Home Blog Page 134

Signify Hadirkan Solusi Pencahayaan Hemat Energi Philips UltraEfficient LED

Signify Philips UltraEfficient LED

tabloidpulsa.id – Signify hadirkan Philips UltraEfficient LED, sebuah terobosan yang meningkatkan standar efisiensi energi di industri pencahayaan.

Teknologi ini menghemat energi hingga 50 persen lebih tinggi dibandingkan dengan LED pada umumnya dan dirancang untuk mengurangi emisi CO2 sambil tetap mempertahankan kualitas cahaya.

Dengan masa pakai hingga 100.000 jam, luminer ini 1,5 hingga 3 kali lebih tahan lama dari alternatif LED standar, yang secara signifikan mengurangi limbah dan biaya operasional.

Teknologi UltraEfficient LED ini menggunakan LED chip dan driver yang dikembangkan sendiri oleh Signify, dengan efikasi hingga 210 lumens per watt.

Inovasi Philips UltraEfficient LED merupakan salah satu bentuk kelanjutan inisiatif Green Switch yang diluncurkan oleh Signify tahun lalu. Inisiatif Green Switch mendorong kolaborasi seluruh pemangku kepentingan untuk mencapai tujuan keberlanjutan dengan beralih dari pencahayaan konvensional ke pencahayaan LED dan LED terkoneksi.

Acara bertajuk “Flipping the Green Switch: Empowering UltraEfficient LED for a Sustainable Indonesia”  berlangsung di Shangri-La Hotel Jakarta pada Kamis (19/9) siang, dibuka oleh Hendra Iswahyudi, Direktur Konservasi Energi Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), sebagai pembicara kunci. 

Hendra Iswahyudi, Direktur Konservasi EBTKE, Kementerian ESDM, menyatakan, “Kementerian ESDM menjadikan efisiensi energi sebagai salah satu pilar utama dalam menyusun regulasi terkait manajemen energi. Signify sebagai pelopor pencahayaan hemat energi sudah turut berkontribusi dalam mengurangi emisi karbon terkait pencahayaan di berbagai sektor di antaranya PJU dan bangunan gedung.”

Dalam sambutannya, Sukanto Aich, Commercial Leader Professional Signify South East Asia, mengatakan, “Aksi nyata untuk mengatasi dampak perubahan iklim dibutuhkan sekarang juga. Untuk itu, Signify siap  membantu pemerintah hingga pelaku industri untuk mencapai target keberlanjutan dengan memperkenalkan inovasi terbaru, Philips UltraEfficient LED, yang dapat mengonsumsi lebih sedikit energi hingga 50% dibandingkan dengan alternatif LED standar. Kami juga mendorong kolaborasi lintas sektor dalam upaya pengurangan emisi karbon melalui inisiatif Green Switch agar manfaat penghematan energi bisa dirasakan masyarakat secara luas.”

Sejalan dengan upaya pemerintah dalam melakukan efisiensi energi, Signify juga terus berinvestasi dalam mengembangkan teknologi LED.

“Signify memahami bahwa salah satu sumber konsumsi listrik terbesar berasal dari pencahayaan. Maka dari itu, Signify terus berinovasi untuk mengembangkan teknologi LED yang memiliki rasio lumen per watt yang lebih optimal serta masa pakai yang lebih lama sehingga lebih efisien, seperti yang kami hadirkan melalui Philips UltraEfficient LED. ” ujar Wendi Susilo Abadi, Product Marketing Manager Signify Indonesia.

Dalam kesempatan ini, juga diselenggarakan diskusi panel ”Lighting the Path to Net Zero for a Bright & Sustainable Tomorrow” yang disampaikan oleh para pembicara ahli dalam konservasi energi: Devi Laksmi, Koordinator Pengembangan Usaha Konservasi Energi, Direktorat Jenderal EBTKE, Kementerian ESDM, mengulas tentang kebijakan pemerintah dalam menjalankan konservasi energi di Indonesia.

Diikuti dengan Murni Aryani, Ketua Tim Kerja Evaluasi Akreditasi, Deputi Bidang Akreditasi, Badan Standardisasi Nasional (BSN), yang membahas tentang peran penting kualitas laboratorium dalam mendukung tujuan NZE.

Serta, Iwan Prijanto, Ketua Green Building Council Indonesia (GBCI) mengulas tentang peluang dan tantangan dalam menerapkan sertifikasi bangunan hijau.

Masih dalam panel diskusi yang sama, Head of Public Segment Signify Indonesia, Firmans Nur Gafi turut menjelaskan kontribusi industri pencahayaan terhadap pencapaian target NZE 2060. Keseluruhan diskusi tersebut dipandu oleh Lea Indra sebagai Ketua Asosiasi Industri Luminer & Kelistrikan Indonesia (AILKI).

Devi Laksmi, Koordinator Pengembangan Usaha Konservasi Energi, Direktorat Jenderal EBTKE Kementerian ESDM, mengatakan, “Solusi pencahayaan punya peran yang sangat besar dalam menjalankan upaya penghematan energi. Penggunaan pencahayaan yang hemat energi adalah salah satu cara yang paling mudah dalam upaya efisiensi energi, sehingga kami harap masyarakat dan pihak lain bisa memanfaatkan teknologi ini.”

Sedangkan Murni Aryani, Ketua Tim Kerja Evaluasi Akreditasi, Deputi Bidang Akreditasi, BSN, dalam diskusi panel menambahkan, “Kualitas laboratorium yang memadai sangat penting dalam mendukung kualitas produk-produk pencahayaan sesuai dengan standar yang berlaku, dan pada akhirnya bisa membantu mendukung pencapaian tujuan emisi nol bersih. Laboratorium yang terakreditasi memastikan standar kualitas dan akurasi yang diperlukan untuk mengembangkan teknologi pencahayaan yang efisien dan berkelanjutan.”

