Home TIPS & TRICK Perekam Suara dengan Penanda, Jadi Salah Satu Fitur Favorit di Reno7

Perekam Suara dengan Penanda, Jadi Salah Satu Fitur Favorit di Reno7

kamera oppo reno7
oppo - pr

tabloidpulsa.id – Belakangan ini muncul sejumlah tips penggunaan Voice Recorder OPPO Reno7 dengan penanda alias marks di beberapa lini media. Sebuah terobosan yang menarik, bukan hanya bagi wartawan seperti kami yang sering berhadapan dengan tugas peliputan dan wawancara yang cukup bertubi-tubi tapi mungkin dibutuhkan oleh mereka para content creator saat mengandalkan ponsel sebagai alat rekamnya. Hadirnya fitur penanda di perekam suara ini akan mempermudah editing dan juga proses transkrip yang lebih nyaman.

Fitur recorder di OPPO Reno7 atau lebih tepatnya di ColorOS 12 memang memiliki beberapa fitur yang sangat bermanfaat. Di antaranya adalah Photo Marks, atau penanda foto. Sementara fitur mark atau penanda memang sudah ada sejak Recorder di ColorOS versi sebelumnya.

Apa yang menjadikan Penanda Foto dan Penanda ini sangat berguna bagi kita. Pertama saat merekam audio dalam sebuah kondisi tanpa script, semisal wawancara nara sumber, atau merekam orang secara random untuk sebuah social experiment misalnya, terkadang durasi rekaman akan sangat panjang. Dan topik yang dibicarakan bisa bermacam-macam.

Nah di sinilah letak arti pentingnya penanda. Saat kita melihat bahwa arah pembicaraan akan berubah, atau menemukan sesuatu bahasan yang menarik, kita bisa menggunakan penanda. Tidak sulit, kita cukup dengan menekan tanda bendera di samping tombol record. Lalu lakukan hal ini berkali-kali setiap Anda menemukan bahasan yang menarik lainnya.

Bahkan aplikasi ini sangat mengerti kondisi kita saat merekam. Jadi kita tidak perlu mengedit tulisan pada penanda saat melakukan rekaman, meskipun kita bisa mengganti nama penanda tersebut dengan informasi yang lebih kan membantu kita saat membuat transkrip.

Lalu di perekam ini juga ada penanda foto. Intinya sih sama dengan fitur penanda, yakni membuat tanda penting di satu sesi wawancara, supaya kita bisa mengingat dan merasakan kembali saat-saat wawancara ini terjadi. Terutama dengan tambahan foto yang kita ambil sambil tetap merekam wawancara tersebut.

Menariknya, fitur ini kerap dilewatkan oleh pengguna produk ini. Bukan karena tidak pernah menggunakan, tapi lebih ke tidak pernah mengeksplor kemampuan ponsel ini yang terbukti membantu kegiatan sehari-hari kami para wartawan, atau content creator.

Bahkan dengan fitur penanda yang dibawa oleh voice recorder di ponsel ini, kita mungkin tidak memerlukan alat tambahan lain. Cukup merekam suara dengan ponsel, melakukan transkrip juga di ponsel hingga pada saat harus mengupload hasil transkrip tadi, langsung dengan ponsel saja.

OPPO Reno7 merupakan produk OPPO Reno7 Series yang menawarkan jaringan 4G dengan desain menarik. Juga dengan kemampuan kamera yang mumpuni, dengan membawa sensor kamera IMX709 di bagian depan, hasil kerja sama eksklusif OPPO dengan Sony.

Previous articleANKER PowerCore Magnetic 5K “MagGo” Kini dengan Holder Lipat
Next articleDANA Dukung Peningkatan Daya Saing UMKM di Pasar Global
The key objective of a Journalist is to gather information, write news pieces, and present the news in an honest and balanced manner. In addition to investigating and reporting on current events, they also work on articles and features that update and influence public opinion.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here