Home BLOG Adu Fitur: Redmi Note 10 Pro VS Ponsel-Ponsel Populer di Kelas yang...

Adu Fitur: Redmi Note 10 Pro VS Ponsel-Ponsel Populer di Kelas yang Sama

adu fitur redmi note 10 pro
mi.com

tabloidpulsa.id – Hari ini (6 April 2021) ponsel Redmi Note 10 dan Note 10 Pro Resmi dijual secara online maupun offline. Ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 2.499.000 (Redmi Note 10 harga normal) hingga Rp 3.999.000 (Redmi Note 10 Pro varian tertinggi harga normal) maka seri ini masuk dalam kategori ponsel kelas menengah dan menengah ke atas. Sebuah ceruk yang sebelumnya sudah dihuni oleh banyak sekali kompetitor.

Jika melihat hanya dari spesifikasi teknis, tampaknya memang Remi Note 10 punya sejumlah keunggulan dibanding ponsel-ponsel yang dijual dalam kelas yang sama. Kami mencoba mengkonfirmasi hal ini melalui tulisan berikut. Bener ga sih? 

Faktor Harga, Faktor Penting

Untuk tulisan kali ini kami akan berkonsentrasi ke satu produk dulu ya, yaitu Redmi Note 10 Pro. Produk ini dijual dalam dua varian, yakni RAM 6GB + ROM 64GB (6/64 GB) dan RAM 8GB + ROM 128GB (8/128 GB). Masing-masing dijual dengan harga normal Rp 3.599.000 dan Rp 3.999.000. Hanya berbeda 400 ribuan Rupiah saja.

Di kelas menengah ke atas ini kita bisa menemukan sejumlah produk apik yang coba diganggu oleh Redmi Note 10 Pro. Beberapa di antaranya bahkan cukup populer di kalangan penggemar gonta-ganti ponsel. 

Samsung Galaxy A72 misalnya. Produk ini dijual dengan harga Rp 5.999.000. Lebih tinggi 2 juta ketimbang Redmi Note 10 Pro dengan menawarkan besaran memori yang setara, yakni 8/128GB.

Berikutnya ada Vivo V20. Juga dengan dukungan RAM 8/128 GB, dibanderol dengan harga Rp 4.599.000. Lebih mahal 600 ribuan Rupiah dibanding Redmi Note 10 Pro dengan besaran memori yang setara.

Dan terakhir yang paling populer adalah OPPO Reno5. Dengan dukungan memori 8/128GB produk ini dijual dengan harga Rp 4.999.000 atau sejuta lebih tinggi.

Kalau hanya dilihat dari faktor harga, dibandingkan dengan besaran memori yang sama, maka memang Redmi Note 10 Pro tampaknya lebih murah ketimbang produk-produk populer saingannya.

Tapi ingat, ini jika hanya dilihat dari faktor HARGA.

Besaran Layar dan Refresh Rate

Beralih ke faktor layar. Untuk Redmi Note 10, mungkin jenis layar yang dibawa merupakan satu hal yang menarik karena mampu membawa layar AMOLED di kisaran harga segitu. Setidaknya ada satu vendor lain yang berani menawarkan spek layar di kisaran harga bawah, menemani Samsung.

Tapi yang sedang kita bahas kali ini adalah Redmi Note 10 Pro. Dengan harga yang ditawarkan, produk ini akan bertemu dengan beberapa produk populer seperti disebutkan di atas, yang sama-sama sudah membawa teknologi layar AMOLED.

Tapi, jika dilihat dari spesifikasi saja, ada beberapa hal yang bisa diunggulkan oleh layar Redmi Note 10 Pro. Terutama di sisi refresh rate.

Sebagai informasi, layar Redmi Note 10 Pro berpanel AMOLED dengan ukuran 6.67 inci. Merupakan ukuran yang hampir menyamai ukuran layar terbesar di antara keempatnya, yakni Samsung Galaxy A72 dengan bentang layar 6.7 inci. 

Resolusinya FHD+ 2400 x 1080 pixel, atau setara dengan produk lain. Namun karena bentangan layarnya relatif besar, kerapatannya jadi tidak sebaik ponsel dengan bentang layar lebih kecil semisal OPPO Reno5.

Keunggulan layar AMOLED Redmi Note 10 Pro terletak pada teknologi refresh ratenya yang mencapai 120 Hz. Biasanya kita menemukan fitur ini di ponsel-ponsel flagship. Di antara 3 kompetitor populer lain, hanya OPPO Reno5 dan Samsung Galaxy A72 yang juga menawarkan refresh rate di atas rata-rata (standar). Meskipun hanya sebatas 90Hz.

SoC Paling Fresh

Di tengah kelangkaan chipset beberapa bulan terakhir ini, Xiaomi mampu membangun Redmi Note 10 Pro dengan SoC terbaru dari Qualcomm, yakni Snapdragon 732G (8nm). SoC ini merupakan lini produk chipset untuk kelas menengah ke atas yang membawa CPU 8 inti dengan konfigurasi 2×2.3 GHz Kryo 470 Gold dan 6×1.8 GHz Kryo 470 Silver.

Selain itu chipset ini pun membawa GPU Adreno 618 dengan performa 15% lebih cepat ketimbang seri sebelumnya. Sebagai perbandingan, SD 732G ini diproduksi 1.5 tahun setelah seri SD730 yang digunakan oleh Vivo V20. Sehingga bisa dibilang merupakan SoC yang fresh untuk mendukung seluruh kinerja ponsel Redmi Note 10 Pro.