Selain itu, Iwan Prijanto, Ketua GBCI mengulas mengenai sertifikasi bangunan hijau yang membuka peluang untuk efisiensi energi dan pengurangan emisi karbon.

 “Kepemilikan sertifikasi bangunan hijau akan mendorong fasilitas terkait untuk menjaga kredibilitasnya dengan terus menjalankan operasional yang hemat energi, termasuk dari pencahayaan. Pemerintah pun diharapkan dapat memberikan insentif untuk bangunan hijau untuk mendorong akselerasi pengurangan emisi karbon di lingkungan binaan.”

Di akhir sesi diskusi panel, Lea Indra, Ketua AILKI, menyimpulkan bahwa upaya efisiensi energi memainkan peran penting dalam mencapai target emisi nol bersih.

Maka dari itu, kolaborasi lintas sektor menjadi krusial dalam mewujudkan upaya efisiensi yang berkelanjutan, khususnya dalam menerapkan solusi pencahayaan yang lebih hemat energi, salah satunya dengan menggunakan lampu LED.

Beralih ke lampu LED dapat membantu mewujudkan masa depan Indonesia yang lebih cerah dan berkelanjutan.

Sebagai wujud nyata peran Signify dalam mendukung efisiensi energi di bidang pencahayaan, rangkaian produk Philips UltraEfficient LED kini tersedia untuk instalasi professional.

Beberapa di antaranya adalah lampu jalan RoadFlair Pro UltraEfficient, lampu downlight GreenSpace G6 UltraEfficientGreenPerform Elite Highbay G2 UltraEfficientUltrafficient LED Flood Light, UltraEfficient LED PanelUltraEfficient LED Strip,dan UltraEfficient LED Batten. 

Efisiensi energi Philips UltraEfficient LED dapat semakin optimal jika dikoneksikan dengan sistem pencahayaan Interact.

Interact merupakan sistem penerangan Signify berbasis IoT, dikendalikan oleh dasbor berteknologi cerdas yang memberi kemudahan bagi pengguna untuk memonitor dan mengatur titik-titik lampu jarak jauh dan secara real-time. 

Bersama dengan inisiatif berkelanjutan Green Switch, Signify berkomitmen untuk melakukan aksi iklim dan mendukung pencapaian target Nol Emisi Karbon Indonesia pada 2060.

XL Axiata Business Solutions dan Quest Motors Terapkan Solusi Digital Untuk Motor Listrik

XL Axiata Business Solutions Quest Motors

tabloidpulsa.idXL Axiata melalui XL Axiata Business Soluitions (XLABS) menjalin kemitraan dengan PT Ide Inovatif Bangsa (Quest Motors), yang merupakan perusahaan motor listrik lokal Indonesia.

Melalui kerja sama ini, Quest Motors akan menerapkan solusi digital dari XL Axiata Business Solutions ke dalam platform kendaraan mereka. 

Chief Enterprise & Business Officer XL Axiata, Feby Sallyanto mengatakan, “Saat ini, motor listrik semakin mendapatkan perhatian dari masyarakat seiring dengan terus bergulirnya kampanye penggunaan kendaraan listrik oleh pemerintah Indonesia. Kita juga musti berbangga karena, Indonesia juga telah memiliki motor listrik buatan dalam negeri yaitu Quest Motors. XLABS juga ikut bangga karena bisa ikut mensuplai solusi digital untuk ditanamkan di produk Quest Motors.” 

Feby menambahkan, kerja sama dengan Quest Motors merupakan salah satu langkah strategis dari XLABS untuk menggarap sektor transportasi listrik terutama mendukung solusi di segmen Medium Enterprise.

Selain itu, kerja sama ini sekaligus menandai langkah penting menuju masa depan connected mobility dengan mengintegrasikan solusi  digital yang canggih ke dalam platform kendaraan Quest, sehingga mampu memberikan pengalaman terbaik kepada penggunanya.

Melalui solusi digital dari XLABS, motor listrik Quest, akan mampu memberikan pengalaman berkendara yang lebih pintar dan efisien.

Kendaraan ini dapat berkomunikasi secara real-time, memberikan update informasi penting kepada pengemudi, mulai dari diagnosis kendaraan dan metrik kinerja hingga navigasi dan peringatan keselamatan tidak hanya yang juga membedakan adalah informasi status dan kesehatan baterai seperti tegangan dan arus yang juga di tampilkan pada layer controller.

Bahkan dengan full baterai bisa menempuh jarak sejauh 24km. Konektivitas memastikan bahwa pelanggan Quest selalu terhubung dengan status kendaraan mereka dan dapat mengakses informasi penting di ujung jari mereka.

Kerja sama ini juga menegaskan komitmen kedua perusahaan terhadap keberlanjutan dan inovasi.

Quest merevolusi industri otomotif di Indonesia dengan menawarkan solusi transportasi ramah lingkungan, dan dengan dukungan dari jaringan dan solusi digital dari XLABS, kendaraan listrik ini menjadi lebih terhubung dan andal dari sebelumnya.

Kolaborasi ini sekaligus menjadi contoh bagaimana telekomunikasi dan teknologi dapat mendorong kemajuan green technology, menjadikan transportasi pintar sesuai dengan prinsip ESG.

XL Axiata Business Solution dan Quest keduanya berdedikasi untuk mendukung ekonomi digital Indonesia dan mendorong kemajuan teknologi yang dapat mengarah pada pertumbuhan yang berkelanjutan.

Dengan memasukkan konektivitas ke dalam kendaraan listrik, mereka menetapkan standar baru untuk industri dan berkontribusi pada transformasi digital yang lebih luas di Indonesia, termasuk juga membantu mengurangi polusi udara dan memiliki efisiensi hingga 90%, 3 kali lipat lebih efisien daripada motor biasa yang menggunakan bahan bakar BBM.

Xiaomi Konfirmasi Kehadiran Xiaomi 14T Series di Indonesia

Xiaomi 14T Series Indonesia

tabloidpulsa.id – Xiaomi hari ini mengkonfirmasi kehadiran smartphone flagship terbarunya yakni Xiaomi 14T Series di Indonesia.

