Home REVIEW Review realme 8 5G : Tawarkan Dimensity 700 5G dengan Dual 5G...

Review realme 8 5G : Tawarkan Dimensity 700 5G dengan Dual 5G Stand By dan RAM Expansion

realme 8 5g

tabloidpulsa.id – Perkembangan jaringan 5G yang prosesnya relatif lebih cepat dibandingkan dari 3G ke 4G, sudah mulai diantisipasi oleh pihak vendor yang senantiasa memberikan pilihan produk mumpuni untuk jaringan tersebut. Tak terkecuali realme, dengan produk realme 8 5G berikut ini.

realme 8 5G menawarkan performa yang lebih baik. Bukan hanya pada dukungan kecepatan transfer data 5G namun juga performa CPU, tidak ketinggalan nilai efisiensi penggunaan daya yang jauh lebih baik.

Harga: Rp 3.199.000,- (harga rilis) Rp 2.999.000 (harga flash sale)

Pilihan Warna:  Supersonic Black, Supersonic Blue

Kelengkapan: Ponsel realme 8 5G, silicon case, Charger adapter, kabel data USB type C, dokumen, Pin Ejector

SPESIFIKASI:

Dimensi & Berat (mm&gram)162.5 x 74.8 x 8.5 mm / 185 gram
SIM & Jaringan Dual Nano SIM, 5G Dual stand by/4G LTE/HSPA+/3G/2G
Sistem Operasi (OS)realme UI 2.0 berbasis Android 11
Supported storage eksternalYa, MicroSD hingga 1TB
Layar inci – Tipe Screen6.5 inci, FHD+ 1080 x 2400 pixels, 20:9 ratio (~405 ppi density), IPS LCD, 90 Hz, 480 nits
Prosesor/ CPUMediatek Dimensity 700 5G (7nm) (Octacore: 2×2.2 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55), GPU Mali-G57 MC2
RAM & Internal StorageGB RAM128 GB ROM UFS 2.1
Kamera (MP/fitur)
belakang/depan
Belakang Triple: 48 MP, f/1.8, 26mm (wide) PDAF; 2MP depth, f/2.4; 2MP Macro camera, f/2.4
Video: 1080p@30fps, 720p@30fps 
Depan Single: 16 MP, f/2.4 (wide), 1080p@30fps, 720p@30fps
Baterai jenis (jenis)5000 mAh Li-po (non-removable), charging 18W fast charging tipe-C

Removable batteryTidakGPSYa
MultitouchYaFingerprintYa
Dual SIMYaDual Kamera DepanTidak
3G HSDPAYaMemory externalYa
4G LTEYaGyroscopeYa
5G YaQuad Kamera BelakangTidak
NFCYa4K video recordingTidak
InfraredTidakVideo playerYa
USB On-the-goYaMusic playerYa
KelebihanKekurangan
Layar 90 Hz
Bodi relatif tipis
Baterai besar 5000 mAh
RAM expansion (DRE)
5G dual stand by
NFC realme UI 2.0
Tidak ada lensa ultra wide
Catu daya 18W saja 

Desain

Dari sisi tampilan luar realme 8 5G kurang lebih membawa pakem yang sama dengan produk terdahulu. Dimana bagian depan didominasi oleh layar, dengan kamera selfie yang tertanam pada layar alias punch hole design, dan back cover dengan pewarnaan gradasi yang reflektif seperti cermin.

Kita mulai dari bagian back cover ya. Unit realme 8 5G yang kami review merupakan pilihan warna Supersonic Black. Kalau diperhatikan, pewarnaan back cover ini terlihat menarik dengan memperlihatkan lapisan glossy yang halus seperti kaca dengan efek pembiasan cahaya yang berasa dari satu titik di ujung kiri atas, atau area tempat penyimpanan kamera menyebar ke seluruh area lain. 

Efek yang sama juga hadir di pilihan warna lainnya, yakni Supersonic Blue. Memberi kesan dinamis, seakan-akan kita sedang berada di kecepatan supersonic, menuju sebuah titik. Disclaimer, ini sih karangan kita sendiri ya gan.

Seperti biasa di tepi kiri bawah ada tulisan realme yang berwarna silver metalik dan dilapisi lapisan kaca yang sama, sehingga terlihat mewah. Segaris dengan letak kamera utama ponsel yang berada pada bentukan segi empat yang sedikit lebih tinggi dari bagian permukaan. 

Meski ada 4 lingkaran di situ. Hanya 3 lingkaran yang berisi lensa kamera. Sementara 1 lingkaran lain hanya berisi tulisan AI, dan area sisa di bawah menjadi tempat diletakkannya lampu flash dan tulisan “48 Megapixel AI Camera”.

Bagi Anda yang suka overthinking, mungkin beda tinggi area kamera dengan back cover ini akan membuat Anda deg-degan takut tergores. Jangan khawatir, realme telah menyiapkan casing pelindung terbuat dari bahan silikon. Sekaligus melindungi area back cover dari keringat tangan Anda sehingga relatif lebih terlihat bersih dari bekas sidik jari.

