Home Blog Page 170

Huawei Gelar Pelatihan TIK Bagi 1000 Guru dan Dosen

Huawei Pelatihan TIK

tabloiodpulsa.id – Transformasi digital tidak hanya mengubah cara berkomunikasi dan berinteraksi dengan sesama, tetapi juga membuka peluang baru dalam metode pengajaran dan pembelajaran. Adopsi teknologi dalam dunia pendidikan makin penting untuk memastikan bahwa generasi mendatang siap menghadapi tantangan dan peluang di era digital. Sebagai salah satu pemimpin global dalam teknologi informasi dan komunikasi (TIK), Huawei berinisiatif untuk menggelar program penguatan kompetensi para tenaga pendidik untuk menjamin penciptaan talenta digital masa depan Indonesia.

Berkolaborasi dengan Universitas Airlangga, Huawei Teacher Summit 2024 dirancang sebagai platform bagi para pendidik dari mitra Huawei ICT Academy untuk bertukar ide, berbagi praktik terbaik, dan menjalin kolaborasi yang akan membentuk masa depan pembelajaran digital di Indonesia.

Adi Nuryanto, Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Mitras DUDI), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, mengatakan, “Transformasi digital dalam dunia pendidikan bukan lagi menjadi pilihan. Ini adalah sebuah keharusan. Di era ini, guru dan dosen memegang peranan penting sebagai garda terdepan dalam menciptakan talenta-talenta masa depan yang kompeten dan siap menghadapi tantangan global. Program Huawei Teacher Summit 2024 merupakan salah satu langkah konkret dalam meningkatkan kompetensi digital para tenaga pendidik, khususnya melalui pelatihan ‘Program 1000 Dosen dan Guru’. Inisiatif ini tidak hanya meningkatkan kualitas pengajaran, tetapi juga memperkuat kolaborasi antara dunia pendidikan dan industri.”

Husni Teja Sukmana, Sekretaris Jenderal Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Ilmu Komputer (APTIKOM), mengatakan, “Peningkatan kualitas talenta digital di Indonesia tidak bisa dilakukan hanya sepihak. Kolaborasi penta-helix antara kampus, industri, media, pemerintah dan lembaga independen adalah kunci untuk menjawab kesenjangan antara ketersediaan dan kebutuhan talenta digital.”
Husni juga menegaskan pentingnya sertifikasi dan akreditasi program studi sebagai faktor kunci untuk meningkatkan kualitas tenaga digital. “APTIKOM berkomitmen untuk terus memantau kebutuhan talenta digital dan menyesuaikan materi pelatihan sesuai dengan standar kompetensi di industri, serta memberdayakan para pendidik melalui pelatihan digital berkelanjutan yang relevan dengan teknologi terkini.”

Mengangkat tema “Empowering Educators for Digital Transformation in Indonesia’s Education Landscape”, Huawei Teacher Summit 2024 mengulas pentingnya transformasi digital dalam pendidikan dan bagaimana para pendidik dapat berperan aktif dalam menciptakan masa depan digital. Selain memberikan motivasi dan sumber inspirasi, kegiatan ini juga memberikan kesempatan untuk memperkuat jaringan antara pendidik, institusi pendidikan, dan industri untuk menciptakan kolaborasi yang produktif dalam pengembangan kurikulum dan metode pembelajaran berbasis teknologi.

Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan tersebut, Huawei juga meluncurkan Program Pelatihan 1000 Dosen dan Guru di bawah pengelolaan Huawei ICT Academy, guna memperluas kompetensi dan literasi digital para dosen dan guru SMK di Indonesia, terutama di bidang TIK.

“Inisiatif Program Pelatihan 1000 Dosen dan Guru ini merupakan bentuk komitmen berkelanjutan Huawei Indonesia dalam pengembangan talenta digital yang terampil, siap, dan kompeten untuk masa depan. Melalui program ini, Huawei berbagi wawasan mengenai berbagai tren teknologi mutakhir, seperti kecerdasan buatan, cloud, 5G, serta ragam penerapannya di industri. Selain itu, kami juga terus memperkuat kerjasama dalam peningkatan kapabilitas talenta di bidang TIK melalui program Huawei ICT Academy. Kami menyediakan berbagai program pelatihan, kompetisi, dan transfer pengetahuan yang dirancang untuk menjembatani kesenjangan antara dunia akademik dan kebutuhan industri. Ke depan, kami berkomitmen untuk terus berkontribusi bagi pengembangan sumber daya Indonesia setelah sukses dengan capaian target awal dalam melatih 100 ribu talenta digital dalam 4 tahun terakhir. Itu juga mencerminkan dedikasi kami untuk lompatan bangsa menuju Indonesia Emas 2045,” ujar Yenty Joman, Director of Government Affairs Huawei Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Prof Dr Dwi Setyawan SSi MSi Apt, Dekan Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin (FTMM) Universitas Airlangga, memuji kolaborasi yang inovatif dan komprehensif antara Huawei dengan universitas dalam rangka mengembangkan talenta digital untuk Indonesia. “Mengingat pentingnya teknologi saat ini, inisiatif dari Huawei dan kolaborasi dengan Unair ini patut disambut baik. Ini sangat mencerminkan salah satu visi Unair untuk menciptakan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat. Melalui Huawei Teacher Summit ini, kami berharap dapat berbagi manfaat kepada masyarakat lokal, regional, nasional, dan bahkan internasional.”

Telkomsel Hadirkan 5G untuk Sukseskan PON XXI Aceh-Sumut

Telkomsel 5G di PON XXI

tabloidpulsa.id – Telkomsel, sebagai penyedia layanan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, kembali menunjukkan komitmen dan dedikasinya dalam mendorong kemajuan bangsa yang sejalan visi dan misi perusahaan untuk memberdayakan masyarakat, dengan kembali mendukung kesuksesan acara berskala nasional melalui kesiapan infrastruktur jaringan terdepan, termasuk menghadirkan akses broadband terkini 5G di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024. Perhelatan olahraga terbesar di Indonesia ini akan berlangsung pada 9-20 September 2024, dengan melibatkan ribuan atlet, official, volunteer, serta pengunjung dari seluruh Indonesia.

Untuk memastikan kelancaran komunikasi dan memberikan pengalaman digital terbaik selama PON XXI Aceh-Sumut 2024, Telkomsel telah melakukan berbagai upaya penguatan dan optimalisasi kapasitas serta kualitas jaringan di seluruh venue utama dan pendukung acara. Langkah ini meliputi penyediaan tambahan jaringan 5G di 12 lokasi strategis penyelenggaraan acara, pengoptimalan jaringan 4G di 257 site eksisting, hingga pemasangan 14-unit Compact Mobile BTS (COMBAT). Semua upaya ini dilakukan untuk memberikan pengalaman konektivitas berkecepatan tinggi yang andal bagi seluruh peserta, termasuk di lokasi-lokasi penting seperti Stadion Harapan Bangsa Banda Aceh, Sumut Sport Center, wisma atlet, bandara, tempat penginapan, media center dan area strategis lainnya.

