Home NEWS Ini Dia Bukti OPPO A96 Lebih Baik dari OPPO Reno5 F

Ini Dia Bukti OPPO A96 Lebih Baik dari OPPO Reno5 F

OPPO A96 vs OPPO Reno5 F

tabloidpulsa.id – OPPO A96 merupakan produk A series yang membawa sejumlah fitur premium. Hal ini sudah disampaikan dalam review kami beberapa waktu lalu, yang bisa Anda baca di sini (LINK). Bahkan saking premiumnya, dengan harga yang masih lebih rendah dari seri Reno terbaru, OPPO A96 membawa sejumlah fitur yang tidak jauh berbeda dari Reno Series. Tapi semirip apa sih? Tulisan ini akan menjabarkan perbedaan antara OPPO A96 dengan OPPO Reno5 F.

Melalui A96, OPPO A Series kini terlihat naik kelas. Apalagi fitur fitur yang ada di Reno series terutama Reno5 F kini hadir di perangkat A96. Bahkan lebih baik. Sebagai buktinya kita akan bandingkan beberapa fitur OPPO A96 dengan OPPO Reno5 F.

Harga Sama Saat Launching

Salah satu alasan mengapa kami kepikiran untuk membandingkan dua ponsel kali ini adalah harga rilis yang setara. OPPO A96 hadir di pasaran dengan Rp 4.299.000 dan kalau kita ingat demikian juga dengan OPPO Reno5 F. Meskipun untuk mendapatkannya hari ini, OPPO Reno5 F ini sudah diskontinyu. Kalaupun ada perubahan harga, kita mungkin akan mengalami kesulitan untuk mendapatkannya.

Sekedar mengingatkan OPPO Reno5 F hadir di bulan Maret 2021, atau tepat setahun sebelum diperkenalkannya OPPO A96 yang baru saja dirilis pada 7 April 2022. Menjadi salah satu alasan mengapa kemudian OPPO A96 justru tercatat membawa fitur yang lebih baik dari Reno5 F.

Baca Juga:  OPPO A Series Terbaru Siap Meluncur Pertengahan September 2023

Chipset dari Kubu Berbeda

OPPO A96 hadir dengan Snapdragon 980, sebuah chipset 4G anyar yang membawa fabrikasi 6nm dari Qualcomm. Sementara Reno5 F hadir dengan chipset Helio P95 dengan proses fabrikasi 12nm yang diperkenalkan pertama kali pada bulan Februari 2020.

Dilihat hanya dari spek saja, Snapdragon 980 berpotensi memberikan efisiensi daya yang lebih baik. Dan karena hadir hampir 2 tahun lebih lambat, tentunya chipset ini membawa fitur yang lebih up to date.

Layar dengan Pendekatan Berbeda

OPPO Reno5 F setidaknya membawa panel layer yang lebih popular, yakni Super AMOLED. Tapi soal teknologi dan ukuran yang dibawa, layar OPPO A96 bisa dibilang lebih unggul. Pertama, untuk ukuran OPPO A96 menawarkan layar yang lebih besar. Memiliki bentangan 6.59 inci, sedikit lebih besar dari Reno5 F yang hanya di angka 6.4 inci.

Berikutnya meskipun OPPO A96 membawa panel LTPS LCD, namun semua kemampuan chipset dioptimalkkan sehingga kita bisa menikmati fitur refresh rate tinggi dan adaptive. Di mana kita bisa merasakan layar dengan refresh rate 90Hz, yang realtuf lebih tinggi dari ponsel-ponsel kebanyakan, juga adaptive refresh rate dimana sistem bisa menyesuaikan refresh rate tergantung dari aplikasi yang digunakan pengguna. Bergun auntuk menghemat daya.

