Home NEWS Ragam Cara Merekam dan Memotret Layar Reno8 T

Ragam Cara Merekam dan Memotret Layar Reno8 T

Night Photography dengan OPPO Reno8 T layar

tabloidpulsa.id – Sebelumnya kami berpikir bahwa merekam dan menangkap atau memotret layar ponsel merupakan kegiatan yang hanya dilakukan oleh reviewer saja. Rupanya hal ini banyak juga dilakukan oleh hampir semua pengguna ponsel ketika menemukan konten menarik, maupun sekedar berbagi dengan orang lain. Kami biasa menyebutnya sebagai screenshot dan screen record, dan di layar OPPO Reno8 T keduanya bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Ada setidaknya 3 cara untuk memotret layar dan 1 cara mudah untuk merekamnya. Berikut adalah tips dari kami.

Tombol Kombinasi

Seperti perangkat Android di awal-awal pengembangannya, ada cara klasik untuk menangkap tayangan pada layar. Yaitu dengan menggunakan kombinasi tombol power dan volume bawah. Ditekan bersamaan, lalu dilepas.

Saat baru menangkap tayangan layar, kita masih bisa melakukan editing sederhana, apakah bermaksud menangkap seluruh halaman memanjang ke bawah, atau justru memotong bagian-bagian penting saja, atau cropping. Semudah itu.

Baca Juga:  Bocoran, OPPO Reno11 Dikabarkan Segera Meluncur Bulan Ini

Gesture

Seiring dengan pengembangan software baik di sisi Android, maupun di UI Custom ColorOS 13, kita pun kini bisa melakukan screenshot hanya dengan menyapukan tiga jari di atas layar OPPO Reno8 T. Seketika layar yang ditangkap akan muncul dan bisa kita edit lebih lanjut jika dibutuhkan.

Kita pun bisa mengabadikan hanya sebagian dari layar atau seluruh isi layar, bahkan yang ada di bawahnya (scroll) dengan menekan layar dengan 3 jari.

Fitur ini aktif secara otomatis saat kita mengaktifkan ponsel pertama kali. Namun jika Reno8 T Anda tidak bisa melakukannya, silakan cek Settings > Additional Settings > Gestures and Motions, lalu aktifkan swipe down with 3 fingers to take screenshot, dan touch with 3 fingers.

Baca Juga:  J&T Express Sukses Kolaborasikan Seni, Musik, dan Kreativitas

Via Quick Settings

Menu Quick Setting yang bisa kita akses dari manapun dengan cara menurunkan layar atas, juga bisa dijadikan trigger untuk memotret layar. Caranya kita masuk ke layar yang ingin ditangkap, lalu turunkan menu Quick Settings, dan cari ikon layar dengan gambar gunting.

Tekan ikon tersebut, lalu lepas, dan tunggu sebentar samoai sistem akan menangkap layar yang ada di bawahnya.

Lewat cara ini juga kita bisa merekam layar. Dengan membuka Quick Settings. Yakni dengan menurunkan layar atas ke bawah, lalu pilih ikon screen recording. Panel screen recording kemudian akan muncul di layar, kita bisa menekan tombol merah untuk merekam dan menekan tombol yang sama ketika sudah selesai merekam.

Baca Juga:  OPPO Kembali Sukses Rajai Pasar Smartphone di Q4 2022

Jangan khawatir, panel recording tersebut tidak akan ikut terekam.

Via Smart Sidebar

Baik screenshot maupun screen recording bisa dilakukan dengan mengakses smart sidebar. Fitur ini tidak aktif secara otomatis, jadi Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu via settings > Sepcial features > smart sidebar. Pastikan smart sidebar sudah aktif lalu kembali ke menu utama.

Smart sidebar akan terlihat seperti garis transparan di sisi kanan atau kiri ponsel. Saat Anda ingin merekam video anda bisa geser garis tranparan ini ke arah dalam layar, lalu pilih ikon screen shot atau screen recording. Selanjutnya sama dengan cara lain via Quick Settings.

Mudah, bukan?

Previous articleKiprah OPPO di Perhelatan Mobile World Congress (MWC)
Next articleKick-off AURA x POCO Pro Hunt 2023 di Penjualan perdana POCO X5 5G
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here