Home GADGET Acer Nitro 5 Terbaru Hadirkan Laptop Gaming Ultraportable Canggih dan Nyaman

Acer Nitro 5 Terbaru Hadirkan Laptop Gaming Ultraportable Canggih dan Nyaman

Acer Nitro 5 terbaru dengan Intel Core Gen 11 tawarkan kemudahan bagi pengguna dalam produktivitas dan kesenangan saat bermain game.

Acer Nitro 5 Terbaru

tabloidpulsa.id – Pada ajang Consumer Electronics Show (CES) 2021 di Las Vegas, Amerika Serikat, 7 Januari lalu, Acer Nitro 5 terbaru resmi dikenalkan.

Laptop gaming ultraportable ini menggunakan prosesor terbaru Intel Core Generasi ke-11 seri H, yang diluncurkan pada saat bersamaan.

Prosesor tersebut dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang mobile namun tetap ingin produktivitas mereka terjaga, sekaligus bisa memainkan game kesayangan mereka dengan mudah, cepat, dan nyaman.

Dua bulan kemudian, tepatnya pada Maret, Acer membawa masuk Nitro 5 versi baru tersebut ke pasar Indonesia. Sebagai awal, pabrikan yang bermarkas di Taiwan itu meluncurkan Nitro 5 AN515-56, laptop berharga mulai Rp12.999.000 yang menggunakan prosesor Intel Core Gen ke-11 i5-11300H sebagai sumber tenaganya.

Prosesor Gen ke 11 ini merupakan prosesor dengan performa single thread tercepat di laptop mobile saat ini. Selain itu, memiliki kinerja grafis terintegrasi dua kali lebih cepat dibandingkan prosesor intel Gen ke 10 H-Series.        

Menggunakan chip 10 nm, i5-11300H memiliki 4 core dan 8 thread dengan clock speed 3,10 GHZ, yang bisa ditingkatkan hingga 5 GHz. Kecepatan tersebut, didampingi kartu grafis NVidia GeForce GTX 1650 4GB GDDR6, membuat Nitro 5 nyaman digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan sehari-hari, menjelajahi dunia maya, berpindah aplikasi, dan tentunya bermain game.      

Versi teratas Intel Core Gen ke-11, yaitu i7-11375H, lebih efisien dan hemat daya serta diperkuat oleh GPU NVidia RTX 30 Series. Selain itu, Resizable BAR bekerjasama dengan Nvidia dan ekosistem untuk menghadirkan kinerja yang lebih baik dengan memanfaatkan protokol PCIe standar.                   

Kembali ke Nitro 5 AN515-56, laptop gaming ultraportable ini menggunakan layar 15,6 inci IPS FullHD (1920×1080) dengan refresh rate 144Hz dan waktu respons 3ms. Kecerahan maksimal layar mencapai 300 nits dan, berkat bezel tipis, Acer mampu mencapai rasio layar ke tubuh 80% untuk Nitro 5.           

Nitro 5 mengusung RAM standar 8GB dan bisa diperbesar hingga 32GB. Untuk menyimpan file tersedia SSD 512 GB yang bisa diupgrade hingga 2x M.2 melalui slot PCIe NVMe atau hingga 2TB, 1x SATA HDD.          

Berbagai port penting juga tersedia, seperti sebuah USB 3.2 Gen 2, 2 buah USB 3.2 Gen 1, HDMI 2.0, Ethernet (RJ-45), USB Type-C dengan dukungan untuk Thunderbolt 4 yang memiliki kecepatan 40GB/s atau 4x lebih cepat untuk transfer data jika dibandingkan dengan USB 3.1, dan port 3,5 mm untuk headphone. Spesifikasi lainnya termasuk Wi-Fi 6 AX201 dan pencahayaan RGB 4-zona untuk keyboard ukuran penuh.  

Wi-Fi 6 ditambah Killer Ethernet E2600 bisa meningkatkan stabilitas dan kinerja jaringan untuk memprioritaskan gameplay. Ethernet secara otomatis akan mendeteksi game, video, dan chat stream untuk kemudian memilih prioritas bandwidth sehingga pengguna tidak akan mengalami lag. Pengguna juga bisa mengatur secara manual prioritas bandwidth yang akan digunakan, atau memblokir aplikasi tertentu.           

Sebagai laptop gaming, Nitro 5 tentunya dilengkapi fitur pendingin agar tidak mudah overheat. Solusi termal yang dihadirkan Acer adalah dengan memasang kipas ganda yang ditempatkan secara strategis. Tak hanya itu, ada teknologi Acer CoolBoost dengan empat lubang ventilasi di bagian bawah dan dipadukan dengan aplikasi NitroSense untuk memonitor suhu. Teknologi CoolBoost mampu meningkatkan kecepatan kipas hingga 10% dan pendinginan CPU/GPU 9%. Acer menjamin teknologi pendinginan yang lebih baik tersebut akan membuat Nitro 5 versi baru 25% lebih cepat dingin dibandingkan versi 2019. 

Oleh karena itu, seperti yang diharapkan, Nitro 5 terbukti kuat untuk menjalankan game-game triple-A modern, misalnya seperti Death Stranding dengan settings default dan Assassin’s Creed Valhalla dengan setting medium.           

Untuk sumber tenaga, Acer memasang baterai Lithium Ion 4-cell yang lebih baik pada Nitro 5 versi terbaru ini. Baterai tersebut bisa bertahan selama 10 jam 5 menit, sedangkan perlu waktu sekitar 1 jam 40 menit dari kondisi 0% untuk mengisi daya hingga terisi penuh. 

Soal bodi dan desain, Nitro 5 menggunakan bahan yang sebagian besar plastik. Meskipun tampak kokoh dan kekar, penggunaan plastik tersebut akan membuat pendapat para gamer terbelah. Akan ada yang merasa material tersebut membuat Nitro 5 terlihat murah. Namun, desain plastik mungkin menjadi sesuatu yang layak dikompromikan untuk kinerja gaming yang baik.     

Acer Nitro 5 AN515-56 adalah laptop gaming yang solid bagi gamers yang memiliki anggaran terbatas namun berminat mendapatkan hasil yang baik. Secara keseluruhan, Nitro 5 (2021) serta prosesor Intel Core Generasi ke-11 seri H mampu menghasilkan laptop gaming yang tipis setebal 15,6 inci dengan performa gaming yang tinggi dan lancar diresolusi 4K, full HD di atas 70 Fps dengan harga terjangkau yang dapat bersaing dengan laptop kelas atas.           

Hingga saat ini Acer belum mengumumkan kapan Nitro 5 versi teratas dengan layar 17 inci dan Intel Core Gen ke-11 i7-11375H akan hadir di Indonesia. Tapi tenang saja, versi i5 dan 15.6 inci ini tidak kalah ciamik.        

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here