Home REKOMENDASI 3 Alasan OPPO A76 Cocok untuk Pengguna Aktif

3 Alasan OPPO A76 Cocok untuk Pengguna Aktif

OPPO A76

tabloidpulsa.idOPPO resmi mengumumkan kehadiran produk baru di seri A yang membawa sejumlah peningkatan penting dari generasi sebelumnya, yakni OPPO A76.

Smartphone yang membawa jargon “Performa Cepat, Kapasitas Ekstra” ini digadang-gadang sangat cocok untuk pengguna yang aktif.

OPPO A76 sendiri sudah bisa dipesan baik online maupun offline dengan banderolan harga Rp 3.399.000.

Lantas, apa saja alasan OPPO A76 ini cocok untuk dimiliki oleh pengguna yang aktif? Berikut ulasannya.

Chipest Terbaru yang Lebih Powerful

OPPO A76 hadir dengan membawa chipset terbaru dan pertama di pasaran Indonesia yakni Snapdragon 680.

Prosesornya dibangun dengan pabrikasi 6nm, yang kabarnya memiliki peningkatan hingga 20% untuk efisiensi baterai.

Chipset ini hadir dengan empat core utama Qualcomm Kryo 265 dengan clock speed 2.4Ghz, dan empat core Kryo 1.9Ghz.

Arsitektur chipset ini dikombinasikan dengan GPU Adreno 610, yang menurut data teknis mampu menjalankan berbagai game favorit dengan mulus dan minim lag.

Selain itu, ketangguhan chipset juga disokong kapasitas memori yang besar. Secara default, RAM yang dimiliki OPPO A76 adalah 6GB. Namun dengan teknologi baru, perangkat ini pun memiliki fitur RAM Expansion yang memungkinkan untuk memanfaatkan sebagian storage internal untuk dialokasikan sebagai RAM tambahan.

Menariknya, RAM Expansion di OPPO A76 ini berbeda dari smartphone kebanyakan yang rata-rata baru mampu menyediakan kapasitas tambahan maksimal hingga 2GB. Di A76, OPPO mampu memberikan kapasitas tambahan yang lebih luas yakni hingga 5GB.

Poin plusnya, selain storage 128GB perangkat ini juga menyertakan slot microSD dengan kapasitas maksimal hingga 1TB.

Kombinasi iini tentunya akan memberikan kenyamanan ekstra bagi pengguna aktif yang ingin menyimpan beragam dokumen, file penting, foto maupun video di smartphone tanpa takut kekurangan ruang penyimpanan.

Baterai 5000 mAh yang Tahan Lama

Dibanding perangkat sekelasnya, OPPO A76 ini dibekali sumber power dengan kapasitas yang cukup besar. Baterai 5000 mAh di perangkaat ini tentunya bisa menyediakan waktu operasional yang lebih panjang dan tahan lama.

Hal ini diperkuat pula dengan sistem manajemen power yang optimal, termasuk hadirnya beberapa fitur unggulan untuk memberikan keamanan ekstra. Pertama ada Super Nighttime Standby, yang mampu mengenali kebiasaan tidur pengguna berdasarkan kecerdasan buatan (AI) dan mengurangi konsumsi daya yang sesuai.

Berdasarkan data teknis, fitur ini kabarnya mampu mengatur penurunan konsumsi daya sebanyak 2% saja di malam hari. Cukup efisien dan menarik pastinya.

Kedua ada Super Power Saving Mode yang secara ekstrim bisa lebih maksimal lagi memberikan daya tahan baterai.

Gambaran umumnya, saat level baterai menyentuh angka 10% maka system akan secara otomatis menampilkan notifikasi untuk mengisi ulang baterai atau mengaktifkan Super Power Saving Mode. Di mode ini, pengguna bisa memilih hingga 6 aplikasi apa saja yang akan tetap bisa digunakan.

Selain itu, ketaangguhan lain perangkat ini adalah saat indikator baterai menunjukan angka 5%, pengguna masih bisa WhatsApp-an hingga 800 menit, atau melakukan panggilan hingga 109 menit.

Ketiga, yang tidak kalah menariknya adalah fitur Optimized Night Charging. Dengan fitur ini, kecerdasan buatan (AI) akan menyesuaikan pola tidur pengguna dan menjadwalkan pengisian daya yang tersegmentasi pada malam hari.

Untuk memberikan keamanan, teknologi yang dimiliki perangkat ini akan mampu menghentikan pengisiaan baterai malam hari saat level baterai mencapai 80%, dan melanjukan pengisian satu jam sebelum kebiasaan pengguna bangun tidur.

SuperVOOC 33W yang Tangguh

Selain kapasitas baterai yang besar, OPPO A76 ternyata dibekaali teknologi pengisian daya cepat. Namun, teknologi ini bukan seperti fast charging kebanyakan. Pengisian cepat di perangkat baru OPPO ini menerapkan ekosistem khusus yang lebih menitikberatkan pada peningkatan arus listrik, bukan di tegangan.

Dengan efisiensi kecepatan pengisian daya melalui peningkatan arus ini, perangkat akan bisa mengisi daya dengan lebih cepat tanpa mengalami panas berlebih yang ekstrim. Alhasil, ekosistem ini akan memberikan kemanan ekstra saat proses pengisian ulang baterai.

Berdasarkan keterangan resmi dari pihak OPPO, ekosistem SuperVOOC 33W di OPPO A76 ini memiliki tiga elemen penting yang saling berhubungan. Mulai dari adaptor yang dilengkapi dengan Micro Controller Unit (MCU), High Capacity Cabel (VOOC Cable), dan sel baterai. Nah, untuk bisa mendukung teknologi SuperVOOC ini OPPO menggunakan dua sel baterai di OPPO A76 dengan kapasitas 2500 mAh + 2500 mAh.

Ekosistem ini lah yang membedakan 33W charging di OPPO dengan perangkat lain yang memiliki kemampuan fast charging dengan daya yang sama. Sebagai catatan, penggunaan adaptor maupun kabel charger yang berbeda (bukan standar OPPO) membuat kemampuan SuperVOOC tidak bisa berjalan dengan maksimal.

Di OPPO A76, teknologi SuperVOOC 33W secara teknis mampu mengisi daya perangkat dari level nol hingga mencapai 50% hanya sekitar 30 menit saja. Menariknya, pengisian daya selama 5 menit bisa menyediakan waktu panggilan telpon selama 3 jam 47 menit, panggilan video WhatsApp sekitar 62 menit atau streaming video YouTube selama 2 jam 10 menit.

Tidak hanya itu, OPPO juga telah menanamkan sistem perlindungan khusus overcharge serta over-discharge bateraai Level-2, yang dikombinasikan dengan teknologi perlindungan baterai ekstra untuk memberikan kenyamanan dan kemanan bagi pengguna dari kekhawatiran baterai meledak saat dilakukan pengecasan.

Dengan tiga alasan tersebut, OPPO A76 memang benar-benar layak dimiliki oleh para pengguna yang memiliki tingkat aktivitas tinggi.

Previous articleNielsen dan The Trade Desk Umumkan Kemitraan Pengukuran Data Strategis Baru
Next articlePINTU Gelar “Promo Jitu” Gandeng OVO, GoPay, dan BMoney
Tech Reviewer, Journalist, Blogger, Traveling Enthusiast and Nature Lover. Pokoknya suka apa saja yang bisa menenangkan hati dan pikiran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here