id pada Laporan Ancaman Digital di Indonesia Semester I Tahun 2024 juga menghadirkan laporan khusus terkait serangan siber yang terjadi di dalam negeri.

Pada laporan ini, AwanPintar.id memaparkan lebih dalam jenis ancaman siber apa saja yang masuk dan menembus kota-kota di seluruh berbagai wilayah Indonesia.

Serangan siber kota adalah konsekuensi globalisasi dan meluasnya penyebaran internet di tanah air, sehingga mendorong munculnya berbagai ancaman siber ke berbagai kota-kota yang ada di bumi nusantara.

Secara umum kota-kota kurang siap dalam menghadapi serangan siber dibandingkan dengan kesiapan perusahaan dalam memitigasi serangan siber yang meningkat, penyebabnya antara lain karena keterbatasan sumber daya dan sulitnya bersaing untuk mendapatkan talenta keamanan siber.

Saat ini kota-kota semakin bergantung pada teknologi dalam memberikan layanan kepada warganya. Kondisi sistem computer yang menua, juga kian memperbesar kerentanan kota-kota terhadap kesiapan menghadapi serangan siber.

Para penyerang juga menjadi lebih cerdas. Ancaman eksploitasi terus meningkat baik melalui berbagai kerentanan hingga komoditisasi teknik serangan yang sangat canggih yang mudah digunakan oleh peretas yang tidak berpengalaman.

Dari hasil analisa AwanPintar.id terhadap daerah yang paling sering mendapatkan serangan, terdapat lebih dari 1,4 milyar serangan dalam kota yang masuk.

Tren serangan ini akan terus berlanjut di masa mendatang, dan semua tanda menunjukkan adanya peningkatan motivasi finansial, sehingga mendorong penyerang untuk mencoba mengambil keuntungan dari malware berbahaya.

AwanPintar.id dan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII)

Ancaman siber di Asia Tenggara terutama Indonesia telah meningkat dalam jumlah dan kecanggihannya setidaknya selama satu dekade terakhir.

Hal ini didorong oleh sejumlah faktor, mulai dari peningkatan konektivitas yang dipercepat oleh adopsi teknologi canggih yang lebih besar seperti kecerdasan buatan dan komputasi awan.

Menyikapi lanskap ancaman yang semakin menguat diperlukan adanya kerjasama dan sinergi antar stakeholder keamanan siber di Indonesia, dan di awal semester satu tahun 2024, secara khusus AwanPintar.id menjalin kerjasama dengan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), yang menaungi seluruh perusahaan penyedia internet (Internet Service Provider – ISP) di Indonesia.

APJII melihat perlunya memiliki peta keamanan siber di 15 kota interkoneksi anggotanya.

Melalui kolaborasi ini, APJII ingin semakin meningkatkan kesadaran keamanan siber pada jaringan internet Indonesia dengan berbagi tanggung jawab dalam pengawasan, deteksi cepat dan berbagi informasi sehingga ke depannya kerja sama ini dapat menjadi acuan atau parameter dalam penanganan kejahatan siber di Indonesia.

Editor's Pick