Home REVIEW Review Lengkap Redmi A3: 1 Jutaan, Fitur dan Performa Tidak Murahan

Review Lengkap Redmi A3: 1 Jutaan, Fitur dan Performa Tidak Murahan

Review Redmi A3

tabloidpulsa.id – Lebaran sebentar lagi tiba, THR dan ‘salam tempel’ pun sudah didepan mata. Di momen penuh berkah dan kebahagiaan bersama keluarga ini, tak jarang banyak orang yang ingin memanfaatkannya untuk membeli smartphone baru.

Bagi Anda yang mencari smartphone dengan harga terjangkau namun memiliki fitur lengkap dan performa tangguh, di review kali ini Xiaomi Redmi A3 bisa menjadi pilihan yang cukup tepat.

Diluncurkan di awal tahun 2024, Redmi A3 hadir sebagai penerus Redmi A2 yang sukses di pasaran.

Smartphone ini membawa berbagai peningkatan dan fitur menarik, menjadikannya pilihan ideal bagi pengguna yang menginginkan smartphone berkualitas tanpa menguras dompet.

Dibanderol dengan harga 1 jutaan rupiah saja, bagaimana dengan kinerja keseluruhan smartphone ini? Simak review lengkap Xiaomi Redmi A3 berikut.

Harga: Rp 1.199.000
Pilihan Warna: Midnight Black, Star Blue
Paket Penjualan: Handset Redmi A3, Charger adapter, Kabel data USB-C, buku manual, kartu garansi, PIN Ejector

SPESIFIKASI:

Dimensi & Berat (mm&gram)168.3 x 76.3 x 8.3 mm / 193 gram
SIM & JaringanDual Nano SIM, 4G LTE/HSPA+/3G/2G, WiFi
Sistem Operasi (OS)MIUI , berbasis Android 14 (Go Edition)
Supported storage eksternalYes, MicroSD card up to 1TB
Layar inci – Tipe Screen6.71 inches, 106.5 cm2 (~82.9% screen-to-body ratio), 720 x 1650 pixels (~268 ppi density), IPS LCD, 90Hz, Corning Gorilla Glass 3
Prosesor/ CPUMediatek Helio G36 (12 nm); Octa-core (4×2.2 GHz Cortex-A53 & 4×1.6 GHz Cortex-A53), GPU: PowerVR GE8320
RAM & Internal Storage4 GB RAM/ 128 GB ROM 
Kamera (MP/fitur) belakang/depanBelakang Dual:
8 MP, (wide) + 0.08 MP (auxiliary lens); Dual-LED flash, HDR
Camera Video: 1080p@30fps

Depan Single:
5 MP
Video: 1080p@30fps
Baterai jenis (jenis)5000 mAh Li-po (non-removable)

FITUR:

Removable batteryTidakFingerprintYa
MultitouchYaDual Kamera DepanTidak
Dual SIMYaMemory externalYa
3G HSDPAYaGyroscopeTidak
4G LTEYaStereo SpeakerTidak
5G ReadyTidak4K video recordingTidak
NFCTidakVideo playerYa
USB On-the-goYaMusic playerYa
GPSYa3.5 Audio PortYa

PLUSMINUS

KELEBIHANKEKURANGAN
Desain Staylish dan ModernChipset MediaTek Standar
Baterai BesarTidak Fast Charging
Memori LuasPilihan Memori Terbatas
RAM ExtensionMemori eMMC 5.1

Desain

Mewah dan berkelas, itulah kesan pertama ketika melihat desain Redmi A3 saat dikeluarkan dari kotak kemasannya.

Konsep desain serta struktur bodi fisiknya mengadopsi model smartphone di kelas flagship yang saat ini tengah viral.

Yakni hadirnya modul kamera berbentuk lingkaran besar yang posisinya ada di tengah bagian atas.

Sepintas, mengingatkan pada model desain Xiaomi 14 Ultra, realme 12 Series dan Huawei Nova 12i.

Tepi kamera dilapisi chrome, menambah sentuhan elegan dan membedakan perangkat ini dari pesaingnya.

Baca Juga:  Xiaomi Resmi Luncurkan 4 Produk AIoT Terbaru di Indonesia

Meski dengan harga yang terjangkau, detail-detail ini menunjukkan tingkat keahlian dan pemikiran desain yang biasanya hanya ditemukan pada model kelas atas.

