Home GADGET ASUS Hadirkan TUF Gaming A16 Advantage Edition

ASUS Hadirkan TUF Gaming A16 Advantage Edition

tabloidpulsa.id – ASUS memperkenalkan TUF Gaming A16 Advantage Edition (FA617), yaitu laptop gaming military grade pertama di dunia yang ditenagai oleh kombinasi CPU serta GPU dari AMD. Laptop ini tidak hanya sekadar tangguh secara fisik, tetapi juga dalam hal performa serta efisiensi daya. Hal tersebut berkat kombinsasi penggunaan CPU AMD Ryzen 7 7735HS serta GPU AMD Radeon RX7600S.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, ASUS selalu menghadirkan kombinasi hardware terbaik di jajaran laptop gaming-nya,” ujar Jimmy Lin, ASUS Southeast Asia Regional Director. “TUF Gaming A16 Advantage Edition kali ini menawarkan semua yang dibutuhkan oleh gamers, mulai dari desain yang tangguh, performa andal, serta efisiensi daya terbaik di kelasnya. Tidak ada laptop seperti ini di dunia!”

“AMD bangga bermitra dengan ASUS dalam peluncuran ASUS TUF A16 Advantage Edition bertenaga AMD Ryzen 7000 Series Processors dan grafis terbaru AMD Radeon RX7000S Series. Perpaduan keduanya memberikan performa komputasi handal dan efisiensi daya luar biasa berkat arsitektur AMD “Zen 3+” dan RDNA 3 yang inovatif. Teknologi ini menghadirkan kombinasi yang ideal dan inovatif untuk menjawab kebutuhan para gamer sekaligus tetap memberikan performa komputasi kencang dengan ketahanan baterai yang lama,” kata Peter Chambers, Managing Director, Sales, AMD Asia Pacific & Japan.

TUF Gaming A16 Advantage Edition (FA617) merupakan laptop gaming modern yang dirancang tangguh dan serba bisa. Selain telah menggunakan sistem memori DDR5 serta penyimpanan NVMe PCIe SSD yang kencang, laptop gaming ini juga dibekali dengan fitur eksklusif yang hanya bisa didapatkan dari perangkat yang menggunakan kombinasi CPU dan GPU dari AMD. Fitur tersebut meliputi SmartShift, Smart Access Memory, hingga dukungan teknologi FreeSync Premium pada layar.

Kombinasi Powerful AMD Ryzen dan Radeon

TUF Gaming A16 Advantage Edition (FA617) merupakan laptop gaming istimewa karena ditenagai oleh CPU AMD Ryzen™ 7 7735HS dan GPU AMD Radeon™ RX7600S. Selain merupakan CPU dan GPU generasi terkini, kombinasi keduanya memungkinkan laptop gaming ini dapat bekerja secara sangat efisien sekaligus menghasilkan performa yang powerful.

Baca Juga:  Xiaomi TV Stick 4K Diluncurkan di Indonesia

AMD Ryzen™ 7 7735HS merupakan CPU generasi terbaru yang telah menggunakan arsitektur Zen 3+. CPU yang menggunakan konfigurasi 8 core dan 16 thread ini juga mampu dipacu hingga 4,75GHz. Namun berkat base TDP sebesar 35W, AMD Ryzen™ 7 7735HS mampu tampil sebagai salah satu prosesor laptop gaming yang paling efisien.

AMD Ryzen™ 7 7735HS juga dibekali dengan chip grafis terintegrasi (iGPU) AMD Radeon™ 680M yang sudah sangat mumpuni untuk memenuhi kebutuhan komputasi sehari-hari. Chip grafis ini yang memungkinkan laptop ini dapat beroperasi dengan sangat baik bahkan saat tidak terhubung ke sumber listrik.

Sementara itu, performa gaming laptop ini bertumpu pada GPU AMD Radeon RX7600S. GPU yang telah menggunakan arsitektur RDNA 3.0 terbaru tersebut sudah mendukung berbagai teknologi grafis terkini. Tidak hanya itu, dukungan VRAM sebesar 8GB serta MUX Switch juga membuat AMD Radeon RX7600S di laptop ini semakin dapat diandalkan oleh gamers maupun konten kreator.

Kombinasi CPU dan GPU dari AMD juga membuat laptop ini hadir dengan berbagai fitur eksklusif yang tidak dimiliki oleh laptop gaming pada umumnya. Salah satu fitur tersebut adalah SmartShift yang memungkinkan CPU dan GPU untuk saling berbagi tenaga tergantung pada beban kerja yang digunakan. SmartShift juga memungkinkan laptop ini untuk hadir dengan TGP hingga 120W.

Selain itu terdapat juga Smart Access Memory yang memungkinkan CPU untuk dapat mengakses seluruh VRAM pada GPU sehingga pemrosesan grafis dapat berjalan lebih efisien dan performa dapat ditingkatkan. Fitur eksklusif lainnya adalah SmartShift RSR yang memungkinkan dedicated GPU untuk melakukan rendering pada resolusi yang lebih rendah, lalu kemudian di-upscale oleh integrated GPU sehingga dapat menghasilkan framerate yang lebih tinggi saat bermain game.

Baca Juga:  Preview Huawei Band 6: SmartBand Rasa SmartWatch

Dibekali Sistem Pendingin Terbaik

Untuk memastikan performa yang konsisten, TUF Gaming A16 Advantage Edition (FA617) telah dibekali dengan sistem pendingin khusus. Sistem pendingin tersebut terdiri dari dua kipas Arc Flow, lima heatpipe berbahan tembaga, serta heatsink yang memiliki fin dengan ketebalan hanya 0,1mm. Terlebih lagi, heatpie yang digunakan di sistem pendingin telah dirancang untuk mendinginkan tidak hanya CPU dan GPU, tetapi juga VRM dan VRAM. Alhasil TUF Gaming A16 Advantage Edition (FA617) memiliki thermal coverage sebesar 45%.