Direktur Network Telkomsel, Indra Mardiatna mengatakan, “Telkomsel berkomitmen untuk terus menjadi yang terdepan dalam menyediakan solusi dan layanan telekomunikasi digital yang dapat mendukung berbagai acara kenegaraan tingkat nasional dan internasional. Seluruh kesiapan infrastruktur, termasuk kehadiran jaringan 5G terkini kami di PON XXI Aceh-Sumut 2024 merupakan bagian dari upaya dan semangat kami yang terinspirasi oleh semangat Indonesia untuk menggerakan kemajuan dengan memastikan kelancaran komunikasi dan pengalaman digital terbaik bagi seluruh peserta. Kami berharap, dukungan layanan telekomunikasi yang kami hadirkan dapat menyuksesksesan penyelanggaraan PON XXI, sekaligus mendorong pemanfaatan teknologi terkini 5G yang lebih luas bagi seluruh pelanggan dan Masyarakat di Aceh dan Sumut.”

Telkomsel juga menyiapkan berbagai produk dan layanan pelanggan untuk mengakomodasi kebutuhan komunikasi para atlet, official, volunteer, serta pengunjung yang dapat ditemukan di berbagai lokasi, seperti pusat layanan di Media Center Hotel Hermes Aceh dan Hotel Santika Dyandra Medan, 12 GraPARI yang tersebar di berbagai lokasi Aceh dan Sumatera Utara, 31 booth layanan di berbagai lokasi seperti pusat perbelanjaan, area penginapan, terminal transportasi darat dan bandara, termasuk venue utama seperti Stadion Harapan Bangsa Banda Aceh dan Stadion Gelora Batang Kuis, hingga bekerja sama dengan mitra outlet resmi Telkomsel yang tersebar di seluruh wilayah Aceh dan Sumatera Utara yang siap melayani pembelian pulsa, paket data, eSIM, registrasi kartu, pembelian modem Orbit, pemasangan IndiHome, serta aktivasi eSIM dan layanan 5G. Seluruh titik layanan ini dirancang untuk memastikan kemudahan akses dan kenyamanan komunikasi bagi seluruh peserta dan pengunjung.

Selain itu, Telkomsel juga menghadirkan berbagai penawaran khusus selama perhelatan PON XXI Aceh-Sumut 2024. Pelanggan dapat memanfaatkan Surprise Deal PON XXI yang menawarkan paket data hingga 25 GB selama tujuh hari dengan harga spesial pada tanggal 7-8 September dan 20-21 September. Penawaran ini hanya berlaku di lokasi penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut dan tersedia melalui aplikasi MyTelkomsel dan di outlet-outlet terdekat. Telkomsel juga menawarkan Paket Jelajah Spesial PON seharga Rp 5.000 untuk akses 50 GB selama satu hari yang bisa di beli saat pelanggan berada di Stadion Harapan Bangsa Banda Aceh dan Sumut Sport Center. Paket tersebut dihadirkan untuk memastikan peserta dan pengunjung tetap terhubung di media sosial selama acara berlangsung.

Tidak hanya itu, terdapat juga Kartu Perdana Spesial PON XXI dengan tambahkan kuota hingga 3GB untuk mengakses ragam platform layanan hiburan digital. Kartu Perdana tersebut dapat diperoleh di Booth Telkomsel selama PON atau outlet-outlet terdekat di 20 kota yang menjadi venue PON di Sumatera Utara dan Aceh. Seluruh penawaran ini dirancang untuk memberikan nilai tambah dan kenyamanan komunikasi bagi seluruh peserta dan pengunjung PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Indosat Hadirkan Beragam Program Spesial di Hari Pelanggan Nasional 2024

Hari Pelanggan Nasional 2024 Indosat

tabloidpulsa.idIndosat merayakan Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) 2024 dengan memberlakukan bebas telepon 24 jam sepuasnya pada tanggal 4 September bagi pelanggan Indosat ke sesama nomor IM3 dan Tri, ditambah berbagai program spesial sebagai bentuk apresiasi yang tulus kepada pelanggan setianya.

Segenap jajaran direksi, manajemen serta karyawan Indosat merayakan momen kebersamaan tersebut bersama pelanggan IM3, Tri, Indosat HiFi dan Indosat Business.

Dengan mengusung tema “Ketulusan Tanpa Akhir,” Indosat melanjutkan komitmennya untuk hadir lebih dekat dan memberikan pengalaman yang mengesankan bagi seluruh masyarakat Indonesia di manapun mereka berada.

Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, mengatakan, “Di Indosat Ooredoo Hutchison, kami senantiasa memberikan pengalaman yang mengesankan bagi pelanggan. Peringatan Hari Pelanggan Nasional menjadi momen untuk merayakan komitmen ini bersama pelanggan. Perayaan ini menjadi penting bagi kami sebagai wujud apresiasi yang tulus tanpa akhir kepada setiap pelanggan di seluruh Indonesia.”

Harpelnas 2024 ini dirayakan dengan sejumlah aktivitas dan juga penawaran khusus. Mengawali rangkaian Harpelnas tahun ini, jajaran direksi dan manajemen Indosat turun langsung untuk melayani dan mendengarkan masukan dari pelanggan di Gerai IM3 dan 3Store,  mengantar kartu perdana langsung ke rumah pelanggan sekaligus merayakan momen spesial ini bersama mereka dan keluarga terkasih.

Pelanggan IM3 dan Tri di seluruh Indonesia akan mendapatkan pelayanan walk-in spesial yang mencakup ratusan titik Gerai IM3 dan 3Store yang tersebar di wilayah perkotaan, serta Mitra IM3 dan 3Kiosk yang menjangkau ke pelosok pedesaan.

Sepanjang 4-10 September 2024, sebanyak 20 pelanggan pertama yang melakukan transaksi di Gerai IM3 dan 3Store akan mendapat bingkisan eksklusif dari Indosat.

Khusus di 4 September, setiap transaksi pembelian paket data IM3 dan Tri dengan batas nominal tertentu di kanal modern seperti e-commerce akan mendapatkan diskon atau e-voucher.

Untuk kanal retail modern, setiap pembelian pulsa atau paket data IM3 dan Tri dengan minimal nominal tertentu di periode 4-5 September juga berhak mendapatkan produk kebutuhan sehari-hari atau e-voucher.

Pembelian paket data melalui kanal internet banking dan mobile banking pada 4-9 September juga akan mendapatkan diskon atau bonus pulsa.

