Home REVIEW Review OPPO A77s | A Series dengan Desain Reno

Review OPPO A77s | A Series dengan Desain Reno

oppo a77s review

tabloidpulsa.id – Sudah cukup lama OPPO A77s diperkenalkan di pasar Indonesia. PULSA ID juga sudah menggunakannya untuk beraktivitas sehari-hari dalam sebulan terakhir. Banyak hal menarik yang bisa Anda baca di tulisan-tulisan sebelumnya, termasuk kamera yang mumpuni, kelebihan-kelebihan yang hadir untuk pertama kali di A series dan seterusnya. Nah, kini saatnya kami review OPPO A77s yang mungkin akan menjadi produk spesial dari OPPO di penghujung tahun 2022 ini.

OPPO A77s dijual dengan harga yang cukup tinggi untuk kelas OPPO A series, namun dipastikan masih lebih terjangkau ketimbang seri Reno. Tapi harga yang lebih terjangkau ini tidak membuat A77s jadi produk A series biasa. Ponsel ini membawa sejumlah fitur kelas atas yang merupakan introduksi pertama di A series, ditambah dengan fitur lainnya yang cukup menggoda.

Harga: Rp 3.499.000
Pilihan warna: Sunset Orange, Starry Black
Paket Penjualan: Smartphone OPPO A77s, Silicon case, Charger adapter SuperVOOC 33W, Kabel Data USB Type C, buku manual, pin ejector, kartu garansi

Dimensi & Berat (mm&gram)160 x 73.4 x 7.67 mm/ 181 gram
SIM & JaringanDual Nano SIM, 4G LTE/HSPA+/3G/2G, WiFi
Sistem Operasi (OS)ColorOS 12.1, berbasis Android 12
Supported storage eksternalYes, MicroSD card
Layar inci – Tipe Screen6.56 inci, ~84.2% screen-to-body ratio, 720 x 1612 pixels, LCD a-Si, 90Hz
Prosesor/ CPUQualcomm Snapdragon 680 (6nm); CPU Octa-core (4×2.4 GHz Kryo 265 Gold + 4×1.9 GHz Kryo 265 Silver), GPU: Adreno 610
RAM & Internal Storage8 GB RAM/ 128 GB ROM  
Kamera (MP/fitur) belakang/depanBelakang Triple:
50 MP f/1.8 Main Camera
2 MP f/2.4 Mono
Video: 1080p 30fps, 720p 30fps  

Depan Single:
8 MP f/2.0
Video: 1080p@30fps, 720p 30fps
Baterai jenis (jenis)5000 mAh Li-ion (non-removable), SuperVOOC 33W

FITUR:

Removable batteryTidakFingerprintYa
MultitouchYaDual Kamera DepanTidak
Dual SIMYaMemory externalYa
3G HSDPAYaGyroscopeYa
4G LTEYaStereo SpeakerYa
5G ReadyTidak4K video recordingTidak
NFCTidakVideo playerYa
USB On-the-goYaMusic playerYa
GPSYa3.5 Audio PortYa

PLUSMINUS

KELEBIHANKEKURANGAN
Desain dengan bahan kulit fiberglass memberikan efek elegan dan mahalPerforma bukan yang terbaik di kelas harga yang ditawarkan
Fitur Kamera sudah mendekati Reno dengan hadirnya Bokeh Flare PortraitMasih menggunakan poni
RAM expansion hingga pilihan 8GB
Chipset 4G terkini dengan efisiensi daya yang lebih baik 
Layar dengan refresh rate 90Hz 
SuperVOOC 33W 

Desain

OPPO A77s hadir dengan desain menarik yang mengingatkan kita pada produk OPPO Reno7 4G, sebuah produk Reno yang diperkenalkan di awal tahun ini. Menggunakan bentukan kotak yang klasik dan retro, juga back cover berbahan kulit fiberglass berwarna sunset orange. Perlu diketahui bahwa ini hanyalah satu pilihan dari dua warna yang tersedia. Dan berkaca pada penjualan Reno7 4G dengan pewarnaan sama, biasanya warna sunset orange ini bakal lebih cepat habis.