Memori dan Fleksibilitas

Di sisi memori, kita bisa langsung melihat perbedaan antara OPPO A96 dengan Reno5 F di sisi memori internal yang dibawa. OPPO A96 membawa memori internal dengan besaran 256GB. Merupakan yang pertama di kelas OPPO Seri A, bahkan jika dibandingkan dengan Reno5 F. Karena OPPO Reno5 F hanya membawa internal 128GB saja. Meskipun sama-sama sudah mendukung kartu memori tambahan, OPPO A96 bisa memuat hingga 1TB, sementara Reno5 F hanya mampu mendukungMicroSD card hingga 256GB saja.

Baca Juga:  Review OPPO Band, Berlayar AMOLED dengan SpO2 Monitor Berkelanjutan

Untuk besaran RAM, keduanya menyediakan kapasitas RAM yang sama, yakni 8GB. Tapi, OPPO A96 memiliki keuntungan karena telah mendukung fitur RAM Expansion, hingga mencapai 5GB. Dan makin menjadi lebih unggul karena OPPO A96 juga membawa fitur ROM Expansion.

Dual Speaker vs Single Speaker

OPPO A96 hadir dengan sebuah fitur yang cukup mengejutkan, karena bahkan seri Reno teranyar dengan harga yang relatif lebih tinggi pun tidak membawanya. Yakni dual speaker stereo. Dengan fitur ini, output suara dari sistem akan dihantarkan dari dua titik terpisah. Saat ponsel digunakan dalam posisi horizontal atau landscape, maka dual speaker ini akan memberikan efek suara sparasi secara stereo.

Sudah bisa diduga, fitur ini tidak kita temukan di Reno5 F. Di ponsel ini memiliki single speaker yang diletakkan di bagian bawah ponsel saat ponsel dalam posisi berdiri.

Besaran Baterai dan Teknologi Charging

OPPO A96 hadir di kondisi yang menguntungkan. Di mana OPPO telah menemukan solusi untuk melakukan pengecasan cepat dengan hantaran daya yang optimal untuk perangkat yang dijual dengan harga yang lebih rendah.

Baca Juga:  Punya Layanan Purna Jual No.1, OPPO Siap Sambut Find N2 Flip di Indonesia

Jika mau dibandingkan, OPPO Reno5 F yang hadir setahun lalu membawa baterai  berkapasitas 4310 mAh dengan pengisian daya cepat VOOC Flash Charge 4.0 dengan 30 Watt. Sementara sekarang OPPO A96 hadir dengan baterai 5000 mAh dengan pengisian daya cepat SUPERVOOC 33 Watt. Memiliki beberapa keunggulan, di sisi efisiensi pengisian daya dan relatif lebih aman.

Kamera dengan Konfigurasi Berbeda, Tapi…

OPPO A96 membawa konfigurasi kamera yang berbeda dengan Reno5 F. Terutama di bagian belakang, karena A96 hanya membawa 2 kamera saja, sementara Reno5 F menyediakan 4 kamera. Di depan juga Reno5 F sudah menyediakan 1 kamera dengan resolusi besar 32MP, sementara A96 hanya 16MP.

Tapi, ada yang menarik nih. OPPO A96 membawa fitur portrait yang tidak kalah dengan Reno5 F. Yakni Bokeh Flare Portrait.

NFC di A96

Dan yang terakhir, ada NFC di OPPO A96. Fitur ini tidak ada di di OPPO Reno5 F, jadi dengan harga sama, dengan fitur yang lebih up to date, kita pun bisa mendapatkan produk dengan dukungan NFC yang pastinya berguna untuk bertransaksi secara online. OPPO A96 sudah mulai dijual hari ini (16/04) dengan harga Rp 4.299.000 dengan tawaran benefit yang sulit untuk ditolak. (Cek tulisan ini untuk info lebih lengkap. Link)

Previous articlePenjualan Perdana OPPO A96 Ada Cashback dan Bonus Menariknya
Next articleTips Agar Kerja Hybrid Makin Maksimal dengan ADVAN Tab VX
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here