Home NEWS Alomedika, Platform Komunitas Dokter Berbasis Digital Terbesar

Alomedika, Platform Komunitas Dokter Berbasis Digital Terbesar

tabloidpulsa.id – Di era teknologi digital, platform komunitas dokter berbasis digital memainkan peranan penting dalam membuat layanan telemedisin menjadi lebih efektif dan efisien, berujung meningkatnya kualitas perawatan medis yang diberikan kepada pasien. 

Sejak hadirnya di 2018, ALOMEDIKA terus berkembang menjadi salah satu komunitas digital dokter terbesar di Indonesia yang merupakan bagian integral dari ALODOKTER dan memainkan peran krusial untuk memastikan para dokter di Indonesia memiliki akses terhadap informasi terbaru, terbaik, dan terkini mengenai praktik medis dan teknologi telemedisin. 

Bukti ALOMEDIKA sukses meraih kepercayaan para dokter di Indonesia menjadi wadah berkolaborasi dan saling berinteraksi adalah telah bergabungnya lebih dari 90.000 dokter di Indonesia hanya dalam kurun lima tahun. Tentunya dibawah pengawasan regulator dan Ikatan Dokter Indonesia. 

Hadir sebagai narasumber pada acara Konferensi Pers ALOMEDIKA pada hari ini Suci Arumsari sebagai Co Founder & President Director of Alodokter, dr. Ulul Albab, SpOG sebagai Sekretaris Jenderal PB Ikatan Dokter Indonesia, dr. Andi Marsali selaku Senior Vice President Alomedika Media Business, serta dr. Raymond Suryaatmadja Sp.KK. 

ALOMEDIKA kami bangun menjadi bagian tak terpisahkan dari ALODOKTER karena kami ingin semua konten serta layanan yang ada di platform ALODOKTER telah diverifikasi dengan benar oleh dokter. Misi besar ALODOKTER adalah ingin menghadirkan ekosistem kesehatan lengkap, tidak hanya untuk pasien tapi juga untuk para dokter. Pengembangan ALOMEDIKA diharapkan dapat menjawab kebutuhan dokter masa kini bukan hanya menyajikan informasi medis terkini, tetapi juga memudahkan bertukar ilmu dengan sesama rekan dokternya. ALOMEDIKA mengedepankan interaksi nyaman dalam berbagi study case,  pandangan medis, guna mencapai peningkatnya kualitas layanan kesehatan di Indonesia yang merata.” Ujar Suci Arumsari, Co-Founder & President Direktur ALODOKTER.

Baca Juga:  Kementerian Kesehatan Menandatangani MOU dengan Alodokter

Kolaborasi adalah kunci sukses berkembangnya ALOMEDIKA, contohnya kolaborasi dengan Ikatan Dokter Indonesia sebagai salah satu institusi yang menaungi. “Hadirnya komunitas dokter secara digital seperti ALOMEDIKA baik sekali adanya, karena dapat mendukung usaha pemerintah serta asosiasi seperti IDI mendistribusikan ilmu pengetahuan kedokteran bagi seluruh dokter di Indonesia dimanapun mereka berada. Ini semua sejalan dengan visi dan misi IDI yang salah satunya adalah berkomitmen untuk meningkatkan kualitas profesi medis melalui pendidikan, pelatihan, penelitian, dan pengembangan ilmu kedokteran.” tegas dr. Ulul Albab, SpOG, Sekretaris Jenderal PB Ikatan Dokter Indonesia.  

Dr Andi Marsali selaku Senior Vice President Alomedika Media Business mengatakan, ALOMEDIKA memiliki visi besar untuk dapat membantu para dokter di Indonesia untuk terus memperbaharui ilmu kedokteran agar tetap berada di garis depan dalam pelayanan kesehatan dan pengobatan pasien. Sementara tantangan di depan mata banyak dokter yang berpraktek di lokasi yang cukup sulit dijangkau di Indonesia yang negara kepulauan ini. Dengan hadirnya ALOMEDIKA dibawah naungan regulator dan asosiasi, kami berharap terwujud pemerataan pengetahuan sehingga masyarakat di seluruh Indonesia dapat memiliki akses ke layanan kesehatan yang berkualitas, termasuk pencegahan, diagnosis, dan pengobatan”