Smartphone terbaru ini menggabungkan desain premium, performa unggul, serta sistem kamera canggih yang dirancang untuk memberikan pengalaman fotografi yang optimal.

Mengusung tagline Master Light, Capture Night”, Xiaomi 14T Series tidak hanya berfokus pada hasil foto, tetapi juga pada bagaimana setiap gambar dapat menceritakan kisah, terutama ketika manusia menjadi subjek utama.

Xiaomi 14T Series dirancang untuk menangkap cahaya secara optimal dan mengubahnya menjadi gambar yang memukau, menghadirkan pengalaman fotografi mobile yang lebih mendalam.

Sejak bermitra dengan Leica pada 2022, Xiaomi dan Leica telah bersama-sama menghadirkan inovasi di dunia fotografi mobile.

Kini, Xiaomi 14T Series dilengkapi dengan lensa optik terbaru dari Leica Summilux untuk menghasilkan gambar berkualitas.

Didukung oleh teknologi AI, sistem kamera ini meningkatkan pengalaman fotografi dalam berbagai kondisi pencahayaan.

Dalam waktu dekat, konsumen di Indonesia dapat merasakan langsung keunggulan dari Xiaomi 14T Series dengan inovasi terdepan dan fitur yang disempurnakan.

Kehadirannya di pasar Indonesia akan menetapkan standar baru di kelasnya.

Xiaomi selalu berkomitmen untuk terus menghadirkan produk berkualitas yang memenuhi kebutuhan konsumen, dengan tetap menawarkan harga yang sebenarnya.

Terus ikuti  media sosial resmi Xiaomi Indonesia untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai peluncuran Xiaomi 14T Series.

Untuk informasi tambahan tentang Xiaomi, silakan kunjungi: http://blog.mi.com/en/ atau akun resmi Xiaomi Indonesia di Instagram, Twitter, dan Facebook.

CMF Watch Pro 2 Hadir di Jaringan Ritel Erajaya Group

CMF Watch Pro 2 di Erajaya

tabloidpulsa.idErajaya Active Lifestyle memastikan kehadiran smartwatch terbaru dari merek CMF by Nothing, yakni CMF Watch Pro 2, yang mulai dijual di jaringan ritel Erajaya Group sejak tanggal 20 September 2024 dengan harga Rp1.299.000.

Smartwatch generasi kedua ini menjawab kebutuhan pelanggan setia yang mendambakan perangkat wearable yang memiliki desain yang stylish serta dilengkapi fiturfitur yang mendukung gaya hidup aktif.

Djohan Sutanto, CEO Erajaya Active Lifestyle, mengatakan, “CMF Watch Pro 2 hadir untuk menjawab antusiasme dari pelanggan setia, setelah kami menghadirkan rangkaian produk wearables dari CMF by Nothing di jaringan ritel Erajaya Group tahun lalu. Tanggapan positif ini juga selaras dengan potensi pertumbuhan pasar smartwatch di kawasan Asia Pasifik pada tahun 2024 sebesar 51,62 miliar dollar AS yang diramalkan menjadi 126,79 miliar dollar AS pada tahun 2029 mendatang. Kami berharap rangkaian smartwatch terkini yang hadir di jaringan ritel kami dapat memenuhi kebutuhan pelanggan setia.”

CMF Watch Pro 2 merupakan smartwatch yang bisa disesuaikan dengan kepribadian penggunanya berkat bezel yang bisa diganti sesuai kebutuhan.

Pengguna juga bisa mengganti strap jam dengan pilihan warna dan bahan yang ideal untuk mendampingi aktivitas harian, baik aktif maupun produktif.

Selain itu, terdapat pilihan lebih dari 100 tampilan jam di layar AMOLED berdiameter 1,32 inci yang bisa dipilih untuk menunjukkan gaya pengguna yang unik dan berbeda.

Smartwatch ini memiliki sertifikasi IP68 yang melindungi dari air dan debu dengan usia baterai hingga 11 hari.

Pengguna bisa menghubungkan dengan smartphone untuk membuat panggilan, mengontrol pemutar musik, mengetahui pesan yang masuk, mengendalikan aplikasi kamera dan banyak lagi. 

CMF Watch Pro 2 mampu mencatat 120 jenis latihan fisik sekaligus mengukur denyut jantung, saturasi oksigen di darah dan tingkat stres.

Dukungan sinkronisasi dengan layanan kesehatan seperti Apple Health, Google Health Connect dan Strava menjadikan jam tangan pintar ini sebagai pendamping yang sesuai untuk segala aktivtias pengguna.

Berikut spesifikasi lengkap dari CMF Watch Pro 2:

Tampilan1,32” AMOLED Display
 Supported auto brightness
 466×466 with 353 PPI
 620 nits peak brightness
 60fps refresh rate
OlahragaSmart movement algorithm
 120 sport modes with 5 smart recognition activities
 Training goal settings
 My Heart Rate
 Warm-up exercises
KesehatanActive score
 24-hour heart rate monitoring
 Smart sleep algorithm
 Menstrual cycle tracking
 All-day step count
 Calories
 Resting heart rate
 Abnormal heart rate alert
 Abnormal blood oxygen alert
Baterai305 mAh
 Waktu pemakaian rata-rata 11 hari

Tema World of Warcraft di Overwatch 2 Sudah Dimulai!

World of Warcraft x Overwatch 2

tabloidpulsa.id – Merayakan hari ulang tahunnya yang ke-20 tahun, World of Warcraft dari Blizzard Entertainment kini berkolaborasi dengan produk satu atap, Overwatch 2. Blizzard Entertainment telah mengumumkan sebuah crossover epik antara kedua game, klasik bertemu modern, World of Warcraft dan Overwatch 2 sejak beberapa Waktu lalu. Dan kini, kolaborasi tersebut sudah dimulai, sejak tanggal 17 hingga 30 September, di mana para pemain dapat menyaksikan dunia Azeroth dan Future Earth bersatu dalam sebuah acara spesial.

