Home REKOMENDASI Optimis 5G Bakal Segera Terealisasi, Ini Ponsel yang Sudah Bisa Dimiliki

Optimis 5G Bakal Segera Terealisasi, Ini Ponsel yang Sudah Bisa Dimiliki

tabloidpulsa.id – Minggu ketiga Mei lalu, berita gembira datang dari sejumlah operator Tanah Air yang telah dan siap melakukan Uji Laik Operasi (ULO) jaringan 5G di berbagai daerah, termasuk Jakarta dan Jawa Tengah. Memberikan harapan akan hadirnya 5G (komersial) yang bakal terealisasi dalam waktu dekat, setidaknya setahun ke depan.

Perlu sama-sama kita sepakati, bahwa di samping kesiapan operator, kick off komersialisasi layanan 5G tentunya harus melalu tahap-tahap yang panjang, terutama restu dan aturan main yang jelas dari pihak regulator. Dan tentu saja dukungan pihak vendor atau penyedia produk yang mendukung layanan tersebut.

Nah, saat tulisan ini dibuat, diketahui pemerintah sudah membuka keran 5G di Indonesia, ada itikad baik ke arah sana. Operator pun sudah ke tahap lolos uji kelayakan. Sementara produk ponsel 5G pun sudah mulai bermunculan.

Lalu ada yang menarik perhatian kami. Saat salah satu operator Tanah Air yang melakukan ULO ternyata menggunakan jaringan 5G New Radio (NR) di pita n40. Yang merupakan pita di frekuensi 2300 MHz TDD. 

Tidak banyak produk 5G yang telah beredar di Indonesia yang mendukung frekuensi ini. Diketahui hanya beberapa produk OPPO yang mendukung pita n40 ini. Apa saja produknya?

OPPO Reno5 5G dan A74 5G

Dua produk 5G terbaru dari OPPO, yang keduanya rilis di tahun 2021, dikonfirmasi memiliki dukungan terhadap pita jaringan 5G n40. Tidak heran jika mungkin OPPO telah melakukan diskusi panjang dengan pihak operator lokal terkait dengan rencana ini, sejak jauh-jauh hari. Bahkan bisa jadi 2 produk ini yang digunakan untuk melakukan ULO.

OPPO Reno5 5G yang kini dibanderol dengan harga Rp 5.999.000,- merupakan ponsel OPPO Reno yang sesungguhnya berkonsentrasi pada foto dan videografi. Memanfaatkan kemampuan AI untuk mempermudah penciptaan konten agar bisa berbeda dari produk-produk lain, tanpa tambahan aplikasi apapun.

Ponsel ini dipersenjatai dengan chipset Snapdragon 765G dan dukungan fitur pengisian daya cepat SuperVOOC 2.0 hingga 65W. Memiliki 4 kamera belakang hingga 64MP dengan bukaan f/1.7 dan satu kamera depan 32MP f/2.4.

Layar ponsel Reno5 5G telah membawa teknologi refresh rate 90Hz, dengan dukungan RAM 8 GB dan ROM 128 GB. Menarik bukan?

ai highlight video
oppo reno5 5g

Tapi jika dirasa OPPO Reno5 5G ini agak kemahalan untuk Anda, ada kok pilihan lain yang lebih bersahabat dengan kantong untuk menyambut jaringan 5G yang bakal terealisasi, yakni OPPO A74 5G dengan Snapdragon 480 5G. 

Meski chipsetnya sendiri diketahui merupakan chipset untuk ponsel harga terjangkau, namun kemampuannya dua kali lebih powerful dari seri 4 terdahulu. Jadi tidak perlu merisaukan performa ponsel ini.

OPPO A74 5G dijual dengan baderol Rp 3.799.000,- dan dijual eksklusif melalui online di OPPO.com.

Sekedar menyegarkan ingatan Anda, ponsel ini membawa RAM 6 GB dan ROM 128 GB dengan 4 kamera utama hingga resolusi 48MP dan satu kamera depan 16MP, baterai besar 5000 mAh, layar 90Hz, dan fast charging 18W.

Anda bisa baca kembali review kedua ponsel di link berikut ini: A74 5G & Reno5 5G.

OPPO 5G Ready
OPPO – PR

OPPO Flagship Find X2 dan Find X2 Pro

Jika Anda mau pol-polan menyiapkan diri menyambut 5G dengan produk yang paling mumpuni, ada juga produk OPPO flagship yang bisa dipilih. Ada OPPO Find X2 yang bisa Anda cek harga dan ketersediaannya di link berikut :  https://www.oppo.com/id/store/product/op-find-x2.P.P1000065.

Juga ada OPPO Find X2 Pro yang saat ini kisaran harga bekasnya ada di kisaran harga Rp 9 hingga 11 juta.

Dengan memiliki perangkat yang disebutkan di atas, Anda sudah dapat menggunakan layanan 5G ketika nanti terealisasi dalam waktu dekat. Untuk Anda yang sudah memiliki perangkat ini, OPPO akan melakukan langkah-langkah semisal unlock device secara OTA atau nantinya akan bekerja sama dengan pihak operator untuk mengaktifkan fitur 5G perabgnkat ini ketika dibutuhkan. Terutama perangkat Find X2 dan Find X2 Pro.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here