Tidak hanya itu, pelanggan bisa membeli paket data dengan kuota unlimited yang berlaku 30 hari seharga Rp200 ribu saja hanya pada 4 September melalui kanal UMB, WhatsApp resmi IM3 dan Tri, aplikasi aplikasi myIM3, dan bima+.

Bagi pelanggan yang top up game di IMStore, main game di IMGaming, atau beli paket film/media sosial melalui kanal digital Indosat pada periode tertentu akan mendapatkan kuota ekstra, voucher, atau e-wallet.

Pembelian paket H3RO akan turut mendapatkan gratis kuota data dan voucher game.

Tak ketinggalan, Indosat HiFi juga memberikan penawaran khusus bagi pelanggan di peringatan Hari Pelanggan Nasional 2024 kali ini.

Seratus pelanggan pertama yang mulai berlangganan pada tanggal 4 September 2024 akan mendapatkan hadiah langsung berupa e-voucher belanja senilai Rp50.000.

“Momen Harpelnas menjadi ajang bagi manajemen Indosat untuk mendengarkan langsung masukan dan saran dari pelanggan. Hal ini menjadi landasan utama kami dalam berinovasi dan meningkatkan pelayanan untuk mewujudkan misi menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia,” tutup Vikram.

Informasi lengkap tentang program spesial Hari Pelanggan Nasional 2024 dari Indosat dapat diakses melalui https://ioh.co.id/portal/id/ioh-corp-harpelnas.

Acer Luncurkan Laptop Copilot+ PC Intel Core Ultra Series 2

Acer Swift 14 AI SF14 51

tabloidpulsa.id – Acer mengumumkan peluncuran Swift 14 AI dan Swift 16 AI Copilot+ PC, yang ditenagai prosesor Intel Core Ultra Series.

Laptop ultra tipis ini dilengkapi dengan kemampuan pemrosesan terbaru, dan menghadirkan kinerja AI NPU hingga 48 TOPS guna menjalankan fungsi AI yang membutuhkan banyak daya.

James Lin, General Manager, Notebooks, Acer Inc., mengatakan, “Peluncuran laptop Copilot+ PC terbaru yang ditenagai Prosesor Intel® Core Ultra Series, menghadirkan peningkatan untuk kebutuhan pelanggan. Laptop Swift terbaru akan memberikan pengalaman AI yang bisa membantu pelanggan untuk mengatur dan menyelesaikan lebih banyak pekerjaan di rumah, sekolah, atau kantor dengan lebih baik.”

Sementara itu Michelle Johnston Holthaus, Intel Executive Vice President and General Manager, Client Computing Group, mengatakan, “Lingkungan pekerjaan yang serba cepat sekarang ini, mengharuskan kita menggunakan laptop dengan kinerja luar biasa seperti daya tahan baterai yang lama, fitur keamanan canggih, hingga pemanfaatan kemampuan AI guna meningkatkan produktivitas. Didukung Prosesor Intel® Coreterbaru, Acer Swift 14 AI dan Swift 16 AI yang didesain dengan perangkat keras dan komputasi hemat daya atas kolaborasi Acer dan Intel, berhasil memenuhi semua tuntutan kebutuhan tersebut.”

Pemrosesan AI yang kuat dengan Fitur Keamanan Canggih

Acer Swift 14 AI (SF14-51/T) dan Swift 16 AI (SF16-51/T)  terbaru menghadirkan performa AI terbaik di kelasnya dengan prosesor Intel Core Ultra baru yang mengoptimalkan pemrosesan di seluruh CPU, grafis Intel Arc bawaan, dan NPU generasi berikutnya untuk menjalankan fungsi AI.

Hal ini memungkinkan laptop menjalankan tugas dan kreasi AI generatif dengan mudah. Laptop juga telah dilengkapi P-cores dan E-cores, yang dirancang untuk menghadirkan performa tinggi, namun dengan efisiensi daya dan masa pakai baterai yang lama.

Swift terbaru dari Acer juga telah dilengkapi fitur keamanan biometrik dan sejumlah lapisan perlindungan lainnya yang dibenamkan dalam perangkat keras dan perangkat lunak, untuk melindungi aset digital pengguna.

Intel Partner Security Engine yang terdapat dalam perangkat laptop juga membantu menjaga kerahasiaan data dan integritas kode sekaligus mempertahankan kinerja tinggi untuk beban kerja AI yang tinggi.

Laptop Swift terbaru juga dilengkapi prosesor keamanan Microsoft Pluton yang memastikan keamanan dari chip ke cloud.

Selain itu laptop juga dilengkapi dengan Windows Hello yang mendukung login biometrik melalui pembaca sidik jari atau melalui pengenalan wajah melalui webcam IR QHD 1440p, serta melindungi pengguna dengan teknologi Acer User Sensing.

Teknologi tersebut dilengkapi sensor jarak dekat yang berdekatan dengan webcam guna mendeteksi keberadaan pengguna, mengunci layar secara otomatis saat pengguna menjauh, dan mengaktifkan perangkat saat pengguna kembali.

Desain dan Fitur Premium

Kedua laptop terbaru dari Acer dengan performa dan fitur terbaik, didesain ramping, modern dengan sasis premium. Penutup aluminum menampilkan ikon dengan efek warna-warni yang dinamis, dan touchpad-nya akan menyala dengan indikator aktivitas AI saat NPU digunakan atau Copilot diaktifkan.

Laptop juga dapat dibuka dengan mudah menggunakan satu tangan, berkat rekayasa ahli dan engsel 180 derajat yang halus. Kedua laptop juga mudah dibawa, karena desainnya yang tipis dan ringan.

Swift 14 AI dan Swift 16 AI juga telah dilengkapi layar OLED, menawarkan pemutaran video yang halus dengan refresh rate 90Hz, akurasi warna DCI-P3, dan sertifikasi HDR TrueBlack 500.

Swift 14 AI tersedia dengan layar beresolusi 3K atau 2K OLED 14 inci, sementarwa itu lini Swift 16 AI dilengkapi panel OLED 16 inci dengan resolusi 3K, dan semuanya dilengkapi sertifikat Eyesafe 2.0.

Selain itu, kedua lini laptop ini tersedia dengan opsi layar sentuh IPS untuk kontrol di layar yang intuitif menggunakan pena atau ujung jari.

Aplikasi AI dari Acer membantu Pelanggan Menikmati dan Melakukan Lebih Banyak Hal

Acer menghadirkan solusi AI cerdas yang mudah diakses pengguna untuk menyederhanakan pengaturan, mengoptimalkan tampilan video, dan meningkatkan komunikasi.

Kedua laptop ini juga telah dilengkapi tombol AcerSense, untuk mengakses fitur AI seperti Acer LiveArt.