Salah satu sorotan utama dari crossover ini adalah skin legendaris yang terinspirasi oleh karakter-karakter ikonik dari World of Warcraft. Para pahlawan Overwatch 2 akan mengenakan skin seperti Sylvanas Windrunner Widowmaker, Lich King Reinhardt, Thrall Zenyatta, dan Diamond Magni Torbjorn. Setiap skin ini dirancang dengan detail yang luar biasa untuk menangkap esensi dari kedua dunia.

Selain skin, pemain juga dapat menikmati emote-emote nostalgia yang terinspirasi oleh NPC quest giver di World of Warcraft. Hal ini memungkinkan para pahlawan Overwatch 2 untuk memberikan penghormatan yang tulus kepada game legendaris tersebut.

Tidak hanya itu, pemain juga dapat mengumpulkan hingga sepuluh hadiah gratis selama periode acara, termasuk charm, spray, ikon, dan name card. Bagi yang ingin merasakan pengalaman crossover secara maksimal, Mega Bundle yang berisi semua skin dan kosmetik dari kolaborasi ini juga tersedia.

Acara crossover ini merupakan kesempatan bagi para penggemar kedua game untuk merasakan kekuatan dari Azeroth dan Future Earth bersatu.

Selain Crossover, Ada Juga Perayaan Ulang Tahun Overwatch 2!

Mulai tanggal 24 September, pemain dapat merayakan ulang tahun Overwatch 2 dengan acara berdurasi satu bulan yang menampilkan mode-mode favorit dari tahun lalu.

Minggu pertama: Beast Hunt dan Community Crafted
Minggu kedua: April Fools 2024 dan Cosmic Crisis
Minggu ketiga: Mirrorwatch dan Prop Hunt


Dengan berbagai acara dan hadiah menarik, crossover ini merupakan momen yang tidak boleh dilewatkan oleh para penggemar World of Warcraft dan Overwatch 2.

Tech Week Singapore 2024 Umumkan Tema Utama & Pembicara

Tech Week Asia Singapore 2024

tabloidpulsa.id – CloserStill Media, penyelenggara global untuk acara-acara terkemuka, hari ini mengumumkan tema utama dan peserta penting untuk Tech Week Singapore 2024.

Pada edisi ke-10 ini, Tech Week Singapore akan berfokus pada kecerdasan buatan (AI) dan teknologi transformatif. Acara ini akan menjadi wadah bagi para inovator teknologi dan pemimpin industri paling berpengaruh di dunia untuk membahas masa depan transformasi digital di seluruh Asia.

Merayakan satu dekade koneksi yang bermakna, Gareth Bowhill, CEO CloserStill Media, akan menjadi tamu kehormatan acara tersebut. Perusahaan swasta dan lembaga pemerintah papan atas juga akan hadir, termasuk duta besar dari Komisi Tinggi Australia, Komisi Tinggi Inggris, Kedutaan Besar Swedia, dan Kedutaan Besar Ukraina.

Acara utama ini juga akan menampilkan daftar mengesankan yang terdiri dari lebih dari 600 pembicara regional dan internasional dari organisasi terkemuka seperti AI Singapore, Google, IMDA, NVIDIA, OpenAI, dan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Dari keynote yang mendalam hingga sesi panel dan teater konferensi khusus, acara ini akan mengungkap topik-topik kritis yang selaras dengan para pelaku bisnis terkemuka dan pemimpin industri di seluruh Asia.

Tahun ini, Tech Week Singapore akan menyoroti AI sebagai tema sentral, mengeksplorasi dampak transformatifnya di berbagai industri. Selain membahas kekuatan AI di dunia digital saat ini, serangkaian sesi keynote dan diskusi panel akan membahas secara mendalam berbagai aspek yang akan penting dalam memastikan pembangunan berkelanjutan di tengah adopsi yang meluas.

“AI dapat menjadi teknologi yang benar-benar transformatif, dengan potensi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih cepat, meningkatkan perawatan kesehatan dan pendidikan, menginspirasi penemuan ilmiah baru, dan membuka cakrawala baru untuk kreativitas. Kemitraan dengan sektor publik dan swasta sangat penting untuk memastikan pengembangan AI yang aman dan distribusi manfaat yang luas,” kata Sandy Kunvatanagarn, Kepala Kebijakan, APAC, OpenAI.

Cloud Expo Asia, DevOps Live!, Cyber Security World, Big Data & AI World, Data Centre World, eCommerce Expo, dan Technology for Marketing termasuk di antara acara yang diselenggarakan bersama di Tech Week Singapore yang akan menampilkan elemen unik mereka sendiri. Selain berbagi sesi oleh raksasa industri, peserta dapat menantikan lokakarya interaktif oleh Google Cloud di Big Data & AI World yang diperluas dan paviliun negara yang menyoroti upaya transformasi digital lokal.

Selain itu, tahun ini akan menjadi tahun pertama Cyber Security World bermitra dengan ISACA untuk memberikan poin pendidikan profesional berkelanjutan (CPE) bagi anggotanya, memperkuat posisi Cyber Security World sebagai platform terdepan untuk pembelajaran interdisipliner dan pertumbuhan profesional di bidang keamanan siber. Pertumbuhan AI juga telah menciptakan permintaan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk pusat data dan solusi DC di Asia Pasifik. Peserta dapat menantikan pameran pusat data terkemuka di Asia – Data Centre World – yang akan lebih besar dan lebih baik tahun ini dengan peningkatan ruang sebesar 75% dan jajaran peserta pameran yang diperluas.