Bagian belakang Redmi A3 memiliki finishing glossy, meningkatkan tampilan premium ponsel.

Namun, keputusan desain ini diimbangi dengan kepraktisan, karena ponsel ini dilengkapi dengan perlindungan Gorilla Glass 3 di bagian depan.

Kaca ini memastikan perangkat dapat bertahan dari penggunaan sehari-hari, melindunginya dari goresan dan benturan ringan.

Bingkai Redmi A3 terbuat dari plastik, bahan umum di segmen entry-level yang membantu menekan harga sambil tetap memberikan konstruksi yang kokoh.

Tepi datar ponsel berkontribusi pada pegangan ergonomis, membuatnya nyaman dipegang selama penggunaan yang lama.

Dengan ketebalan 8,3mm dan berat 193 gram, Redmi A3 memberikan keseimbangan antara rasa solid dan ukuran yang dapat diatur, memastikan ponsel ini tidak terasa berat dan justru terasa nyaman.

Xiaomi telah mengintegrasikan sensor sidik jari ke dalam tombol daya yang terletak di samping Redmi A3.

Selain itu, penempatan speaker ponsel ini juga patut diperhatikan.

Berbeda dengan speaker bawah yang lebih umum, ponsel ini dilengkapi dengan speaker mono yang menghadap ke atas, fitur unik yang membedakannya dalam kisaran harganya.

Layar

Redmi A3 memiliki layar IPS LCD 6,71 inci, menghadirkan layar yang luas dan besar bagi mereka yang mencari layar besar dengan anggaran terbatas.

Panel ini memiliki resolusi 720p, yang berarti kerapatan piksel sebesar 268ppi.

Meskipun bukan layar paling tajam di pasaran, ini memberikan keseimbangan antara keterjangkauan dan kejernihan visual yang memadai.

Resolusi yang lebih rendah juga berkontribusi pada efisiensi baterai yang lebih baik, memungkinkan perangkat bertahan lebih lama di antara pengisian daya.

Yang patut jadi perhatian adalah bezel yang lebar, yang mungkin tidak menarik bagi mereka yang terbiasa dengan desain tanpa bezel yang lebih modern.

Namun, layar ini memiliki notch bergaya dewdrop di bagian atas yang menampung kamera depan.

Gaya notch ini adalah masalah preferensi pribadi, beberapa pengguna mungkin menganggapnya kurang mengganggu dibandingkan desain lain, seperti punch hole.

Meski berstatus entry-lvel, layar Redmi A3 memiliki dua keunggulan utama yang meningkatkan pengalaman pengguna.

Pertama, refresh rate 90Hz adalah fitur unggulan di segmennya.

Refresh rate yang lebih tinggi ini memastikan scrolling yang lebih halus dan antarmuka sentuh yang lebih responsif saat menjelajah menu atau berselancar di web.

Hal ini memberikan pengalaman pengguna yang lebih fluid dan dinamis dibandingkan dengan 60Hz standar yang ditemukan di banyak perangkat anggaran.

Kedua, adanya perlindungan Gorilla Glass 3 menawarkan lapisan tambahan terhadap goresan dan benturan ringan.

Fitur pelindung ini adalah tambahan berharga, memastikan layar tetap utuh dan fungsional meski dengan penggunaan sehari-hari.

Baca Juga:  Xiaomi 12 Lite 5G Resmi Hadir di Indonesia

Untuk layanan streaming berbayar seperti Netflix, kompatibilitas dengan konten HD tergantung pada sertifikasi Widevine DRM (Digital Rights Management) perangkat.

Redmi A3 mendukung Widevine L3, yang berarti perangkat ini terbatas pada streaming konten Netflix dalam definisi standar (SD) daripada definisi tinggi (HD) atau resolusi yang lebih tinggi.

Audio juga memainkan peran penting dalam konsumsi konten.

Redmi A3 di review ini memiliki setup speaker yang unik dengan speaker mono yang menghadap ke atas, berbeda dengan speaker bawah yang lebih umum.

Meskipun suara mono mungkin tidak menawarkan kedalaman yang sama dengan speaker stereo, penempatannya dapat memberikan pengalaman audio yang jelas dan langsung, asalkan penonton berada pada posisi yang sesuai dengan speaker.

