Home TIPS & TRICK Tips Penggunaan OPPO A95 untuk Belajar saat PTM

Tips Penggunaan OPPO A95 untuk Belajar saat PTM

oppo a95 belajar

tabloidpulsa.id – Aturan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 2022 telah berlaku di beberapa daerah sejak 3 Januari lalu. Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ada, kini pendidik dan anak didik dapat bertatap muka di sekolah sehingga mengurangi aktivitas belajar online yang selama ini dilakukan. Lalu muncul pertanyaan, apakah kemudian ponsel yang telah dibeli untuk belajar online kemarin jadi tidak berguna? Semisal OPPO A95 yang ada di meja redaksi dan kerap digunakan belajar dan sekolah online? Tentu saja tidak!

Meski kita tidak lagi belajar di rumah, meskipun banyak fitur yang mungkin bisa saja melenakan dan mengalihkan perhatian peserta didik, ponsel juga memiliki sejumlah fitur yang dapat dimanfaatkan untuk belajar tatap muka. Bahkan ini tidak hanya berlaku untuk ponsel yang berharga mahal, hampir semua smartphone memiliki kemungkinan untuk bisa diikutsertakan dalam program belajar mengajar secara offline.

Sebagai salah satu contoh adalah OPPO A95. Ponsel OPPO A Series ini merupakan salah satu contoh ponsel yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan belajar. Tidak sekedar sebagai alat peraga misalnya, juga sebalagi alat bantu penunjang belajar.

Baca Juga:  Perekam Suara dengan Penanda, Jadi Salah Satu Fitur Favorit di Reno7

Banyak sekali kemampuan ponsel yang dapat dimanfaatkan. Namun tulisan kali ini akan kami mulai dengan pembahasan fitur yang sebenarnya ada di semua ponsel Android, termasuk OPPO A95 ini, Google Lens.

Alat Bantu Identifikasi di Pelajaran Biologi

Jujur saat saya bersekolah, dan bahkan kuliah di jurusan Biologi, salah satu kekurangan saya adalah identifikasi dan dokumentasi organisme, baik itu untuk kebutuhan Taksonomi, maupun Ekologi. Selain daya ingat yang kurang baik, juga malasnya mencocokkan dengan daftar spesies dalam buku yang tebal merupakan hal kecil yang bisa saja menghambat kita ketika belajar.

Nah, dengan adanya alat bantu berupa ponsel dengan fitur UI dan akses internet yang memadai, maka kesulitan yang saya sebut di atas dapat teratasi. Sebagai contoh, ketika kita belajar penamaan vegetasi, atau saat mulai mempelajari nama latin spesies tertentu (Binomial Nomeclature) di SMP, atau mungkin SD, maka kita bisa menggunakan ponsel sebagai alat rujuk pertama.

Baca Juga:  3 Tips Gaul POCO M5 yang Bikin Anti Mainstream

Ingat, bahwa upaya awal ini hanya untuk memfokuskan pencarian secara ilmiah ya. Bukan untuk menentukan jawaban. Disclaimer nih. Karena setelah didapat informasi dari apa yang akan kita lakukan nanti, kita tetap harus mencocokkannya dengan buku teks yang direkomendasikan oleh sekolah, guru, atau dosen Anda.

Oke, untuk hal ini kita gunakan kemampuan Google Lens. Beruntung di OPPO A95, UI Google Lens sudah hadir di fitur kamera ponsel. Jadi Anda hanya perlu membuka kamera ponsel, menyentuh logo Google Lens yang ada di ujung kiri bawah viewfinder. Dan selesai. Anda hanya perlu mengarahkan kamera ke vegetasi yang ingin Anda ketahui nama latinnya.

Sekedar mengingatkan, ketika kita mempelajari bab Taksonomi dalam Biologi, kita akan diarahkan untuk melakukan identifikasi secara fisik. Dalam hal ini kita contohkan pepohonan, atau Taksonomi Tumbuhan. Kita diajari untuk melakukan klasifikasi atau pengelompokan berdasarkan ciri fisik, mulai dari daun hingga akar.

Baca Juga:  Mudik Lebaran Epic! Andalkan Reno8 T 5G dan Enco X

Sementara, melalui Google Lens Anda akan dibantu untuk menentukan atau identifikasi secara menyeluruh berdasarkan tampilan organisme yang tertangkap kamera. Artificial Inteligent pada Google kemudian akan mencari padanan tampilan yang sama dari database, lalu menampilkan informasi yang menurut sistem adalah yang paling dekat.

Bisa jadi hasilnya kurang tepat, namun yang pasti, informasi tadi dapat meringankan tugas kita kemudian. Karena informasi sudah mengerucut, minimal berdasarkan salah satu tampilan fisik yang tertangkap kamera. Berikutnya, kita bisa melakukan penelusuran lebih lanjut dengan effort yang lebih ringan berdasarkan informasi dari Google tersebut. Keren, bukan?

Kegiatan untuk mengidentifikasi tumbuhan di sekitar sekolah saat pelajaran BIologi akan jadi lebih menyenangkan. Terlebih ketika terbagi menjadi beberapa kelompok terpisah, di mana masing-masing kelompok dibekali satu ponsel dan satu buku Klasifkasi Tumbuhan misalnya.

Banyak lagi kemampuan yang bisa kita eksplor dari OPPO A95, terutama untuk kegiatan belajar di sekolah tatap muka seperti ini. Sampai ketemu di tulisan berikutnya.

Previous articleMSI Luncurkan Laptop Gaming Intel Seri H Generasi ke-12 Terbaru
Next article5 Alasan 5G Itu Penting di Tahun 2022
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here