“Kualitas pembicara dan pemimpin industri yang hadir, bersama dengan peluang jejaring yang berharga, menjadikan Tech Week Singapore sebagai tujuan di mana inovasi, pendidikan, dan investasi bertemu untuk memberdayakan bisnis. Di tengah perubahan teknologi yang cepat, acara ini terus menjadi platform utama bagi para pelaku ekosistem dan pemerintah untuk bersama-sama menavigasi lanskap teknologi Asia,” kata Andy Kiwanuka, Managing Director, CloserStill Media (Asia).

Tech Week Singapore 2024 diperkirakan akan menarik lebih dari 25.000 pemimpin IT senior, dengan lebih dari 500 peserta pameran dan lebih dari 600 pembicara yang berpartisipasi. Acara ini akan diadakan di Marina Bay Sands dari 9-10 Oktober 2024.

Untuk mendaftar secara gratis dan mendapatkan akses ke semua acara yang diselenggarakan bersama, para pemimpin bisnis dan visioner di seluruh sektor teknologi dapat mengunjungi https://www.singaporetechnologyweek.com/.

OPPO x Discovery Channel “Culture in a Shot”, Berhadiah ke Paris!

OPPO x Discovery Culture in Shot

tabloidpulsa.id – Dalam rangka merayakan ulang tahun ke-20, OPPO mengumumkan kolaborasinya bersama Discovery Channel melalui kampanye global bertajuk “Culture in a Shot”. Kampanye ini menggabungkan teknologi pencitraan terdepan dengan berbagai kekayaan budaya di dunia untuk merayakan keragaman yang tak ternilai.

Menghadirkan dua fotografer ternama, Jerome Teo dari Discovery Channel dan M. Fadli, fotografer terkenal Indonesia, Culture in a Shot membawa mereka menjelajahi ragam budaya yang ada di Yogyakarta, sebuah kota yang menjadi pusat seni Batik. Batik yang menjadi salah satu warisan budaya Indonesia dipilih karena seni tradisional ini menyimpan filosofi mendalam dan simbol harapan bagi generasi mendatang. Dengan teknologi kamera dari OPPO Reno12 Series, mereka mengabadikan setiap detail dan makna di balik proses pembuatan Batik.

Jerome Teo yang baru pertama kali menjelajahi budaya Batik, mengungkapkan pengalamannya, “Mengunjungi Yogyakarta membuka mata saya terhadap seni Batik yang luar biasa. Setiap motif Batik bukan hanya karya seni, tetapi juga sebuah bahasa simbolis yang diwariskan secara turun-temurun.”

Foto-foto Jerome menunjukkan dedikasi para pengrajin yang berupaya menjaga warisan ini tetap hidup di tengah gempuran industrialisasi. Sementara itu, M. Fadli menyoroti peran penting teknologi kamera OPPO Reno12 Series dalam pengalamannya mengabadikan budaya Batik.

“Dengan teknologi AI dan kamera canggih OPPO Reno12 Series, saya dapat menangkap keindahan Batik dengan detail yang luar biasa. Teknologi ini mempermudah saya untuk menghasilkan foto berkualitas tinggi dalam berbagai kondisi pencahayaan,” ujar Fadli.

OPPO Ajak Masyarakat Abadikan Keindahan Budaya dan Menangkan Tiket ke Paris

Melalui kampanye ini, OPPO juga mengajak masyarakat global untuk turut berpartisipasi dalam menjaga dan merayakan warisan budaya mereka. Pengguna di seluruh dunia diundang untuk mengabadikan kebudayaan khas daerah mereka dan membagikannya melalui media sosial menggunakan hashtag #ShotonOPPO dan #CaptureMyCulture. Dengan ini, OPPO berupaya menjembatani masa lalu dan masa depan melalui teknologi, menginspirasi generasi muda untuk terus melestarikan tradisi.

Sebagai bagian dari kampanye ini, OPPO memberikan kesempatan bagi dua pemenang yang beruntung untuk memenangkan hadiah utama berupa perjalanan eksklusif ke Paris dan menghadiri OPPO Paris Photo Fair. Selain itu, karya para pemenang juga akan diabadikan di OPPO Pad yang akan didonasikan kepada anak-anak untuk memperkenalkan keindahan budaya dari berbagai belahan dunia.

Cara Berpartisipasi dalam “Culture in a Shot”:

  1. Ambil foto kebudayaan khas daerahmu menggunakan smartphone OPPO.
  2. Unggah foto tersebut ke Instagram dengan hashtag #ShotonOPPO dan #CaptureMyCulture, atau bagikan di laman OPPO Community pada thread “September Shot on OPPO-Culture”.
  3. Batas waktu unggah karya adalah 25 September 2024, pukul 23:59 WIB.

Dengan kampanye “Culture in a Shot”, OPPO dan Discovery Channel berkomitmen untuk menghubungkan budaya-budaya di seluruh dunia, sekaligus menginspirasi masa depan melalui teknologi pencitraan inovatif.

Telkomsel Raih Dua Penghargaan Internasional dari ATEA 2024

Telkomsel Penghargaan ATEA Bangkok

tabloidpulsa.id – Inovasi pemanfaatan teknologi terkini oleh Telkomsel kembali mendapatkan pengakuan internasional dengan meraih dua penghargaan dalam ajang Asian Technology Excellence Awards 2024 (ATEA) di Thailand (5/9). Telkomsel menerima “Indonesia Technology Excellence Award in the Automation” atas penerapan Intelligent Automation dalam proses bisnisnya, serta “Indonesia Technology Excellence Award in the Gaming” atas penciptaan ekosistem games terlengkap melalui Dunia Games. Prestasi ini mencerminkan konsistensi komitmen Telkomsel dalam mendorong perubahan, sejalan dengan semangat Indonesia yang selalu menjadi inspirasinya.

