Home NEWS Forum Wartawan Teknologi Ngumpul di Technocamp 2024, Ada Apa?

Forum Wartawan Teknologi Ngumpul di Technocamp 2024, Ada Apa?

Forwat Technocamp 2024

tabloidpulsa.id – Keberadaan Homeless Media saat ini memang sudah tidak terbendung. Bukan menjadi ancaman, justru jurnalis di bidang teknologi harus bisa beradaptasi dengan tren tersebut.

Tidak bisa dipungkiri jika banyak pembaca kini beralih ke ranah media sosial. Mereka lebih suka menghabiskan waktu untuk membaca berita dari postingan di Instagram atau TikTok. Untuk itu, jurnalis teknologi yang ada saat ini pun harus bisa menghadirkan berita dengan medium medsos. Cirinya, caption yang pendek tapi padat, foto yang ‘bisa bercerita’, namun tetap dengan memperhatikan etika jurnalistik.

Semua ini diungkap oleh Pemred Tek.id, Insaf Albert Tarigan dalam sesi Forwat Group Discussion bertajuk “Mengenal Lebih Jauh Homeless Media” yang diadakan di Forwat Technocamp 2024 di Kapilih Villa and Resort, Pancawati, Bogor, 29 Mei 2024.

Presentasi yang dipaparkan Albert dihadirkan dengan menggunakan laptop Lenovo Yoga 9 yang memiliki layar luas 14 inci. Dibekali Intel i7 1360P 2,2 GHz, ruang memorinya sangat luas karena mencapai 1TB SSD dengan RAM 16GB.

Selain itu juga digunakan laptop Lenovo Slim 5 yang mengusung layar 2.5K 165 Hz IPS 100% sRGB yang mendukung teknologi NVIDIA G-Sync, memberikan pengalaman visual sangat baik. Performanya mengandalkan AMD Ryzen 7040 Series berbasis Zen 4 yang modern. RAM sebesar 16 GB DDR5 5600 MHz, dan GPU GeForce RTX 40 Series. Juga dibantu RAM sebesar 16 GB DDR5 5600 MHz.Untuk penyimpanan, perangkat ini mendukung dua SSD M.2 PCIe Gen 4

Technocamp sendiri merupakan acara tahunan yang dilakukan oleh Forum Wartawan Teknologi (Forwat). Ini merupakan tahun kedua Forwat menggelar ajang silaturahmi dan pengembangan diri para jurnalis teknologi dari berbagai media massa. Jumlah pesertanya pun mengalami peningkatan sekitar 30 persen dibanding tahun lalu, sebanyak 60 orang. Angka ini berbanding lurus dengan jumlah anggota Forwat yang bertambah setiap tahunnya. Saat ini anggota Forwat telah berjumlah 110 anggota.

Baca Juga:  GoFood Luncurkan Inovasi Teknologi Rekomendasi Berbasis Pencarian 

“Technocamp 2024 tahun ini mengalami peningkatan dari segala sisi. Tak hanya jumlah peserta tapi juga partner pendukung yang lebih banyak dari tahun kemarin. Kami yakin, ini merupakan pertanda untuk lebih banyaknya kolaborasi yang bisa dilakukan Forwat dengan industri teknologi di Indonesia ke depannya,” ujar Ketua Umum Forwat, Danang Arradian.

Tak lupa, pria yang akrab dipanggil Cakdan ini menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya untuk para peserta Technocamp yang telah mau meluangkan waktu untuk bersilaturahmi dan bersama mengembangkan diri. Demikian juga dengan para pendukung acara Technocamp 2024. Mulai dari Sharp Electronics Indonesia, Telkomsel, Samsung Electronics Indonesia, Xiaomi, Lenovo, Tecno Indonesia, Huawei, iQOO, Indosat Ooredoo Hutchison, Smartfren, Axioo Indonesia, Tokopedia, OPPO, Bluebird Group, Telkom Indonesia, ADVO PR, Image Dynamics, Infomedia Nusantara, Komunikasee PR, Seqara Communication, Bening Communication, Blibli.com, Aukey, Canon Indonesia, Dell, Lazada, Banyu Communication, ASUS, DOKU, Carl Byoir, IRIS PR, Udari PR, Tim Delapan PR, Datascrip.

Perjalanan dari Jakarta menuju lokasi Technocamp 2024 di Kapilih Villa and Resort, Pancawati, Bogor terasa sangat nyaman karena menggunakan armada dari Bluebird. Dua bus dengan kapasitas 31 penumpang itu mengantarkan para peserta selama hampir 2 jam perjalanan.

