Home NEWS Mudah Personalisasi Galaxy S23 Ultra 5G dengan One UI 5.1

Mudah Personalisasi Galaxy S23 Ultra 5G dengan One UI 5.1

Personalisasi Galaxy S23 Ultra 5G One UI 5.1
ilustrasi - Samsung

tabloidpulsa.id – Selain Spesifikasi hardware yang mencolok, kenyamanan sebuah ponsel juga ditentukan oleh performa software yang menyertainya. Semisal saat kita bicara soal Galaxy S23 Ultra 5G, kita sama-sama setuju bahwa ponsel ini membawa spek hardware tertinggi dengan chipset terbaik, layar premium, dan baterai yang mumpuni. Namun di samping itu semua, ponsel ini juga sudah membawa software yang dikenal mengalami peningkatan paling signifikan, custom OS – One UI 5.1 dan kemampuannya dalam memudahkan pengguna melakukan personalisasi ponsel.

Sekedar mengingatkan personalisasi pada ponsel banyak dilakukan pengguna ponsel dengan beberapa tujuan. Semisal agar ponsel dapat bekerja sesuai dengan apa yang kita inginkan, terlihat berbeda dari ponsel orang lain, meskipun tipenya sama, dan juga agar ponsel bisa menampilkan sejumlah hal sesuai preferensi penggunanya.

Hal ini bisa dilakukan dengan baik apabila sistem software pada ponsel mendukung proses tersebut. Bagaimana dengan One UI 5.1 di Galaxy S23 Ultra 5G? Tentunya sudah sangat mendukung dan bahkan bisa memudahkan kita dalam melakukan personalisasi, bukan hanya di sisi tampilan saja.

One UI 5.1 merupakan custom OS yang berbasis pada Android 13. Menariknya, dengan One UI 5.1, fitur-fitur Android 13 makin diperkaya dengan fitur-fitur khas One UI, sehingga dapat saling melengkapi dan meningkatkan elemen yang dapat dikustom dan dipersonalisasi sesuai keinginan pengguna.

Baca Juga:  PermataBank Luncurkan Permata RDN Syariah Digital

Personalisasi Lock Screen dengan Wallpaper Video

Lock Screen di One UI 5.1 memiliki banyak elemen yang bisa dipersonalisasi. Tidak hanya AOD alias always on display, di sini kita bisa mengganti bentuk jam, warna yang ditampilkan, notifikasi dan juga wallpaper saat layar terkunci.

Menariknya, kita bisa memilih gambar bergerak, atau video sebagai layar latar layar kunci. Kita bisa memilih dari video yang disediakan sistem, atau video yang kita simpan di gallery.

Personalisasi Home Screen dengan Widget dan App yang Dibutuhkan

Seiring dengan berjalannya waktu, jumlah aplikasi terinstal dalam ponsel akan terus meningkat. Mulai dari aplikasi yang kita instal karena sekedar mencoba, aplikasi yang diinstal karena memang membutukannya, hingga aplikasi yang tiba-tiba tertumpuk tanpa kita ingat alasannya. Di One UI 5.1 akses menuju semua aplikasi akan melewati dua langkah. Yakni home screen lalu app tray.

Nah, untuk memudahkan kita, ada baiknya aplikasi penting yang selalu kita gunakan setiap saat diletakkan di Home Screen. Dan ini merupakan personalisasi pertama yang paling dasar untuk menciptakan kenyamanan dalam berponsel dengan One UI dan Galaxy S23 Ultra 5G.

Berikutnya, kita pun bisa menghiasi Home Screen dengan sejumlah widget. Semisal widget yang mampu menampilkan aplikasi sesuai kebiasaan pengguna- Smart Suggestion. Dengan penyempurnaan terbaru, widget ini mampu merekomendasikan lagu yang paling pas disesuikan aktivitas pengguna melalui playlist Spotify.

Baca Juga:  5 Fitur Unggulan Xiaomi 12T 5G yang Pas Buat Konten Kreator

Di One UI 5.1, widget-widget ini juga bisa ditumpuk. Sehingga tidak membutuhkan banyak ruang, cukup dengan menggeser bagian bawah widget untuk berpindah dari widget satu ke lainnya.

Personalisasi Call Background dengan Video

Layaknya personaliasi di Lock Screen, One UI 5.1 juga memungkinkan kita untuk menambahkan latar berbentuk video saat ada kontak kita yang menelepon. Kita bisa memilih sejumlah video yang dibawa oleh sistem, atau sesuaikan dengan siapa yang menelepon, dengan cara menambahkan video dari gallery kita sendiri.

Personalisasi dengan Lampu Tepian (Edge Lighting)

Untuk ponsel dengan layar lebar semisal Galaxy S23 Ultra 5G, maka tampilan lampu bergerak merambat di tepian layar sebagai bentuk notifikasi adalah sebuah hal yang menarik. Hal ini bisa dilakukan juga di One UI 5.1. Kita bisa menentukan warna dari lampu yang ditampilkan, hingga radius pendarannya. Juga aplikasi apa yang bisa menampilkan notifikasi dengan cara ini.

Personalisasi Ekstrim dengan GoodLock

Semua metode personalisasi yang kita bahas di atas merupakan metode dengan fitur bawaan One UI 5.1. Jika dirasa kurang, rupanya Samsung telah menyediakan sejumlah fitur personalisasi yang lebih ekstrim melalui sebuah aplikasi bernama GoodLock. Jika ponsel Anda atau Galaxy S23 Ultra 5G Anda tidak membawa fitur ini secara defaut, Anda bisa mendownloadnya via Galaxy Store.

Baca Juga:  Indosat Raih HR Initiative of the Year di Asian Telecom Awards 2023

Di dalam GoodLock kita bisa menemukan sejumlah fungsi, semisal Lock Star, fitur yang akan mengajak kita membuat tampilan lock screen dan AOD dengan sentuhan baru. Selain itu juga ada fitur HomeUp yang akan meningkatkan penampilan HOme Screen ponsel kita. Lalu ada Clock Face, yang memuat bentuk-bentuk jam untuk ditampilkan di layar kunci atau lock screen atau AOD.

Yang paling ekstrim tenu saja adalah Theme Park. Merupakan fitur yang akan memudahkan kita mengganti tampilkan home screen dengan sebuah theme buatan. Lalu ada Pentastic yang akan menambahkan fungsi-fungsi pada S Pen. Wonderland, untuk membuat wallpaer 3D bergerak. Lalu ada Keyscafe, Navstar dan QuickStar, yang sesuai namanya akan melakukan personalisasi di bagian keyboard, layar navigasi, dan layar quick panel UI.

Hal ini memperlihatkan bahwa Samasung tidak main-main dalam hal personalisasi ponsel. Dengan bahkan menambahkan fitur melalui aplikasi terpisah, namun tetap terintegrasi dengan sistem One UI 5.1.

Previous articleInfinix Gaming Master 2023 Siap Digelar, Prizepool Puluhan Juta
Next articleIni Kelebihan Proyektor Anker Nebula Mars 3
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here