Home NEWS NVIDIA Tingkatkan Kapasitas Digital Mahasiswa di Bidang AI

NVIDIA Tingkatkan Kapasitas Digital Mahasiswa di Bidang AI

nvidia ai

tabloidpulsa.id – Sebagai bentuk dukungan NVIDIA terhadap transformasi digital di Indonesia, NVIDIA mengadakan kegiatan workshop di hadapan mahasiswa Sumatera Utara untuk mengenalkan kecerdasan artifisial yang telah merevolusi lanskap dunia komputasi modern, Generative AI.

Dengan mengangkat tema NVIDIA mendukung ‘AI Dunia dan Anda’, NVIDIA bekerja sama dengan Komputer Medan menggandeng tiga perguruan tinggi terkemuka di Kota Medan, Sumatera Utara, yakni Universitas Prima Indonesia (UNPRI), Institut Bisnis IT&B, dan Universitas Pelita Harapan (UPH) Medan. Kegiatan workshop yang diselingi talkshow dan demo teknologi beserta aplikasi berbasis AI di ekosistem NVIDIA RTX ini diikuti sekitar 1200 mahasiswa dan dosen. Melalui kegiatan yang berlangsung di tiga kampus di Kota Medan ini NVIDIA ingin berkontribusi dalam pengembangan talenta-talenta unggul yang akan mendukung transformasi digital di Indonesia.  

Adrian Lesmono, Country Consumer Business Lead Indonesia, NVIDIA mengatakan pemanfaatan AI makin berkembang di seluruh dunia, termasuk Indonesia yang terus diimbangi dengan inovasi teknologi baik dari sisi komputasi maupun software. Pemanfaatan AI secara meluas akan memberikan dampak yang besar bagi setiap elemen kehidupan manusia serta bisnis. Tidak terbatas hanya pada industri gaming dan kreatif saja.

Baca Juga:  Indosat Berkolaborasi dengan NVIDIA Ciptakan Infrastruktur AI

“Pemanfaatan AI makin meluas di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, yang terus diiringi dengan inovasi teknologi baik dari sisi komputasi maupun software. Pengetahuan yang memadai mengenai kecerdasan artifisial perlu dimiliki oleh mahasiswa dan tenaga pendidik di lingkungan perguruan tinggi agar dapat mendukung produktivitas di era digital,” ujar Adrian. 

Wakil Rektor III Universitas Prima Indonesia Dr. Said Rizal, S.H.I., M.A. mengapresiasi kerja sama antara NVIDIA sebagai pelaku industri dengan perguruan tinggi di Kota Medan, Sumatera Utara, dalam hal ini UNPRI yang menjadi perwujudan skema kolaborasi perguruan tinggi dengan DUDI (Dunia Usaha dan Dunia Industri) untuk menghasilkan talenta-talenta digital yang memiliki kualifikasi industri. 

“Kolaborasi DUDI yang diusung Kementerian Pendidikan berhasil diwujudkan pada kerja sama antara NVIDIA sebagai pelaku industri global dengan UNPRI. Untuk membantu civitas akademika baik mahasiswa maupun para dosen dibutuhkan kolaborasi dengan pelaku industri sehingga kami di dunia pendidikan ini dapat mengikuti perkembangan inovasi teknologi. Jadi kami dapat meng-update diri dan menggunakan kecanggihan teknologi tersebut,” ujar Dr. Said Rizal, S.H.I., M.A.

Baca Juga:  NomuPay Percepat Pertumbuhan Bisnis Lewat Akuisisi Total Processing

Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UNPRI Prof. Ir. Bhakti Alamsyah, MT., Ph.D. menilai UNPRI harus menjawab status akreditasi unggul yang telah diraih dengan menciptakan inovasi baru dalam kegiatan belajar mengajar bagi mahasiswa. Salah satunya melalui kerja sama peningkatan wawasan dan ketrampilan mengenai teknologi kecerdasan artifisial (AI) dengan NVIDIA. UNPRI telah mewajibkan pemanfaatan teknologi di dalam penyusunan materi perkuliahan di 46 prodi. 

“Sebagai perwakilan dari Fakultas Sains dan Teknologi UNPRI, kami menyampaikan apresiasi kepada NVIDIA yang telah berkolaborasi memperkuat literasi digital di bidang AI bagi mahasiswa. Teknologi sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan di dalam kehidupan kita sehingga mahasiswa beserta dosen-dosen di UNPRI harus memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang cukup di bidang teknologi,” ujar Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UNPRI Prof. Ir. Bhakti Alamsyah, MT., Ph.D. 

Baca Juga:  Fitur Layar yang Bikin Nyaman Berponsel Seharian dengan OPPO A95

Sementara itu Anjas Maradita, Content Creator and Corporate AI Consultant menyatakan,”Saya menggunakan AI untuk pekerjaan sehari-hari sebagai content creator. AI membantu saya menuntaskan tugas-tugas rutin yang selama ini memerlukan proses yang panjang dan waktu pengerjaan yang lama.”

”Teknologi NVIDIA RTX yang mengakselerasi implementasi AI benar-benar berguna untuk mendukung proses kreasi dan inovasi content creator. Sebagai contoh, content kreator kini dapat memanfaatkan proses pembuatan foto ilustrasi menggunakan aplikasi AI sesuai dengan pengetahuan dan kebutuhannya. Langkah ini dapat menciptakan efisiensi karena tak perlu lagi membeli foto ilustrasi dari bank image dengan biaya yang cukup tinggi.”  AI juga dapat membantu content creator mengoptimalkan tampilan sebuah konten, baik dari sisi ketajaman visual saat video conference melalui NVIDIA Broadcast maupun menghilangkan ‘noice’ audio melalui aplikasi NVIDIA RTX Voice untuk menghilangkan noice. Seluruh aplikasi ini telah didukung oleh AI.  Begitu juga dalam menggunakan ChatRTX yang dapat dijalankan melalui PC maupun laptop secara offline untuk mengolah data.

Previous articleKatalis dan Traveloka Sediakan Pelatihan Literasi Digital bagi Industri Pariwisata
Next articlerealme GT 6 Hadirkan Kualitas Foto dan Video Flagship dengan AI
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here