Home NEWS Indosat dan Tech Mahindra Kembangkan AI Linguistik ‘Garuda’

Indosat dan Tech Mahindra Kembangkan AI Linguistik ‘Garuda’

Indosat Tech Mahindra Garuda

tabloidpulsa.id – Indosat kembali menjalin kemitraan strategis dengan Tech Mahindra, perusahaan penyedia solusi dan layanan transformasi digital, konsultasi, serta rekayasa ulang bisnis terkemuka, hari ini mengumumkan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) di ajang Mobile World Congress (MWC) 2024.

Kali ini, Indosat dan Tech Mahindra sepakat untuk bekerja sama dalam dalam mengembangkan ‘Garuda’, sebuah Large Language Model (LLM) yang bertujuan untuk melestarikan bahasa Indonesia beserta seluruh dialeknya. ‘Garuda’ akan dibangun berdasarkan prinsip-prinsip LLM orisinal Tech Mahindra ‘Project Indus’, sebuah model dasar yang dirancang untuk berkomunikasi dalam berbagai bahasa dan dialek India.

Fitur unik ‘Garuda’ akan menghadirkan beragam use case, memungkinkan pelanggan Indosat untuk memanfaatkannya di berbagai aplikasi, termasuk layanan dukungan pelanggan, pengalaman pengguna, dan pembuatan konten lintas industri seperti kesehatan, e-commerce, pendidikan perdesaan, perbankan dan keuangan, pertanian, serta telekomunikasi.

Model ini akan menyajikan pengalaman pengguna yang dipersonalisasi dengan menganalisis sentimen dan memahami pola perilaku, sehingga menghasilkan pembelajaran yang fleksibel berdasarkan interaksi sebelumnya.

Baca Juga:  ASUS Zenbook 14 OLED, Paling Ringan dan Portabel di Dunia?

Sebagai bagian dari kemitraan ini, Tech Mahindra akan memanfaatkan keahlian teknologinya untuk mengumpulkan dan merangkum data dalam bahasa Indonesia, yang kemudian akan dilatih dulu lalu dirilis sebagai model percakapan untuk Indosat.

Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison mengatakan, “Kami menyambut kolaborasi dengan Tech Mahindra dalam proyek ‘Garuda’ ini dengan antusias. Kolaborasi ini sepenuhnya sejalan dengan tujuan besar Indosat yaitu menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia. Menggunakan teknologi terkini dalam melestarikan Bahasa Indonesia dengan berbagai dialeknya, kami mendukung keragaman linguistik serta meningkatkan aksesibilitas dan inklusi dalam era digital. Kemitraan ini memperkuat komitmen kami terhadap transformasi digital Indonesia dan dukungan terhadap visi Indonesia Emas 2045. Kolaborasi ini turut mengoptimalkan infrastruktur artificial intelligence (AI) dan kapasitas sumber daya manusia untuk mendorong inovasi, menghadirkan marvelous experience, serta membuka peluang baru bagi pertumbuhan sosial-ekonomi secara merata di Indonesia.”

Baca Juga:  Indosat Luncurkan Platform Iklan Berbasis Augmented Reality, iAds

‘Garuda’ akan dikembangkan dengan 16 miliar token bahasa Indonesia asli, yang akan menghasilkan 1,2 miliar parameter untuk membentuk pemahaman model terhadap bahasa Indonesia tersebut.

Parameter-parameter ini akan mempengaruhi bagaimana model tersebut memproses input dan menghasilkan output. Versi beta dari model ‘Garuda’ akan dirilis untuk pengujian oleh Indosat dan penutur Bahasa Indonesia.

Model ini akan terus diperbaiki menggunakan teknik RLHF (Reinforcement Learning from Human Feedback) untuk memastikan keandalannya dalam percakapan. Selain itu, use case khusus akan dikembangkan menggunakan metode LIMA (Less is More for Alignment).

Harshvendra Soin, President – Asia Pasifik and Japan Business, Tech Mahindra menambahkan, “Diperkirakan pasar LLM akan mencapai USD40,8 miliar pada tahun 2029. Dalam konteks ini, munculnya LLM seperti ‘Garuda’ dan ‘Indus’ dapat memfasilitasi komunikasi online bagi individu dan perusahaan dalam dialek dan bahasa lokal mereka, menciptakan peluang baru di dunia digital. Kami sangat antusias bekerja sama dengan Indosat dalam proyek ‘Garuda’, yang akan menghasilkan dampak transformasional dengan menyediakan pengalaman yang dipersonalisasi bagi masyarakat Indonesia. Kami percaya bahwa model ini akan secara signifikan mempromosikan keragaman linguistik Indonesia dan membuka peluang bisnis baru bagi perusahaan di wilayah tersebut.”

Baca Juga:  TikTok Ajak Masyarakat Indonesia Melalui Kampanye #Serunya17an

Membawa semangat gotong royong dan kolaborasi, kemitraan strategis antara Indosat dan Tech Mahindra menggabungkan keunggulan kedua perusahaan dalam mendorong inovasi teknologi di Indonesia.

Upaya kolaboratif ini mencerminkan visi bersama untuk merevolusi teknologi pemahaman bahasa, berkontribusi pada pelestarian keragaman linguistik dan memajukan solusi komunikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan unik pasar Indonesia.

Previous articleLenovo Gelar Roadshow Bertema Unleash Creativity in Gaming Development
Next articleXiaomi Rilis “Human x Car x Home” di MWC 2024
Tech Reviewer, Journalist, Blogger, Traveling Enthusiast and Nature Lover. Pokoknya suka apa saja yang bisa menenangkan hati dan pikiran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here