Home REVIEW realme C31 | Smartphone Sejutaan buat Seru-Seruan di Bulan Ramadan

realme C31 | Smartphone Sejutaan buat Seru-Seruan di Bulan Ramadan

realme c31

tabloidpulsa.id – Memasuki Minggu pertama bulan Ramadan, atau bertepatan dengan awal April 2022, realme memperkenalkan sebuah produk dengan harga menggiurkan. Smartphone yang diciptakan bagi pengguna pemula, dan buat mereka yang sensitif terhadap harga. Smartphone yang diberi nama realme C31 ini membawa desain tipis nan menarik dengan tetap mempertahankan performa biar bisa tetap seru-seruan di bulan Ramadan.

Kalau kita flash back ke beberapa produk realme di kelas ini, sebelumnya realme menyajikan smartphone yang cukup tebal. Desainnya sih bagus, tapi relatif lebih tebal dari produk-produk yang harganya lebih tinggi. Nah di C31 ini, realme seakan ingin memperlihatkan bahwa smartphone sejutaan pun tetap bisa tampil stylish.

Harga: Rp 1.799.000 (4/64GB – yang direview), Rp 1.599.000 (3/32GB)
Pilihan Warna: Light Silver, Dark Green
Paket Penjualan: Smartphone realme C31, Charger Adapter 10W, Kabel data Micro USB, SIM Ejector, Quick Guide, Kartu garansi

SPESIFIKASI:

Dimensi & Berat (mm&gram)164.74 x 76.19 x 8.43mm/ 197 gram
SIM & JaringanDual Nano SIM, 4G LTE/HSPA+/3G/2G, WiFi
Sistem Operasi (OS)Realme UI R Edition, berbasis Android 11
Supported storage eksternalYes, MicroSD card hingga 1 TB
Layar inci – Tipe Screen6.52 inci, ~88.7% screen-to-body ratio, 1600 x 720 pixels, IPS LCD
Prosesor/ CPUUnisoc T612 Tiger (12nm); Octa-core (4×1.82 GHz Cortex A75 + 4×1.82 GHz Cortex A55), GPU: Mali G57
RAM & Internal Storage4 GB RAM/ 64 GB ROM (yang direview)
3 GB RAM/ 32 GB ROM
RAM LPDDR4X
ROM UFS 2.2
Kamera (MP/fitur) belakang/depanBelakang triple:
13 MP f/2.2 Main Camera
2 MP f/2.8, B&W
2 MP f/2.4 Macro
Video: 1080p 30fps, 720p 30fps  

Depan Single:
5 MP f/2.2
Video: 1080p@30fps, 720p 30fps
Baterai jenis (jenis)5000 mAh Li-po (non-removable)

FITUR:

Removable batteryTidakFingerprintYa
MultitouchYaDual Kamera DepanTidak
Dual SIMYaMemory externalYa
3G HSDPAYaGyroscopeYa
4G LTEYaStereo SpeakerTidak
5G ReadyTidak4K video recordingTidak
NFCTidakVideo playerYa
USB On-the-goYaMusic playerYa
GPSYa3.5 Audio PortYa

PLUSMINUS

KELEBIHANKEKURANGAN
Realme UI R Edition membuat kinerja ponsel jadi lebih ringan, namun dengan tampilan yang tetap menarikMasih menggunakan colokan MicroUSB
baterai berkapasitas besar dengan daya tahan yang lamaMasih menggunakan desain poni
Bodi tipis untuk kelasnya
Performa CPU sudah cukup munpuni di kelasnya 

Desain Tipis dengan Dynamic Texture
Kunci dari tampilan realme C31 yang terlihat apik ini ada pada keputusan untuk meletakkan tiga kamera belakang meninggi secara perlahan di sebuah area yang cukup luas. Sehingga area lain, sekitar 83% sisanya, bisa dibuat tipis melandai. Hanya 8.4mm saja ketebalannya.

Bagian back cover ini kemudian diberi pewarnaan yang menarik, lengkap dengan tekstur mikroskopis berupa arsiran melingkar yang berpusat pada area kamera utama dan menyebar ke seluruh bagian penutup belakang realme C31. Seperti riak gelombang di atas air di belakang jetski yang melaju kencang.