Yuk kita pindah ke bagian sisi-sisinya. Seperti biasa di bagian bawah, ada port data sekaligus daya berupa USB Type-C, lalu ada port audio 3.5 mm, dan lubang-lubang yang menghantarkan audio alias speaker dan mic.

Beralih kebagian sisi bagian kanan, di situ ada tombol power yang alih-alih menonjol keluar, justru lebih rendah dari bagian sisi yang lain karena punya fungsi lain sebagai sensor sidik jari. Harus diakui, letak sensor sidik jari di sisi seperti ini juga punya penggemar, selain tentu saja jadi menghemat ruang karena tidak meletakkan sensor di back cover, dan juga menghemat uang karena tidak perlu sensor di bawah layar.

Itu sisi kanan, lalu di sisi berseberangan alias sisi kiri, ada tombol volume serta ada lubang yang berfungsi sebagai ejector untuk tempat 2 SIM Card berukuran nano SIM dan satu kartu memory berukuran MicroSD.

Desain realme 8 5G juga mengadopsi prinsip tipis dan ringan. Setipis 8,5mm dan seringan 185 gram saja. Walau tipis, tapi masih tetap nyaman digenggam. Tambahan silicon case pada paket penjualan juga membantu pengguna agar lebih nyaman menggenggam realme 8 5G. 

Display

Perbedaan realme 8 5G dengan realme 8 yang paling mencolok hadir di sisi layar. Karena kali ini realme memutuskan untuk membawa layar IPS LCD dengan bentangan 6.5 inci dan resolusi tinggi FHD+ atau setara dengan 1080 x 2400 pixel.

Dengan ratio layar yang mencapai 20 berbanding 9, maka kerapatannya pun cukup tinggi yakni di angka 405 pixel di tiap inci nya. Nah ini yang menarik, layar ponsel realme 8 5G ini sudah mensupport refresh rate tinggi untuk kebutuhan menonton atau bermain game yang mumpuni, yakni 90 Hz.

Jadi meskipun beberapa orang bilang spek layarnya dikurangi, ternyata tidak juga kan? Karena realme seakan membayarnya dengan fitur canggih lain yang mungkin akan lebih banyak digunakan oleh Anda ketika jaringan 5G sudah menjadi standar dan dapat digunakan pengguna ponsel Tanah Air.

User Interface Software

Ponsel realme 8 5G hadir dengan realme UI 2.0 dengan update terbaru yang memungkinkan kita untuk meminjam sejumlah memori internal sebagai RAM tambahan ketika dibutuhkan. Fitur ini dikenal sebagai RAM Expansion. 

Di samping tentu saja tampilan yang bersih dengan App Tray yang hadir secara default. Memisahkan aplikasi yang terinstal dengan aplikasi yang biasa kita gunakan di layar home.

Sejumlah aplikasi bawaan juga sudah barang tentu hadir, semisal fitur Game Space dan SoLoop yang juga familiar bagi pengguna ponsel saudaranya. Juga fitur-fitur lain gabungan dari Android 11, dan bawaan realme UI 2.0 akan memudahkan pengguna saat membutuhkan kinerja ponsel terbaik untuk segala kebutuhan.

Performa Hardware

Ponsel yang kita review kali ini kabarnya akan menjadi produk 5G dengan harga terjangkau dibawah 3 juta. Sampai tulisan ini dibuat kami belum bisa menyatakan apakah akan menjadi termurah atau tidak. Tapi, kemungkinannya cukup besar.

Penggunaan chipset Mediatek 5G, yakni Dimensity 700 5G dengan fabrikasi 7nm diyakini mampu menyediakan pengalaman berselancar di jaringan 5G tanpa mengorbankan banyak hal, termasuk biaya produksi. Dalam bahasa lain, SoC ini kerap disebut sebagai chipset 5G yang mumpuni di sektor Price to Performance.

Dengan fabrikasi yang makin mungil 7nm, maka sebenarnya Dimensity 700 memiliki potensi yang menjanjikan. Terbukti chipset ini mampu unggul di sisi efisiensi penggunaan daya dibanding dengan saudaranya Helio G95. Dan meskipun sedikit tertinggal pada kemampuan GPU, tapi untuk overall kemampuan CPU masih di atas G95 meskipun perbedaannya tidak terlalu mencolok.

Dengan demikian, realme 8 5G bisa dibilang memiliki performa yang mumpuni. Baik itu untuk kebutuhan multimedia, mengingat jaringan 5G memang akan membuat nyaman akses ke layanan seperti ini, atau bahkan untuk kebutuhan gaming.

Oh iya, Dimensity 700 5G sendiri merupakan SoC yang membawa CPU dengan 8 inti. Dimana 6 inti nya merupakan Cortex-A55 dengan speed 2.0 GHz dan 2 inti Cortex-A76 dengan kecepatan 2.2 GHz.

Untuk GPU nya chipset ini membawa Mali-G57 MC2, merupakan GPU kelas menengah yang terintegrasi, diperkenalkan tengah tahun ini dengan arsitektur anyar Valhall.

