tabloidpulsa.id – OPPO Indonesia di bawah bendera PT World Innovative telah beraktivitas 9 tahun lamanya di Tanah Air. Rentang waktu yang cukup lama untuk sebuah produk bertahan dan menonjol di pasar yang selektif. Sejumlah produk apik, dengan teknologi atraktif, harga kompetitif, hingga ketersediaan sarana dan layanan purna jual yang masif merupakan beberapa alasan yang memungkinkan OPPO berada di level seperti sekarang. Hal ini terungkap melalui sebuah obrolan santai bersama salah satu staff OPPO Service Center yang berbagi pengalaman dan pengembangan diri beliau selama bekerja di OPPO Indonesia.
Ditemui di back office OPPO Service center ITC Roxy Mas, Darno, yang kini menjabat sebagai Leader merangkap Admin OPPO Service Center menceritakan perjalannya yang dimulai sejak OPPO baru berusia 6 bulan di Indonesia.

Pria kelahiran Kuningan, Jawa Barat ini mengaku bukanlah orang yang technical. Artinya dari pendidikan dan juga pengalaman kerja sebelumnya, Darno bukanlah seorang yang disiapkan untuk menjadi teknisi ponsel. Tetapi minat dan kesempatan itu lahir ketika Darno mulai bergabung dengan OPPO di bagian call center.
Selama 6 bulan menempati posisi tersebut, Darno mendapatkan pengalaman berharga bekerja di lingkungan yang suportif. Membawanya ke beberapa posisi lain, termasuk admin call center dan customer service.
“Sebelum di OPPO Saya juga menempati posisi call center di produk laptop, tapi berbeda dengan ketika di OPPO”, kata Darno. “Kalau di Call Center Laptop saya hanya menyarankan klien untuk datang ke service center, sementara di OPPO kita dituntut untuk bisa memberikan solusi lewat telepon.”
Hal ini secara tidak langsung memicu Darno untuk mempelajari hal-hal yang bersifat teknis. Hingga dapat membangun kepercayaan dirinya dan menemukan sesuatu yang mampu membuatnya berkembang sampai ke titik ini. Di mana Darno telah menjadi salah satu teknisi bersertifikat paling tinggi (bintang dua) untuk saat ini di OPPO Service Center Indonesia
Diakui oleh Darno kesempatan yang diberikan OPPO kepada seluruh karyawan yang berminat dan bukan sekedar berpotensi, untuk melakukan pengembangan skill, belajar dan melakukan ujian sertifikasi teknisi OPPO adalah salah satu hal baik yang ia dapati selama bekerja di OPPO Indonesia.
“OPPO ga pernah menutup mata kalau kita (karyawan) punya ide-ide bagus”, jelas Darno. “Misalnya kita punya masukan untuk diterapkan di service center gitu, dan (ketika diapprove) ada rewards-nya.”
Selama hampir 9 tahun karirnya di OPPO Service Center, Darno pun kerap mendapatkan penghargaan dari OPPO Indonesia atas prestasinya. Semisal Karyawan Terbaik, termasuk penghargaan secara global yang diadakan setiap tahunnya oleh OPPO, Smiling Angel.
“Global Smiling Angel itu seperti ajang untuk menentukan kasus service yang paling menarik dari seluruh dunia, dan dari Indonesia itu akan dipilih, kalau kita menang bisa 5 sampai 6 orang yang berangkat (jalan-jalan ke Tiongkok),” jelas Darno.
Bagi mereka yang tidak punya minat ke sisi teknis, OPPO pun disebut Darno akan memberikan kesempatan yang sama.
“Karir di OPPO sih tidak melulu untuk menjadi teknisi. Jadi buat mereka yang minat atau punya kelebihannya di sisi Admin misalnya, OPPO akan memberikan kesempatan yang sama di sisi itu,” ungkap Darno. “Jadi pengembangannya tergantung minat masing-masing karyawan. Itu sih kelebihannya bekerja di OPPO selama ini.”