tabloidpulsa.id – Hari Pelanggan Nasional bukan hanya sekadar perayaan, namun menjadi momen refleksi bagi setiap perusahaan untuk memperkuat komitmen terhadap kepuasan pelanggan.
Oleh karena itu, memaknai Hari Pelanggan Nasional pada 4 September yang lalu, Telkom melakukan kunjungan serentak ke pelanggan setianya dari Sabang hingga Merauke.
Telkom menyadari pentingnya membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan, tidak hanya sebagai pengguna layanan, tetapi juga sebagai mitra untuk bertumbuh dan berinovasi bersama.
OVP Enterprise Regional Management Telkom, Reni Yustiani menerangkan pentingnya peran pelanggan khususnya segmen enterprise and business service dalam keberlangsungan ekosistem solusi digital Indibiz dari Telkom.
“Melakukan komunikasi dua arah tentang kebutuhan layanan dengan pelanggan adalah salah satu agenda prioritas kami,” ucap Reni.
Harapannya, solusi digital yang dihadirkan Telkom melalui Indibiz bisa memberikan dampak yang besar untuk kemajuan pelaku usaha di Indonesia.
Menurut Reni, kunjungan ke pelanggan penting dilakukan agar bisa mendapatkan input langsung dari pelanggan Telkom, khususnya pelanggan segmen B2B di regional.
Kunjungan tidak hanya dilakukan kepada pelanggan, melainkan ke para pemangku kepentingan penting seperti organisasi bidang usaha tertentu.
Secara khusus, EVP Telkom Regional 2 E. Kurniawan melakukan audiensi bersama Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia yang dihadiri langsung oleh Ketua Umum IDI Adib Khumaidi beserta jajaran.
Ada banyak hasil positif yang dicapai untuk merancang ekosistem digitalisasi di sektor kesehatan yang sangat dibutuhkan masyarakat.
Kunjungan lainnya juga dialamatkan ke pelanggan Telkom yang menggunakan solusi digital Indibiz dari berbagai sektor usaha di berbagai wilayah di Indonesia.
Khusus di momen Hari Pelanggan Nasional yang lalu, Telkom memberikan apresiasi kepada pelanggan yang telah memberikan kepercayaan dan dukungan selama ini.
Pelanggan adalah hal yang utama bagi perusahaan dalam membangun strategi berkelanjutan serta menciptakan nilai tambah yang lebih besar.
Bentuk strategi berkelanjutan dari Telkom tersebut dilakukan dengan menghadirkan ekosistem solusi digital dunia usaha bernama Indibiz yang kini telah memiliki 7 sektor di berbagai industri.
Langkah tersebut dilakukan seiring dengan strategi besar Telkom Indonesia untuk fokus kepada pasar B2B, yang mana melalui Indibiz, akan selalu bersama dengan para pelaku usaha untuk terus bertumbuh dan menjadi solusi digital bagi dunia usaha.
Telkom merancang Indibiz untuk mengurai pain-points yang sering menjadi hambatan pelaku usaha untuk berkembang.
Adanya ketujuh ekosistem Indibiz ini sangat diterima masyarakat karena memang relevan dengan tantangan yang ada di lapangan.
Dan dalam waktu dekat, Telkom akan memperluas ekosistemnya ke sektor-sektor lain yang memiliki tantangan tersendirinya yang lebih kompleks.
OVP ERM Reni Yustiani mengatakan kunjungan ini merupakan agenda rutin seluruh insan Telkom.
“Hal ini tidak dilakukan karena bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional semata, tapi sudah menjadi salah satu tugas pokok kami untuk mengunjungi langsung pelanggan kami. Kami harus proaktif untuk mencari masukan, melakukan evaluasi, dan pengembangan bisnis dari para pelanggan setia”, terang Reni.