Performa

Redmi A3 dilengkapi dengan chipset Helio G36 dari MediaTek, prosesor yang dirancang untuk pasar entry-level.

Dibangun dengan prosesor 12nm, chipset ini bertujuan untuk menyeimbangkan kinerja dan efisiensi daya.

Integrasinya dengan GPU PowerVR mendukung kebutuhan gaming dasar dan tugas sehari-hari tanpa bertujuan untuk kinerja tinggi.

Helio G36, meskipun dilabeli sebagai chipset gaming, menawarkan kemampuan yang sederhana, paling cocok untuk aplikasi non-intensif.

Dengan RAM 4GB dan penyimpanan internal 128GB, Redmi A3 menempatkan dirinya sebagai perangkat yang mumpuni dalam kisaran harganya.

Pilihan teknologi penyimpanan eMMC 5.1, meskipun tidak tercepat, menyediakan ruang yang cukup untuk aplikasi, media, dan dokumen.

Namun, penyimpanan eMMC mungkin mengalami perlambatan seiring waktu, terutama dengan penggunaan berat atau seiring penyimpanan terisi.

Aspek ini, meski merupakan kompromi, sesuai dengan posisi perangkat sebagai smartphone entry-level.

Skor benchmark di review Redmi A3 menunjukkan hasil yang cukup memuaskan dan perangkat ini cukup melayani kebutuhan audiens targetnya dengan baik.

Konfigurasinya disesuaikan untuk aktivitas seperti browsing media sosial, streaming video, gaming ringan, dan penggunaan aplikasi umum seperti WhatsApp.

Efisiensi chipsetnya berkontribusi pada masa pakai baterai yang panjang, memastikan perangkat dapat mendukung aktivitas sehari-hari tanpa sering mengisi daya.

Berjalan di Android 14 Go edition, Redmi A3 menawarkan versi Android yang disederhanakan dan dioptimalkan untuk perangkat dengan spesifikasi rendah.

Pilihan ini memastikan operasi yang lebih halus dengan mengurangi kebutuhan memori dan penyimpanan.

MIUI skin dari Xiaomi di atas Android Go menambahkan fitur dan opsi kustomisasi tambahan, meski tetap mudah diakses dan ramah pengguna.

Satu kekurangan yang mencolok adalah tidak adanya perekam panggilan bawaan, fitur yang mungkin dirindukan oleh beberapa pengguna.

Namun, paket perangkat lunak keseluruhan dirancang untuk melengkapi perangkat keras, memberikan pengalaman pengguna yang kohesif yang sesuai dengan harapan untuk smartphone entry-level.

Kamera

Redmi A3, entry-level terbaru Xiaomi, berusaha menyeimbangkan antara keterjangkauan dan fungsionalitas, terutama dalam penawaran kameranya.

Perangkat ini dilengkapi dengan setup dual-camera entry-level di bagian belakang, dipimpin oleh sensor utama 8 megapiksel.

Baca Juga:  Review OPPO Reno8 5G | Desain Apik, Fotografi Ciamik

Kamera utama ini dirancang untuk menangani tugas fotografi sehari-hari.

Dilengkapi dengan lensa tambahan 0,08 megapiksel, yang meski dengan jumlah yang sederhana, membantu dalam depth sensing untuk menghasilkan foto potret dengan latar belakang yang buram.

Mengikuti posisinya sebagai perangkat entry-level, kamera Redmi A3 berfungsi dengan baik dalam kondisi pencahayaan yang baik.

Namun, perangkat ini menghadapi tantangan dalam kondisi pencahayaan rendah, yang merupakan batasan umum di antara smartphone anggaran.

Detail dan akurasi warna dalam foto cukup baik, sesuai dengan harapan untuk perangkat di titik harga ini.

Salah satu sorotan dari kamera belakang adalah kemampuan perekaman video, mendukung resolusi 1080p pada 30 frame per detik.

Fitur ini memastikan pengguna dapat menangkap kenangan dalam bentuk video dengan kualitas yang layak, tambahan yang signifikan untuk ponsel dalam kisaran harga ini.

Beralih ke depan, Redmi A3 dilengkapi dengan kamera selfie 5 megapiksel.

Kamera ini disesuaikan untuk kebutuhan selfie dasar dan panggilan video, menawarkan kinerja yang baik dalam kondisi pencahayaan yang memadai.