Telkomsel meraih penghargaan “Indonesia Technology Excellence Award in the Automation” atas keberhasilannya meningkatkan efisiensi biaya dan efektivitas operasional melalui Intelligent Automation. Melalui Robotic Process Automation (RPA), Telkomsel mampu menyelesaikan sekitar 300 ribu transaksi tugas administratif setiap bulan di tim Sales, termasuk validasi data dan pelaporan. Inisiatif ini menghasilkan penghematan waktu hingga 12 ribu jam kerja serta mempercepat proses administrasi hingga 70%. Selain itu, asisten virtual Veronika yang dilengkapi dengan Machine Learning (ML) telah meningkatkan kecepatan klasifikasi Net Promoter Score (NPS) hingga 90%, yang akan membantu meningkatkan ketepatan analisis. Penerapan Intelligent Business Process Management (IBPM) juga telah menyelaraskan seluruh proses manajemen distribusi dan inventaris Telkomsel dalam satu sistem, sehingga efisiensi penyelesaian transaksi meningkat hingga 50%. Saat ini, Telkomsel sedang berfokus pada penerapan Generative AI (Gen AI) di area Corporate Escalation and Solution dengan menambah kecerdasan operasional untuk meningkatkan pelayanan bagi pelanggan bisnis.

Telkomsel juga dianugerahi penghargaan “Indonesia Technology Excellence Award in the Gaming” dengan mengoptimalkan pengalaman bermain games di platform Dunia Games, solusi terpadu bagi kebutuhan ekosistem gaming dan esports di Indonesia. Platform ini telah ditingkatkan dengan arsitektur microservices untuk menyederhanakan proses transaksi, arsitektur serverless untuk meningkatkan keterlibatan gamers, serta containerization yang memungkinkan pemberdayaan lebih lanjut. Sejak diluncurkannya Dunia Games pada tahun 2019, platform ini telah dapat melayani hingga 40 juta pengguna, membantu komunitas gaming di Indonesia untuk tetap terhubung selama masa pandemi yang lalu, menyelenggarakan lebih dari 111 ribu turnamen, dan melibatkan lebih dari 590 ribu gamer aktif. Fitur Live Streaming dan Forum Posts juga telah meningkatkan total views konten buatan pengguna hingga lebih dari 640%. Selain itu, Dunia Games telah meluncurkan Paket GamesMAX Booster untuk mengatasi hambatan jaringan dan performa aplikasi, serta memperkenalkan Multi-Payment Voucher yang memudahkan pembelian.

Direktur IT Telkomsel, Joyce Shia, mengatakan, “Terinspirasi oleh semangat Indonesia, Telkomsel terus mendorong perubahan dengan menyediakan konektivitas, solusi, dan layanan yang unggul untuk semua orang, setiap rumah, dan bisnis, guna membuka semua peluang kemajuan. Penghargaan internasional dari Asian Technology Excellence Awards 2024 ini semakin mengukuhkan posisi Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di kawasan, terutama melalui solusi digital yang berfokus pada kebutuhan pelanggan. Dengan menempatkan pelanggan sebagai pusat inovasi kami, seperti karyawan dalam ‘Intelligent Automation’ dan gamers dalam ‘Dunia Games’, Telkomsel akan terus adaptif dan relevan, menghadirkan manfaat teknologi terkini bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia, menciptakan hari yang lebih baik dan masa depan gemilang.”

Asian Technology Excellence Awards adalah penghargaan paling bergengsi di Asia yang dikhususkan untuk proyek-proyek digital pionir dan inovasi teknologi. Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang berada di garis depan disrupsi digital, memimpin revolusi teknologi, dan menggerakkan transformasi digital di industri. Penghargaan ini diberikan berdasarkan negara sebagai bagian dari program Technology Excellence Awards yang diadakan di berbagai negara seperti Hongkong, Malaysia, Singapura, dan Timur Tengah. Setiap kategori teknologi dan industri yang bersangkutan memiliki satu pemenang untuk setiap negara. Informasi lebih lanjut tentang Asian Technology Excellence Awards 2024 dan daftar penerimanya dapat diakses melalui asianbusinessreview.com/event/asian-technology-excellence-awards.

Indosat Gelar Pestapora Bareng IM3, Ada Kejutan Apa Saja?

Pestapora Bareng IM3

tabloidpulsa.id – Indosat melalui brand IM3 kembali menghadirkan Pestapora bareng IM3, yang merupakan wujud komitmen dukungan terhadap industri musik Indonesia.

Di Pestapora tahun ini, IM3 mengajak penikmat musik tanah air merasakan pengalaman nonton konser yang lebih simpel dan tak terlupakan dengan beragam aktivitas dan fasilitas yang menarik.

Khusus bagi pelanggan IM3 dapat menikmati fasilitas Jalur masuk Expressjaringan kuat dan stabil, serta pengalaman immersive di booth “Stasiun IM3”. 

IM3 juga memberikan Kartu Perdana IM3 kuota 6GB + 3GB untuk 2.500 penonton. Festival Pestapora tahun ini akan dihadiri setidaknya 70 ribu penonton.

Dengan tingginya animo dan padatnya penonton di gelaran musik ini, IM3 mengoptimalkan kapasitas jaringan di seluruh lokasi acara.

Upaya ini untuk memastikan pengalaman mengesankan (marvelous experience) pelanggan IM3 untuk terus terhubung dan berjejaring di media sosial selama festival berlangsung.

Pada tahun ini, IM3 juga menyelenggarakan Collabonation Talent Hunt, program pencarian talenta musik dari Sabang sampai Merauke yang telah berjalan sejak Agustus 2024.

Dari ribuan peserta audisi yang berasal dari kota hingga desa di seluruh Indonesia, IM3 telah memilih empat peserta terbaik yang mendapatkan kesempatan untuk tampil di panggung Pestapora.

Empat peserta tersebut adalah grup band Normatif dari Jakarta, grup band The Venyamin dari Padang, Sumatera Barat, solois Fani Sulf dari Bima, Nusa Tenggara Barat, dan solois Resky Nuralyah dari Makassar, Sulawesi Selatan.

Dengan memanfaatkan teknologi, IM3 untuk pertama kalinya mengkolaborasikan peserta Collabonation Talent Hunt asal NTB dengan musisi internasional Oliver Cronin dari Australia yang dilakukan secara daringdi panggung Pestapora.