Penambahan tekstur yang dinamis ini membuat bagian belakang ponsel jadi tidak terlalu licin. Menjadikannya nyaman digenggam, baik saat bertelepon, maupun melakukan aktivitas lain menggunakan samrtphone ini.

Ada dua pilihan warna yang tersedia, yakni Light Silver seperti yang sedang kami review kali ini, juga ada Dark Green. Keduanya menggunakan pendekatan desain dan tekstur yang sama.

Smartphoe realme C31 juga menyematkan sensor sidik jari. Diletakkan di area yang sama dengan tombol power, yakni di sisi sebelah kanan ponsel. Memperlihatkan bagian yang menjorok ke dalam, di mana kita bisa menyentuhnya dengan pelan. Responnya terbilang cepat dan sangat cocok untuk mereka yang menggunakan ponsel dengan tangan kanan.

Layar dan UI
Dengan harga yang ditawarkan, layar yang dibawa realme C31 sudah bisa diapresiasi. Membawa resolusi HD+ 1600 x 720 pixel dalam bentangan 6.52 inci, semua tulisan dan gambar bisa tertampil jelas, padat dan cukup cerah. Yang menarik, ketika layar sentuh ini digerakkan, layar realme C31 ini terlihat responsif dan tidak memperlihatkan lag yang biasa hadir di smartphone harga segini.

Berbeda dari beberapa produk smartphone entry lain, realme C31 tidak membawa layar punch hole. Kamera depan diletakkan di sebuah bentukan poni kecil di bagian atas layar, sedikit di bawah earpiece.

Lalu bagaimana dengan custom UI yang dibawa? Jika Anda ingat sebuah produk menarik berharga sama yang hadir setahun lalu, realme C21Y, kurang lebih UI yang dibawa sama. Yakni sebuah modifikasi realme UI untuk perangkat yang lebih entry, melalui sebuah build bernama realme UI R edition berbasis Android 11.

Keputusan ini bisa dimengerti, karena bisa jadi ini adalah alasan mengapa kami tidak mengalami lag saat melakukan browsing aplikasi dan atau ketika menginstal aplikasi-aplikasi tambahan melalui Google Play Store.

Sejumlah aplikasi bawaan hadir untuk mempermudah kegiatan penggunanya. Salah satunya adalah video editor SoLoop. Aplikasi favorit kami ketika harus mengedit video di tengah jalan, dengan sejumlah kemudahan yang ditawarkan.

Chipset Unisoc Tiger
Untuk kelas sejutaan, chipset yang hadir realme C31 bisa jadi merupakan pilihan yang tepat. Chipset besutan Unisoc, T612 Tiger ini membawa core CPU Cortex-A75, yang notabene masih terbilang cukup baru dengan performa yang menjanjikan.

Mari kita lihat apa saja yang dibawa oleh Unisoc T612 dan optimalisasinya di realme C31. Ok, chipset ini adalah chipset dengan fabrikasi 12nm. Bukan yang terkecil namun tetap bisa diandalkan untuk menyediakan efisiensi proses dan daya.

Chipset ini seperti yang telah disebutkan di atas, membawa CPU dengan 8 core, alias octa Core. Dimana 4 di antaranya merupakan inti Cortex A75, dan 4 sisanya adalah inti Cortex A55. Sebenarnya sudah merupakan kombinasi cluster big.LITTLE yang hadir di CPU-CPU ARM lain yang banyak dibawa oleh chipset dari kompetitor.

Hanya saja, untuk beberapa alasan, clock speed CPU tadi, baik di cluster performance maupun di efficency diatur hanya 1.82 GHz saja. Jadi, kinerjanya akan benar-benar tergantung dari spesifikasi masing-masing core. Di mana di atas kertas A75 memang jauh lebih baik dari A55, sehingga ketika dibutuhkan performa, 4 inti A75 inilah yang akan aktif membantu core lain yang tengah bekerja.