Kipas Arc Flow yang digunakan di sistem pendingin juga dirancang secara spesifik untuk mengalirkan udara secara maksimal, namun dengan tingkat kebisingan yang minimal. Bilah kipasnya hadir dengan struktur khusus yang dapat meminimalisir turbulensi udara sehingga udara dapat mengalir secara lebih optimal dan operasional kipas menjadi lebih senyap.

Desain Baru yang Lebih Keren dan Tetap Tangguh

TUF Gaming A16 Advantage Edition (FA617) hadir dengan desain bodi baru yang tampil dalam dua opsi warna, yaitu Off Black dan Sandstorm. Selain memiliki tampilan yang lebih minimalis dan modern, TUF Gaming A16 Advantage Edition (FA617) juga dibekali dengan bodi yang cukup ringkas meski mengusung layar 16-inci. Hal tersebut dikarenakan laptop gaming ini juga memiliki screen-to-body ratio sebesar 90% sehingga ukuran bezel menjadi sangat tipis dan membuat ukuran bodi secara keseluruhan menjadi lebih ringkas.

ASUS juga membekali TUF Gaming A16 Advantage Edition (FA617) dengan keyboard full-size lengkap dengan tombol numerik. Di bagian atas keyboard-nya terdapat empat hot key yang memudahkan pengguna saat mengoperasikan mesin gaming ini. Touchpad yang lebih luas juga membuat pengguna TUF Gaming A16 Advantage Edition (FA617) tidak perlu harus selalu membawa mouse untuk mengoperasikan laptop ini dengan nyaman.

Baca Juga:  ASUS ExpertBook B3000, Laptop Detachable dengan Qualcomm Snapdragon 7c Gen2

Sama seperti laptop seri TUF Gaming lainnya, TUF Gaming A16 Advantage Edition (FA617) dibekali dengan desain bodi yang sangat tangguh. Tidak tanggung-tanggung, laptop ini telah mengantongi sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD-810H). Artinya, Laptop ini telah berhasil melewati berbagai pengujian ekstrem mulai dari uji ketahanan fisik dari benturan dan getaran, hingga uji operasional di kondisi ekstrem seperti pada suhu dan kelembapan tinggi.

Baterai Besar dan Konektivitas Lengkap

TUF Gaming A16 Advantage Edition (FA617) tidak hanya andal sebagai laptop di atas meja. Laptop gaming ini juga dapat menjadi perangkat andalan untuk beraktivitas secara mobile. Berkat baterai berkapasitas besar, yaitu 90WHr, laptop gaming ini dapat beroperasi hingga 13,4 jam tanpa harus terhubung ke sumber listrik. Laptop ini juga dilengkapi dengan fitur USB Type-C charging sehingga lebih nyaman untuk dibawa bepergian.

Tidak hanya soal baterai, TUF Gaming A16 Advantage Edition (FA617) juga unggul dalam hal konektivitas. Port modern seperti USB 4.0 Type-C yang mendukung DisplayPort 1.4 dan USB Power Delivery hingga 100W. Selain itu, laptop juga dibekali dengan port HDMI, USB 3.2 Gen1 Type-A, serta 3.5mm combo audio jack untuk menghubungkan berbagai perangkat eksternal.

Untuk konektivitas nirkabel, TUF Gaming A16 Advantage Edition (FA617) telah dilengkapi dengan WiFi 6 yang merupakan teknologi WiFi terkini. Hadir dengan kecepatan transfer yang lebih tinggi, WiFi 6 memastikan pengguna tetap dapat terkoneksi ke internet dan membuat sesi gaming hingga streaming dapat berjalan lancar tanpa gangguan.



Main Spec.
TUF Gaming Advantage Edition A16 (FA617)
CPUAMD Ryzen™ 7 7735HS Processor (8-core/16-thread, 16MB L3 cache, up to 4.7 GHz max boost)
Operating SystemWindows 11 Home
Memory16GB DDR5 4800MHz
Storage512GB PCIe® 4.0 NVMe™ M.2 SSD
Display16-inch, FHD+ (1920 x 1200) 16:10, IPS, 165Hz, 100% sRGB, Anti-Glare, FreeSync Premium 16-inch, QHD+ (2560 x 1600) 16:10, IPS, 240Hz, 100% sRGB, Anti-Glare, FreeSync Premium, 100% AMD Advantage
GraphicsAMD Radeon™ RX 7600S with MUX Switch + AMD Smart Access Memory
Input/Output1x RJ45 LAN port, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™ + power delivery, 2x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x HDMI 2.1 FRL, 1x 3.5mm Combo Audio Jack
ConnectivityWi-Fi 6(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth® 5.2
Camera720P HD camera
AudioAI noise-canceling technology, Dolby Atmos, Hi-Res certification, Built-in array microphone
Battery90WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Dimension35.5 x 25.2 x 2.21 ~ 2.68 cm
Weight2.2 Kg
ColorsOff Black, Sandstorm
PriceRp20.299.000 (FHD+ 165Hz) Rp22.990.000 (QHD 240Hz, 100% AMD Advantage)
Warranty2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty
Previous articlePenjualan Garmin MARQ Collection Second Generation Lampaui Pendahulunya
Next articleOPPO hadirkan eXperience Store Terbesar di Kota Malang
Tech Reviewer, Journalist, Blogger, Traveling Enthusiast and Nature Lover. Pokoknya suka apa saja yang bisa menenangkan hati dan pikiran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here