Home TIPS & TRICK Optimasi Smart SideBar di OPPO Reno5

Optimasi Smart SideBar di OPPO Reno5

fotoutama tips reno5

tabloidpulsa.id – Melanjutkan tulisan optimasi OPPO Reno5 sebelumnya, kali ini kita akan menyinggung sebuah fitur lain yang juga merupakan fitur ikonik ColorOS 11, yakni Smart SideBar.

Seperti yang telah dipahami oleh hampir seluruh pengguna OPPO Reno5, salah satu keuntungan saat membeli produk ini adalah sistem operasi yang sudah paling up to date. Dalam hal ini adalah ColorOS 11.1 yang berbasis Android 11.

Sebagai produk dengan sistem operasi paling kekinian, maka sejumlah fitur yang dibawa merupakan fitur paling mutakhir yang dimiliki oleh OPPO. Yang menjadikannya produk kelas menengah dengan fitur setara ponsel-ponsel flagship. Baik itu flagship milik OPPO, semisal Find X2 Series, maupun flagship dari kubu lain.

Tulisan ini akan berkonsentrasi pada fitur yang paling banyak saya gunakan. Setelah personalisasi di tulisan Setingan wajib ini (LINK), maka selanjutnya ketika pertama menggunakannya saya menemukan sebuah ikon tranparan di pinggir layar yang tidak lain dan tidak bukan adalah Smart SideBar.

Apa itu Smart SideBar?

Fitur Smart Sidebar sejatinya sudah lama diadopsi oleh ColorOS OPPO, namun seiring dengan perkembangan versi, maka semakin baik dan intuitif lah fitur ini. Membawa saya dari kebiasaan lama untuk menonaktifkannya sampai ke keadaan dimana saya sulit untuk kehilangan dirinya. Aduh curhat deh!

Semakin lama OPPO Reno5 menjadi sarana ponsel satu-satunya yang Anda miliki (atau denga kata lain sebagai daily driver), maka akan semakin banyak kegiatan yang dilakukan dalam ponsel ini. Setuju? Nah dalam kondisi seperti ini mau tidak mau Anda harus memanfaatkan fitur mulltitasking ke level selanjutnya.

Dengan kehadiran smart sidebar ini, maka kita bisa melakukan banyak hal dalam satu waktu dengan lebih terorganisir. Kita bisa menyimpan fitur-fitur penting dan aplikasi yang biasa dibutuhkan dalam waktu bersamaan ke dalam sidebar ini, lalu mengaktifkannya dengan hanya menekan ikon tool atau aplikasi yang dimaksud tanpa harus berpindah ke layar Home terlebih dahulu.

Cara Aktivasi dan Penggunaan Smart Sidebar

Seharusnya fitur Smart Sidebar sudah aktif saat pertama kali kita mengaktifkan OPPO Reno5. Tapi kalaupun tidak, Anda bisa mengaktifkannya lewat Settings (Pengaturan), geser ke bawah ke Convenience Tool (Alat Praktis), lalu ke Smart Sidebar (Bilah Samping Cerdas).

Bila belum aktif, bagian ini hanya akan memuat satu switch yakni Smart Sidebar. Aktifkan dan akan muncul pilihan lainnya, yaitu pilihan tranparansi dan pilihan untuk menyembunyikan Sidebar saat masuk ke opsi layar penuh dari sebuah aplikasi. Semisal saat nonton video atau main game.

cara 2 sidebar oppo reno5

Di bagian atas halaman ini juga ada beberapa tips yang memudahkan Anda untuk memindahkan ikon sidebar ke beberapa bagian layar dengan mudah. Hal ini sangat dibutuhkan oleh merka yang menggunakan kontrol gesture seperti di tips OPPO Reno5 sebelumnya. Biar tidak salah tarik ikon.

Jika dirasa sudah cukup, kembali ke halaman home. Lalu tambahkan tool atau aplikasi penting di daftar sidebar. Caranya, sentuh ikon sidebar, hingga tertampil di bagian sisi layar. Lalu geser sampai menemukan satu tempat kosong dengan tanda +. Sentuh tanda itu untuk membuka pilihan tools dan App yang didukung oleh fitur ini.

Saya memasukkan facebook dan whatsapp di sini karena banyak paling banyak digunakan saat sedang menikmati video youtube atau sedang browsing berita.

cara tips oppo reno5 sidebar

Nah kalau sudah sampai begini, ketika Anda sedang menonton video youtube favorit misalnya, lalu di saat yang bersamaan harus membawa dan membalas wa, dengan video youtube sebagai background (yang jauh lebih lebar), maka saya tekan tombol smart sidebar, menekan app whatsapp hingga tertampil seperti megambang di layar youtube.

tips sidebar oppo reno5 mark wiens

Fitur floating ini merupakan fitur bawaan Android 11 yang sangat bermanfaat. Dalam kondisi ini kita bisa sambil mengetik jawaban, atau jika dirasa lebih penting dari video yang ditonton kita bisa memperbesar layar whatsapp ketika membalasnya.

Semua dilakukan hanya dari layar yang sama. Bagaimana? Optimasi Smart Sidebar di OPPO Reno5 ini mudah, bukan?

Oh iya, jika ada pertanyaan silakan komentar di bawah tulisan ini ya. Kami akan sempatkan menjawab pertanyaan Anda setiap harinya. Tetap jaga kesehatan dan nantikan tulisan tips berikutnya.

Previous articleXiaomi Duduki Posisi 3 Brand Smartphone Global
Next articleSony Luncurkan Alpha 1, Kamera Mirrorless dengan Sensor 50MP
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here