Home GADGET Preview Huawei Band 6: SmartBand Rasa SmartWatch

Preview Huawei Band 6: SmartBand Rasa SmartWatch

preview huawei band 6

tabloidpulsa.id – Setelah diumumkan pada tanggal 16 April 2021 lalu, akhirnya produk smartband berlayar lebar dari Huawei, Huawei Band 6 mulai dijual di e-commerce hari ini. Setidaknya pembayarannya sudah bisa dilakukan hari ini. Laporan yang masuk ke meja redaksi memperlihatkan bahwa meski belum lewat sehari penuh penjualannya sudah mencapai angka yang menggembirakan. Sebelum kami mereview lebih lanjut, tulisan ini sedikit akan memberikan preview mengenai produk tersebut.

Saat diperkenalkan pertama kali, dari sii tampilan saja, kami melihat kayaknya produk ini jauh dari sekedar sebuah smartband, dan bertanya-tanya apa bedanya dengan sejumlahperangkat yang sudah lebih dulu hadir dengan desain yang sama, semisal Watch Fit dan Watch Fit Elegan.

Dari sisi harga sih jelas jauh bedanya. Tapi sebelum masuk ke situ, kita akan bahas hal-hal menarik yang akan kita temukan di produk ini.

  • Layar AMOLED yang Luas

Jika dibandingkan dengan Huawei Watch Fit yang notabene adalah sebuah smartwatch, maka layar Huawei Band 6 ini terlihat mirip. Ukurannya hampir sama. Di mana Watch Fit membawa ukuran 1,64 inci, sementara Band 6 di angka 1,47 inci. Tidak terlalu jauh berbeda. Dan sekali lagi kita sedang membandinbgkan sebuah smartwatch dengan sebuah smartband.

Dengan demikian resolusinya yang meskipun lebih kecil, hanya 194 x 368 pixel saja, sudah termasuk apik untuk sebuah smartband, yang biasanya lebih mengutamakan fungsi ketimbang display yang apik seperti ini.

Didesain sedemikian rupa, layar Band 6 nyaman ketika digunakan untuk menggeser beberapa fungsinya. Hadirnya lekukan, serta banyaknya informasi yang ditampilkan dalam satu waktu membuatnya jauh lebih efektif dan tidak mengganggu kegiatan berolahraga hanya untuk mendapatkan info yang dibutuhkan.

  • Personal Trainer dengan Sensor Mumpuni

Memiliki personal trainer alias pelatih pribadi merupakan impian banyak orang yang ingin mengatur jadwal berolah raga demi badan yang sehat atau bahkan bentuk badan yang ideal. Namun saya pastikan bahwa ini tidaklah murah dan dapat dirasakan oleh semua orang.

Dengan sensor-sensor yang ada di Band 6, kita seakan memiliki personal trainer yang tertanam dalam pergelangan tangan kita. Mengumpulkan informasi detak jantung, langkah, gerakan mengayuh, memukul bola dengan lebih akurat dan efektif.

Tak hanya mengumpulkan data-data tersebut ke dalam sebuah informasi yang mudah dimengerti, Band 6 juga secara pintar akan menalisa kemampuan penggunanya berdasarkan parameter multi dimensi. Mengarahkan Anda untuk tetap berolah raga sesuai kemampuan tubuh dengan menentukan target yang disesuaikan dengan kebiasan yang tercatat oleh sistem.

  • Fitur Kesehatan Profesional yang Aktif Terus Menerus

Di awal pengembangan smartband dan smartwatch, sensor-sensor yang mendeteksi detak jantung hingga kadar O2 dalam darah tidak dibuat untuk bisa melakukannya setiap saat. Artinya hanya bisa mengukur saat kita memintanya saja.

Nah seiring berjalannya waktu, hal itu kini bisa dimungkinkan untuk terus mengambil data secara kontinyu. Memantau selama 24 jam dan selama band ini dikenakan oleh penggunanya. Huawei TruSeen 4.0 merupakan teknologi di balik kemampuan ini.

Dengan fitur tersebut kita bahkan akan diingatkan saat kadar oksigen berkurang dalam darah di bawah minimum. Agar kita bisa mengantisipasi langkah-langkah kesehatan berikutnya. Tapi sekedar saran, gunakan informasi ini sebagai pengingat dan selanjutnya silakan berkonsultasi dengan dokter pribadi atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan informasi yang akurat mengenai kondisi tubuh Anda saat itu.

Lalu ada fitur favorit saya dan para pekerja yang suka begadang di luar sana, yakni Trusleep 2.0. Fitur ini mampu mendeteksi tidur penggunanya ke dalam beberapa tingkatan yang mudah dimengerti dan akurat. Membuat kita bisa merencanakan istirhat dengan lebih baik, disertai tips-tips bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur penggunanya.

  • Ringan dan Baterai Berkapasitas Besar

Ringan dan kapasitas baterai besar itu dulu dikenal sebagai dua hal yang saling bertolak belakang. Di mana baterai berkapasitas besar ya harusnya berat. Tapi semenjak beberapa tahun terakhir hal ini tidak lagi menjadi masalah.

Band 6 membawa baterai dengan kapasitas yang cukup untuk membuatnya hidup selama 14 hari. Tidak ada informasi berapa mili ampere per jam-nya, tapi hal ini bisa dipercaya mengingat kami juga telah menggunakan Watch Fit dengan fitur yang lebih banyak namun dengan daya tahan baterai yang sama-sama panjang.

Band 6 ini memiliki bersat hanya 18-23 gram. Sudah sama talinya. Artinya sangat ringan, bahkan saat diajak tidur sekalipun. Watchband loh ya, bukan yang lain.

HARGA

Huawei Band 6 mulai bisa diorder sejak peluncurannya 16 sampai 21 April kemarin dan baru bisa dicheck out atau pembayarannya baru bisa dilakukan hari ini 22 April 2021. Sampai tanggal 5 Mei nanti, bahkan kita bisa mendfapatkan voucher senilai Rp 20.000 saat melakukan pembayaran di toko resmi Huawei di e-commerce Shopee, Lazada, JD.id dan Blibli.

Dan kabar terbaru menyatakan bahwa Huawei sudah menjual hingga 5000 unit di masa penjualan pertamanya ini. Jadi, kalau Anda berniat berlebaran sambil tetap menjaga kesehatan, tunggu apa lagi?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here