Home BLOG Perlukah 5G Hadir Lebih Cepat? Untuk Apa?

Perlukah 5G Hadir Lebih Cepat? Untuk Apa?

oppo 5g hadir

tabloidpulsa.id – Bagi Anda yang bertanya-tanya untuk apa repot-repot pindah ke 5G, karena merasa kecepatan jaringan 4G saja sudah cukup dan bahkan belum hadir merata sampai saat ini di Indonesia, mungkin tulisan ini akan menjawab pertanyaan Anda.

Teknologi 5G diciptakan untuk mempermudah kehidupan kita dan membuka cakrawala baru. Selain peningkatan pada kecepatan transfer data yang sangat signifikan, kami yakin bahwa dengan hadirnya teknologi 5G hal baru pun akan tercipta. 

Sebagaimana awal munculnya 4G, kehadiran 5G merupakan perubahan baru yang signifikan dan merubah pola hidup atau aktifitas manusia modern saat ini. Kenapa? Dengan kecepatan transfer data tinggi dan latensi yang rendah, implementasi 5G diprediksi  tidak hanya akan berimbas pada teknologi yang terkait smartphone saja, melainkan hampir di semua bidang. 

Sekilas 5G

Teknologi 5G memiliki sejumlah kelebihan, di antaranya kecepatan data yang lebih baik dibanding 4G. Transfer data antar smartphone dengan kecepatan satu mili detik, dapat terkoneksi dengan berbagai alat seperti perangkat mobile lain atau peralatan rumah tangga.

Teknologi 5G diharapkan memiliki kecepatan sekitar 800Gbps, atau seratus kali lebih cepat dari kecepatan generasi sebelumnya. Dengan kecapatan seperti itu, teknologi 5G bisa memungkinkan untuk mengunduh 33 film HD (high definition) hanya dalam beberapa detik. Meskipun saat komersialisasi nanti, diprediksi kecepatan maksimalnya mungkin akan ditahan di 10Gbps. 

Terlepas dari berbagai prediksi tersebut, berikut ini penerapan teknologi 5G yang sudah dilakukan dan akan mengalami penyempurnaan.

Kedokteran (Kesehatan)

Jaringan 5G diklaim bisa menghilangkan masalah jeda pada video ataupun penundaan kendali jarak jauh. Sehingga dalam ilmu kedokteran, seperti operasi misalnya, seorang dokter ahli dapat melakukan operasi jarak jauh secara ril time.   Kabarnya kisah dokter yang mengoperasi pasiennya dari jarak jauh pernah terjadi di Cina pada 2019 silam.

Terkait Internet of things (IoT)

IoT memungkinkan beberapa perangkat saling terhubung, berbagi data atau berbagi akses secara ril dengan memanfaatkan jaringan internet. Teknologi IoT ini sudah diterapkan dalam berbagai bidang seperti militer, transportasi, industri dan masih banyak lagi. 

Dengan kehadiran teknologi 5G, teknologi wireless yang selama ini diusung IoT akan semakin berkembang. Kombinasi antara 5G dan IoT diprediksi akan menciptakan berbagai kemajuan teknologi seperti jaringan energi pintar dan meningkatkan kemampuan otomasi mesin pabrik misalnya.

Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR)

Teknologi VR dan AR memungkinkan penggunanya berinteraksi dengan dunia virtual. Saat ini, teknologi AR digunakan untuk efek dan filter khusus pada kamera smartphone, sementara teknologi VR digunakan pada game online. Dengan adanya 5G, peningkatan dan transformasi teknologi VR dan AR diprediksi akan semakin menarik dan semakin mendekati nyata.

Mobil Otonom

Teknologi mobil otonom (tanpa pengemudi) akan semakin berkembang. Sebab untuk mewujudkan mobil otonom itu jaringan internet yang cepat dan andal merupakan persyaratan wajib. Sehingga diharapkan pengolahan data dari sensor pada mobil otonom dapat diproses secara simultan dan menghasilkan mobil otonom yang berfungsi sebagaimana mestinya.

Smartphone 

Sebenarnya terlalu banyak yang bisa dijadikan contoh terkait 5G buat smartphone seperti halnya yang sudah digunakan pada perangkat dengan jaringan 4G. Namun dengan adanya 5G, konvergensi (penggabungan) layanan baik berupa aplikasi (superapps), layanan over the top maupun layanan streaming dan video on demand akan semakin meningkat dan menghasilkan layanan baru yang belum terpikirkan saat ini.

Our Take

Untuk wilayah Indonesia, kehadiran 5G juga merupakan terobosan untuk menjadikan internet cepat sebagai hak asasi yang bisa didapatkan oleh semua orang tanpa harus terpaku di satu posisi semisal rumah atau kantor.

Permainan online yang membutuhkan koneksi stabil dan kecepatan tinggi dapat dilakukan tanpa harus duduk di depan monitor. Dimana kita pun akan punya kesempatan yang sama dengan pemain lain dari sudut dunia lain yang memiliki akses internet lebih baik.

Pembuat konten pun dapat melakukan semua hal, mulai dari pengambilan gambar, editing video serta melakukan upload dan online streaming dari mana saja. Meningkatkan kreativitas serta awareness, bahwa siapapun bisa membuat konten menarik dan berkualitas.

Bagi pelajar atau mereka yang berjuang di dunia Pendidikan, kehadiran internet yang mumpuni dan bisa diakses dimana saja pun akan mempermudah mereka mendapatkan bahan ajar yang sesuai. Melaporkan kegiatan Pendidikan secara simultan secara dua arah.

Bahkan Ketika ada data yang tertinggal di rumah, pun dapat diakses dari sekolah dengan secepat itu. Mengurangi alasan yang tidak berdasar Ketika ada yang tidak mengerjakan tugas.

Itu hanya sedikit hal positif yang terpikirkan jika suatu saat 5G hadir di Indonesia. Selain tentu saja hal negative yang menjadi tanggung jawab kita Bersama. Sebagai penulis berita, pembuat konten, orang tua, guru dan teman-teman yang asyik.

Dan jika 5G segera hadir, dan Anda menginginkan untuk membawa pulang ponsel yang sudah siap untuk menyambutnya. Di pasaran sekarang ada beberapa ponsel yang 5G ready di kisaran harga yang relative bervariasi.

OPPO misalnya, produsen ponsel ini telah menyiapkan 3 produk 5G di rentang harga yang berbeda. Yakni OPPO Find X2 di kelas flagship, OPPO reno5 5G di kelas menengah ke atas dan OPPO A74 5G untuk kelas yang paling terjangkau.

Ketiga ponsel itu, selain menawarkan jaringan 5G yang siap digunakan pada waktunya, juga memiliki beberapa fitur menarik yang bisa dimanfaatkan sambal menunggu jaringan 5G terealisasi.

Anda bisa membaca tulisan berikut untuk info terkait produk 5G OPPO.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here