tabloidpulsa.id – Menjelang momentum Natal dan Tahun Baru (NARU) 2026, kualitas dan performa jaringan Indosat kembali menjadi fokus utama.
Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat/IOH) memastikan langkah penguatan jaringan demi menghadirkan pengalaman digital yang stabil dan andal bagi seluruh pelanggan di tengah lonjakan kebutuhan komunikasi akhir tahun.
Upaya peningkatan performa ini sejalan dengan semangat Indosat ANDAL: Ada Nyata di Setiap Langkah, yaitu menghadirkan jaringan yang kuat, responsif, dan memberikan rasa aman bagi pelanggan di mana pun berada.
Kapasitas jaringan Indosat naik 20%
Untuk menjaga kualitas layanan, Indosat meningkatkan kapasitas jaringan hingga 20% dibandingkan rata-rata penggunaan harian.
Peningkatan ini ditopang lebih dari 210.000 BTS 4G/5G, termasuk Mobile BTS (MBTS) yang disebar di berbagai lokasi strategis untuk mengantisipasi lonjakan trafik data.
Optimalisasi jaringan Indosat juga difokuskan di lebih dari 500 titik aktivitas utama, mulai dari bandara, pelabuhan, pusat perbelanjaan, hingga tempat ibadah dan destinasi wisata.
Selain itu, perusahaan memperkuat konektivitas di 55 rute mobilitas seperti jalan tol, jalur dalam kota, hingga lintasan kereta api yang diprediksi padat saat puncak arus liburan.
AIvolusi5G dan keamanan digital diperkuat
Selama periode liburan, Indosat mengimplementasikan teknologi AIvolusi5G, gabungan kecerdasan buatan (AI) dan jaringan 5G untuk menghadirkan layanan yang lebih aman dan responsif.
Indosat juga meningkatkan perlindungan pelanggan melalui fitur anti-spam dan sistem pemfilter ancaman digital.
Edukasi keamanan siber pun dilakukan melalui kampanye SMS blast untuk mengingatkan pelanggan menjaga keamanan data dan perilaku digital yang sehat saat menggunakan layanan jaringan Indosat.
Monitoring real-time melalui DIOC
Seluruh pemantauan dan pengelolaan jaringan Indosat dipusatkan di Digital Intelligence Operation Center (DIOC) berbasis AI.
Melalui pusat operasi ini, kapasitas jaringan dapat disesuaikan secara adaptif dan real-time sesuai kebutuhan pelanggan di seluruh Indonesia.
Presiden Direktur dan CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha menjelaskan pentingnya respons cepat jaringan Indosat selama masa liburan.
“Periode akhir tahun menjadi saat penting bagi masyarakat untuk tetap terhubung, baik untuk komunikasi maupun informasi. Kami berkomitmen menjaga performa jaringan Indosat dengan dukungan teknologi AI agar konektivitas tetap stabil, bahkan di wilayah terdampak,” ujarnya.
Digital Twin dan AI Agent diperkenalkan
Selain AIvolusi5G, Indosat memperkenalkan dua teknologi baru untuk meningkatkan efisiensi jaringan:
- Digital Twin, teknologi yang mereplikasi jaringan secara virtual untuk memproyeksi performa jaringan melalui simulasi
- AI Agent, yang mampu melakukan diagnosis dan otomasi operasional jaringan secara kolaboratif
Keduanya menghadirkan operasi cerdas yang lebih otonom demi keandalan jaringan Indosat selama periode layanan tinggi.
Penguatan posko dan kesiapan operasional
Indosat juga mengaktifkan posko mandiri sekaligus tergabung dalam Posko Gabungan Komdigi, yang beroperasi mulai 19 Desember 2025–4 Januari 2026.
Posko ini dihadirkan di sejumlah lokasi dengan mobilitas pelanggan tinggi untuk memastikan koordinasi lapangan berjalan efektif, serta jaminan respons yang cepat bila terjadi kendala jaringan.
Proyeksi trafik melonjak dua digit
Dengan meningkatnya mobilitas dan kebutuhan digital, Indosat memproyeksikan trafik penggunaan layanan jaringan meningkat double digit dibandingkan rata-rata harian.
Lonjakan diprediksi berasal dari aktivitas WhatsApp, TikTok, Instagram, YouTube, hingga game online di berbagai wilayah, mulai Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Jabotabek, Jawa non-Jabotabek, hingga Bali Nusra.
Cek berita teknologi terkini, review gadget, rekomendasi ponsel, tips & trick, tren lifestyle dan video tabloidpulsa.id di Google News.



