Home NEWS Anti Cipratan Air, Begini Pengertian IPX4 di OPPO A16

Anti Cipratan Air, Begini Pengertian IPX4 di OPPO A16

OPPO A16

tabloidpulsa.idOPPO A16 merupakan salah satu smartphone entry-level yang tercatat cukup laris di pasaran. Tidak hanya menawarkan spesifikasi yang mumpuni di kelasnya, OPPO juga membangun desain perangkat ini dengan build quality terbaik.

Meski diposisikan bukan sebagai perangkat premium, nyatanya OPPO A16 sudah dilengkapi dengan sertifikasi IPX4 waterproof. Sayangnya, mendengar kata ‘waterproof’ banyak kalangan yang salah mengartikannya.

Di media sosial dan layanan berbagi video pendek TikTok pun bahkan beredar video singkat yang memperlihatkan OPPO A16 ‘direndam’ di dalam air dalam waktu yang cukup lama. Saat perangkat tersebut dikeluarkan dari dalam air, memang masih dalam kondisi menyala, namun sedikit mengalami ‘kendala’. Kondisi ini sebenarnya memang tidak disarankan oleh pihak OPPO, karena sejatinya sertifikasi IPX4 di OPPO A16 itu bukanlah tahan direndam di dalam air.

Baca Juga:  Datascrip Kenalkan Leica Pegasus TRK, Solusi Pemetaan 3D

Lantas, apa sih sebenarnya IPX4 di OPPO A16 ini? Berdasarkan pengertian teknis, IPX merupakan rating ketahanan dari susupan eksternal dan merupakan standar dari Ingress Protection (IP), yang diperlihatkan melalui sebuah indeks atau rating IP dan dilanjutkan oleh kode angka di belakangnya. Seperti IPX4, IPX7 dan sebagainya.

Berdasarkan standar IEC (International Electrotechnical Commission), IPX4 yang dimiliki oleh OPPO A16 mengandung makna dapat terlindungi dari cipratan air normal. Artinya, perangkat ini ini akan tetap aman digunakan saat terjadi hujan dan terkena percikan air.

Untuk Anda yang tidak sengaja menjatuhkan OPPO A16 kedalam air kolam ikan saat foto selfie, perangkat ini pun masih bisa bertahan dengan baik. Asalkan, perangkat tersebut segera diambil dari kolam dan langsung dibersihkan (dikeringkan).

Baca Juga:  Find X3 Pro Jadi Smartphone Android 12 Pertama OPPO

Dari penjelasan ini bisa diambil kesimpulan bahwa perangkat ini akan tetap bisa berfungsi normal saat terkena percikan air, bukan untuk diajak berendam atau berenang di dalam air dalam waktu yang lama.

Sebagai informasi, OPPO juga melakukan berbagai uji kualitas untuk memberikan 5 lapisan perlindungan pada perangkat ini. Smartphone ini telah melewati enam uji pokok termasuk uji jatuh, ketahan terhadap air, radiasi, perubahan iklim, dan kualitas tangkapan sinyal. Smartphone ini juga telah lulus 50+ uji kontrol proses produksi, 130+ uji keandalan, dan 320+ uji eksperimental.

Bagi Anda yang tertarik untuk memiliki smartphone ini, bisa mendapatkannya di OPPO Store dan toko -toko yang menjual perangkat smartphone OPPO di seluruh Indonesia baik secara online maupun offline. OPPO A16 sendiri hadir dalam dua varian yakni 3/32GB dengan harga Rp 1.999.000 dan 4/64GB yang dibanderol Rp 2.499.000.

Baca Juga:  Sambangi Medan, OPPO Perkenalkan Jam Pintar Terbaru Watch X
Previous articlePenjualan Perdana vivo X70 Pro Resmi Digelar Hari Ini
Next articleMenjaga Kesehatan Mental dengan Meningkatkan Kualitas Hidup ala Xiaomi
Tech Reviewer, Journalist, Blogger, Traveling Enthusiast and Nature Lover. Pokoknya suka apa saja yang bisa menenangkan hati dan pikiran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here