Chipset ini juga membawa GPU Mali-G57. Merupakan generasi pertama GPU yang berbasis Valhall. Sebenarnya di atas kertas sudah mampu mendukung tampilan grafis yang cukup tinggi, bahkan mendukung 4K. Namun nampaknya sisi efisiensi kembali menjadi hal utama yang diusung oleh GPU ini, sesuai dengan kelas yang disasar.

Di sisi memori, realme C31 membawa RAM sebesar 4GB dan internal 64GB berupa memori UFS 2.2. Dari sisi RAM ini merupakan keuntungan, mengingat RAM 4GB merupakan kebutuhan minimal untuk mendapatkan kenyamanan ber-multitasking, terutama saat banyak pekerjaan yang harus dilakukan menggunakan smartphone akhir-akhir ini.

Untuk besaran memori internal, apabila dirasa sudah kurang besar, kita masih bisa menambahkan memori card. Karena realme C31 menyediakan slot memory card yang terpisah dari slot SIM.

Baterai dan Charger Micro USB
Smartpone realme C31 membawa baterai berkapasitas besar 5000 mAh. Selama kami gunakan untuk review, daya tahannya terasa. Ponsel mampu bertahan beberapa hari hanya dengan sekali charge. Menandakan efisiensi daya pada ponsel ini berjalan dengan baik.

Selain kapasitas yang besar, manajemen daya pada realme UI juga menjadi poin penting ketika kita bicara soal efisiensi. Semisal hadirnya Low Power Mode, ketika baterai tinggal sedikit dan kita berada di jalan yang tidak memugkinkan untuk mengisi daya.

Namun ada yang menarik dengan sistem pengisian daya ulang ponsel ini, terutama di bagian penggunaan kabel MicroUSB sebagai sarana penghantar daya dan data. Sebuah solusi yang sudah jarang ditemukan di ponsel-ponsel yang rilis setahun belakangan ini. Tapi jadi masuk akal ketika Anda ingat, setahun lalu realme C21Y juga masih menggunakan pendekatan yang sama.

Tripe AI Camera
C31 membawa kombinasi 3 kamera di bagian belakang. Dilengkapi dengan AI, maka ketiganya akan bertanggung jawab mengabadikan momen spontan jadi semakin uhuy. Lebih artistik dan layak dibagikan ke sosial media.

Satu kamera utama di bagian belakang memiliki resolusi 13MP. Menggunakan sensor Sony, kamera ini memliki bukaan f/2.2 dengan area pandang yang cukup luas. Kamera ini kemudian ditemani oleh kamera 2MP untuk kebutuhan makro. Mereka yang hobi foto makro, atau penasaran ingin mengabadikan gambar dalam mode makro, maka lensa dengan bukaan f/2.4 ini yang bakal jadi andalan.

Lalu satu lagi di belakang ada kamera 2MP untuk kebutuhan B&W. Sejalan dengan semangat realme untuk menghidupkan kembali street photography, maka hadirnya lensa ini akan meningkatkan sisi retro pada hasil foto kita. Mampu menghadirkan eksposure tinggi dan kontras yang jelas antara gelap dan terang dalam reproduksi foto hitam-putih.

Sementara untuk kamera depan, realme C31 membawa lensa kamera 5MP dengan bukaan f/2.4. Hasilnya bisa dilihat di beberapa contoh foto berikut.

normal 1x rainy
normal 1x
normal 1x
macro low light

Kesimpulan
Saat Ramadan tiba, sebuah ponsel yang memiliki kemampuan apik di sisi performa, dan multitasking sudah menjadi sebuah keharusan. Smartphone realme C31 meyediakan hal tersebut. Dengan dukungan penuh dari Google, di mana kita bisa mendownload aplikasi yang sesuai untuk dapat beraktivitas sehari-hari sambil tetap beribadah dimanapun berada

Previous article4 Fitur Pelengkap di Galaxy A33 5G yang Bikin Ngonten dan Gaming Makin Awesome
Next articleXiaomi 12 meluncur di Indonesia 7 April, Unggulkan Kamera Sony IMX 766
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here