Baca Juga:  Alodokter dan FWD Insurance Berikan Kenyamanan Bagi Nasabah

Lebih jauh lagi, ALOMEDIKA dikembangkan dengan teknologi yang membuat interaksi di platform ALOMEDIKA senyaman seperti platform media sosial pada umumnya, hanya ini disesuaikan dengan kebutuhan seorang dokter. Fitur dan algoritma dirancang agar bertujuan untuk meningkatkan kualitas interaksi pengguna sehingga dokter nyaman untuk  bertanya dan berdiskusi seputar kasus-kasus kesehatan serta jurnal terbaru dunia media. Beberapa fitur yang dikembangkan dalam platform ALOMEDIKA yang membuat platform ini berbeda adalah:

  • Fitur Personalisasi Home Feed. Para dokter dapat mengakses beragam konten foto dan video di halaman utama serta mudah menemukan beragam informasi medis, termasuk produk dan layanan untuk mendukung profesi kedokteran mereka. 
  • Fitur Konten Diskusi. Dokter bisa melihat konten baru berupa video/foto yang menyajikan beragam informasi medis di halaman channel, fitur ini dipersonalisasi dengan algoritma sehingga dapat memberikan rekomendasi diskusi yang cocok dengan profil dokter.  
  • Fitur Follow. Memungkinkan dokter bisa saling mengikuti satu sama lain, seperti di media sosial umum sehingga mudah untuk update informasi terbaru. 
  • Fitur E-course, dimana ALOMEDIKA menyediakan berbagai e-course dari beragam spesialisasi yang dapat diikuti oleh seluruh dokter di Indonesia. E-course aksesibel dan fleksibel dengan biaya terjangkau dan pilihan modul-modul yang bisa diakses dengan waktu yang dapat disesuaikan dengan jadwal praktek para dokter. 
  • Fitur Specialist only post. Fitur ini memungkinkan dokter spesialis untuk membuat diskusi yang hanya bisa dibaca oleh dokter-dokter dengan spesialisasi yang sama.
Baca Juga:  Indosat Hadirkan Layanan 4G LTE di 124 Desa Terpencil

Hadirnya ALOMEDIKA untuk menjadi komunitas yang mewadahi diskusi serta interaksi para dokter  di Indonesia telah dirasakan manfaatnya oleh dr. Raymond Suryaatmadja Sp.KK yang mengatakan “Saya sudah bergabung dengan ALOMEDIKA sejak 2020 dan merasakan banyak manfaatnya sejak itu. Posisi praktek saya yang berada di kota Surabaya pastinya membuat terbatas untuk mengikuti simposium atau kursus perkembangan kedokteran yang sedang terjadi saat ini, apabila harus dihadiri secara fisik. Dan mencari  sendiri jurnal kesehatan terbaru di internet pastinya memakan waktu. Saya sangat terbantu dengan fitur diskusi antar dokter di platform ALOMEDIKA, karena saya bisa bertanya dengan membuka diskusi dengan anonimus, sehingga tidak ragu untuk bertanya sampai hal sedetail  apapun.”

“Besar harapan ALOMEDIKA akan terus berkembang sehingga bisa merangkul seluruh dokter di Indonesia dalam semangat meningkatkan pelayanan kesehatan negara ini. Tentunya sembari terus mempromosikan prinsip etika medis yang tinggi dan integritas profesi, serta menjaga kehormatan dan martabat profesi dokter” pungkas dr. Andi Marsali. 

Untuk info lebih lanjut bisa kunjungi web www.alodokter.com dan kunjungi Instagram @alodokter_id atau @alomedika.

Previous articleZTE Raih Sertifikat Common Criteria EAL3+ untuk Produk OTN
Next articleIndosat HiFi Gelar Lokakarya Bertemakan “A Day with Inspiring Women”
The key objective of a Journalist is to gather information, write news pieces, and present the news in an honest and balanced manner. In addition to investigating and reporting on current events, they also work on articles and features that update and influence public opinion.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here