Home NEWS Mencoba ColorOS 13 Beta di OPPO Find X2 Pro

Mencoba ColorOS 13 Beta di OPPO Find X2 Pro

coloros 13 oppo find x2 pro

tabloidpulsa.id – Kabar gembira bagi pengguna OPPO kelas mid-high hingga flagship, akhir tahun ini beberapa ponsel OPPO di kelas tersebut mendapatkan update ColorOS 13 berbasis Android 13, baik berupa program trial alias Beta, ataupun official alias resmi. Salah satu produk yang beruntung mendapatkan update ColorOS 13 adalah OPPO Find X2 Pro, apa saja yang berubah?

Sesuai dengan timeline ColorOS yang pernah kami sampaikan di tulisan beberapa bulan lalu (baca di sini), OPPO find X2 series bersama Reno8 bakal mendapatkan beta version ColorOS 13 di Desember 2022. Saat tulisan ini dibuat, baru Find X2 Pro kami yang sudah bisa menerapkannya. Untuk device lain mungkin perlu menunggu lebih lama.

Seperti biasa, kami mendapatkan notifikasi bahwa ada program beta yang bergulir. Menawarkan kita untuk mendaftarkan diri, kemudian sistem akan mempertimbangkan ketertarikan kita. Waktu yang dibutuhkan untuk mereview pendaftaran kita bisa bervariasi, ada yang hanya beberapa jam, tapi ada juga yan membutuhkan waktu berhari-hari. Sabar ya.

Ketika minat kita untuk terlibat di program beta version ColorOS 13 ini disetujui, kita akan diarahkan untuk mendownload file instalasi. Setelah terdownload kita bisa menginstalnya di ponsel kita.

Baca Juga:  Xiaomi Hadirkan Redmi A1, Smartphone Android Go dengan TKDN 40.3%

Jika di ponsel Anda banyak file penting, kami sarankan untuk melakukan backup terlebih dahulu. Anda bisa melakukannya dari menu settings, lalu menyimpan file back up di sistem atau dipindahkan ke memori eksternal supaya lebih aman.

Setelah selesai terinstal, kami merasakan beberapa perubahan yang mencolok. Apa saja?

  1. Tambahan RAM Expansion hingga 12 GB

OPPO Find X2 Pro membawa RAM sebesar 12 GB. Dengan ROM 512 GB. Saat masih menggunakan ColorOS 12.1 ponsel ini hanya menyediakan RAM expansion paling tinggi di angka 7 GB saja. Sehingga maksimum RAM ponsel bisa mencapai 19 GB. Nah setelah terinstal ColorOS 13, besaran RAM tambahan yang maksimum yang bisa kita dapat ada di angka 12 GB. Memungkinkan kita merasakan besaran RAM maksimum di angka 24 GB. Dengan ROM sebesar 512 GB ini sih aman banget.

  1. Omoji yang lebih baik
Baca Juga:  Telkomsel dan MD Pictures Berkolaborasi Hadirkan Konten Orisinal

Di sisi Omoji, OPPO melakukan upgrade dengan penambahan fitur. Semisal tambahan pilihan rambut, pilihan wajah dengan kategori umur yang lebih banyak, juga bentuk wajah baru, tambahan di bentuk alis, mata, hidung, mulut, telinga, pilihan aksesoris untuk kepala, kacamata dan leher berupa dasi, bandana dan pilihan kerah sesuai dengan profesi.

  1. Tampilan notifikasi saat layar terkunci lebih atraktif

OPPO Find X2 Pro dengan ColorOS 13 beta, memiliki setingan ukuran display terpisah dari Fontasi. Sebelumnya di ColorOS 12 setingan ini ada di bagian yang sama dengan fontasi. Terdiri dari 3 pilihan ukuran yang lebih jelas tidak lagi berupa slider: terdiri dari kecil, sedang dan besar. Secara default semua diatur ke dalam ukuran sedang alias standard. Dan dengan setingan ukuran standard ini notifikasi yang muncul saat layar terkunci atau lock screen notification terlihat lebih informatif, mudah dibaca daan tampil atraktif.

Meskipun bersifat kosmetik, tak bisa dipungkiri ini merupakan hal yang bisa kami rasakan cukup membantu di tampilan ColorOS terbaru ini.

  1. AOD yang lebih kaya
Baca Juga:  MariSilicon X, Hadirkan Peningkatan Signifikan untuk Fotografi Smartphone

Masih ada hubungannya dengan layar terkunci, di ColorOS 13 juga ada peningkatan di sisi Always On Display. Di sini kita tidak hanya bisa menampilkan Omoji seperti di versi sebelumnya, namun juga bisa menggunakan bitmoji. Bagi pengguna Snapchat tentu saja Bitmoji sudah bukan hal yang asing. Nah dengan ColorOS 13, Anda bisa menghubungkan bitmoji Anda dengan AOD.

Selain bitmoji, juga ada widget AOD khusus untuk Spotify, juga beberapa keperluan dari sistem semisal Home, dan Insight.

  1. Desain Control Center (Quick Settings Menu) yang Lebih Menarik

Saat Anda belum terlalu ngulik ColorOS 13, hal pertama yang mungkin bisa membantu kita adalah tampilan menu quick settings yang lebih informatif. Beberapa bagian semisal Wifi dan Celular data, dibuat berukuran lebih besar dari yang lain. Mempermudah kita untuk melihat kita tengah terhubung dengan jaringan apa saja.

Selain 5 hal di atas, sebenarnya kami menemukan sejumlah fitur menarik yang bisa dibahas terutama di sisi kamera. Tapi akan kita lanjutkan di tulisan berikutnya ya.

Previous articlePermintaan Korporasi akan Smartphone Lipat Samsung Meningkat
Next articleMenurut IDC, Suramnya Pasar Tablet dan PC Masih Berlanjut
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here