Home TIPS & TRICK 5 Langkah Segarkan Kembali Ponsel OPPO Anda

5 Langkah Segarkan Kembali Ponsel OPPO Anda

segarkan ponsel oppo

tabloidpulsa.id – Seiiring dengan lamanya penggunaan, kadang ponsel mulai manja minta ganti yang baru. Oh tidak, belum sampai ke situ sih. Kita ulangi. Ketika Anda merasakan performa ponsel mulai sedikit berkurang, Anda tentunya akan membutuhkan salah satu fitur bawaan ColorOS, yakni Phone Manager. Aplikasi ini akan segarkan kembali ponsel OPPO Anda dari file-file yang tidak penting, juga kemungkinan terjangkitnya virus dari aplikasi atau file yang berdiam di dalam ponsel.

Sebelum kita masuk ke tutorial, biasanya kita menggunakan aplikasi ini dengan langkah sederhana, pencet optimize dan selesai. Nah cobain yuk beberapa langkah yang direkomendasikan oleh pihak OPPO sendiri yang bisa dilakukan melalui aplikasi bawaan ColorOS ini.

Ada baiknya Anda melakukan pengecekan melalui Phone Manager ini secara berkala. Tidak ada ruginya, ketika sudah begitu banyak website yang Anda kunjungi, baik melalui VPN atau tidak, Hayoooo… Atau sekedar banyak membuka aplikasi-aplikasi berat yang siapa tahu membutuhkan akses menuju lapisan terlarang di sudut privasi ponsel, dengan Phone Manager, kita bisa melihat, untuk kemudian memutuskan, dan menghapus file-file yang tidak peerlu.

Apa yang harus kita lakukan:

Bagi Anda pengguna ponsel OPPO dengan ColorOS terbaru (7 dan 11), semisal OPPO Reno6 dengan ColorOS 11.1 yang baru saja diuncurkan beberapa minggu lalu, Anda bisa langsung buka aplikasi Phone Manager. Biasanya terletak di folder TOOLS.

Langkah 1: Begitu dibuka, aplikasi ini akan melakukan scanning scara otomatis. Tunggu sebentar, lalu bersihkan data cache dengan cara sentuh ikon tempat sampah dengan tulisan Clean Up Storage.

Di sini kita bisa menghapus file-file yang tidak dibutuhkan secara otomatis, semisal cache dari aplikasi atau file jejak yang ditinggalkan oleh buka tutup aplikasi, video dan foto. Caranya ketuk App Cache file, lalu delete. Oh iya di sini juga kita bisa menghapus file-file besar yang tersimpan dari grup Whatsapp, langsung dari satu lokasi. Jika dirasa sudah cukup, kembali ke halaman awal Phone Manager.

Langkah 2: Kali ini buka Logo kunci dengan tulisan Privacy Permissions. Di sini kita bisa mengatur permissions untuk sejumlah aplikasi dan memgatur aplikasi-aplikasi apa saja yang melakukan auto-launch alias membuka sendiri, terutama saat ponsel booting.

Matikan fungsi autolaunch pada apps yang tidak terlalu penting untuk aktif saat booting. Dengan demikian proses booting ponsel akan semakin ringan. Lalu kembali ke halaman utama Phone Manager.

Langkah 3: Ketuk gambar radar dengan tulisan Virus Scan untuk melakukan scanning virus pada ponsel. Proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Beberapa menit, tergantung jumlah file yang tersimpan di ponsel Anda. Jika sudah selesai, klik done.

Langkah 4: Jangan lupa juga klik payment Protection, untuk melihat jenis pembayaran apa saja yang ada di ponsel ini (yang sudah diaktifkan) dan bagaimana dengan keamanannya. Anda bisa aktifkan perlindungan pembayaran dari sini. Setelah dirasa sudah mantap, kembali ke halaman utama Phone Manager.

Langkah 5: Nah terakhir, saatnya kita mengetuk tombol OPTIMIZE berwarna hijau yang ada di bawah angka berukuran besar. Sistem akan melakukan optimalisasi yang dibutuhkan dan tekan ketuk tombol Done setelah selesai.

Demikian cara mudah segarkan ponsel OPPO Anda, berdasarkan rekomendasi dari OPPO dan ColorOS. Mudah, bukan?

Previous articleTrik Memisahkan Kebutuhan Bekerja dan Bermain di Satu Ponsel OPPO
Next articleErajaya Active Lifestyle Umumkan Joint Venture Dengan JD Sports Fashion plc
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here