Di samping produk berbahan kulit fiberglass berwarna sunset orange, OPPO A77s juga tersedia dalam warna Starry black yang membawa teknologi OPPO Glow terbaru. Membuatnya tahan goresan minor, tidak licin dan tidak mudah meninggalkan bekas sidik jari.

Jadi, dua varian warna yang ditawarkan sejatinya sama-sama bagus dan menawarkan kelebihan yang tersendiri. Hanya saja melalui pendekatan yang berbeda. Anak muda yang ingin terlihat berbeda, ceria dan aktif bakal direkomendasikan untuk memilih varian Sunset Orange, sebaliknya mereka yang berjiwa misterius, macho, tapi stylish boleh sih pilih yang starry black.

Ponsel ini mengandalkan tombol power yang juga berfungsi sebagai sensor sidik jari sebagai salah satu mode keamanan, supaya tidak repot menggambar garis atau memasukkan kode rahasia setiap membuka layar ponsel.

Di bagian sisi berlawanan ada tombol volume up dan down. Ada yang menarik di sini, terutama di bagian ultra volume yang bakal kita bahas di bagian software.

Di bagian back cover juga terdapat bagian kamera yang terdiri dari 2 lensa. Yakni kamera utama 50MP f/1.8 dan kamera mono 2MP f/2.4. Keduanya disusun dalam sebuah area persegi panjang yang mengingatkan kita pada bentukan pemutar pita kamera jaman dulu. Ditemani dengan lampu flash LED.

Sementara itu di bagian depan, ada layar yang memiliki desain dew drop alias poni kecil di bagian atas. Untuk memberikan tempat bagi kamera depan 8MP f/2.0.

Display

OPPO A77s hadir membawa display yang bisa diandalkan. Membentang 6.56 inci secara diagonal, layar berpanel LCD a-Si ini menampilkan resolusi HD+ atau setara 1612 x 720 pixel. Tapi menariknya layar ponsel ini memiliki refresh rate tinggi 90Hz. Yang akan memberikan kenyamanan saat kita menlakukan browsing konten, semisal via Instagram atau TikTok.

Soal akurasi warna, layar OPPO A77s bisa dibilang sudah mumpuni, karena memiliki gamut warna 96% dengan kecerahan hingga 600 nits.

Software

Hadir di akhir Oktober 2022, OPPO A77s membawa sistem software yang bisa dibilang paling up to date. Adalah ColorOS 12.1 yang membawa sejumlah fitur apik. Bahkan ada juga satu fitur ada di A77s, merupakan fitur yang baru hadir di A series, yakni RAM expansion hingga besaran 8GB. Sekedar informasi, flagship OPPO yang kami gunakan saat ini yakni OPPO Find X2 Pro saja, maksimum penambahan RAM nya masih di angka 7GB.

Selain RAM expansion, ColorOS 12.1 di OPPO A77s membawa banyak fitur yang bakal banyak digunkaan. Semisal Games, yang di dalamnya ada pengaturan performa dan fitur yang berhubungan dengan kenyamanan bermain game, Orelax, OPPO Store dan sebagainya.

Menariknya di produk ini kembali hadir dukungan Audio Stereo ultra linear hasil, dan sejumlah preset efek suara kerja sama dengan DIRAC. Juga mode Ultra Volume yang mungkin kita butuhkan ketika sedang berada di lingkuangan bising. Cara aktivasinya pun terbilang mudah. Hanya tekan tombol volume atas, terus menerus hingga melebihi batas maksimum, hingga volume bar memperlihatkan angk 200% dan pewarnaan yang berbeda.

Hardware

OPPO A77s membawa chipset yang sama dengan OPPO Reno7 4G. Jadi bukan hanya pilihan warna saja yang sama, tapi bagian jeroan pun rupanya sama menggunakan chipset Snapdragon 680. Chipset dengan fabrikasi 6nm besutan Qualcomm ini membawa CPU 8 inti yang terdiri dari 4 inti turunan dari Cortex A73 yang disebut Kryo 265 Gold memiliki clock speed 2.4GHz dan 4 Inti turunan dari Cortex A53 yang disebut Kryo 265 Silver di 1.9 GHz.

