Home TIPS & TRICK Langkah Sederhana Bikin Video Bokeh Flare dengan OPPO Reno6

Langkah Sederhana Bikin Video Bokeh Flare dengan OPPO Reno6

oppo bokeh flare

tabloidpulsa.id – Salah satu pembeda OPPO Reno6 dengan seri terdahulu adalah kemampuan bokeh flare pada video recording mereka. Melihat hasil rekam video yang tersebar di beberapa media sosial, Anda mungkin berpikir bahwa caranya akan sangat rumit. Tenang, ngga begitu kok.

Tapi perlu diakui bahwa untuk meraih hasil yang sangat optimal dan stabil kita membutuhkan beberapa trik yang akan kita bahas di sini. Siapkan Reno6 Anda. Kalau belum punya, sekarang produk ini sudah tersedia di toko online, dengan tawaran bundling IoT dan pembiayaan yang fleksibel. Cek di sini.

Mengenal Fitur Bokeh Flare Portrait untuk Video Recording:

  1. Buka Fitur Kamera, Geser ke Bagian Video.
  2. Aktifkan Bokeh Flare Portrait. Caranya sentuh logo EFEK KAMERA berupa tiga lingkaran saling berdempetan yang ada di bagian atas (saat portrait) atau di sisi kiri/kanan (saat landscape). Kemudian akan muncul beberapa pilihan efek. Geser ke kanan hingga menemukan efek dengan gambar perempuan bertopi. Pilih yang kedua dari kiri, atau yang ada tulisan Bokeh Flare Portraitnya. Logo Efek akan berubah menjadi berwarna ketika efek ini aktif.
  3. Lakukan pemotretan dengan latar belakang cahaya, dan dari jarak yang optimal dengan obyek. Mungkin Anda harus mendekat ke obyek foto untuk mendapatkan hasil maksimal.

Apa yang dilakukan oleh efek Bokeh Flare di OPPO Reno6 ini adalah memisahkan antara obyek utama foto yang ada di depan lensa, dalam hal ini adalah manusia, dengan obyek latar yang ada di belakang obyek utama.

Kemudian sistem akan mengaburkan gambar latar, meningkakan kecerahan warna dan memodifikasi cahaya-cahaya yang tertangkap di latar agar lebih stand out. Cahaya ini akan dibuat melingkar dengan pendaran yang kadang jadi terlihat berkelip-kelip sesuai dengan intensitas sumber cahaya tersebut.

Tips untuk Mendapatkan Video Bokeh Flare yang Maksimal dan Stabil:

  1. Tips ini akan berlaku situasional. Pertama kalau kita ambil gambar di bawah pohon rindang dengan banyak cahaya yang menerobos rimbunnya dedaunan misalnya, minta obyek untuk berdiri, dan pengambilan gambar dilakukan dari sudut yang lebih rendah. Anda harus jongkok atau model naik kursi atau tempat yang lebih tinggi.
  2. Setelah menyiapkan ponsel dan masuk ke fitur bokeh flare video silakan bidik model dengan proporsi yang sesuai dengan kehendak, atau sesuai kaidah fotografi. Di mana model menempati sepertiga bagian dari viewfinder. Entah di sisi kiri, tengah atau kanan.
  3. Untuk mendapatkan hasil maksimal, upayakan agar model tidak terlalu banyak bergerak. Atau gunakan gerakan yang minim, seperti menengok ke arah lain atau mengangkat satu tangan.
  4. Hindari penggunaan outfit yang sewarna dengan latar belakang, semisal hijau terang, hijau gelap atau hitam. Lalu rapikan rambut, atau hindari penggunaan topi.
  5. Sama seperti pengambilan gambar portrait, biasanya kita diminta untuk mendekat ke model hingga jarak tertentu, sampai latar belakang terlihat ngeblur. Lakukan ini, ukur jarak optimal. Buat tanda jika dibutuhkan.
  6. Sama dengan model, upayakan agar kita yang mengabadikan video juga tidak terlalu banyak bergerak. Atau gunakan tripod untuk hasil yang lebih otimal.
  7. Sentuh tombol rekam. Dan perhatikan di viewfinder apakah ada glitch pada bagian tepi bagian model. Jika muncul. Ulangi dan perbaiki beberapa hal, termasuk sudut pengambilan, gerakan, outfit hingga faktor stabilisasi si pengambil gambar.
  8. Di situasi yang lain, semisal malam hari. Sejatinya pengambilan gambar akan lebih mudah, terutama jika kita menggunakan lokasi dengan lampu warna-warni sebagai latar.
  9. Di kondisi ini, kita juga boleh menggunakan latar bantuan, semisal tembok untuk si model bersandar, sehingga memberi bentuk foreground yang lebih solid. Keluarkan sedikit tangan untuk terbaca sebagai foreground yang agak menjauh keluar dari tembok.

Semoga tips ini dapat membantu dan memberikan gambaran bagaimana mudahnya menghasilkan video sinematis dengan OPPO Reno6. Dan tentu saja dengan latihan yang tekun, video sinematis dengan pencahayaan yang dramatis bisa dilakukan dengan mudah. Dengan bantuan ponsel ini, siapapun bisa melakukannya.

Previous articlePengguna Aplikasi myIM3 Kini Bisa Menikmati Hiburan Sekaligus Dapat Penghasilan Tambahan
Next articlerealme C11 2021 Resmi Meluncur, Sejutaan Bawa Baterai 5000 mAh
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here