PT Blue Bird Tbk, melalui bus layanan pariwisatanya, Bigbird, dengan bangga mendukung kegiatan Technocamp yang diselenggarakan oleh Forwat. Selama 52 tahun, Bluebird hadir sebagai perusahaan transportasi terpercaya. Bluebird menyadari pentingnya peran media dalam mendukung keberlangsungan dan perkembangan perusahaan.

Baca Juga:  Tak Perlu DSLR, Foto Produk Pakai OPPO A16 Pun Hasilnya Bagus

“Bigbird hadir untuk memberikan solusi perjalanan yang tidak hanya aman dan nyaman, tetapi juga terpercaya bagi seluruh masyarakat Indonesia. Kami berkomitmen untuk menghadirkan Standar Nyaman Indonesia untuk kebutuhan mobilitas masyarakat, dengan armada yang terstandarisasi, pengemudi profesional yang dapat diandalkan, serta layanan terintegrasi untuk perjalanan yang menyenangkan dan bebas rasa khawatir. Dengan dukungan kami di acara Technocamp, kami berharap dapat berkontribusi positif, serta menjalin hubungan erat dengan komunitas media,” papar Direktur Utama PT Blue Bird Tbk, Adrianto Djokosoetono.

Keseruan Technocamp 2024 pun tidak akan afdol jika tidak diabadikan dengan perangkat yang tepat. Dalam ajang kami, Forwat mendapat kesempatan untuk menggunakan 3 varian smartphone Sharp, yakni Aquos R8s, Aquos R8 Pro, dan Aquos Sense 8.

Aquos Sense 8 dirancang sebagai pilihan lebih terjangkau dengan dual kamera, namun tetap memiliki resolusi kamera utama yang tinggi dan fitur AI. Sedangkan Sharp Aquos R8s dan R8s Pro menonjol dengnan teknologi OIS serta sensor yang besar untuk kualitas gambar yang lebih baik, khususnya dalam kondisi cahaya rendah. Apalagi Dibekali sensor kamera 1 inch AQUOS R8s Pro dapat menangkap gradasi warna, cahaya, lebih sedikit distorsi dan gambar yang lebih nyata saat mengambil foto pemandangan ketika kemping.

Perempuan jurnalis teknologi juga bisa bergaya dengan menjajal ponsel lipat Tecno Phantom V Flip 5G. Casing warna ungu yang menutupi bodi ponsel lipat itu menarik perhatian perempuan jurnalis Forwat. Apalagi kameranya juga oke untuk berselfie ria. Memiliki kamera depan 32MP dengan fitur dual-flash AF serta dua kamera belakang dengan sensor utama 64MP (RGBW, f/1.7) dan lensa ultra-wide 13MP (f/2.2).

Baca Juga:  Xiaomi Pastikan Redmi 13 Hadir di Indonesia 5 Juni 2024

Malam hari aktivitas makin seru. Apalagi ada kegiatan outdoor berupa api unggun yang menambah keakraban sesama jurnalis. Di bawah langit malam yang diterangi bulan dan api unggun, momen kebersamaan ini terekam jelas lewat jepretan kamera Samsung Galaxy A55 5G. Nightography andalan di ponsel flagship juga bisa digunakan di sini.

Yang menarik, Technocamp 2024 menjadi ajang perkenalan smartphone Xiaomi terbaru, yang belum pernah dijamah oleh pihak manapun. Redmi 13 menjadi daya tarik para jurnalis tekno karena smartphone yang kabarnya memiliki harga terjangkau itu dibekali resolusi kamera 108 MP.

Acara yang penuh dengan kearaban ini diwarnai dengan banyak permainan dan outdoor activity. Hadiah dipersembahkan oleh banyak vendor, salah satunya AXIOO yang memberikan laptop idaman Gen Z, yakni AXIOO Hype 3.

Axioo juga punya produk lain yaitu Hype 5 yang mengunggulkan performa tinggi, karena sudah dilengkapi prosesor Intel Core i5- 1035G4 generasi ke-10.  Selain itu juga didukung RAM 8GB DDR4 3200MHz dan ROM 256GB M.2 NVMe. Ditambah lagi dengan tampilan desainnya yang tampil premium, dengan area keyboard yang luas, desain hinge (agak terangkat) yang membuat posisi keyboard nyaman saat digunakan mengetik. Desain  hinge ini juga memberikan sirkulasi udara yang baik. Layarnya yang berukuran 14 inchi sudah berteknologi IPS.

Previous article4 Fitur yang Bikin Smartphone Anda Cocok Diajak Traveling
Next articlePunya Baterai 6000 mAh, vivo Y28 Bikin Kuliah Makin Produktif
Tech Reviewer, Journalist, Blogger, Traveling Enthusiast and Nature Lover. Pokoknya suka apa saja yang bisa menenangkan hati dan pikiran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here