Terdapat juga Acer Assist, aplikasi yang berjalan secara lokal pada perangkat guna mencari dan melakukan peringkasan dokumen yang diunggah secara pribadi, dan di saat yang bersamaan keamanan menjadi prioritas utama yang juga membantu proses troubleshooting.

Laptop juga sudah dilengkapi Acer PurifiedView 2.0, Acer PurifiedVoice 2.0, webcam IR QHD 1440p dan rangkaian tiga mikrofon guna mendukung panggilan video atau konferensi, sehingga perfoma pelanggan bisa optimal.

Pelanggan juga akan mendapatkan pembaruan Copilot+ PC AI secara gratis, pada akhir tahun mendatang.

Teknologi yang Berorientasi pada Kinerja dan Didukung Desain Berkelanjutan

Kedua laptop yang mengutamakan kinerja ini dilengkapi dengan memori hingga 32GB LPDDR5X-8448 dan penyimpanan hingga 2 TB PCIe Gen 4 NVMe SSD, yang menghasilkan performa saling bersinergi antara berbagai aplikasi di segala kondisi.

Perangkat terbaru dari Acer ini juga memastikan koneksi yang cepat dan andal melalui dukungan Wi-Fi 7 dan Bluetooth 5.4, dan dilengkapi port, termasuk HDMI 2.1 dan dua USB Type-C yang mendukung Thunderbolt 4.

Swift 14 AI dan Swift 16 AI dibuat dengan menggunakan plastik post-consumer recycled atau PCR, dikirim dengan kemasan 100% daur ulang, dan terdaftar sebagai EPEAT Gold, guna melanjutkan inisiatif Earthion Acer dan menunjukkan komitmen perusahaan terhadap praktik berkelanjutan.

Spesifikasi

NameAcer Swift 14 AI
ModelSF14-51/ SF14-51T
Operating SystemWindows 11
ProcessorsIntel® Core™ Ultra 7 processor 258V Intel® Core™ Ultra 7 processor 256V Intel® Core™ Ultra 5 processor 228V Intel® Core™ Ultra 5 processor 226V
GraphicsIntel® Arc Graphics
Screen14″ 3K or 2K OLED; 2K IPS touch with integrated multi-touch
MemoryUp to 32GB of on chip LPDDR5X system memory, dual-channel (up to 8448 MT/s)
StorageUp to 1 TB, PCIe Gen4, NVMe SSD
Camera1440p QHD IR HDR camera with Triple-mic support and Privacy Shutter
AudioDTS® X Ultrasound Audio, dual speakers
PortsTwo USB Type-C (supporting USB 4, Thunderbolt 4, supporting DisplayPort, USB charging), Two USB Type-A, HDMI 2.1, headphone/speaker jack
Battery65 Wh 3-cell Li-ion battery, fast charging; provides up to 29 hours video playback, up to 23 hours web browsing, and up to 21 hours MobileMark 25[1]
Wireless and NetworkingWi-Fi 7, Bluetooth 5.4 or above, Bluetooth LE Audio
FeaturesAcer PurifiedVoice™ 2.0, Acer PurifiedView™ 2.0, Acer User Sensing, Acer Assist, Activity Indicator, Backlit keyboard
Weight1.26 kg (2.78 lbs.) with 3-cell battery pack, WUXGA display
NameAcer Swift 16 AI
ModelSF16-51/ SF16-51T
Operating SystemWindows 11
ProcessorsIntel® Core™ Ultra 9 processor 288V Intel® Core™ Ultra 7 processor 258V Intel® Core™ Ultra 7 processor 256V Intel® Core™ Ultra 5 processor 228V Intel® Core™ Ultra 5 processor 226V
GraphicsIntel® Arc Graphics
Screen16″ 3K OLED; 3K touch with edge-to-edge glass
MemoryUp to 32GB of on chip LPDDR5X system memory, dual-channel (up to 8448 MT/s)
StorageUp to 2 TB, PCIe Gen4, NVMe SSD
Camera1440p QHD IR HDR camera with Triple-mic support (Privacy Shutter on non-touchscreen models)
AudioDTS® X Ultra sound Audio, dual speakers
PortsTwo USB Type-C (supporting USB 4, Thunderbolt 4, supporting DisplayPort, USB charging), Two USB Type-A, HDMI 2.1, headphone/speaker jack
Battery75 Wh 3-cell Li-ion battery, fast charging
Wireless and NetworkingWi-Fi 7, Bluetooth 5.4 or above, Bluetooth LE Audio
FeaturesAcer PurifiedVoice™ 2.0, Acer PurifiedView™ 2.0, Acer User Sensing, Acer Assist, Activity Indicator, Backlit keyboard
Weight1.5 kg (3.3 lbs.)

Belanja Daring di Tokopedia Bisa Bayar Pakai DANA

Belanja di Tokopedia Bisa Pakai DANA

tabloidpulsa.id – DANA mengumumkan kerja samanya dengan Tokopedia, untuk menyediakan pengalaman bertransaksi digital yang aman dan nyaman untuk masyarakat.

Kerja sama ini ikut mengukuhkan DANA sebagai salah satu sistem pembayaran terlengkap, yang tersedia hampir di seluruh layanan belanja online terbesar di Indonesia.

Dengan mengintegrasikannya ke seluruh online marketplace terdepan, DANA berharap dapat mendorong pertumbuhan positif ekonomi digital sekaligus meningkatkan inklusi keuangan masyarakat Indonesia.

Dean Krstevski, COO DANA Indonesia mengatakan, “Sejak awal menghadirkan platform pembayaran dan layanan keuangan digital bagi masyarakat Indonesia, DANA terus berkomitmen untuk memperluas kerja samanya melalui ekosistem terbuka dengan mitra di berbagai skala. Kami  sangat antusias menyambut Tokopedia sebagai bagian dari mitra-mitra kami, yang memungkinkan masyarakat untuk merasakan pengalaman bertransaksi digital yang nyaman di salah satu platform belanja online terkemuka di Indonesia. Dengan menambah pengalaman baru ini, kami berharap masyarakat akan semakin familiar dengan penggunaan pembayaran digital untuk berbagai keseharian finansialnya.”

Kolaborasi ini turut disambut baik oleh Astrid Tampubolon, Vice President of Payment and Fintech Tokopedia, “Tokopedia selalu membuka peluang kerja sama dengan para mitra strategis yang memiliki komitmen yang sama, yaitu mendorong pemerataan ekonomi sekaligus meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia lewat pemanfaatan teknologi. Kini melalui kolaborasi serta kapabilitas sistem pembayaran digital yang aman dan mudah dari DANA, kami berharap dapat terus memberi kemudahan dan solusi keuangan yang inklusif bagi pengguna Tokopedia, terutama dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari secara online lewat Tokopedia,” ungkapnya.

