Home GADGET Sony BURANO, Kamera Sinema Digital CineAlta Terbaru

Sony BURANO, Kamera Sinema Digital CineAlta Terbaru

tabloidpulsa.id – Sony meluncurkan kamera BURANO sebagai tambahan terbaru dari seri produk CineAlta yang merupakan jajaran kamera sinema digital terbaik Sony.

Kamera BURANO dilengkapi sensor yang menyesuaikan color science VENICE 2 dan dirancang secara khusus untuk operator kamera tunggal ataupun kru kecil.

Kamera ini memadukan kualitas gambar yang luar biasa dengan mobilitas tinggi, dan merupakan kamera sinema digital pertama di dunia dengan PL-Mount yang memiliki fitur stabilisasi gambar dalam bodi kamera.

Selain itu, di dalam kerangka kamera yang ringkas sudah terdapat struktur variable ND filter elektronik yang lebih tipis daripada sebelumnya, bersamaan dengan mekanisme stabilisasi gambar optik, hal ini merupakan teknologi mutakhir yang belum pernah dicapai sebelumnya.

Apabila dudukan lensa PL (PL mount) dilepas, maka kamera ini dapat menggunakan lensa E-mount yang mendukung fast hybrid AF serta subject recognition AF, semakin sempurna untuk menangkap subjek yang bergerak cepat.

Sensor full-frame 8,6K yang dahsyat

Dengan menggunakan color science yang sangat diminati di kamera VENICE, BURANO memiliki sensor full-frame 8,6K dengan banyak spesifikasi yang terdapat di VENICE 2, sehingga memungkinkan BURANO untuk digunakan dalam semua jenis produksi yang juga menggunakan VENICE 2.

Sensor ini memiliki fitur dual base ISO 800 dan 3200, juga 16 stop latitude untuk menghasilkan gambar yang menakjubkan, bahkan dalam kondisi pencahayaan yang paling menantang sekalipun.

Seperti semua kamera dalam jajaran full-frame Cinema Line dari Sony, BURANO akan memiliki kemampuan untuk merekam pada full-frame, Super 35, serta dilengkapi dengan fungsi de-squeeze untuk lensa anamorphic.

Kamera ini dapat merekam dengan frame rate hingga 8K 30fps, 6K 60fps, atau 4K 120fps.

BURANO memiliki bodi yang ringkas dan ringan untuk mobilitas tinggi, dengan ukuran sekitar 32mm lebih kecil dan 1,4kg lebih ringan dari kamera VENICE 2.

Baca Juga:  HUAWEI MatePad SE 11 Kids Edition Jadi Tablet Edukatif untuk Anak

BURANO memiliki sasis magnesium yang kokoh, sehingga cocok untuk pembuatan film di lingkungan yang paling menantang sekalipun.

Kemasan kamera dan aksesori terbuat dari bahan pokok selulosa berbasis tumbuhan dan bukan plastik, hal ini sebagai bagian dari upaya Sony dalam kepedulian terhadap lingkungan.

Selain itu, bubur kertas dijadikan bahan yang digunakan sebagai bantalan kamera dan tidak menggunakan polistiren.

Optical Image Stabilization Bawaan

BURANO adalah kamera sinema digital dengan PL-mount pertama di dunia yang mendukung stabilisasi gambar dalam bodi kamera.

Getaran yang tidak diinginkan saat menggunakan kamera bersama lensa E-mount atau PL-mount secara handheld atau berjalan dapat dikoreksi dengan adanya mekanisme stabilisasi gambar dan kontrol algoritma yang baru dikembangkan untuk teknologi stabilisasi gambar canggih dalam seri kamera Alpha mirrorless.

Filter ND Variabel untuk kontrol tambahan dan optimalisasi eksposur

BURANO dilengkapi dengan variable ND filter elektronik dari 0,6 hingga 2,1, yang memudahkan untuk melakukan penyesuaian di berbagai kondisi pencahayaan.

Selain itu, variable ND filter elektronik memungkinkan kontrol depth of field dengan iris dan penyesuaian ke eksposur optimal tanpa mengubah depth of field.

Pilihan beragam untuk Lensa E-mount

Lebih dari 70 lensa E-mount memiliki fungsi stabilisasi gambar yang sangat baik yang dikembangkan dengan Alpha.

Serta Fast Hybrid AF yang memadukan benefit dari pendeteksian fase dan metode pendeteksian kontras, dan kompatibel dengan Subject Recognition AF menggunakan AI.

Penggunaan lensa E-mount juga semakin mengurangi bobot dan ukuran kamera.

Desain Bodi yang diperbarui untuk ergonomis lebih baik

BURANO juga memperbarui desain berdasarkan masukan dari komunitas pembuat film. Contohnya, semua tombol menu diposisikan pada sisi operator kamera.

Selain itu, lampu tally ditempatkan di tiga lokasi supaya memudahkan kru di sekelilingnya untuk memeriksa status perekaman.

Monitor LCD multi-fungsi 3,5 inci dapat digunakan sebagai viewfinder, untuk fokus sentuh, atau kontrol menu.