Kolaborasi ini menjadi perwujudan komitmen IM3 untuk menyediakan layanan jaringan yang optimal agar dapat membuka pintu bagi anak muda Indonesia untuk mengukir prestasi global dan menginspirasi generasi selanjutnya.

Ritesh Kumar Singh, Director and Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison, mengatakan, “Komitmen IM3 sebagai penyedia jaringan bukan hanya menghubungkan, tetapi juga katalisator bagi industri musik Indonesia. Dengan kolaborasi Pestapora dan program Collabonation Talent Hunt, serta dukungan jaringan yang kuat, kami berkomitmen untuk memberdayakan anak muda Indonesia dan membawa musik Tanah Air ke ranah internasional. Hal ini sejalan dengan tujuan besar Indosat dalam memberdayakan Indonesia.”

Kiki Aulia Ucup, Festival Director Pestapora, menyampaikan, “Kolaborasi bersama IM3 telah banyak berkontribusi untuk menjadikan Pestapora ajang selebrasi pertunjukkan musik yang selalu dinantikan. Memasuki tahun ketiga, kami sangat mengapresiasi inisiatif yang dihadirkan IM3, mulai dari berbagai fasilitas untuk pengunjung dan memberikan panggung kepada finalis terpilih Collabonation Talent Hunt menampilkan bakat musiknya di Pestapora.”

Berbagai kenyamanan dan kemudahan juga dihadirkan pada konsep baru pada booth yaitu “Stasiun IM3”, terinspirasi dari stasiun kereta sebagai tempat persinggahan yang menyediakan banyak fasilitas yang nyaman.

Stasiun IM3 ini akan menjadi titik beristirahat dan tempat berkumpul bagi para penonton Pestapora.

Dalam Stasiun IM3 juga terdapat banyak charging station yang dapat digunakan oleh para penonton, serta photo spot dengan immersive photo experience yang memberikan efek visual yang memanjakan mata.

Selain itu, tersedia juga paket Freedom Internet HOT PROMO dengan extra kuota TikTok dan hadiah langsung untuk pembelian produk IM3 mulai Rp 25.000.

Tak ketinggalan, IM3 turut menghadirkan IM3 Postpaid Executive Lounge, yang menawarkan kenyamanan ekstra untuk pengguna IM3 Postpaid berupa ruangan dengan pendingin yang nyaman lengkap dengan kursi pijat, sofa, hingga minuman segar gratis.

Di tempat ini, IM3 menyediakan layanan Gerai IM3 untuk berlangganan IM3 Postpaid dengan promo menarik, eSIM, dan pusat pengaduan.

IM3 mengajak generasi muda untuk menikmati hidup simpel di Pestapora bareng IM3 yang diadakan mulai 20, 21, dan 22 September 2024, di Gambir Expo dan Hall 02 JIEXPO Kemayoran.

Acer Swift Go 14 AI Hadir di Indonesia, Copilot+ PC dengan Snapdragon X Plus

Acer Swift GO 14 AI

tabloidpulsa.id Acer Indonesia resmi meluncurkan laptop Swift generasi terbaru Swift Go 14 AI, yang ditenagai prosesor Qualcomm Snapdragon X Plus.

Laptop on-the-go pertama dengan prosesor Qualcomm Snapdragon X Plus ini, memiliki kecepatan dan respon tinggi dengan dukungan arsitektur berbasis ARM yang inovatif.

Dikemas dalam desain Swift Go 14 AI yang tipis dan ringan, prosesor yang digunakan juga sudah mendukung Qualcomm AI Engine untuk berbagai pemrosesan fitur AI, serta memastikan penggunaan daya yang efisien dengan daya tahan baterai hingga 24 jam.

Matius Tirtawirya, Consumer Notebook Product Manager, Acer Indonesia, mengatakan, ”Acer Indonesia terus berinovasi guna menghadirkan produk terbaik untuk pelanggan di tanah air. Hadirnya Swift Go 14 AI dengan desain ekslusif khas laptop seri Swift, diharapkan bisa mendukung produktivitas dan kreativitas pelanggan dimanapun dan kapan pun. Performa prosesor Snapdragon X Plus yang dibenamkan, resolusi layar dan refresh rate tinggi, menawarkan visual yang memanjakan mata. Fitur AI Copilot+ PC pada Swift Go 14 AI, juga membuat pengguna bisa menjalankan berbagai pekerjaan seperti memberikan perintah untuk menjalankan tugas, melakukan pemrosesan atau pengolahan data, melakukan pekerjaan kreatif, dan masih banyak lagi.”

Acer Swift Go 14 AI hadir dengan desain ultra-portable setipis 1,79 cm dan seringan 1,32 kilogram, membuat pengguna dapat dengan mudah dan nyaman menggunakan laptop ini di mana pun dan kapan pun.

Material aluminium dan tepian diamond cut menciptakan tampilan yang elegan sekaligus modern.

Sementara itu, pada bagian touchpad yang dilapisi Corning Gorilla Glass terdapat Lighting Icon yang akan menyala ketika NPU sedang bekerja, seolah menggambar kecanggihannya yang didukung beragam fungsi AI.

Memberikan visual yang lebih nyata, Swift Go 14 AI didukung layar dengan bezel tipis berukuran 14,5 inci dan beresolusi WUXGA.

Dilengkapi dengan Color Gamut 100% sRGB dan refresh rate 120Hz, layar laptop ini mampu menyajikan gambar dengan warna berakurasi tinggi dan transisi konten yang lebih halus.

Copilot+ PC dengan Baterai Super Awet hingga 24 Jam

Acer Swift Go 14 AI merupakan Copilot+ PC pertama dari Acer yang mengandalkan kinerja unggulan dari prosesor Snapdragon X Plus dan dirancang untuk memberikan performa terbaik dalam berbagai skenario penggunaan.