Masyarakat yang berbelanja melalui Tokopedia, dapat menggunakan DANA sebagai salah satu alat pembayaran dalam menyelesaikan transaksinya di Tokopedia.

Metode pembayaran nontunai dengan DANA bisa menjadi pilihan, dengan sumber dana berasal dari saldo yang tersimpan dalam akun dompet digital DANA.

Pilihan lainnya, masyarakat juga bisa melakukan pembayaran Virtual Account Tokopedia melalui fitur E-Commerce yang tersedia di bagian ‘Payments’ dalam aplikasi DANA.

Kehadiran DANA di Tokopedia menjadi sebuah langkah yang mampu berdampak luas bagi keberlangsungan ekosistem ekonomi digital.

Apalagi, kehadiran dompet digital DANA berpeluang membawa manfaat yang beragam, mulai dari menjembatani kesenjangan metode pembayaran konvensional, sekaligus mendorong literasi keuangan digital di kalangan pengguna sampai pelaku usaha.

Transaksi digital melalui DANA akan menjadi pintu gerbang bagi masyarakat untuk memahami dan mengadopsi sistem pembayaran maupun layanan keuangan digital lainnya.

Dengan demikian, baik pengguna dan pelaku dapat berkembang dan berdaya beriringan di era digital yang dinamis ini.

Review Samsung Galaxy Buds3 Pro: Tampil Beda, Kualitas Audio Terbaik

Review Samsung Galaxy Buds3 Pro

tabloidpulsa.id – Pasar earphone nirkabel dengan fitur Active Noise Cancellation (ANC) semakin ramai dengan kehadiran Samsung Galaxy Buds3 Pro yang akan kami review berikut ini.

Di TWS terbarunya ini, Samsung menghadirkan perubahan dan peningkatan yang cukup signifikan demi mengakomodasikan kebutuhan audio terbaik bagi para penggunanya.

Mulai dari tampilan desain yang terlihat lebih fresh, hingga kemampuan audio yang digadang-gadang terbaik di kelasnya.

Dibanderol dengan harga sekitar Rp3,2 jutaan, apakah earbud ini layak dibeli? Berikut ulasan lengkap mengenai Galaxy Buds3 Pro.

Desain Revolusioner

Berbeda dari generasi sebelumnya, Samsung Galaxy Buds 3 Pro mengadopsi desain earbud klasik yang kembali menyertakan ‘tangkai’, Samsung menyebutnya premium blade, alias semi in-ear.

Setiap earbud dilengkapi lampu indikator pada bagian tangkainya (Blade Lights), menyuguhkan sentuhan modern sekaligus memudahkan pengguna dalam membedakan sisi kiri dan kanan.

Meskipun desain ini mungkin tidak mengikuti tren minimalis yang sedang digandrungi, namun menawarkan aspek fungsionalitas yang baik.

Bentuk tangkai, memudahkan pengguna untuk memegang dan menyesuaikan posisi earbud di telinga.

Material yang digunakan terasa nyaman dan pas di telinga, sehingga ideal untuk penggunaan jangka panjang.

Menariknya, Galaxy Buds3 Pro sudah mendukung sertifikasi IP57 yang artinya earbud ini tahan terhadap percikan air dan debu.

Jadi, untuk yang hobi jogging atau lari santai Buds3 Pro tetap aman meski digunakan saat berkeringat.

Sementara wadah pengisi daya tampil modern dengan material transparan. Hanya saja, penutup transparannya rentan akan goresan.

Karena berubahnya konsep desain earbud, konstruksi case-nya pun ikut berubah. Tidak lagi lebar seperti generasi Buds sebelumnya.

Di sisi dalam case terdapat indikator warna biru dan orange, sebagai penanda kiri atau kanan.

Di bagian depan, ada LED indikator sebagai notifikasi saat TWS dalam mode pairing, sudah terhubung, atau low battery.

Di sektor bawah case, ada port USB-C untuk pengisian daya yang bersebelahan dengan tombol pairing. Tombol ini berfungsi untuk menghubungkan TWS ke perangkat selain ekosistem Samsung.

Menariknya, Samsung mengklaim bahwa Buds3 Pro memiliki beberapa komponen pada cradle dan earbud yang menggunakan plastik daur ulang dari jaring ikan atau tong air yang dibuang.

Kenyamanan dan Pengoperasian

Samsung Galaxy Buds3 Pro hadir dalam dua pilihan warna: putih dan silver.

Kombinasi warna putih dengan aksen orange dan biru kecil di bagian bawah tangkainya mungkin untuk beberapa kalangan sedikit mengurangi kesan premium.

Di luar aspek estetika tersebut, penggunaan Samsung Galaxy Buds3 Pro tergolong nyaman.

Bentuk tangkainya yang miring memudahkan pengguna untuk memegang dan menyesuaikan posisi earbud.

Kontrol sentuh yang ditawarkan pun responsif, meskipun membutuhkan sedikit waktu untuk terbiasa.

Sebagai nilai tambah, Samsung Galaxy Buds3 Pro turut dilengkapi dengan kontrol haptik.

Kehadiran kontrol haptik ini bermanfaat dalam mengatasi permasalahan sentuhan tidak disengaja yang kerap terjadi pada kontrol sentuh biasa.

Di Buds3 Pro juga ada Voice Detect yang akan mengubah tingkat ambient dan volume jika ada orang yang menyapa atau saat sedang bicara, jadi pengguna tetap bisa berkomunikasi dengan lancar tanpa lepas TWS.

Tak ketinggalan, ada Siren Detect yang bisa mendeteksi suara sirene dan membuat pengguna waspada dengan kendaraan yang melintas.

Kualitas Audio

Samsung membekali Galaxy Buds3 Pro dengan spesifikasi teknis yang mumpuni.

Setiap earbud dipersenjatai dengan driver ganda, woofer, tweeter, dan 2-way speaker.

Dengan kehadiran fungsi UHQ (Ultra High Quality) yang eksklusif untuk smartphone Samsung tertentu, pengguna dapat menikmati audio Hi-Res untuk pengalaman mendengarkan yang lebih imersif.

Secara keseluruhan, karakteristik audio yang dihasilkan Galaxy Buds3 Pro tergolong seimbang.

Suara yang dihasilkan terdengar detail dan presisi, dengan keseimbangan yang baik antara nada rendah, menengah, dan tinggi.

Hanya saja yang perlu jadi catatan, Audio Hi-Res di Buds3 Pro ini terbatas untuk ekosistem Samsung saja.

Selain itu, TWS ini juga hanya mendukung codec SBC dan AAC.