Membawa RAM sebesar 8 GB dan ROM 128 GB, dengan tipe UFS 2.1. Ini adalah spek hardware pada realme 8 5G yang kami review. Biasanya realme akan merilis beberapa varian dengan RAM dan ROM yang beragam. Akan kami update setelah launching.

Besaran RAM 8GB ini sudah cukup mumpuni untuk melakukan banyak hal dalam waktu bersamaan (multitasking). Tapi dengan fitur Dynamic RAM Expansion (DRE), kinerja RAM akan semakin ditingkatkan, kalau-kalau Anda membutuhkan besaran memori yang lebih tinggi. Menarik bukan?

Fitur ini tergolong baru di sebuah smartphone. Memanfaatkan kapasitas memori internal, RAM dapat diperluas dari 8GB menjadi 11GB. Namun jika memori internal tidak mencukupi kapasitasnya, makan fitur DRE tidak bisa digunakan. 

Teknologi DRE ini di klaim tidak akan mempercepat keausan pada masa pakai memori internal. Karena proses writing dan delete cache pada memori internal. Fitur ini bisa diaktifkan melalui menu Pengaturan. 

Baterai Tahan Lama

Perpaduan chipset yang efisien dalam menggunakan daya, serta realme UI yang sudah memiliki sejumlah fitur untuk penghematan baterai serta kapasitas baterai sendiri yang mencapai 5000 mAh, menjadikan pengalaman berponsel dengan realme 8 5G ini akan terasa lebih nyaman.

Penggunaan sejak pagi hari untuk review, masih menyisakan banyak daya untuk keesokan harinya. Tapi kalau Anda seperti saya yang akan melakukan charging saat kita tidur, maka rutinitas ini aman dilakukan dengan pengisian daya 18W yang dibawa oleh ponsel ini.

Kabarnya, jaringan 5G akan begitu demanding terhadap ketersediaan daya. Entah itu dari proses receiver di SoC yang membutuhkan energi lebih tinggi, atau pada kebiasaan kita karena saking nyamannya dengan kecepatan 5G akan lupa waktu, ponsel ini sendiri memiliki fitur Smart 5G power Saving.

Artinya secara otomatis sistem akan memindahkan jaringan dari 5G ke 4G ketika mengenali adanya penggunaan daya yang terlalu besar, atau hanya untuk meningkatkan daya tahan baterai jadi lebih lama, ketika di satu titik tertentu. Semisal saat baterai ponsel Anda tinggal sedikit.

Tiga Kamera Utama

realme 8 5G membawa tiga kamera utama. Dengan konfigurasi kamera utama 48 MP dengan f/1.8, setara dengan lensa 26mm autofokus. Lalu ada 2 kamera 2 MP f/2.4 yang masing-masing berfungsi untuk kebutuhan macro dan depth. Tidak ada lensa ultra wide di kamera ponsel ini.

Ini kali pertama kami memperhatikan secara lebih intim pada pemrosesan gambar yang dilakukan oleh Dimensity 700 5G. Dan hasilnya positif. Kami mendapati gambar yang apik, detil, tajam dengan pewarnaan yang tidak terlalu dipaksakan menyeruak.

Fungsi HDR berjalan dengan apik, perbesaran gambar hingga 5x pun masih dapat dicungi jempol, lalu mode portrait pun menghasilkan pemisahan foreground dan background yang halus. Dalam pencahayaan yang optimal, seperti hasil kamera ponsel-ponsel terkini di harga yang setara, tidak ada yang bisa kami keluhkan di realme 8 5G.

Efek-efek yang disediakan, baik untuk foto Night, portrait atau foto biasa pun mampu meningkatkan hasil foto dengan baik. Terutama untuk mode pewarnaan Modern Gold, Cyberpunk dan Flamingo, yang tidak hanya hadir di pemotrtean malam, juga hadir di pemotretan biasa.

Sayangnya untuk pengambilan mode portrait, tidak banyak filter dan efek yang disediakan.

Beralih ke video, kamera ini hanya menyediakan perekaman video maximal di resolusi FHD 1920 x 1080 pixel, dengan framerate 30 fps. Kemampuan video ini setara dengan kamera depannya. Hanya saja lensa kamera yang digunakan hanya 16 MP dengan f/2.1.

Kesimpulan

Smartphone 5G terjangkau besutan realme ini benar menjadi produk 5G yang bisa dimiliki oleh semua kalangan. Selain NFC, penggunaan chipset yang memungkinkan kita menggunakan 2 nomor 5G secara simultan dalam satu waktu, dengan fitur Smart 5G untuk menghemat baterai, dan juga fitur DRE (Dynamic RAM Expansion) ditawarkan dengan harga dibawah 3 juta.

Produk ini bisa didapatkan mulai 16 Juni dengan mengakses realme Store, lazada, akulaku dan realme.com.

Itu semua kemudian ditemani oleh kemampuan kamera utama yang mumpuni untuk memotret momen-momen spontan Anda dan keluarga. Tetap sehat, terus semangat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here