tabloidpulsa.id — GoFood kembali menegaskan perannya sebagai akselerator digitalisasi UMKM kuliner melalui inisiatif Maju Bersama GoFood.
Pada program ini, ratusan pelaku usaha kuliner diajak bergabung dan mulai berjualan secara online hanya dalam 5 menit lewat aplikasi GoFood Merchant.
Kemudahan proses daftar GoFood ini dirancang untuk mempercepat transformasi digital UMKM sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.
Permudah UMKM Memulai Usaha Kuliner Online
Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa dari 4,85 juta usaha penyedia makanan dan minuman di Indonesia, hanya 33,13% yang sudah memanfaatkan internet untuk promosi, penjualan, hingga transaksi digital.
Artinya, masih banyak UMKM yang perlu dorongan untuk masuk ke ranah digital agar tetap kompetitif.
Melihat hal tersebut, GoFood menghadirkan inovasi proses daftar GoFood hanya 5 menit sebagai solusi nyata.
Sovan Kumar Ganguly, Head of Food, Ads, and Merchants Gojek, menjelaskan, “Sesuai misi Gojek untuk mempermudah hidup pengguna, inovasi ‘Daftar GoFood Hanya Perlu 5 Menit’ hadir sebagai jawaban kebutuhan UMKM kuliner agar proses digitalisasi usaha lebih cepat, mudah, dan inklusif. Cukup unduh aplikasi GoFood Merchant, isi data KTP dan nomor rekening, lalu langsung bisa mulai berjualan online.”
Fitur Scan Menu, Lebih Hemat Waktu untuk UMKM
Selain mempermudah proses daftar GoFood, GoFood juga menghadirkan fitur scan menu.
Mitra usaha cukup memotret daftar menu, dan sistem akan otomatis mengunggahnya ke halaman toko.
Fitur ini membantu pelaku UMKM menghemat waktu, sehingga mereka bisa fokus pada pengembangan bisnis.
“Kami ingin memastikan semakin banyak UMKM kuliner maju bersama GoFood. Tidak hanya pendaftarannya mudah, fitur scan menu membuat operasional makin efisien,” tambah Sovan.
Solusi Teknologi untuk Tingkatkan Performa Usaha
Setelah berhasil daftar GoFood, mitra usaha mendapatkan berbagai solusi teknologi, di antaranya:
- Pengaturan promo yang lebih efisien
- Fitur peningkatan visibilitas usaha
- Tools untuk memaksimalkan performa penjualan
Dengan ekosistem digital ini, UMKM kuliner dapat mengelola bisnisnya secara optimal.
Dukungan Komunitas Lewat KOMPAG
Tak hanya teknologi, GoFood juga menghadirkan dukungan melalui Komunitas Partner GoFood (KOMPAG).
Komunitas ini menjadi ruang belajar dan berjejaring, termasuk melalui program Pojok Belajar GoFood yang kini diperluas dari 8 menjadi 24 kota di seluruh Indonesia.
Salah satu mentornya, Didit Helditia — pemilik Nasi Kuning Roemah Naskoen — membagikan pengalamannya.
“Dulu daftar GoFood harus ke kantor, upload menu lewat tim GoFood. Sekarang semuanya bisa dari HP. Daftar GoFood cuma butuh beberapa menit, benar-benar tinggal pencet-pencet saja.”
Berkat ekosistem GoFood, usaha Didit berkembang pesat hingga memiliki 27 karyawan, dengan 90% pendapatan berasal dari penjualan online.
Acara Maju Bersama GoFood juga menghadirkan berbagai zona edukasi, seperti:
- Zona Pendaftaran GoFood
- Zona Komunitas Partner GoFood (KOMPAG)
- Zona Pusat Edukasi GoFood
- Zona JakPreneur
Ratusan pelaku UMKM dapat belajar, berbagi pengalaman, dan memperluas jejaring bisnis mereka.
Sovan menegaskan, “Potensi UMKM Indonesia sangat besar. Lewat Maju Bersama GoFood, kami ingin memperkuat komitmen mendukung UMKM kuliner naik kelas dengan ekosistem digital yang inklusif, menyeluruh, dan berkelanjutan.”
Cek berita teknologi terkini, review gadget, rekomendasi ponsel, tips & trick, tren lifestyle dan video tabloidpulsa.id di Google News.