Peredam Kebisingan Aktif (ANC) Canggih

Fitur peredam kebisingan aktif (ANC) menjadi daya tarik utama Samsung Galaxy Buds3 Pro.

Fitur ini mampu meredam kebisingan sekitar dengan cerdas dan maksimal, berkat dukungan kecerdasan buatan.

Teknologi AI yang digunakan untuk menyesuaikan peredaman kebisingan dengan berbagai situasi dan jenis suara, terbukti sangat efektif.

Pengguna bisa melakukan pengaturan ANC secara manual untuk menyesuaikan tingkat peredaman kebisingan sesuai kebutuhan.

Opsi pengaturan transparancy mode natural bisa dimanfaatkan untuk mendengarkan suara sekitar dengan jernih.

Namun yang perlu diperhatikan, pengaturan ANC AI adaptif yang terlalu aktif, akan bisa mengganggu kenyamanan.

Galaxy Buds 3 Pro menawarkan dua mode ANC, yaitu manual dan otomatis. Pada mode manual dengan intensitas penuh, pengguna akan mendapatkan pengalaman hening yang nyaris sempurna.

Ideal untuk digunakan saat bepergian dengan transportasi umum atau ketika membutuhkan konsentrasi penuh.

Sementara itu, ANC otomatis yang menggunakan teknologi AI bekerja secara adaptif menyesuaikan tingkat peredaman kebisingan dengan lingkungan sekitar Anda.

Galaxy Buds 3 Pro dapat beralih antara ANC dan transparency mode secara otomatis tergantung pada suara yang terdeteksi.

Samsung mengklaim earbud ini dapat mengenali dan beradaptasi terhadap berbagai jenis kebisingan tertentu.

Misalnya, saat Anda berpindah dari kantor yang sunyi ke jalanan yang ramai, Galaxy Buds 3 Pro akan meningkatkan intensitas ANC untuk meredam kebisingan lalu lintas.

Daya Tahan Baterai

Samsung mengklaim daya tahan baterai Galaxy Buds3 Pro mencapai 7 jam tanpa ANC dan 6 jam dengan ANC aktif.

Pengisian daya dapat dilakukan melalui port USB-C atau secara nirkabel, dan casing pengisi daya menambahkan total waktu pemakaian hingga 30 jam.

Dalam penggunaan sehari-hari, di review Galaxy Buds3 Pro ini kami berhasil mendapatkan waktu sekitar 6 jam dengan ANC selalu aktif dan volume pada level 50%.

Kesimpulan

Dengan harga Rp 3.299.000, Samsung Galaxy Buds3 Pro menawarkan performa ANC yang luar biasa, kenyamanan pengguna yang baik, dan kualitas audio yang seimbang.

Namun, ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan seperti desain yang untuk beberapa kalangan terasa kurang premium dengan adanya kombinasi warna di bagian tangkai earbud.

Bagi Anda yang tengah mencari earphone nirkabel dengan ANC terbaik di pasaran saat ini, Samsung Galaxy Buds3 Pro patut menjadi pertimbangan.

Spesifikasi Galaxy Buds3 Pro:

WarnaSilver, White
DimensiEarbud: 18.1 x 19.8 x 33.2 mm Charging Case: 58.9 x 48.7 x 24.4 mm
BeratEarbud: 5.4g Charging Case: 46.5g
Speaker2 Arah yang Ditingkatkan: 10.5mm Dynamic + 6.1mm Planar
Mikrofon3 Mikrofon + VPU
Kualitas SuaraUHQ 24bit Hi-Fi ​​360 Audio dengan Multi-Saluran Langsung
ANC & Suara AmbienANC Voice Detect Suara ambien
Kapasitas Baterai  Earbud: 53mAh (tipikal) Charging Case: 515mAh (tipikal)
Waktu MusikHingga 6 jam / Total hingga 26 jam (ANC aktif) Hingga 7 jam / Total hingga 30 jam (ANC tidak aktif)
Waktu BerbicaraHingga 4,5 jam / Total hingga 20 jam (ANC aktif) Hingga 5 jam / Total hingga 22 jam (ANC tidak aktif)
KonektivitasBluetooth 5.4, Pengalihan Otomatis Codec: SSC (Samsung Seamless Codec) HiFi, SSC UHQ (Hak Milik Samsung) AAC, SBC  
SensorVoice Pickup Unit (VPU), Force Touch (Geser), SWIR, Akselerometer, Sensor Hall  
KompatibilitasAndroid 10 atau versi lebih tinggi dengan Memori lebih dari 1,5GB
Ketahanan AirIP57

Fitur daylist di Spotify Kini Hadir dalam Bahasa Indonesia

Spotify daylist Bahasa Indonesia

tabloidpulsa.id – Sepanjang hari, suasana hati dapat berubah, begitu pula dengan musik yang didengarkan. Spotify mengembangkan daylist, sebuah playlist baru yang selalu berubah dan berkembang seiring dengan kebiasaan pengguna mendengarkan musik sepanjang hari. Mulai hari ini, Spotify menghadirkan playlist favorit para penggemar ini ke lebih banyak pendengar di seluruh dunia dan dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia.

daylist diperbarui beberapa kali dalam sehari, menyajikan rangkaian playlist yang sangat spesifik dibuat untuk setiap pengguna. Sederhananya, daylist merupakan cerminan bagaimana pengguna menikmati musik sepanjang hari dalam sebuah playlist.

Sebagai salah satu fitur terpopuler yang mendorong penemuan musik dan artis di dalam platform, Spotify melihat daylist terus meraih popularitas setelah diluncurkan di 65 negara, sebagaimana data berikut ini:

  • 70% pengguna yang memenuhi syarat mendengarkan daylist dari minggu ke minggu.
  • 118% peningkatan jumlah pengguna yang meminta daylist di negara mereka sejak awal tahun ini.
  • daylist merupakan salah satu fitur Spotify paling populer yang mendorong penemuan musik dan artis.
  • daylist merupakan pengalaman personalisasi Spotify yang paling banyak dibagikan. Para pengguna di negara-negara di mana daylist tersedia saat ini telah membagikannya di media sosial hingga jutaan kali.

Mulai hari ini, daylist hadir untuk pengguna Gratis dan Premium di seluruh dunia dalam 14 bahasa baru yaitu: Arab, Catalan (Spanyol), Prancis (Kanada), Prancis (Prancis) Jerman, Indonesia, Italia, Jepang, Korea, Polandia, Portugis, Spanyol (Meksiko), Spanyol (Spanyol), dan Turki.