Prosesor besutan Qualcomm yang dibuat dengan teknologi ARM terbaru ini memiliki 8 cores dan clock speed maksimum hingga 4.0 GHz dan didukung pengolahan grafis dari GPU Adreno hingga 1.7 TFLOPs.

Mendukung berbagai pemrosesan berbasis AI, prosesor Snapdragon X Plus sudah dibekali dengan Neural Processing Unit (NPU) Qualcomm Hexagon dengan Qualcomm AI Engine yang memberikan performa AI tinggi hingga 45 TOPS.

Pengguna dapat langsung menikmati fitur AI seperti Microsoft Copilot+ PC yang mampu mempercepat proses kreatif saat memakai tools untuk video, foto, dan masih banyak lagi melalui aplikasi-aplikasi populer seperti Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, Davinci, Luminar Neo, GIMP, dan Stable Diffusion.

Teknologi ARM terbaru juga memastikan konsumsi daya yang jauh lebih efisien dibanding laptop lainnya.

Pengguna bisa menikmati masa pakai baterai panjang hingga 24 jam, agar aktivitas lebih nyaman tanpa harus khawatir kehabisan daya dan lebih produktif dalam bekerja hingga berkarya.

Acer Swift Go 14 AI hadir dengan konfigurasi RAM hingga 16GB LPDDR5X dan penyimpanan 1TB SSD NVMe Gen4.

Teknologi Acer TwinAir, yang dilengkapi dengan kipas ganda, menjaga suhu hingga 10% lebih dingin dalam berbagai kondisi, dan performa dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Tampil Terbaik dengan Dukungan QHD AI Camera 1440

Pengalaman conference call di Swift Go 14 AI menjadi lebih memuaskan berkat Superclear QHD AI Camera dengan resolusi 1440p, yang menyediakan tampilan jernih untuk meeting online dan video call.

Kamera ini dilengkapi dengan privacy shutter sehingga pengguna dapat merasa lebih aman dan nyaman saat berkomunikasi.

Acer Swift Go AI juga didukung Acer PurifiedView 2.0 yang menawarkan beragam fitur AI canggih seperti resolusi video yang lebih tajam, dan Automatic Framing untuk memastikan penampilan Anda selalu optimal dalam rapat virtual.

Terdapat juga fitur Acer User Sensing yang akan mendeteksi ketika Anda sedang berada di depan laptop atau menjauh dari laptop.

Fitur ini secara otomatis akan mematikan kamera ketika Anda sedang tidak berada di depan kamera, dan mengaktifkannya saat Anda kembali. Dengan begitu, privasi lebih terjaga dan baterai pun menjadi lebih hemat.

Selain itu, Acer PurifiedVoice 2.0 dengan teknologi AI Noise Cancellation dan 3-array microphone secara efektif meredam kebisingan latar belakang, dan dapat mendeteksi pengguna yang hanya di depan laptop secara sempurna.

Harga dan Ketersediaan

Acer Swift Go 14 AI dibanderol dengan harga Rp 16.999.000. Setiap pembelian sudah termasuk sistem operasi Windows 11 Home dan Office Home Student 2021.

Pre-order dibuka pada hanya 10 hari di 17-27 September 2024, dengan promo menarik yaitu diskon 2 juta rupiah, 0% installment di Acer eStore dan Acer Official Store di Tokopedia, gratis akses Microsoft PC Game Pass 3 bulan, Free Microsoft Office 365 Basic selama 1 tahun, dan 100 GB Onedrive.

Untuk meningkatkan rasa aman dan kenyamanan konsumen, Acer Swift Go 14 AI Qualcomm dilengkapi dengan garansi sparepart selama 2 tahun, garansi servis selama 3 tahun, serta 1 tahun Acer Accidental Damage Protection yang mencakup layanan prioritas dan perlindungan terhadap kerusakan tidak sengaja.

Spesifikasi Acer Swift Go 14 AI (Qualcomm Edition):

ProcessorQualcomm Snapdragon X Plus X1P-42-100 (8 Cores, 30 MB Cache)
OSWindows 11 Home (Arm)
NPUQualcomm® Hexagon™ NPU (45 TOPs)
Display14,5″ display IPS, WUXGA 120Hz 100% DCI-P3, 16:10 Display
Graphic Qualcomm® Adreno 1.7 TFLOPS
Memory16 GB LPDDR5X 
Storage1 TB SSD NVMe Gen4 
Audio• DTS® X Ultra, featuring optimized bass response and micro-speaker distortion prevention • Supported in Windows Spatial Sound for PC Gaming with DTS Sound Unbound license integrated w/ DTS Headphone X supported • Acer Purified.Voice technology with AI noise reduction and echo cancellation in 3 mics array built-in microphones to support Advanced Privacy Mode. Snapdragon Sound (Lossless Audio)
Wireless & NetworkingWi-Fi 7 Wireless LAN • 802.11 a/b/g/n/ac/ax/be • Band: 2.4 GHz, 5 GHz, and 6 GHz • 2×2 MIMO technology   GT Booster – AI Flow   Supports Bluetooth® 5.4 or above Supports Bluetooth LE Audio (LC3).
Input & Output2x USB 3.2 Type A Gen 1 (one with power-off charging) 2x USB-C (USB 4.0) Audio Combo Jack Converter HDMI to USB-C included on box
WebcamAI QHD 1440p with Acer PurifiedView and TNR Solution
Support : Auto Tracking, Advanced Eye Contact Correction, Background Blur, Windows Studio Effects and Acer User Sensing 
KeyboardBacklit Keyboard Shortcut for Mode Switch: silent, normal or performance mode, Microsoft Copilot Key, AcerSense Key
Battery65Wh Li-ion Battery
Battery LifeUp to 24 hours 
Weight1,32 kg
ColorSteel Gray
PriceSRP Rp 16.999.000 (Rp 14.999.000 Preorder price).
Warranty2 Years Spare Part, 3 Years Services, 1 Year AADP

Editor's Pick