Seperti setup belakang, kamera depan juga mendukung perekaman video 1080p pada 30fps, memberikan konsistensi dalam kualitas video di kedua kamera.

Perangkat lunak kamera pada Redmi A3 mencakup beberapa mode fotografi dasar seperti portrait, night mode, dan panorama.

Fitur-fitur ini bertujuan untuk meningkatkan pengalaman memotret, memungkinkan pengguna untuk menjelajahi berbagai skenario fotografi dengan mudah.

Antarmuka pengguna dari aplikasi kamera sederhana, memprioritaskan aksesibilitas dan kemudahan penggunaan, yang sangat penting bagi audiens target perangkat ini.

Hasil Foto

Penasaran dengan hasil jepretan kamera Redmi A3, berikut ini beberapa contoh foto dari review Redmi A3:

Baterai

Redmi A3 dilengkapi dengan baterai 5000mAh, yang menjadi salah satu fitur utamanya, terutama mengingat posisinya yang ramah anggaran.

Kapasitas baterai yang besar ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengguna rata-rata, menawarkan waktu penggunaan yang lama yang bisa bertahan 1,5 hingga 2 hari dengan sekali pengisian daya, tergantung pada pola penggunaan.

Pengguna ringan bahkan mungkin melihat perangkat mereka bertahan lebih dari dua hari.

Meskipun ukuran baterai yang mengesankan, Redmi A3 dilengkapi dengan adapter dan kabel pengisian daya 10W non-fast charging, yang menempatkannya di spektrum kecepatan pengisian yang standar.

Ketiadaan teknologi pengisian cepat berarti Anda memerlukan waktu pengisian ulang daya yang lebih panjang, berdasarkan hasil review Redmi A3 yang tim tabloidpulsa.id lakukan membutuhkan sekitar 3 jam lebih hingga posisi penuh.

Kecepatan pengisian yang lambat ini agak diimbangi oleh masa pakai baterai yang lama, dengan rekomendasi untuk mengisi daya perangkat semalaman, memastikan siap digunakan untuk keesokan harinya.

Kesimpulan

Redmi A3 hadir sebagai smartphone entry-level yang menarik, menawarkan perpaduan gaya, fungsionalitas, dan keterjangkauan yang sulit diabaikan di segmen anggaran yang padat.

Dengan bagian belakang kaca, desain modul kamera yang terperinci, dan adanya perlindungan Gorilla Glass 3, Xiaomi jelas berusaha menghadirkan perangkat yang terasa premium tanpa harga premium.

Estetika desain perangkat, terutama pilihan warna dan finishing glossy, menambah daya tariknya, membuatnya menonjol di antara para pesaingnya.

Layar ponsel, dengan refresh rate 90Hz, memastikan pengalaman pengguna yang lebih halus dalam tugas sehari-hari, meskipun resolusi yang lebih rendah yaitu 720p.

Pilihan ini, mungkin dibuat untuk menghemat masa pakai baterai, tidak secara signifikan mengurangi kegunaan keseluruhan perangkat.

Selain itu, baterai 5000mAh yang dipadukan dengan teknologi layar yang efisien menjanjikan waktu penggunaan yang lama.

Namun, Redmi A3 bukan tanpa kompromi.

Ketiadaan pengisian cepat berarti Anda perlu merencanakan waktu pengisian daya sesuai, mungkin semalaman, untuk memastikan perangkat siap digunakan sepanjang hari.

Selain itu, prosesor Helio G36 entry-level, meskipun cukup untuk tugas harian dan gaming kasual, mungkin tidak memenuhi kebutuhan pengguna daya atau mereka yang mencari perangkat untuk aplikasi yang lebih menuntut.

Nah, untuk yang tertarik bisa mendapatkan Redmi A3 baik online maupun offline di official store Xiaomi atau toko-toko ponsel terdekat di kota Anda dengan banderolan harga Rp 1.199.000.

Previous articleOptimalkan Produktivitas dengan iQOO 12 Selama Ramadan
Next articleOPPO Buka Experience Store dengan Konsep Baru, Seperti Apa?
Tech Reviewer, Journalist, Blogger, Traveling Enthusiast and Nature Lover. Pokoknya suka apa saja yang bisa menenangkan hati dan pikiran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here