Oh iya, sekedar informasi tambahan, OPPO Reno5 dan Samsung Galaxy A72 sama-sama menggunakan chipset Snapdragon 720G. Dengan demikian, dikarenakan keempat produk Mid-end ini membawa chipset dengan dukungan NFC, maka keempat produk ini sama-sama telah membawa fitur NFC.

Baterai dan Pengisian Daya Cepat

Redmi Note 10 Pro juga termasuk memberi perhatian khusus pada bagian power supply. Ponsel ini membawa baterai dengan kapasitas 5020 mAh. Artinya paling besar jika dibandingkan dengan ponsel-ponsel populer di kelasnya. Seperti Samsung Galaxy A72 yang membawa kapasitas baterai 5000 mAh, OPPO Reno5 dengan 4310 mAh dan Vivo V20 dengan 4000 mAh.

Termasuk juga keputusan membawa teknologi pengisian daya cepat dengan power 33 watt. Redmi Note 10 Pro mampu mengisi daya hingga 56% hanya dalam waktu charging selama 30 menit. Teknologi ini setara dengan pengisian daya cepat milik Vivo V20 yang juga mengalirkan daya juga 33 Watt. 

Untuk urusan pengisian daya cepat memang OPPO yang paling jago. Dengan teknologi VOOC-nya ponsel Reno5 mampu mengisi daya dengan kekuatan 50W. Sementara Samsung Galaxy A72, meskipun kapasitas baterai yang dibawa termasuk besar, pengisian dayanya hanya mendukung 25W.

Satu-satunya dengan Kamera 108MP

Untuk kesekian kalinya saya harus menuliskan kembali bahwa Adu Fitur ini hanya membandingkan Spesifikasi Teknis saja. Dan berikutnya kita mengkonfirmasi bahwa Redmi Note 10 Pro membawa kamera resolusi tinggi 108MP sebagai lensa utamanya.

Di atas kertas, resolusi besar seperti ini akan menghasilkan gambar dengan kerapatan yang tinggi. Hingga bahkan ketika dicrop pun, tetap akan terlihat tajam tanpa pengurangan kualitas yang berarti. Ini merupakan salah satu pendekatan untuk mendapatkan hasil kamera ponsel dan perbesaran gambar yang apik, tanpa harus mengadopsi teknologi mahal semisal periscope lens.

Secara lengkap, kamera utama Redmi Note 10 Pro membawa konfigurasi 4 kamera, yakni yang sudah disebutkan tadi ada 108MP kamera utama wide-angle, lalu ada 8MP kamera ultra-wide angle, 5MP kamera telemakro dan terakhir ada 2MP sensor kedalaman gambar alias depth camera.

Tanpa membandingkan bagaimana kualitas hasilnya, maka terlihat bahwa Redmi Note 10 Pro merupakan ponsel satu-satunya yang membawa lensa beresolusi besar 108MP. Karena sejumlah ponsel populer di kelas mid-end lainnya membawa lensa 64MP sebagai kamera utama.

Sekedar mengingatkan, Samsung Galaxy A72 misalnya, membawa konfigurasi 4 kamera utama yang terdiri dari 64MP kamera wide angle + 12MP kamera ultra wide + 8MP kamera telefoto (3x zoom) dan 5MP kamera makro.

OPPO Reno5 di sisi lain, juga membawa 4 kamera utama. Dengan konfigurasi 64MP wide + 8MP ultra wide + 2MP makro + 2MP Depth. Sementara Vivo V20 membawa konfigurasi 3 kamera utama 64MP wide + 8MP ultrawide + 2MP depth.

Speaker Ganda Sebagai Bonus

Kebutuhan speaker ganda kadang menjadi krusial ketika Anda demen banget nonton video atau bermain game di perangkat ponsel. Separasi audio kiri dan kanan saat ponsel diposisikan landscape, meskipun tidak menjadi kebutuhan banyak orang, mampu membantu kita masuk ke dalam dunia tontonan, konten atau bahkan game yang tengah kita nikmati.

Kadang hal ini kurang mendapat perhatian dari vendor dan konsumen, karena kebanyakan dari kita sudah melengkapi diri kita dengan earphone berkualitas, baik berkabel atau Bluetooth. 

Tapi, keberadaannya cukup penting. Untuk itu kami membahas kehadiran Speaker ganda pada Redmi Note 10 Pro ini dalam satu pembahasan tersendiri. Karena jika dibandingkan beberapa produk populer yang hadir di kelas yang sama, hanya Redmi Note 10 Pro dan Samsung Galaxy A72 yang memfasilitasi fitur ini.

Kesimpulan

Berbasis pengetahuan berlandaskan spesifikasi teknis yang dirilis, maka kami mengkonfirmasi ada sejumlah fitur Redmi Note 10 Pro lebih unggul dari sejumlah produk populer di kelas yang sama. Meskipun demikian, kami punya Pekerjaan Rumah lain lagi, yaitu membahas secara lengkap produk ini lewat review untuk melihat kualitasnya secara nyata, tidak hanya di atas kertas.

Saya tahu Anda tidak sabar, bukan? Tetap jaga kesehatan, sampai jumpa di tulisan berikutnya.

Previous articleAda Giveaway OPPO Reno5 5G di AOV Star League 2021
Next articleLenovo Indonesia Luncurkan Legion 7 dan Legion 5 Pro
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here