Ditemani dengan GPU Adreno 610 yang merupakan chip grafis kelas menengah ke atas, maka sebenarnya untuk urusan menampilkan grafis yang kompleks, di atas kertas sudah mumpuni. Perlu diingat juga bahwa Snapdragon 680 juga membawa triple ISP yang bertanggung jawab pada pemrosesan fotografi. Ini ada hubungannya dengan kemampuan mengambil gambar hingga 50MP. Akan kita bahas di bagian kamera.

Selanjutnya ada memori berupa RAM 8 GB bertipe LPDDR4X yang bisa ditambah melalui fitur RAM expansion hingga 8GB sehingga mencapai RAM 16 GB. Tentu saja RAM expansion ini bakal memanfaatkan besaran ROM bertipe UFS 2.2 yang berkapasitas 128 GB.

Sementara untuk kapasitas baterai yang dibawa adalah 5000 mAh dengan pengisian daya SuperVOOC 33W. Memungkinkan kita mengisi baterai dari nol ke 50% hanya dalam waktu 30 menit.

Kamera

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, OPPO A77s membawa dua kamera di belakang, terdiri dari kamera 50MP dengan aperture f/1.8 dan kamera mono 2MP dengan aperture f/2.4. Hasil foto kamera ini kalau menggunakan mode normal adalah 3072 x 4080 pixel atau bisa dibilang 12 MP. Tapi dengan sensor yang ada, juga dukungan ISP serta software yang memadai, kamera OPPO A77s ini juga bisa menghasilkan gambar dengan resolusi 6144 x 8160 pixel alias 50MP.

Kita bisa mengaktifkan fitur ini di bagian viewfinder. Dengan menyentuh ikon bertuliskan 50MP. Biasanya muncul di bagian atas dari viewfinder itu sendiri.

Tapi kalau 50MP masih dianggap kurang, tenang saja. OPPO A77s ini juga memiliki fitur pemotretan Extra HD yang mampu menghasilkan gambar dalam resolusi besar yakni 9024 x 12032 pixel atau setara dengan 108 MP. Menghasilkan foto yang padat, cocok untuk mereka yang sebenarnya mau mengambil hanya beberapa bagian saja dari seluruh obyek foto yang muat dalam viewfinder. Untuk kemudian dicrop, tanpa terlalu banyak mengurangi kualitas gambar yang dicrop tersebut.

Keren kan? Mengingat ini adalah OPPO Seri A, bukan Reno. Tapi ngomong-ngomong Reno, ada juga satu fitur yang membuat kamera ponsel A77s ini jadi mirip OPPO Reno. Yaitu fitur Bokeh Flare Portrait. Fitur ini hadir di A77s sebagai yang pertama kali hadir di A series.

Meskipun terbatas untuk kamera belakang saja, namun kehadiran fitur ini harus diacungi jempol, karena terbukti mampu bekerja baik dalam kondisi pencahayaan yang tidak optimal sekalipun.

Beralih ke kamera depan, OPPO A77s membawa kamera 8MP. Hasil foto yang menggunakan kamera depan akan berada di ukuran 2448 x 3264 pixel atau dengan kata lain terbatas di 8MP saja. Tapi soal perekaman video baik kamera depan maupun belakang sama-sama bisa meghasilkan video 1080p  dan 720p dalam framerate 30 fps.

Kesimpulan

Membawa banyak hal baru di A series, OPPO A77s memiliki value yang menggoda di harga yang ditawarkan. Kamera yang mumpuni, performa apik baik untuk multitasking maupun bermain game kasual, serta desain yang menawan dengan pilihan warna dan material yang terlihat elegan.

Previous articlePengalaman Streaming Video di OPPO Pad Air (Hands On)
Next articleVIDA: Infrastruktur Digital yang Baik Mampu Dorong Inklusi Keuangan
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here