Cara menemukan daylist di Spotify

  1. Pada perangkat seluler, pengguna akan menemukan daylist di Hub ‘Made For You’. Pada perangkat lainnya yang memiliki aplikasi Spotify, cukup cari ‘daylist’ untuk membuka daylist atau kunjungi spotify.com/daylist.
  2. Bagikan dengan teman di media sosial dengan ready-made screenshot, stiker yang dipersonalisasi, atau share card dengan empat background grafis berbeda sesuai dengan waktu ketika kamu mengunggah daylist-mu.
  3. Sedikit tips, jika menyukai playlist di waktu tertentu, pengguna dapat menyimpannya hanya dengan memilih ‘…’ dan scroll ke bawah untuk memilih ‘Tambahkan ke playlist’, kemudian pilih ‘Daftar putar baru’, dan buatlah playlist-nya. Kini, pengguna memiliki daylist favoritnya yang tersimpan di ‘Your Library’!

Spotify begitu antusias melihat lebih banyak lagi pengguna yang merayakan keunikan selera musik mereka melalui daylist, terutama karena kini daylist hadir dalam lebih banyak bahasa. Untuk informasi lebih lanjut terkait informasi dan fitur terbaru dari Spotify, kunjungi media sosial Spotify di @spotifyid dan website For The Record Spotify.

Telkomsel Rayakan Hari Pelanggan dengan Semangat Tanpa Henti Melayani dari Hati

Hari pelanggan Telkomsel Tanpa Henti Melayani dari Hati

tabloidpulsa.id – Sebagai penyedia layanan telekomunikasi digital terdepan yang memberdayakan masyarakat Indonesia, Telkomsel memperingati Hari Pelanggan Nasional dengan menyapa, mengapresiasi, dan membangun hubungan yang lebih dalam dengan para pelanggan di seluruh Indonesia. Perusahaan terus meningkatkan pemahaman terhadap kebutuhan pelanggan guna meningkatkan standar konektivitas, solusi, dan layanan yang dapat memberikan kebahagiaan maksimal dan pengalaman digital terbaik, selaras dengan semangat Indonesia yang menginspirasi perusahaan untuk tanpa henti melayani dari hati.

Sebagai wujud nyata dari semangat tanpa henti melayani dari hati Telkomsel, para Direktur Telkomsel mengambil peran khusus sebagai agen customer care di GraPARI untuk menyapa pelanggan sekaligus berupaya memberikan solusi dan layanan terbaik pada momen Hari Pelanggan Nasional (4/9).

Direktur Utama Telkomsel, Nugroho, mengatakan, “Tak terasa sudah lebih dari 29 tahun Telkomsel melayani pelanggan di Indonesia dan sudah lebih dari 20 tahun menjadi market leader. Terima kasih bagi para pelanggan yang telah percaya dan setia dengan Telkomsel. Komitmen kami untuk terus berinovasi memastikan bahwa pelanggan kita memiliki pengalaman yang mudah, nyaman, sederhana, dan juga asyik. Setiap masukan, dukungan, dan kepercayaan yang diberikan menjadi modal utama bagi kami untuk terus menjaga customer centricity culture, budaya mengutamakan kepentingan pelanggan agar bisa mewujudkan visi Telkomsel memastikan kehidupan berbangsa yang lebih baik hari ini dan gemilang esok hari. Selamat Hari Pelanggan Nasional.”

Dengan semangat tanpa henti melayani dari hati, Telkomsel juga memastikan seluruh akses ke berbagai titik layanan pelanggan tersedia 24/7, mulai dari GraPARI, Call Center 188 atau 147 (khusus pelanggan IndiHome), MyTelkomsel, asisten virtual Veronika, akun media sosial resmi Telkomsel di Facebook, Instagram, dan X/Twitter, sampai dengan mitra outlet Telkomsel.

Telkomsel juga mengapresiasi para pelanggan setia yang datang langsung ke lokasi layanan pada Hari Pelanggan Nasional dengan beragam penawaran khusus. Di ratusan GraPARI di seluruh penjuru Indonesia, Telkomsel melangsungkan berbagai program loyalitas dan apresiasi bagi para pelanggan yang berkunjung, mulai dari kejutan istimewa, e-voucher, diskon Telkomsel Orbit, sampai dengan cashback untuk pendaftaran IndiHome dan pembelian paket Telkomsel Prabayar tertentu. Mendukung kemeriahan pelayanan di momen ini, semua pelanggan Telkomsel Prabayar juga bisa menikmati Paket Spesial Hari Pelanggan Nasional sepanjang hari di MyTelkomsel pada 4 September 2024 mulai dari harga Rp9.900, dengan kuota data hingga 7 GB dan masa aktif hingga lima hari.

Informasi lebih lanjut tentang program apresiasi dan loyalitas pelanggan Telkomsel bisa diakses melalui tsel.id/poin.

Pasar Smartphone Indonesia Booming di Paruh Pertama 2024

pasar smartphone indonesia 2024

tabloidpulsa.id – GfK Indonesia – An NielsenIQ (NIQ) Company, merilis laporan POS Retail Audit, dimana data yang diukur adalah berdasarkan data penjualan ritel (data sell-out), mengungkapkan bahwa pasar smartphone Indonesia tumbuh sebesar 3,8% di paruh pertama 2024, mencapai total nilai penjualan sebesar Rp48,9 triliun.

Meski pulau Jawa tetap menjadi pasar utama untuk pembelian smartphone secara offline, penjualan di wilayah lain Indonesia meningkat dengan cepat. Sekitar 40% dari semua penjualan smartphone kini terjadi di luar Jawa, menunjukkan meningkatnya keberagaman regional untuk pasar smartphone.

Meskipun jangkauan 5G belum ada atau belum tersebar secara merata, ponsel 5G dengan cepat mendapatkan popularitas di Indonesia. Pangsa pasar ponsel 5G melonjak menjadi 56,9% di paruh pertama 2024 dari 44,3% pada periode yang sama di 2023. Untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat ini, produsen smartphone memperluas penawaran 5G mereka untuk mencakup semua titik harga.

Seiring waktu, konsumen semakin mengutamakan kapasitas memori dan penyimpanan yang lebih besar pada smartphone mereka. Preferensi ini tercermin dalam pertumbuhan signifikan perangkat dengan RAM 8GB dan penyimpanan 256GB, yang masing-masing mengalami peningkatan luar biasa sebesar 91% dan 128% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Sebaliknya, permintaan untuk smartphone dengan RAM kurang dari 2GB telah anjlok, hanya menyumbang 4% dari total penjualan dan mengalami penurunan 63% year over year.

Produk telekomunikasi merupakan pendorong utama pasar Tech & Durable (T&D) Indonesia, menyumbang 58% dari total penjualan T&D di paruh pertama 2024. Menurut Candra Wibawa, Director of Customer Success di GfK Indonesia, musim Lebaran dan pergeseran menuju smartphone dengan harga lebih tinggi (di atas Rp7 juta) adalah faktor kunci yang mendorong pertumbuhan ini.