Baca Juga:  Sharp Resmi Luncurkan Dynabook Satellite Pro C40-H di Indonesia

BURANO juga dilengkapi dengan T-handle opsional yang kuat, viewfinder arm, dua input audio XLR 3-pin, dan terminal headphone (mini jack stereo), nyaman untuk pengoperasian oleh operator tunggal.

Format perekaman untuk meningkatkan fleksibilitas alur kerja

BURANO dapat merekam dalam kualitas HD hingga 8K tergantung pada resolusi, rasio aspek, dan codec.

BURANO mendukung beberapa format perekaman internal, seperti new XAVC H untuk kualitas 8K, yang menggunakan codec efisiensi kompresi tinggi MPEG-H HEVC/H.265.

Format perekaman lainnya termasuk XAVC dan X-OCN LT. X-OCN adalah format RAW terkompresi orisinil dari Sony yang dapat menangkap gambar dengan data linier 16-bit, yang memberikan lebih banyak kebebasan kepada para pembuat film dalam proses pasca-produksi untuk color grading.

X-OCN LT dapat mengurangi waktu transfer file dan beban ukuran penyimpanan, sehingga membuat alur kerja pasca-produksi menjadi lebih efisien daripada versi standar data RAW.

BURANO juga dilengkapi dengan dua slot kartu memori CF express Tipe B yang baru dan mendukung VPG400, sehingga dapat mendukung penulisan bitrate tinggi untuk data video, termasuk X-OCN LT 8K.

Sony juga akan merilis kartu memori CFexpress Tipe B baru yang kompatibel, yaitu CEB-G1920T (1920 GB) / CEB-G960T (960 GB).

Ekosistem Produksi yang Serbaguna dan Efisien

BURANO mendukung berbagai mode perekaman log, termasuk S-Gamut3 dan S-Gamut.Cine, yang merupakan ruang warna yang mencakup gamut warna yang melebihi BT.2020 dan DCI-P3.

BURANO dapat mereproduksi warna yang sama dengan semua kamera dalam jajaran Sony Cinema Line, termasuk VENICE 2.

Hal ini memungkinkan para pembuat film untuk mencocokkan beberapa kamera di dalam jajaran tersebut.

BURANO hadir dengan empat tampilan sinematik baru: Warm, Cool, Vintage, Teal, dan Orange untuk mendukung standar industri s709 dan 709 (800%) Look Up Tables (LUT).

Baca Juga:  Sony Hadirkan Kamera 4K Super 35 untuk Filmmaker Masa Depan

Lebih jauh lagi, seperti seri VENICE lainnya, BURANO dapat digunakan untuk produksi virtual menggunakan tampilan LED layar besar, seperti Crystal LED VERONA dari Sony. Kamera ini juga dilengkapi fitur gen-lock.

Sony akan merilis remote control GP-VR100 Grip secara terpisah dari unit utama BURANO. Produk ini dapat mengontrol tuas zoom dan tombol start/stop perekaman, khususnya berguna dalam setup operator tunggal.

BURANO akan mendukung protokol S700 melalui ethernet dan fungsi tampilan de-squeeze 1,5x apabila menggunakan lensa anamorphic pada bulan Juli 2024 atau setelahnya.

Pembaruan lebih lanjut berdasarkan masukan dan saran pengguna akan diluncurkan di waktu mendatang.

Peningkatan berkelanjutan dari Cinema Line

Cinema Line adalah serangkaian produk kamera untuk para kreator konten, yang tidak hanya menghadirkan tampilan sinematografi, melainkan dikembangkan melalui pengalaman yang luas dalam produksi sinema digital, juga operabilitas dan keandalan yang disempurnakan, yang memenuhi berbagai kebutuhan para kreator yang cerdas.

Disiapkan untuk terus berkembang, Cinema Line saat ini mencakup kamera CineAlta kelas atas VENICE, VENICE 2, BURANO, serta berbagai model FX dan kamera FR7 PTZ yang unik.

Dari perspektif perangkat lunak, aplikasi seluler yang baru saja diluncurkan, Monitor & Control, bagian dari Sony Creators Cloud dapat digunakan dengan FX3, FX30, dan lainnya.

Aplikasi ini, didesain dengan menyesuaikan kebutuhan para kreator visual, memungkinkan pemantauan video nirkabel, dukungan untuk penentuan eksposur presisi tinggi dengan menggunakan monitor false color dan waveform, serta pengoperasian fokus intuitif pada kamera yang kompatibel, di layar smartphone atau tablet. BURANO juga akan kompatibel dengan aplikasi ini.

Ketersediaan

Kamera BURANO, Kartu memori CFexpress Tipe B, CEB-G1920T (1920 GB) / CEB-G960T (960 GB) dan remote control GP-VR100 Grip yang baru (dijual terpisah) akan tersedia di Indonesia mulai bulan Maret 2024 atau setelahnya.

Previous articleTips Foto Portrait di Pencahayaan Ekstrem dengan vivo V29
Next articleAcer Luncurkan Laptop Gaming Nitro V 15, Harga 10 Jutaan
Tech Reviewer, Journalist, Blogger, Traveling Enthusiast and Nature Lover. Pokoknya suka apa saja yang bisa menenangkan hati dan pikiran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here