tabloidpulsa.id – Indosat mencatat peningkatan signifikan dalam lalu lintas data selama periode Tahun Baru 2025.
Didukung lebih dari 190 ribu BTS 4G dan 103 BTS 5G yang tersebar di seluruh Indonesia, Indosat terus berkomitmen menghadirkan pengalaman digital mengesankan dengan menjaga performa jaringan optimal di momen liburan pelanggan.
President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha, menyatakan, “Indosat terus berkomitmen menghadirkan marvelous experience, termasuk di momen penting seperti pergantian tahun. Dengan dukungan teknologi dan kesiapan SDM, kami berupaya menjadi layanan telekomunikasi digital pilihan utama di Indonesia.”
Dalam rangka menjaga kelancaran komunikasi pelanggan, Indosat mengandalkan teknologi Artificial Intelligence (AI) dan otomatisasi untuk memastikan kualitas jaringan tetap optimal.
Langkah ini mendukung konektivitas selama periode libur Natal dan Tahun Baru yang berlangsung dari 22 Desember 2024 hingga 2 Januari 2025.
Puncak peningkatan lalu lintas data nasional terjadi pada 1 Januari 2025 dengan lonjakan lebih dari 10% dibandingkan hari biasa.
Beberapa kota dengan peningkatan lalu lintas data tertinggi mencakup Baturaja, Palembang, Siantar Sidempuan di Sumatra, Sintang, Singkawang, Sampit di Kalimantan, serta Gowa, Palu, dan Parepare di Sulawesi, selain wilayah Jabotabek, Jawa, dan Bali-Nusra.
Selama periode ini, lima aplikasi dengan lonjakan penggunaan tertinggi adalah WhatsApp, TikTok, Instagram, YouTube, dan Facebook, yang mencerminkan tingginya aktivitas digital pelanggan.
Indosat memastikan jaringan tetap optimal dengan pemantauan intensif 24/7 melalui Digital Intelligence Operations Center (DIOC).
DIOC berperan penting dalam memantau dan menjaga performa jaringan secara real-time.
Teknologi AI/Machine Learning (AI/ML) serta sistem otomatisasi digunakan untuk mendeteksi dan mengatasi gangguan secara proaktif, yang berkontribusi pada penurunan keluhan pelanggan hingga 36% dibandingkan rata-rata hari biasa.
Untuk memastikan kenyamanan pelanggan, layanan konsumen dari IM3, Tri, dan Indosat HiFi juga disiagakan penuh.
Pelanggan dapat mengakses layanan melalui WhatsApp resmi IM3 (08551000185) dan Tri (08999800123), aplikasi myIM3 dan bima+, Twitter (@IndosatCare dan @3CareIndonesia), serta email (cs@im3.id dan 3Care@three.co.id).
“Indosat terus berinovasi dan memperkuat jaringan demi mendukung transformasi digital bangsa. Konektivitas yang andal adalah bukti komitmen kami dalam menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia,” tutup Vikram.