Perayaan Lebaran Membantu Mendorong Penjualan Smartphone

Perayaan lebaran di kuartal kedua meningkatkan penjualan smartphone secara signifikan selama paruh pertama 2024, melampaui Lebaran tahun lalu dalam hal total nilai penjualan. “Tahun ini, konsumen menggunakan tunjangan hari raya mereka untuk memanjakan diri dengan berbagai pembelian, termasuk smartphone, yang menyebabkan peningkatan sebesar 6,2% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Pada bulan Ramadan sebelumnya, konsumen terutama lebih fokus pada aktivitas pulang kampung,” komentar Rifan Irsyandi, pakar industri telekomunikasi di GfK Indonesia.

Preferensi Konsumen Beralih ke Rentang Harga yang Lebih Tinggi

Pasar smartphone Indonesia mengalami peningkatan pendapatan dibandingkan tahun sebelumnya, seiring dengan konsumen yang beralih ke model dengan harga yang lebih tinggi. Rifan mengamati bahwa konsumen sedang melakukan upgrade untuk perangkat mereka, yang berkontribusi pada peningkatan angka penjualan secara keseluruhan. “Kata kuncinya di sini adalah ‘upgrade’. Konsumen mencari spesifikasi yang lebih baik saat mengganti perangkat lama mereka, yang cenderung berada pada model dengan harga lebih tinggi,” katanya. Tren ini meluas di luar kota-kota utama, dengan daerah sekunder dan tersier menyumbang 44% dari penjualan smartphone berharga di atas Rp7 juta.

Fitur Generative AI untuk Meningkatkan Permintaan Smartphone

Meskipun smartphone terus berkembang untuk menangani lebih dari sekadar tugas dan aktivitas sehari-hari, termasuk gaming, ada kebutuhan yang semakin besar untuk aplikasi yang memanfaatkan sepenuhnya kemampuan smartphone. Meskipun penggunaan sehari-hari seperti pengiriman pesan, media sosial, gaming, dan fotografi masih mendominasi, Generative AI siap untuk mengubah cara konsumen berinteraksi dengan perangkat mereka.

“Konsumen semakin terbuka untuk berinvestasi pada smartphone dengan fitur canggih, tetapi mereka juga berhati-hati untuk melakukan upgrade sampai mereka melihat lebih banyak inovasi yang revolusioner. Begitu Generative AI menjadi bagian integral dari rutinitas smartphone sehari-hari, hal itu dapat secara signifikan merangsang permintaan pasar,” prediksi Rifan, mengomentari tren masa depan.

Ini Rahasia OPPO Reno12 F 5G Jadi Ponsel untuk Nikmati Hiburan

reno12 f hiburan

tabloidpulsa.id – Seiring dengan tren hiburan digital yang semakin meluas di kehidupan sehari-hari konsumen, OPPO meluncurkan smartphone terbaru yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan hiburan kelas atas melalui Reno12 F 5G. Dengan membawa keunggulan yang menggabungkan perangkat keras berperforma tinggi, teknologi layar terdepan, dan baterai yang tahan lama, Reno12 F 5G dapat menjadi pilihan utama bagi konsumen yang menginginkan hiburan yang lebih imersif.

Reno12 F 5G hadir dengan chipset MediaTek Dimensity 6300 yang penuh tenaga untuk mendukung aktivitas gaming tanpa hambatan. Didukung oleh Layar Smart Adaptive 120Hz, setiap gerakan dalam permainan terasa lebih halus dan responsif, memungkinkan pemain untuk menikmati setiap momen permainan dengan maksimal. Tidak hanya itu, layar OLED juga menawarkan tampilan yang tajam dan jernih, memberikan pengalaman gaming yang benar-benar imersif.

Bagi pecinta film, Reno12 F 5G memberikan pengalaman visual yang memanjakan mata dengan tingkat kecerahan hingga 2.100 nits, membuat menonton film menjadi lebih nyaman di berbagai kondisi pencahayaan, dari ruang gelap hingga di tengah terik matahari sekali pun. Layar berukuran 6.67 inci dengan resolusi FHD+ (1080 x 2400) menghadirkan detail yang luar biasa dalam layar yang luas, setiap adegan dapat ditampilkan dengan kualitas terbaik.

Tidak hanya untuk gaming dan menonton film, Reno12 F 5G juga unggul dalam mendukung hiburan di media sosial. Dengan baterai besar 5000mAh yang tahan lama, pengguna dapat menikmati streaming TikTok hingga 13,95 jam nonstop. Reno12 F 5G dapat memberikan lebih banyak waktu untuk mengeksplorasi konten favorit pengguna tanpa khawatir kehabisan daya.

Bagi konsumen yang sering melakukan multitasking editing video, Reno12 F Series menawarkan performa tinggi dengan RAM besar 12GB yang dapat diekspansi hingga 12GB tambahan melalui fitur RAM Expansion. Kombinasi ini memastikan proses editing video dan render video berjalan dengan lancar, bahkan ketika bekerja dengan aplikasi berat dan menjalankan berbagai aplikasi secara bersamaan.

Tak ketinggalan, kegiatan editing foto juga menjadi lebih menyenangkan dengan adanya fitur AI canggih pada Reno12 F 5G. Dengan AI Eraser 2.0, pengguna dapat dengan mudah menghapus objek yang tidak diinginkan dari foto hanya dengan 1 sentuhan. Sementara AI Smart Image Matting 2.0 memudahkan proses pemotongan objek dari latar belakang untuk berkreasi membuat poster dan gambar kreatif, dan AI Studio mampu membuat avatar digital dengan beragam tema unik yang berbeda-beda hanya berbekal 1 foto pengguna

Dengan semua keunggulan di atas, Reno12 F Series adalah jawaban bagi pengguna yang menginginkan perangkat serba bisa untuk hadirkan hiburan kelas atas. Dengan fitur-fitur yang dirancang khusus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, OPPO kembali membuktikan dedikasinya dalam menghadirkan teknologi terkini dan inovasi yang sesuai dengan kebutuhan pasar dan konsumen.

OPPO Reno12 F 5G dengan kapasitas 12GB+256GB dijual seharga Rp 5.299.000, sedangkan varian 12GB+512GB dibanderol dengan harga Rp 6.199.000. Konsumen dapat membeli OPPO Reno12 F 5G secara luring di seluruh OPPO Store, OPPO Store, OPPO Experience Store, toko rekanan resmi OPPO, serta secara daring di Shopee dengan promo cicilan mulai dari Rp400.000-an, bank cashback hingga Rp250.000 dan review Reno12 F 5G di Shopee untuk dapatkan voucher Alfamart senilai Rp25.000.

Editor's Pick